Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sastra Digital

7920102183

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

10 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Phil. Mohammad Rokib, M.A.




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




PARMIN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan

PLO-8

Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia

PLO-9

Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia

PLO-10

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep, sejarah, bentuk, dan karakter sastra digital

PO - 2

Memproduksi karya sastra digital sesuai platform

PO - 3

Mengimplementasikan metode kuantitatif dan kualitatif dalam kajian sastra digital

PO - 4

Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil kajian sastra digital

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-8PLO-9PLO-10
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mempelajari konsep, perkembangan, dan bentuk sastra digital, teknik produksi karya sastra digital (puisi dan prosa), distribusi dan monetisasi karya, serta penerapan metode kuantitatif dan kualitatif dalam analisis sastra digital. Mahasiswa akan memproduksi karya sastra digital (UTS) dan menyusun proyek analisis sastra digital (UAS).

Pustaka

Utama :

  1. Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.
  2. Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima
  3. Hayles, N. K. (2008). Electronic Literature: New Horizons for the Literary. University of Notre Dame Press.
  4. Simanowski, R. (2010). "Reading Digital Literature" in Simanowski, R. Schäfer, J. and Gendolla, P. (eds). Reading Moving Letters. Digital Literature in Research and Teaching. Bielefeld: Transcript.
  5. Bouchardon, S. (2017). Towards a tension-based definition of Digital Literature. Journal of Creative Writing Studies, 2(1).

Pendukung :

  1. Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118
  2. Suryajaya, Martin. (2022). Seni sebagai Pelarian ke dalam Kepribadian Lain: Sebuah Eksperimen Pembacaan Jauh atas Dua Marga. Jurnal Urban, 6(1), 5-24.
  3. Moretti, Franco. (2005). Graphs, Maps, Trees: Abstract Models for a Literary History. London: Verso.
  4. Mahayana, M. (2017, April 22). Sastra(wan) Generasi Facebook. Kompas, p. 24. Retrieved from https://kompas.id/baca/x/akhir-pekan/2017/04/22/sastrawan-generasi-facebook/
  5. Rokib, M. (2019, December). The Polemics of Digital Literature in Indonesia: Trends, Patterns, and Approaches within Academic Discussion BT - Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019). 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/soshec-19.2019.63
  6. Mohammad Rokib. 2012. “Gerak Komunitas Fiksimini di Ruang Siber”, Jentera, Volume 1, Nomer 2,

Dosen Pengampu

Mohammad Rokib, S.S., M.A., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami perbedaan antara sastra digital dan bentuk sastra lainnya
  2. Memahami definisi dan ruang lingkup

Diskusi dan presentasi

Kriteria:
  1. Materi sesuai bahan diskusi dan cara presentasi lugas (4)
  2. materi sesuai tetapi suara tidak lugas (3)
  3. materi tidak sesuai tetapi cara presentasi tepat (2)
  4. materi tidak sesuai dan cara presentasi tidak sesuai (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah interaktif – pengenalan mata kuliah, CPL–CPMK, aturan perkuliahan, dan kontrak belajar. (50 menit)
2. Tanya jawab eksploratif – menggali pengalaman mahasiswa terkait karya sastra digital. (10 menit)
3. Studi contoh – menampilkan karya sastra digital singkat untuk memantik diskusi. (15 menit)
4. Diskusi terbimbing – membedah perbedaan sastra born-digital dan terdigitalisasi secara umum. (15 menit)
90 Menit

Materi: Memahami perbedaan antara sastra digital dan bentuk sastra lainnya
Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.

Materi: Memahami definisi dan ruang lingkup
Pustaka: Bouchardon, S. (2017). Towards a tension-based definition of Digital Literature. Journal of Creative Writing Studies, 2(1).
2%

2

Minggu ke 2

Menjelaskan sejarah dan perkembangan

Mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan

Kriteria:
  1. Jawaban tepat dan sistematis (4)
  2. Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
  3. Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
  4. Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan presentasi
2x50

Materi: sejarah sastra digital
Pustaka: Simanowski, R. (2010).

Materi: perkembangan sastra digital
Pustaka: Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima
2%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi bentuk sastra digital

Menjelaskan perdebatan tentang sastra digital dan isu kualitas

Kriteria:
  1. Jawaban tepat dan sistematis (4)
  2. Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
  3. Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
  4. Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
project based learnibg, Diskusi dan presentasi
100 menit

Materi: ciri sastra digital
Pustaka: Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima

Materi: karakter sastra digital
Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.

