
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Karakter |
8624302052 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
29 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim Penyusun RPS
|
Hendrik Pandu Paksi,S.Pd.,M.Pd.
|
DELIA INDRAWATI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK - 1 Mahasiswa memahami Definisi Karakter, Proses Terbentuknya Karakter, macam-macam karakter dan fungsinya dalam kehidupan Manusia
|
PO - 2 |
CPMK - 2 Mahasiswa memahami living values, morality dan cara mendidik untuk membentuk karakter
|
PO - 3 |
CPMK - 3 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi karakter yang berkeadilan ditengah masyarakat yang multikultur
|
PO - 4 |
CPMK - 4 Mahasiswa mampu menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang sesuai dengan karakteristik manusia Indonesia
|
PO - 5 |
CPMK - 5 Mahasiswa mampu memahami pendidikan karakter anti perundungan dan imlementasinya di sekolah dasar
|
PO - 6 |
CPMK - 6 Mahasiswa mampu mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui aksi nyata
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-8 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | | PO-6 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pendidikan karakter mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara mendidik karakter, implementasi karakter yang berkeadilan di tengah masyarakat multikultur, implementasi karakter berbasis kearifan lokal masyarakat Indonesia dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar. Output dari mata kuliah ini adalah aksi nyata untuk mengkampanyekan pendidikan karakter di sekolah dasar |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
- 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud.
- 3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka.
|
Pendukung : |
|
- 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya
- 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
- 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta.
- 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar.
- 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
- 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.
- 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082
- 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons.
- 9. Sumber Utama dan Pendukung
|
Dosen Pengampu
|
Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd. Dr. Helda Kusuma Wardani, S.Pd., M.Pd. Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Mata Kuliah |
Mahasiswa memahami capaian pembelajaran mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan |
Kriteria:
- Kehadiran
- Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak kuliah 2x50 |
Menyimak, bertanya, menyepakati kontrak perkuliahan 2x50 |
Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 3. Paksi, H. P. (2021). Penguatan karakter fast fathonah, amanah, shidiq, tabligh. Scopindo Media Pustaka. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/...... Materi: Pengantar Mata Kuliah Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Definisi dan faktor pembentuk karakter |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan faktor pembentuk karakter secara lisan dan tertulis |
Kriteria:
- Penilaian kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS 2x50 |
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS 2x50 |
Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Definisi dan faktor pembentuk karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Macam-macam karakter dan Fungsi Karakter dalam Kehidupan Manusia |
- 1. Mahasiswa mampu menganalisis macam-macam karakter disertai contoh
- 2.Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi karakter dalam kehidupan manusia
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS 2x50 |
Penyampaian materi
oleh Dosen
1. Mahasiswa
membuat resume dari
materi yang
disampaikan
2. Mahasiswa mengisi
diskusi pada LMS 2x50 |
Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Macam-macam karakter Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Living Values (Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Action) dalam Pendidikan Karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan antara Moral Knowing, Moral feeling dan moral action dalam pendidikan karakter |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
|
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mendidik Untuk Membentuk Karakter |
Mahasiswa mampu menunjukkan cara mendidik untuk membentuk Karakter di sekolah dasar |
Kriteria:
Penilaian Hasil Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan
Guru berdurasi 10-15
menit. Unggah di
Media Sosial 2x50 |
Individu 1 : PjBL
Video Podcast dengan
Guru berdurasi 10-15
menit. Unggah di
Media Sosial 2x50 |
Materi: Mendidik untuk Membentuk Karakter Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
20% |
6
Minggu ke 6 |
Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam Pendidikan Karakter |
Mahasiswa memahami hubungan antara Nilai, Norma, Moral dan Etika dalam membangun pendidikan karakter di Sekolah Dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Materi: Nilai, Norma, Moradan Etika dalam Pendidikan Karakter Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Keberagaman Karakter dan Dampaknya |
