
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bina Gerak ABK |
8620202447 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd Prof.Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd Diah Anggraeny, S.Pd., M.Pd
|
Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd
|
KHOFIDOTUR ROFIAH |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus |
PLO-9 |
Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK |
PLO-10 |
Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bina gerak anak tunadakasa (ATD) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bina gerak anak tunadakasa (ATD) sesuai prosedur
|
PO - 2 |
Mampu berkomunikasi, bekerja sama, bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun tim/kelompok, denganmenunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran dan riset yang berkaitan dengan bina gerak bagi ATD
|
PO - 3 |
Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bina gerak bagi ATD, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina gerak ATD untuk menyelesaikan permasalahan ATD, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATD berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina gerak ATD.
|
PO - 4 |
erampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis berkaitan dengan bina gerak bagi ATD, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina gerak ATD untuk menyelesaikan permasalahan ATD, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATD berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina gerak ATD
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah bina gerak sebagai mata kuliah yang memberikan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, meliputi konsep dasar bina gerak: pengertian, tujuan, fungsi, ruang lingkup, asesmen, dan program di SDLB/D, SMPLB/D, dan SMALB/D melalui kegiatan observasi dan diskusi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Abdoellah, Arma. 1996. Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTA.
- Abdurrahman, Mulyono. 1995. Program Pendidikan Individual. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Amir, Nurhida dan Roedito. 1980. Disain Instruksional. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Depdikbud.
- Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB.
- Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud
- Edwards, J.W. 1952. Orthopaedic Appliances Atlas. Michigan: I ncorporated Ann Arbor.
- Idris, Ferial H, dan Rasyid, Nagar. 1987. Ambulasi Penca Gangguan Gerak. Bandung: YPAC.
- K, Miriam. 1988. Dance Movement. Norwey: The Nise
- Martini, Eliimira. 1981. Gerak dan Irama I dan ll. Bandung: PLB FIP IKIP
- Mercer, Cecil D. & Mercer, Ann R. 1989. Teaching Student with Learning Problems. London : Merril Publishing Company.
- Simposium. 1991. Latihan Gerak Pada Anak Balita Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Bandung : Yayasan Suryakanti, Goethe Institut.
- Wardani, I.G.A.K. 1995. Pengembangan Perencanaan Pengajaran Dalam PLB. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPTK.
- Werner, David. 1987. Disable Village Children. USA: The Herperian Foundation
- WHO, 1983. Training Disable People In The Community. USA: WHO
|
Pendukung : |
|
- Anggraeny, D., S. Sujarwanto, Wagino, et.all (2025). Innovation Design of Assistive Devices to Improve Motor Skills in Physical Disabilities. Concep: Journal Of Engineering Science and Technology special Issue on ISCoE2024 Vol. 20 No. 2 (2025) 104-111
- Internet, referensi/sumber belajar/media lain baik digital maupun non digital
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd. Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd. Diah Anggraeny, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar gerak : pengertian, jenis- jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa (ATD) |
• Menjelaskan pengertian, jenisjenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa (ATD) • Menganalisis kaitan konsep dasar gerak |
Kriteria:
Non-tes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2x50 |
|
Materi: pengertian, jenis-jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud Materi: pengertian, jenis-jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami konsep dasar gerak : pengertian, jenis- jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa (ATD) |
Menjelaskan pengertian, jenis- jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa (ATD) · Menganalisis kaitan konsep dasar gerak. |
Kriteria:
Nontes,presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x 50 |
|
Materi: pengertian, jenis-jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: pengertian, jenis-jenis, proses, kelainan pada gerak anak tunadaksa Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
Menjelaskan ruang lingkup materi dan prosedur langkah- langkah kegiatan bina gerak. · Mengidentifikasi contoh materi bina gerak bagi anak tunadaksa Menganalisis kaitan bina gerak dengan pembelajaran ATD |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: ruang lingkup materi dan langkah- langkah kegiatan bina gerak. Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: ruang lingkup materi dan langkah- langkah kegiatan bina gerak. Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami ruang lingkup materi dan prosedur langkah- langkah kegiatan bina gerak. |
Menjelaskan ruang lingkup materi dan prosedur langkah- langkah kegiatan bina gerak. · Mengidentifikasi contoh materi bina gerak bagi anak tunadaksa · Menganalisis kaitan bina gerak dengan pembelajaran ATD |
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, respons 2x50 |
|
Materi: ruang lingkup materi dan langkah- langkah kegiatan bina gerak Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: ruang lingkup materi dan langkah- langkah kegiatan bina gerak Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami alat-alat bantu bina gerak meliputi : alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alat -alat modifikasi |
|
Kriteria:
Non - tes,presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
luring 2x50 |
|
