Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Matematika (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perencanaan Pembelajaran

8421202020

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

8 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ratu Mauladaniyati




.......................................




PRADNYO WIJAYANTI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership.

PLO-8

Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif.

PLO-10

Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam materi pembelajaran matematika meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian belajar) dan dalam tugas profesional

PO - 2

Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan pedagogik dalam penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum dan perkembangan teknologi.

PO - 3

Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis teknologi secara adaptif dan inovatif.

PO - 4

Mampu mengambil keputusan berbasis data dalam memilih strategi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran matematika yang tepat.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-7PLO-8PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran membekali mahasiswa dengan konsep dan prinsip perencanaan pembelajaran matematika yang efektif dan kontekstual untuk jenjang pendidikan menengah. Mata kuliah ini mencakup analisis kurikulum, pengembangan silabus, RPP/ Modul Ajar, pemilihan strategi dan media pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan kondisi Wilayah. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran matematika (seperti RPP, modul, dan LKPD) yang inovatif, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ruang lingkup meliputi perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, model-model pembelajaran matematika, serta integrasi teknologi dan penilaian autentik dalam pembelajaran yang mendalam.

Pustaka

Utama :

  1. Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok
  2. Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara
  3. Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
  4. Kusrini dkk. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika, Universitas Terbuka: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  5. Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin
  6. Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A rich seam: How new pedagogies find deep learning. Pearson

Pendukung :

  1. Arends, R.I. (2004). Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company
  2. Hockett, J. A. (2018). Differentiation Strategies and Examples: Grades 6-12. Tennessee Department of Education. Alexandria, VA: ASCD

Dosen Pengampu

Dr. Ratu Mauladaniyati, S.Pd. M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perencanaan pembelajaran, mengidentifikasi komponen-komponennya, dan menerapkan sikap ilmiah serta kritis dalam menganalisis perencanaan pembelajaran matematika.

  1. Kemampuan menjelaskan hakikat perencanaan pembelajaran matematika
  2. Kemampuan mendeskripsikan komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media, sumber belajar, penilaian)
  3. Menjelaskan manfaat, fungsi, dan kriteria perencanaan pembelajaran
  4. Menjelaskan penyusunan dan pendekatan sistem perencanaan pembelajaran
  5. Kemampuan menunjukkan sikap ilmiah dan kritis dalam diskusi materi
Kriteria:

Partisipasi dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, diskusi kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
2%

2

Minggu ke 2

Menganalisis model perencanaan pembelajaran (Dick & Carey, ADDIE, ASSURE, dll.) dan relevansinya dengan deep learning.

  1. Mendeskripsikan model Dick and Carey; Kemp; Instructional Development Institute (IDI); ASSURE; Four D; Attention, Relevance, Confidence Satisfaction (ARCS); dan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE)
  2. Menerapkan model Dick and Carey; Kemp; Instructional Development Institute (IDI); ASSURE; Four D; Attention, Relevance, Confidence Satisfaction (ARCS); atau Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE) dalam pembelajaran
Kriteria:

Kuantitas dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan presentasi.
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
4%

3

Minggu ke 3

Menentukan tujuan pembelajaran dan indikator yang berorientasi pada berpikir tingkat tinggi (HOTs).

  1. Merumuskan tujuan pembelajaran matematika sesuai kurikulum dan karakteristik materi
  2. Mengembangkan indikator pencapaian kompetensi yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi
  3. Menunjukkan kesesuaian antara tujuan, indikator, dan capaian pembelajaran
  4. Menyajikan tujuan dan indikator dalam format yang sistematis dan terukur (SMART)
  5. Memberikan alasan kritis mengapa indikator yang dirumuskan dapat menumbuhkan pembelajaran bermakna (meaningful learning)
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok, presentasi, tugas mandiri
2 x 50 menit

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan

Materi: Mendeskripsikan model Dick and Carey; Kemp; Instructional Development Institute (IDI); ASSURE; Four D; Assure; Attention, Relevance, Confidence Satisfaction (ARCS); dan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate (ADDIE)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: Deep Learning
Pustaka: Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin
4%

