
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Operasi dan Kendali Sistem |
2010102135 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
6 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D
|
.......................................
|
UNIT THREE KARTINI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menguasai metode aplikasi teknologi di bidang Teknik Elektro terutama pada 3 bidang peminatan yaitu Sistim Tenaga dan Inteligensi, Telekomunikasi dan Jaringan Cerdas, dan Teknologi Informasi |
PLO-10 |
Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro melalui riset atau eksperiment menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar operasi sistem tenaga listrik dan keterkaitannya dengan kendali sistem, serta mengkaitkan dengan perkembangan teknologi terbaru pada bidang sistem tenaga, jaringan cerdas, dan teknologi informasi.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis operasi sistem tenaga menggunakan perangkat lunak simulasi dan merancang kendali sistem untuk menjaga keandalan dan kestabilan operasi sistem tenaga.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil analisis dan eksperimen yang menggambarkan pendekatan interdisipliner dalam pengoperasian dan pengendalian sistem tenaga, serta menyajikannya secara profesional baik secara lisan maupun tulisan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menggali lebih dalam teori dan aplikasi kendali modern untuk sistem rekayasa elektro. Mahasiswa akan menguasai analisis dan perancangan sistem dalam domain state-space, merancang pengendali optimal dan robust, serta mengimplementasikan estimator keadaan untuk sistem yang kompleks. Fokus diberikan pada aplikasi di bidang sistem tenaga listrik, robotika, dan sistem mekatronika. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016.
- Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994.
- Katsuhiko Ogata, Modern Control Engineering 5th Edition,Pearson, 2009
- Richard C. Dorf , Robert H. Bishop, Modern Control Systems (12th Edition) 12th Edition, Pearson, 2010
|
Pendukung : |
|
- Automatic Control System, Benjamin C. Kuo
- Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. Pradini Puspitaningayu, S.T., M.T., Ph.D. Rifqi Firmansyah, S.T., M.T., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Revolusi Kendali Modern |
Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan dan keunggulan pendekatan kendali modern serta mentransformasi sistem sederhana ke dalam representasi state-space. |
Kriteria:
- Jawaban benar minimal 75% pada kuis
- Diagram sistem tenaga lengkap dan sesuai saat presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas, video pembelajaran, kuis berbasis gambar/diagram sistem tenaga
|
Ceramah interaktif, diskusi kelas, video pembelajaran, kuis berbasis gambar/diagram sistem tenaga
|
Materi: komponen sistem pembangkitan, transmisi, distribusi Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memodelkan Sistem Elektro-Mekanik |
Mahasiswa mampu menurunkan model state-space dari sistem rekayasa nyata dan melakukan linierisasi untuk analisis. |
Kriteria:
- Mampu menganalisis minimal 2 skenario operasi dengan akurasi ≥ 70%
- Laporan simulasi menunjukkan pemahaman konsekuensi gangguan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, simulasi dasar menggunakan software (misal: ETAP/Simulink), diskusi berbasis problem solving
|
Studi kasus, simulasi dasar menggunakan software (misal: ETAP/Simulink), diskusi berbasis problem solving
|
Materi: prinsip operasi normal dan gangguan dalam sistem tenag Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Stabilitas Internal & Teori Lyapunov |
Mahasiswa dapat menganalisis stabilitas sistem berdasarkan eigenvalue dari matriks sistem (A) dan menerapkan kriteria stabilitas Lyapunov. |
Kriteria:
- Hasil simulasi menunjukkan respons kendali yang benar pada gangguan beban
- Skema blok kendali sesuai teori minimal 80%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dengan studi simulasi (frekuensi dan tegangan), praktikum menggunakan Simulink, latihan soal kendali
|
|
Materi: prinsip dasar pengendalian tegangan dan frekuensi dalam sistem tenaga. Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi Keterkendalian (Controllability) & Keteramatan (Observability) |
Mahasiswa mampu menguji apakah sebuah sistem dapat dikendalikan sepenuhnya oleh input dan apakah keadaan internalnya dapat diamati dari output. |
Kriteria:
- Presentasi kelompok memiliki struktur materi lengkap, minimal 75% isi benar
- Artikel review atau laporan literatur mengacu minimal 3 referensi ilmiah terbaru
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi kelompok, studi literatur, pemutaran video dokumenter smart grid, diskusi tentang tren teknologi
|
|
Materi: penerapan teknologi smart grid Pustaka: Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mendesain Pengendali State-Feedback (Pole Placement) |
Mahasiswa mampu merancang pengendali state-feedback untuk mencapai respon transien yang diinginkan (misalnya, settling time, overshoot). |
Kriteria:
- Rumusan masalah jelas, relevan, dan didukung minimal 3 referensi
- Presentasi atau laporan awal mendapat skor ≥75% dari aspek struktur dan kejelasan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi literatur, diskusi kasus, observasi atau analisis studi kasus nyata dari sistem tenaga.
