
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Matematika (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perencanaan Pembelajaran |
8421202020 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ratu Mauladaniyati
|
.......................................
|
PRADNYO WIJAYANTI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership. |
PLO-8 |
Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif. |
PLO-10 |
Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam materi pembelajaran matematika meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian belajar) dan dalam tugas profesional
|
PO - 2 |
Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan pedagogik dalam penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum dan perkembangan teknologi.
|
PO - 3 |
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis teknologi secara adaptif dan inovatif.
|
PO - 4 |
Mampu mengambil keputusan berbasis data dalam memilih strategi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran matematika yang tepat.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran membekali mahasiswa dengan konsep dan prinsip perencanaan pembelajaran matematika yang efektif dan kontekstual untuk jenjang pendidikan menengah. Mata kuliah ini mencakup analisis kurikulum, pengembangan silabus, RPP/ Modul Ajar, pemilihan strategi dan media pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan kondisi Wilayah. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran matematika (seperti RPP, modul, dan LKPD) yang inovatif, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ruang lingkup meliputi perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, model-model pembelajaran matematika, serta integrasi teknologi dan penilaian autentik dalam pembelajaran yang mendalam. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok
- Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara
- Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
- Kusrini dkk. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika, Universitas Terbuka: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin
- Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A rich seam: How new pedagogies find deep learning. Pearson
|
Pendukung : |
|
- Arends, R.I. (2004). Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company
- Hockett, J. A. (2018). Differentiation Strategies and Examples: Grades 6-12. Tennessee Department of Education. Alexandria, VA: ASCD
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ratu Mauladaniyati, S.Pd. M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perencanaan pembelajaran, mengidentifikasi komponen-komponennya, dan menerapkan sikap ilmiah serta kritis dalam menganalisis perencanaan pembelajaran matematika. |
- Kemampuan menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran matematika
- Kemampuan mendeskripsikan komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media, sumber belajar, penilaian)
- Menjelaskan manfaat, fungsi, dan kriteria perencanaan pembelajaran
- Menjelaskan penyusunan dan pendekatan sistem perencanaan pembelajaran
- Kemampuan menunjukkan sikap ilmiah dan kritis dalam diskusi materi
|
Kriteria:
Partisipasi dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis model perencanaan pembelajaran (Dick & Carey, ADDIE, ASSURE, dll.) dan relevansinya dengan deep learning. |
- Mendeskripsikan model Dick and Carey; Kemp; Instructional Development Institute (IDI); ASSURE; Four D; Attention, Relevance, Confidence Satisfaction (ARCS); dan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE)
- Menerapkan model Dick and Carey; Kemp; Instructional Development Institute (IDI); ASSURE; Four D; Attention, Relevance, Confidence Satisfaction (ARCS); atau Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE) dalam pembelajaran
|
Kriteria:
Kuantitas dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan presentasi. 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Menentukan tujuan pembelajaran dan indikator yang berorientasi pada berpikir tingkat tinggi (HOTs). |
- Merumuskan tujuan pembelajaran matematika sesuai kurikulum dan karakteristik materi
- Mengembangkan indikator pencapaian kompetensi yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi
- Menunjukkan kesesuaian antara tujuan, indikator, dan capaian pembelajaran
- Menyajikan tujuan dan indikator dalam format yang sistematis dan terukur (SMART)
- Memberikan alasan kritis mengapa indikator yang dirumuskan dapat menumbuhkan pembelajaran bermakna (meaningful learning)
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, presentasi, tugas mandiri 2 x 50 menit |
|
Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan Materi: Mendeskripsikan model Dick and Carey; Kemp; Instructional Development Institute (IDI); ASSURE; Four D; Assure; Attention, Relevance, Confidence Satisfaction (ARCS); dan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: Deep Learning Pustaka: Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berbasis deep learning |
- Mengidentifikasi komponenkomponen ATP (fase, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan)
- Menunjukkan sikap kritis dalam menganalisis keterurutan tujuan pembelajaran pada contoh ATP.
- Menyusun ATP sederhana untuk satu topik matematika dengan memperhatikan kejelasan indikator, urutan logis, dan keterkaitan kompetensi
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mendesain strategi dan metode pembelajaran matematika yang joyful, meaningful, mindful |
- Mengidentifikasi berbagai strategi/metode pembelajaran matematika (problem based learning, discovery learning, project based learning) yang relevan dengan deep learning
- Mendesain aktivitas pembelajaran matematika yang joyful
- Mendesain aktivitas pembelajaran matematika yang meaningful
- Mendesain aktivitas pembelajaran matematika yang mindful
|
Kriteria:
Penilaian Otentik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mengembangkan bahan ajar matematika berbasis TIK |
- Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran matematika yang dapat didukung dengan bahan ajar berbasis TIK
- Memilih aplikasi/perangkat TIK yang relevan (GeoGebra, PhET, PowerPoint interaktif, Canva, Google Classroom, dll.)