4

Minggu ke 4

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berbasis deep learning

  1. Mengidentifikasi komponenkomponen ATP (fase, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan)
  2. Menunjukkan sikap kritis dalam menganalisis keterurutan tujuan pembelajaran pada contoh ATP.
  3. Menyusun ATP sederhana untuk satu topik matematika dengan memperhatikan kejelasan indikator, urutan logis, dan keterkaitan kompetensi
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
4%

5

Minggu ke 5

Mendesain strategi dan metode pembelajaran matematika yang joyful, meaningful, mindful

  1. Mengidentifikasi berbagai strategi/metode pembelajaran matematika (problem based learning, discovery learning, project based learning) yang relevan dengan deep learning
  2. Mendesain aktivitas pembelajaran matematika yang joyful
  3. Mendesain aktivitas pembelajaran matematika yang meaningful
  4. Mendesain aktivitas pembelajaran matematika yang mindful
Kriteria:

Penilaian Otentik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
4%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan bahan ajar matematika berbasis TIK

  1. Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran matematika yang dapat didukung dengan bahan ajar berbasis TIK
  2. Memilih aplikasi/perangkat TIK yang relevan (GeoGebra, PhET, PowerPoint interaktif, Canva, Google Classroom, dll.)
  3. Mengembangkan bahan ajar digital sederhana (modul digital, LKPD interaktif, video pembelajaran, simulasi)
Kriteria:

Bahan ajar matematika berbasis TIK untuk 1 topik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
4%

7

Minggu ke 7

Mengintegrasikan dimensi profil lulusan dalam modul ajar

  1. Mengidentifikasi dimensi profil lulusan yang relevan dengan pembelajaran matematika
  2. Menentukan keterkaitan antara materi/topik matematika dengan dimensi profil lulusan
  3. Merancang kegiatan pembelajaran dalam modul ajar
  4. Menyajikan rancangan modul ajar yang memuat komponen profil lulusan secara sistematis
Kriteria:

Relevansi dimensi profil lulusan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
3%

8

Minggu ke 8

Merancang draf awal modul ajar matematika dengan dukungan TIK

  1. Mengintegrasikan aktivitas berbasis TIK ke dalam skenario pembelajaran
  2. Menunjukkan inovasi dalam penggunaan TIK untuk mendukung pembelajaran matematika yang joyful, meaningful, dan mindful
Kriteria:

Draf modul ajar


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
tugas individu, diskusi kelompok, presentasi
2 x 50 menit

Materi: Perencanaan Pembelajaran
Pustaka: Arends, R.I. (2004). Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company

Materi: Deep Learning
Pustaka: Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep learning: Engage the world, change the world. Corwin

Materi: Strategi Pembelajaran
Pustaka: Kusrini dkk. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika, Universitas Terbuka: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
10%

9

Minggu ke 9

Mendeskripsikan program tahunan dan program semester dalam perencanaan program pembelajaran matematika

  1. Menyusun Program Tahunan (Prota) yang sesuai dengan kalender akademik dan beban jam pelajaran matematika
  2. Menyusun Program Semester (Promes) yang runtut, logis, dan selaras dengan Prota
Kriteria:

Kuantitas dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) /lesson plan) terintegrasi dengan modul ajar berbasis Deep Learning.