|
|
Materi: operasi dan kendali sistem tenaga berdasarkan studi literatur Pustaka: Grainger, J. J., & Stevenson, W. D. Power System Analysis. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengantar Kendali Optimal & Linear Quadratic Regulator (LQR) |
Mahasiswa memahami kerangka berpikir untuk merancang sinyal kendali yang "terbaik" menurut kriteria tertentu. |
Kriteria:
- Desain eksperimen/simulasi lengkap dan tepat ≥80%
- Hasil eksperimen terverifikasi, data valid dan konsisten
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Praktikum, proyek mini-simulasi (MATLAB/Simulink atau ETAP), studi laboratorium
|
Praktikum, proyek mini-simulasi (MATLAB/Simulink atau ETAP), studi laboratorium
|
Materi: erancang dan melakukan eksperimen atau simulasi untuk mengevaluasi performa sistem operasi dan kendali sistem tenaga. Pustaka: Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis Implementasi LQR dan Sistem Servo |
Mahasiswa mampu merancang pengendali LQR dan menganalisis pengaruh matriks pembobot terhadap perilaku sistem. |
Kriteria:
- Interpretasi data akurat dan logis (≥75%)
- Kesimpulan sesuai dengan tujuan eksperimen/simulasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis data, diskusi kelompok, pengolahan hasil menggunakan tools numerik (Excel, MATLAB)
|
|
Materi: menganalisis hasil eksperimen atau simulasi dan menarik kesimpulan berdasarkan pendekatan teknik elektro Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan Desain Estimator Keadaan (State Observer) |
Mahasiswa mampu merancang observer untuk mengestimasi keadaan sistem dan menggabungkannya dengan pengendali state-feedback. |
Kriteria:
- Laporan lengkap dengan struktur IMRAD dan sitasi minimal 5 pustaka
- Presentasi mendapat nilai minimal 75% dari rubrik presentasi (konten, penyajian, argumentasi)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penulisan laporan, presentasi hasil eksperimen, peer-review, bimbingan proyek kecil
|
|
Materi: menyusun dan mempresentasikan laporan hasil eksperimen atau riset secara sistematis dan profesional. Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menyusun Kendali Output-Feedback & Prinsip Separasi |
Mahasiswa memahami konsep dasar dan formulasi Kalman Filter untuk aplikasi estimasi. |
Kriteria:
Struktur laporan sesuai format standar minimal 80% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan mandiri, bimbingan laporan, penulisan terstruktur
|
|
Materi: - Pustaka: Kundur, P. Power System Stability and Control. McGraw-Hill, 1994. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memodifikasi pengendali untuk memastikan output sistem dapat mengikuti sinyal referensi secara presisi. |
Data diinterpretasikan dengan grafik/tabel |
Kriteria:
Minimal 75% grafik/tabel digunakan tepat dan dijelaskan secara ilmiah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Latihan analisis hasil, diskusi kelompok, praktik pengolahan data
|
|
Materi: - Pustaka: Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami tantangan yang ditimbulkan oleh ketidakpastian model dan pendekatan untuk mengatasinya. |
Simpulan menjawab tujuan |
Kriteria:
Simpulan logis dan konsisten ≥75% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penugasan menulis simpulan dan saran, diskusi kelompok, peer review
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelasakan pengantar Kendali Non-Linier |
Mahasiswa mendapatkan wawasan tentang kompleksitas dan metode dasar untuk mengendalikan sistem non-linier. |
Kriteria:
Minimal 5 referensi dikutip dan ditulis dengan format benar ≥80% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pelatihan penulisan kutipan dan daftar pustaka, penggunaan tools (Mendeley/Zotero)
|
|
Materi: - Pustaka: Wood, A. J., Wollenberg, B. F., & Sheblé, G. B. Power Generation, Operation and Control (3rd ed.). Wiley, 2013. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan Kendali Robust & Adaptif |
Mahasiswa memahami konsep sistem kendali yang mampu "belajar" dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan atau dinamika sistem. |
Kriteria:
Minimal 75% poin presentasi dijelaskan jelas dan terstruktur Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi kelompok, diskusi kelas, simulasi seminar
|
Presentasi kelompok, diskusi kelas, simulasi seminar
|
Materi: - Pustaka: Automatic Control System, Benjamin C. Kuo |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu bekerja dalam tim untuk menyusun laporan dan menyampaikan hasilnya secara kolaboratif. |
Menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah rekayasa yang kompleks dan mengkomunikasikan hasilnya. |
Kriteria:
Semua anggota berkontribusi aktif (dilihat dari logbook/tanda tangan kontribusi) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Proyek kelompok, presentasi bersama, refleksi tim
|
|
Materi: - Pustaka: Glover, J. D., Sarma, M. S., & Overbye, T. J. Power System Analysis and Design (6th ed.). Cengage Learning, 2016. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
- |
Kriteria:
- Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
-
|
|
Materi: - Pustaka: Elgerd, O. I. Electric Energy Systems Theory: An Introduction. McGraw-Hill, 1982. |
20% |