Mahasiswa mampu K menunjukkan keberagaman karakter dan dampaknya bagi kehidupan manusia |
Kriteria:
- Penilaian keaktifan
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Materi: Keberagaman karakter dan dampaknya Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi Karakter yang berkeadilan di masyarakat secara kritis dan ilmiah |
Kriteria:
Penilaian Hasil Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik
yang timbul karena
perbedaan karakter,
lalu membuat opini
bagaimana kasus
tersebut diselesaikan 2x50 |
Individu 2 : PBL
Mencari kasus konflik
yang timbul karena
perbedaan karakter,
lalu membuat opini
bagaimana kasus
tersebut diselesaikan 2x50 |
Materi: Studi Implementasi Karakter yang Berkeadilan Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal |
Mahasiswa mampu menjelaskan Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal di Indonesia |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok 4
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Materi: Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Lokal Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Karakteristik Manusia Indonesia |
Mahasiswa mampu menunjukkan arakteristik manusia Indonesia berdasarkan jenis elamin, ras, suku, Agama, dan budaya |
Kriteria:
Penilaian Hasil Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi
Masyarakat yang
memiliki karakter yang
kurang baik. Unggah di
medsos, Boleh
setingan. 2x50 |
Individu 3 : PjBL
Buat vlog edukasi
Masyarakat yang
memiliki karakter yang
kurang baik. Unggah di
medsos, Boleh
setingan. 2x50 |
Materi: Karakteristik Manusia Indonesia Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
20% |
11
Minggu ke 11 |
Pendidikan Karakter Anti Perundungan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan karakter anti perundungan di sekolah dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Materi: Pendidikan Karakter Anti Perundungan Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD |
Mahasiswa mampu mengkaji dan membuat ide Program Anti Perundungan di SD |
Kriteria:
Penilaian Proyek Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti
perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya
disertai foto 2x50 |
Individu 4 : PjBL
1. Buat 1 program anti
perundungan di SD
2. Terapkan di sekolah
3. Buat laporannya
disertai foto 2x50 |
Materi: Studi Implementasi Program Anti Perundungan di SD Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
18% |
13
Minggu ke 13 |
Bahaya Perundungan dan Pencegahannnya |
Mahasiswa mampu memahami bahaya perundungan |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Materi: Bahaya Perundungan dan Pencegahannya Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Praktik Baik Program Sekolah Anti Perundungan |
Mahasiswa mampu mengkaji praktik baik Program Anti Perundungan di SD |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Diskusi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Presentasi Kelompok
1. Membuat PPT,
Handout
2. Presentasi
3. Tanya Jawab 2x50 |
Materi: Praktik Baik Program Sekolah Anti Perundungan Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Iklan layanan masyarakat di sekolah dasar |
Mahasiswa mampu mengkampanyekan ide tentang pendidikan karakter melalui Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar |
Kriteria:
Penilaian Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Membuat iklan layanan masyarakat/ajakan berperilaku karakter di sekolah dasar 2x50 |
Membuat iklan layanan masyarakat/ajakan berperilaku karakter di sekolah dasar 2x50 |
Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 1. Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar: Pedoman guru. Kemdikbud. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 1. Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 2. Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 3. Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia: Strategi reformasi pendidikan nasional. Rineka Cipta. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 4. Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah dasar: Konsep dan praktik. Pustaka Pelajar. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 5. Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 6. Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana. Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 7. Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-based character education. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72-85. https://doi.org/... Materi: Iklan layanan Masyarakat di Sekolah Dasar Pustaka: 8. Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed.). John Wiley & Sons. |
20% |
16
Minggu ke 16 |
Refleksi Akhir Semester |
Mahasiswa mampu melakukan refleksi dari semua aktivitas perkuliahan yang dilalui |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa mampu
melakukan refleksi
dari semua
aktivitas
perkuliahan yang
dilalui 2x50 |
Mahasiswa mampu
melakukan refleksi
dari semua
aktivitas
perkuliahan yang
dilalui 2x50 |
Materi: Refleksi Akhir Semester Pustaka: 9. Sumber Utama dan Pendukung |
2% |