Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Karakter

8624302052

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

29 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim Penyusun RPS




Hendrik Pandu Paksi,S.Pd.,M.Pd.




DELIA INDRAWATI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-8

Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-9

Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK - 1 Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia

PO - 2

CPMK - 2 Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter

PO - 3

CPMK - 3 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur

PO - 4

CPMK - 4 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia

PO - 5

CPMK - 5 Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar

PO - 6

CPMK - 6 Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui aksi nyata

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-8PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Pendidikan karakter mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar

Pustaka

Utama :

  1. 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
  2. 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
  3. 3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.

Pendukung :

  1. 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya
  2. 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
  3. 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
  4. 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
  5. 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
  6. 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
  7. 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
  8. 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
  9. 9. Sumber Utama dan Pendukung

Dosen Pengampu

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Dr. Helda Kusuma Wardani, S.Pd., M.Pd.

Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Mata Kuliah

Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan

Kriteria:
  1. Kehadiran
  2. Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah
2x50
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan
2x50
Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/......

Materi: Pengantar Mata Kuliah
Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
2%

2

Minggu ke 2

Definisi dan faktor pembentuk karakter

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis

Kriteria:
  1. Penilaian kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS
2x50
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS
2x50
Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/...

Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter
Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
4%

3

Minggu ke 3

Macam-macam karakter dan Fungsi Karakter dalam Kehidupan Manusia

  1. 1. Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertai contoh
  2. 2.Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS
2x50
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS
2x50
Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/...

Materi: Macam-macam karakter
Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
2%

4

Minggu ke 4

Living Values (Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action) dalam Pendidikan Karakter

Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
3%

5

Minggu ke 5

Mendidik Untuk Membentuk Karakter

Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar

Kriteria:

Penilaian Hasil Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan
Guru berdurasi 10-15
menit. Unggah di
Media Sosial
2x50
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan
Guru berdurasi 10-15
menit. Unggah di
Media Sosial
2x50
Materi: Mendidik untuk Membentuk Karakter
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
20%

6

Minggu ke 6

Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter

Mahasiswa memahami hubungan antara Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam membangun pendidikan karakter di Sekolah Dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Materi: Nilai, Norma, Moradan Etika dalam Pendidikan Karakter
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
3%

7

Minggu ke 7

Keberagaman Karakter dan Dampaknya

Mahasiswa mampu K menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia

Kriteria:
  1. Penilaian keaktifan
  2. Penilaian Kehadiran
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
0%

8

Minggu ke 8

Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan

Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah

Kriteria:

Penilaian Hasil Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik
yang timbul karena
perbedaan karakter,
lalu membuat opini
bagaimana kasus
tersebut diselesaikan
2x50
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik
yang timbul karena
perbedaan karakter,
lalu membuat opini
bagaimana kasus
tersebut diselesaikan
2x50
Materi: Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
20%

9

Minggu ke 9

Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal

Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Materi: Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
3%

10

Minggu ke 10

Karakteristik Manusia Indonesia

Mahasiswa mampu menunjukkan arakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis elamin, ras, suku, Agama, dan budaya

Kriteria:

Penilaian Hasil Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi
Masyarakat yang
memiliki karakter yang
kurang baik. Unggah di
medsos, Boleh
setingan.
2x50
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi
Masyarakat yang
memiliki karakter yang
kurang baik. Unggah di
medsos, Boleh
setingan.
2x50
Materi: Karakteristik Manusia Indonesia
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
20%

11

Minggu ke 11

Pendidikan Karakter Anti Perundungan

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
4%

12

Minggu ke 12

Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD

Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD

Kriteria:

Penilaian Proyek


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti
perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya
disertai foto
2x50
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti
perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya
disertai foto
2x50
Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
18%

13

Minggu ke 13

Bahaya Perundungan dan Pencegahannnya

Mahasiswa mampu memahami bahaya perundungan

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Materi: Bahaya Perundungan dan Pencegahannya
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
3%

14

Minggu ke 14

Praktik Baik Program Sekolah Anti Perundungan

Mahasiswa mampu mengkaji praktik baik Program Anti Perundungan di SD

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Diskusi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab
2x50
Materi: Praktik Baik Program Sekolah Anti Perundungan
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
3%

15

Minggu ke 15

Iklan layanan masyarakat di sekolah dasar

Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar

Kriteria:

Penilaian Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat iklan layanan masyarakat/ajakan berperilaku karakter di sekolah dasar
2x50
Membuat iklan layanan masyarakat/ajakan berperilaku karakter di sekolah dasar
2x50
Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/...

Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar
Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
20%

16

Minggu ke 16

Refleksi Akhir Semester

Mahasiswa mampu melakukan refleksi dari semua aktivitas perkuliahan yang dilalui

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa mampu
melakukan refleksi
dari semua
aktivitas
perkuliahan yang
dilalui
2x50
Mahasiswa mampu
melakukan refleksi
dari semua
aktivitas
perkuliahan yang
dilalui
2x50
Materi: Refleksi Akhir Semester
Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung
2%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 89%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.