Materi: Asesmen gerak anak tunadaksa yang meliputi : meliputi : Hakekat Assesmen Gerak Anak Tunadaksa, Tujuan Metode/teknik dalam, assesmen gerak, Prosedur assesmen, Ruang Lingkup Assesmen, Gerak ATD, Program assesmen gerak ATD. Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Asesmen gerak anak tunadaksa yang meliputi : meliputi : Hakekat Assesmen Gerak Anak Tunadaksa, Tujuan Metode/teknik dalam, assesmen gerak, Prosedur assesmen, Ruang Lingkup Assesmen, Gerak ATD, Program assesmen gerak ATD. Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami alat-alat bantu bina gerak meliputi : alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alat -alat modifikasi |
Menjelaskan alat-alat bantu bina gerak meliputi : alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alat-alat modifikasi. Mendiskusikan alat-alat bantu bina gerak meliputi : alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alat-alat modifikasi |
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
luring 2x50 |
|
Materi: Asesmen gerak anak tunadaksa yang meliputi : meliputi : Hakekat Assesmen Gerak Anak Tunadaksa, Tujuan Metode/teknik dalam, assesmen gerak, Prosedur assesmen, Ruang Lingkup Assesmen, Gerak ATD, Program assesmen gerak ATD. Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Asesmen gerak anak tunadaksa yang meliputi : meliputi : Hakekat Assesmen Gerak Anak Tunadaksa, Tujuan Metode/teknik dalam, assesmen gerak, Prosedur assesmen, Ruang Lingkup Assesmen, Gerak ATD, Program assesmen gerak ATD. Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami asesmen gerak anak tunadaksa yang meliputi : Hakekat Assesmen Gerak Anak Tunadaksa, Tujuan, Metode/teknik dalam, assesmen gerak, Prosedur assesmen, Ruang Lingkup Assesmen, Gerak ATD, Program assesmen gerak ATD. |
Menjelaskan asesmen gerak anak tunadaksa yang meliputi : Hakekat Assesmen Gerak Anak Tunadaksa, Tujuan, Metode/teknik dalam, assesmen gerak, Prosedur assesmen, Ruang Lingkup Assesmen, Gerak ATD, Program assesmen gerak ATD. Mengidentifikasi asesmen gerak anak tunadaksa |
Kriteria:
non - tes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: penyusunan program pengajaran meliputi : konsep program pengajaran bina gerak, menyusun program pengajaran bian gerak, format program pengajaran bina gerak Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: penyusunan program pengajaran meliputi : konsep program pengajaran bina gerak, menyusun program pengajaran bian gerak, format program pengajaran bina gerak Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Ujian Tengah Semester |
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ujian Tengah Semester 2x50 |
|
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami penyusunan program pengajaran bina gerak meliputi : konsep program pengajaran bina gerak, menyusun program pengajaran bian gerak, format program pengajaran bina gerak. |
▪ penyusunan program pengajaran bina gerak ▪ Mengidentifikasi program pembelajaran bina gerak. ▪ Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina gerak |
Kriteria:
nontes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: Pelaksanaan program dan evaluasi program Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Pelaksanaan program dan evaluasi program Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami penyusunan program pengajaran bina gerak meliputi : konsep program pengajaran bina gerak, menyusun program pengajaran bian gerak, format program pengajaran bina gerak |
▪ penyusunan program pengajaran bina gerak ▪ Mengidentifikasi program pembelajaran bina gerak. ▪ Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina gerak. |
Kriteria:
nontes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: Pelaksanaan program dan evaluasi program Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Pelaksanaan program dan evaluasi program Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami penyusunan program pengajaran bina gerak meliputi : konsep program pengajaran bina gerak, menyusun program pengajaran bian gerak, format program pengajaran bina gerak |
▪ penyusunan program pengajaran bina gerak ▪ Mengidentifikasi program pembelajaran bina gerak. ▪ Mendiskusikan rancangan pembelajaran atau program berkaitan bina gerak. |
Kriteria:
non-tes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: Pelaksanaan program dan evaluasi program Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Pelaksanaan program dan evaluasi program Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami Penyusunan media/alat bantu bina gerak pada ATD berbasis budaya lokal |
▪ penyusunan media/alat bantu pengajaran bina gerak ▪ Mengidentifikasi media/alatbantu pembelajaran bina gerak. Mendiskusikan rancangan media/alat bantupembelajaran atau program berkaitan bina gera |
Kriteria:
non-tes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami Penyusunan media/alat bantu bina gerak pada ATD berbasis budaya lokal |
• penyusunan media/alat bantu pengajaran bina gerak • Mengidentifikasi media/alatbantu pembelajaran bina gerak. • Mendiskusikan rancangan media/alat bantupembelajaran atau program berkaitan bina gerak |
Kriteria:
non-tes, kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Penyusunan media/alat bantu bina gerak pada ATD berbasis budaya lokal |
▪ penyusunan media/alat bantu pengajaran bina gerak ▪ Mengidentifikasi media/alatbantu pembelajaran bina gerak. ▪ Mendiskusikan rancangan media/alat bantupembelajaran atau program berkaitan bina gerak |
Kriteria:
non-tes, presentasi dan kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami Penyusunan media/alat bantu bina gerak pada ATD berbasis budaya lokal |
▪ penyusunan media/alat bantu pengajaran bina gerak ▪ Mengidentifikasi media/alatbantu pembelajaran bina gerak. ▪ Mendiskusikan rancangan media/alat bantupembelajaran atau program berkaitan bina gerak. |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning, diskusi, penugasan, responsi 2x50 |
|
Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: media/alat yang digunakan untuk latihan gerak, alat yang dipakai anak untuk bergerak, alatalat modifikasi Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester |
|
Kriteria:
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester 2x50 |
|
Materi: Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester Pustaka: Depdikbud. 1986. Pedoman Guru Dalam Bina Diri dan Gerak Bagi Anak Tunadaksa, Untuk SLB Bagian D. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen PPSLB. Materi: Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester Pustaka: Depdikbud. 1997. Kurikulum Pendidikan Luar Biasa, GBPP Mata Pelajaran Program Khusus Bina Diri dan Bina Gerak. Jakarta Depdikbud |
10% |