Materi: karakter sastra digital
Pustaka: Simanowski, R. (2010).
2%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi karakteristik sastra digital

Dapat mengidentifikasi karakteristik yang membedakan sastra digital dari yang bukan digital

Kriteria:
  1. Jawaban tepat dan sistematis (4)
  2. Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
  3. Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
  4. Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan presentasi
100 menit

Materi: karakter sastra digital
Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.

Materi: perbedaan sastra digital dan non digital
Pustaka: Bouchardon, S. (2017). Towards a tension-based definition of Digital Literature. Journal of Creative Writing Studies, 2(1).

Materi: karakter sastra digital
Pustaka: Simanowski, R. (2010).
2%

5

Minggu ke 5

Menulis puisi digital

Dapat menulis puisi digital

Kriteria:
  1. Jawaban tepat dan sistematis (4)
  2. Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
  3. Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
  4. Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
praktik penulisan puisi digital
100 menit

Materi: Unsur-unsur sastra digital
Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.

Materi: unsur pembentuk sastra digital
Pustaka: Simanowski, R. (2010).
2%

6

Minggu ke 6

Mampu menulis prosa digital

Mampu menulis prosa digital

Kriteria:
  1. Jawaban tepat dan sistematis (4)
  2. Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
  3. Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
  4. Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik menulis prosa digital
100 menit

Materi: estetika sastra digital
Pustaka: Simanowski, R. (2010).

Materi: estetika sastra elektronik
Pustaka: Hayles, N. K. (2008). Electronic Literature: New Horizons for the Literary. University of Notre Dame Press.

Materi: estetika sastra digital indonesia
Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.
4%

7

Minggu ke 7

Menentukan strategi publikasi

Mampu menentukan strategi publikasi

Kriteria:
  1. Jawaban tepat dan sistematis (4)
  2. Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
  3. Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
  4. Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi dan diskusi
100 menit

Materi: estetika sastra elektronik
Pustaka: Hayles, N. K. (2008). Electronic Literature: New Horizons for the Literary. University of Notre Dame Press.

Materi: estetika sastra digital indonesia
Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.

Materi: bentuk sastra digital
Pustaka: Simanowski, R. (2010).
2%

8

Minggu ke 8

Proyek identifikasi karya sastra digital

Desain proyek yang menarik dan relevan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penilaian hasil proyek
100 menit

Materi: UTS
Pustaka: Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima
30%

9

Minggu ke 9

Memahami metode kuantitatif

Mampu memahami metode kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah dan diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118
2%

10

Minggu ke 10

Melakukan pengumpulan data digital sastra melalui teknik scraping dan arsip digital

Mampu mengumpulkan data digital sastra


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Rokib, M. (2019, December). The Polemics of Digital Literature in Indonesia: Trends, Patterns, and Approaches within Academic Discussion BT - Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019). 54–59. https://doi.org/...
2%

11

Minggu ke 11

Melakukan analisis teks frekuensi kata & sentimen

Mampu melakukan analisis teks frekuensi kata & sentimen


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118
2%

12

Minggu ke 12

Analisis pemodelan topik & analisis jaringan

Mampu membuat analisis pemodelan topik & analisis jaringan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118
2%

13

Minggu ke 13

Menginterpretasi data kuantitatif dan kualitatif dalam metode campuran

Mampu melakukan interpretasi data kuantitatif dan kualitatif dalam metode campuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118
2%

14

Minggu ke 14

Analisis sejarah, perbandingan, struktur, dan makna pada karya sastra digital

Mampu melakukan Analisis sejarah, perbandingan, struktur, dan makna pada karya sastra digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Suryajaya, Martin. (2022). Seni sebagai Pelarian ke dalam Kepribadian Lain: Sebuah Eksperimen Pembacaan Jauh atas Dua Marga. Jurnal Urban, 6(1), 5-24.
2%

15

Minggu ke 15

Menyusun proyek analisis karya sastra digital

Mampu menyusun proyek analisis karya sastra digital


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Mohammad Rokib. 2012. “Gerak Komunitas Fiksimini di Ruang Siber”, Jentera, Volume 1, Nomer 2,
2%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester dengan Proyek Analisis Sastra Digital

Mampu Membuat Proyek Karya Ilmiah Analisis Sastra Digital


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi
100 menit

Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital
Pustaka: Suryajaya, Martin. (2022). Seni sebagai Pelarian ke dalam Kepribadian Lain: Sebuah Eksperimen Pembacaan Jauh atas Dua Marga. Jurnal Urban, 6(1), 5-24.
40%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 27%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 71%
3. Penilaian Portofolio 1%
4. Tes 1%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.