  1. Menyusun RPP yang memuat komponen wajib (identitas, tujuan pembelajaran, langkah kegiatan, asesmen, refleksi)
  2. Menyelaraskan RPP dengan alur tujuan pembelajaran (ATP) dan isi modul ajar
  3. Merancang kegiatan pembelajaran dalam RPP yang mencerminkan joyful, meaningful, mindful
  4. Mengintegrasikan TIK (media, aplikasi, atau platform digital) pada kegiatan pembelajaran di RPP
Kriteria:

Kuantitas dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun komponen perencanaan pembelajaran terkait rencana remedial dan pengayaan dalam modul ajar

  1. Merancang program pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas, berbasis aktivitas HOTS atau proyek
  2. Merancang program remedial untuk siswa yang belum tuntas, dengan strategi/metode/alat bantu yang sesuai.
Kriteria:
  1. partisipasi dan keaktifan
  2. program remedial dan pengayaan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
5%

12

Minggu ke 12

Menganalisis contoh modul ajar matematika dari berbagai sumber dan membandingkan prinsip penyusunannya dengan modul berbasis Deep Learning

  1. Mengidentifikasi komponen utama modul ajar dari minimal dua sumber berbeda
  2. Mendeskripsikan prinsip penyusunan modul ajar (tujuan, kegiatan, asesmen, bahan ajar) dari contoh yang dipelajari
  3. Membandingkan kelebihan & kekurangan modul ajar konvensional dengan modul berbasis Deep Learning
  4. Menyimpulkan hasil analisis dengan menekankan pentingnya prinsip Deep Learning dalam penyusunan modul ajar matematika
Kriteria:

Kuantitas dan Tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
5%

13

Minggu ke 13

merancang penyempurnaan draf awal modul ajar dengan menggunakan TIK yang lebih lengkap dan integratif

merancang modul ajar dengan menggunakan TIK yang terintegrasi dengan komponen lain

Kriteria:

Menyusun Modul Ajar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan
5%

14

Minggu ke 14

Melakukan peer review terhadap modul ajar matematika berbasis Deep Learning hasil karya teman sebaya

  1. Menganalisis kelengkapan komponen modul ajar yang dibuat teman sebaya
  2. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan modul ajar (inovasi, integrasi TIK, kesesuaian prinsip deep learning)
  3. Menyajikan hasil peer review secara lisan/tertulis
Kriteria:

Paartisipasi dan keaktifan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan

Materi: 4) Janet Trineke Manoy, 2021 Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII
Pustaka:
10%

15

Minggu ke 15

Merevisi dan menyempurnakan modul ajar beserta perangkat pendukung berdasarkan hasil evaluasi, masukan dosen, dan peer review teman sebaya

  1. Mengidentifikasi konten modul ajar dan perangkat pendukung dengan strategi SW (Strength, Weakness)
  2. Melakukan revisi pada Prota, Promes, remedial, pengayaan agar lebih selaras.
  3. Menyajikan modul ajar versi final yang lebih sistematis dan aplikatif
Kriteria:

Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengembangan perangkat pembelajaran
2 x 50 menit

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan

Materi: 4] Janet Trineke Manoy, 2021 Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Menyajikan produk akhir berupa Modul Ajar Matematika berbasis Deep Learning yang dilengkapi bahan ajar, media, LKPD, asesmen, remedial, dan pengayaan

  1. Menyusun modul ajar matematika dengan semua komponen wajib (ATP, tujuan, kegiatan, asesmen, refleksi) dan bahan ajar, media, LKPD, remedial, pengayaan
  2. Merancang modul ajar yang mencerminkan prinsip joyful, meaningful, mindful
  3. Mengintegrasikan TIK (media, aplikasi, atau platform digital) dalam modul ajar
  4. Menyusun modul ajar dengan komponen yang saling mendukung (tujuan, kegiatan, asesmen, remedial, pengayaan)
  5. Memaparkan modul ajar secara sistematis dan menjawab pertanyaan kritis
Kriteria:

Produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ujian Akhir Semester/ Produk akhir modul ajar berbasis deep learning

Materi: 1)
Pustaka: Ratumanan. T. G., Rosmiati, Imas. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Edisi Kedua). Rajawali Pers. Depok

Materi: 2)
Pustaka: Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatra Utara

Materi: 3)
Pustaka: Ananda Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. LPPPI. Medan

Materi: 4) Janet Trineke Manoy, 2021 Flipbook Media Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII
Pustaka:
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 54.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2%
4. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.