- Mengembangkan bahan ajar digital sederhana (modul digital, LKPD interaktif, video pembelajaran, simulasi)
|
Kriteria:
Bahan ajar matematika berbasis TIK untuk 1 topik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mengintegrasikan dimensi profil lulusan dalam modul ajar |
- Mengidentifikasi dimensi profil lulusan yang relevan dengan pembelajaran matematika
- Menentukan keterkaitan antara materi/topik matematika dengan dimensi profil lulusan
- Merancang kegiatan pembelajaran dalam modul ajar
- Menyajikan rancangan modul ajar yang memuat komponen profil lulusan secara sistematis
|
Kriteria:
Relevansi dimensi profil lulusan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Merancang draf awal modul ajar matematika dengan dukungan TIK |
- Mengintegrasikan aktivitas berbasis TIK ke dalam skenario pembelajaran
- Menunjukkan inovasi dalam penggunaan TIK untuk mendukung pembelajaran matematika yang joyful, meaningful, dan mindful
|
Kriteria:
Draf modul ajar Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
tugas individu, diskusi kelompok, presentasi 2 x 50 menit |
|
Materi: Perencanaan Pembelajaran Pustaka: Arends, R.I. (2004). Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company Materi: Deep Learning Pustaka: Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin Materi: Strategi Pembelajaran Pustaka: Kusrini dkk. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika, Universitas Terbuka: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mendeskripsikan program tahunan dan program semester dalam perencanaan program pembelajaran matematika |
- Menyusun Program Tahunan (Prota) yang sesuai dengan kalender akademik dan beban jam pelajaran matematika
- Menyusun Program Semester (Promes) yang runtut, logis, dan selaras dengan Prota
|
Kriteria:
Kuantitas dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) /lesson plan) terintegrasi dengan modul ajar berbasis Deep Learning. |
- Menyusun RPP yang memuat komponen wajib (identitas, tujuan pembelajaran, langkah kegiatan, asesmen, refleksi)
- Menyelaraskan RPP dengan alur tujuan pembelajaran (ATP) dan isi modul ajar
- Merancang kegiatan pembelajaran dalam RPP yang mencerminkan joyful, meaningful, mindful
- Mengintegrasikan TIK (media, aplikasi, atau platform digital) pada kegiatan pembelajaran di RPP
|
Kriteria:
Kuantitas dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun komponen perencanaan pembelajaran terkait rencana remedial dan pengayaan dalam modul ajar |
- Merancang program pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas, berbasis aktivitas HOTS atau proyek
- Merancang program remedial untuk siswa yang belum tuntas, dengan strategi/metode/alat bantu yang sesuai.
|
Kriteria:
- partisipasi dan keaktifan
- program remedial dan pengayaan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menganalisis contoh modul ajar matematika dari berbagai sumber dan membandingkan prinsip penyusunannya dengan modul berbasis Deep Learning |
- Mengidentifikasi komponen utama modul ajar dari minimal dua sumber berbeda
- Mendeskripsikan prinsip penyusunan modul ajar (tujuan, kegiatan, asesmen, bahan ajar) dari contoh yang dipelajari
- Membandingkan kelebihan & kekurangan modul ajar konvensional dengan modul berbasis Deep Learning
- Menyimpulkan hasil analisis dengan menekankan pentingnya prinsip Deep Learning dalam penyusunan modul ajar matematika
|
Kriteria:
Kuantitas dan Tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
merancang penyempurnaan draf awal modul ajar dengan menggunakan TIK yang lebih lengkap dan integratif |
merancang modul ajar dengan menggunakan TIK yang terintegrasi dengan komponen lain |
Kriteria:
Menyusun Modul Ajar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Melakukan peer review terhadap modul ajar matematika berbasis Deep Learning hasil karya teman sebaya |
- Menganalisis kelengkapan komponen modul ajar yang dibuat teman sebaya
- Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan modul ajar (inovasi, integrasi TIK, kesesuaian prinsip deep learning)
- Menyajikan hasil peer review secara lisan/tertulis
|
Kriteria:
Paartisipasi dan keaktifan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan Materi: 4) Janet Trineke Manoy, 2021 Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Pustaka: |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Merevisi dan menyempurnakan modul ajar beserta perangkat pendukung berdasarkan hasil evaluasi, masukan dosen, dan peer review teman sebaya |
- Mengidentifikasi konten modul ajar dan perangkat pendukung dengan strategi SW (Strength, Weakness)
- Melakukan revisi pada Prota, Promes, remedial, pengayaan agar lebih selaras.
- Menyajikan modul ajar versi final yang lebih sistematis dan aplikatif
|
Kriteria:
Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengembangan perangkat pembelajaran 2 x 50 menit |
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan Materi: 4] Janet Trineke Manoy, 2021 Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menyajikan produk akhir berupa Modul Ajar Matematika berbasis Deep Learning yang dilengkapi bahan ajar, media, LKPD, asesmen, remedial, dan pengayaan |
- Menyusun modul ajar matematika dengan semua komponen wajib (ATP, tujuan, kegiatan, asesmen, refleksi) dan bahan ajar, media, LKPD, remedial, pengayaan
- Merancang modul ajar yang mencerminkan prinsip joyful, meaningful, mindful
- Mengintegrasikan TIK (media, aplikasi, atau platform digital) dalam modul ajar
- Menyusun modul ajar dengan komponen yang saling mendukung (tujuan, kegiatan, asesmen, remedial, pengayaan)
- Memaparkan modul ajar secara sistematis dan menjawab pertanyaan kritis
|
Kriteria:
Produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ujian Akhir Semester/ Produk akhir modul ajar berbasis deep learning
|
|
Materi: 1) Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok Materi: 2) Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara Materi: 3) Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan Materi: 4) Janet Trineke Manoy, 2021 Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Pustaka: |
20% |