
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Hukum
Program Studi S1 Ilmu Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sosiologi dan Antropologi |
7420102242 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
6 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Maya Mustika Kartika Sari
|
.......................................
|
VITA MAHARDHIKA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai dasar-dasar ilmu hukum materiil, hukum formil, penalaran hukum dan argumentasi hukum |
PLO-6 |
Mampu mengkonstatir, mengkualifisir, mengkonstituir, mengeksekutoir |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Brinx, James H . 2011. 21th Century Anthropology A Reference Handbook. London: Sage.
- Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall.
- Haviland, et.al . 2008. Cultural Anthropology. The Human Challenge. Bellmont, CA: Thomson Wadsworth.
- Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian, et.al . 2005. Sociology to the Twenty First Century. New Jersey: Upper Saddle River.
- Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, Editor . 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media.
- Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Heppy Hyma Puspytasari, S.H., M.H. Nurul Hikmah, Lc., M.HI. Dr. Mieke Yustia Ayu Ratna Sari, S.H., M.H. Farida Prima Pratista, Lc. M.A. Kharizha Krishnandya, S.H., M.H. Dr. Ellectrananda Anugerah Ash-Shidiqqi, S.H,. M.H,. M.Si. Nabilla Desyalika Putri, S.H., M.H. Apriliani Kusumawati, M.H. Meita Debi Riyanti, M.Kn. Ahmad Nailul Author, S.H., S.I.P., M.H. Muhammad Akmal Habib, S.H., M.H.L. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: konsep-konsep dasar antropologi Pustaka: Brinx, James H . 2011. 21th Century Anthropology A Reference Handbook. London: Sage. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: obyek material dan formal antropologi, cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Sedang
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
Materi: konsep-konsep dasar sosiologi Pustaka: Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: cabang-cabang ilmu antropologi Pustaka: Brinx, James H . 2011. 21th Century Anthropology A Reference Handbook. London: Sage. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Sedang
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tanya Jawab, diskusi
|
|
Materi: obyek material dan formal antropologi Pustaka: Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Sedang
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: konsep-konsep dasar sosiologi Pustaka: Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian, et.al . 2005. Sociology to the Twenty First Century. New Jersey: Upper Saddle River. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: interaksi sosial Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Tes |
ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: Nilai dan norma sosial Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Tes |
ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: interaksi sosial Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar'
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 1 jam 45 menit |
|
Materi: evolusi dan variasi manusia Pustaka: Miller, Barbara . 2009. Cultural Anthropology. Toronto: Prentice Hall. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 1 jam 45 menit |
|
Materi: konsep-konsep dasar sosiologi Pustaka: Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, Editor . 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: Objek kajian sosiologi Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menajwab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 1 jam 45 menit |
|
Materi: Nilai dan norma sosial Pustaka: Curry, Tim, Robert Jiobo, and Kent Schwirian, et.al . 2005. Sociology to the Twenty First Century. New Jersey: Upper Saddle River. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: sosialisasi dan pembentukan kepribadian Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: Objek kajian sosiologi Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 1 jam 45 menit |
|
Materi: interaksi sosial Pustaka: Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, Editor . 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada Media. |
15% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu konsep-konsep dasar antropologi dan konsep-konsep dasar sosiologi, antara lain: cabang-cabang ilmu antropologi, metode, teori-teori evolusi, evolusi dan variasi manusia, kebudayaan dan perubahannya, kerangka dan pemetaan budaya. Konsep-konsep dasar sosiologi antara lain: objek kajian, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan dan pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. |
- Baik
- Cukup
- Kurang
|
Kriteria:
- Baik, jika mampu menjawab semua soal dengan benar
- Cukup, jika mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar
- Kurang, jika mampu menjawab sebagian kecil soal dengan benar
Bentuk Penilaian : Tes |
ceramah, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: interaksi sosial Pustaka: Soerjono, Soekanto . 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. |
5% |