
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sastra Digital |
7920102183 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
10 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Phil. Mohammad Rokib, M.A.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
PARMIN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-9 |
Mampu berkreasi di bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta melakukan komunikasi dengan menggunakan media bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep, sejarah, bentuk, dan karakter sastra digital
|
PO - 2 |
Memproduksi karya sastra digital sesuai platform
|
PO - 3 |
Mengimplementasikan metode kuantitatif dan kualitatif dalam kajian sastra digital
|
PO - 4 |
Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil kajian sastra digital
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-6 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mempelajari konsep, perkembangan, dan bentuk sastra digital, teknik produksi karya sastra digital (puisi dan prosa), distribusi dan monetisasi karya, serta penerapan metode kuantitatif dan kualitatif dalam analisis sastra digital. Mahasiswa akan memproduksi karya sastra digital (UTS) dan menyusun proyek analisis sastra digital (UAS). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia.
- Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima
- Hayles, N. K. (2008). Electronic Literature: New Horizons for the Literary. University of Notre Dame Press.
- Simanowski, R. (2010). "Reading Digital Literature" in Simanowski, R. Schäfer, J. and Gendolla, P. (eds). Reading Moving Letters. Digital Literature in Research and Teaching. Bielefeld: Transcript.
- Bouchardon, S. (2017). Towards a tension-based definition of Digital Literature. Journal of Creative Writing Studies, 2(1).
|
Pendukung : |
|
- Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118
- Suryajaya, Martin. (2022). Seni sebagai Pelarian ke dalam Kepribadian Lain: Sebuah Eksperimen Pembacaan Jauh atas Dua Marga. Jurnal Urban, 6(1), 5-24.
- Moretti, Franco. (2005). Graphs, Maps, Trees: Abstract Models for a Literary History. London: Verso.
- Mahayana, M. (2017, April 22). Sastra(wan) Generasi Facebook. Kompas, p. 24. Retrieved from https://kompas.id/baca/x/akhir-pekan/2017/04/22/sastrawan-generasi-facebook/
- Rokib, M. (2019, December). The Polemics of Digital Literature in Indonesia: Trends, Patterns, and Approaches within Academic Discussion BT - Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019). 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/soshec-19.2019.63
- Mohammad Rokib. 2012. “Gerak Komunitas Fiksimini di Ruang Siber”, Jentera, Volume 1, Nomer 2,
|
Dosen Pengampu
|
Mohammad Rokib, S.S., M.A., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami perbedaan antara sastra digital dan bentuk sastra lainnya
- Memahami definisi dan ruang lingkup
|
Diskusi dan presentasi |
Kriteria:
- Materi sesuai bahan diskusi dan cara presentasi lugas (4)
- materi sesuai tetapi suara tidak lugas (3)
- materi tidak sesuai tetapi cara presentasi tepat (2)
- materi tidak sesuai dan cara presentasi tidak sesuai (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Ceramah interaktif – pengenalan mata kuliah, CPL–CPMK, aturan perkuliahan, dan kontrak belajar. (50 menit)
2. Tanya jawab eksploratif – menggali pengalaman mahasiswa terkait karya sastra digital. (10 menit)
3. Studi contoh – menampilkan karya sastra digital singkat untuk memantik diskusi. (15 menit)
4. Diskusi terbimbing – membedah perbedaan sastra born-digital dan terdigitalisasi secara umum. (15 menit) 90 Menit |
|
Materi: Memahami perbedaan antara sastra digital dan bentuk sastra lainnya Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia. Materi: Memahami definisi dan ruang lingkup Pustaka: Bouchardon, S. (2017). Towards a tension-based definition of Digital Literature. Journal of Creative Writing Studies, 2(1). |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan sejarah dan perkembangan |
Mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan |
Kriteria:
- Jawaban tepat dan sistematis (4)
- Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
- Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
- Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan presentasi 2x50 |
|
Materi: sejarah sastra digital Pustaka: Simanowski, R. (2010). Materi: perkembangan sastra digital Pustaka: Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi bentuk sastra digital |
Menjelaskan perdebatan tentang sastra digital dan isu kualitas |
Kriteria:
- Jawaban tepat dan sistematis (4)
- Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
- Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
- Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
project based learnibg, Diskusi dan presentasi 100 menit |
|
Materi: ciri sastra digital Pustaka: Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima Materi: karakter sastra digital Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia. Materi: karakter sastra digital Pustaka: Simanowski, R. (2010). |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi karakteristik sastra digital |
Dapat mengidentifikasi karakteristik yang membedakan sastra digital dari yang bukan digital |
Kriteria:
- Jawaban tepat dan sistematis (4)
- Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
- Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
- Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan presentasi 100 menit |
|
Materi: karakter sastra digital Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia. Materi: perbedaan sastra digital dan non digital Pustaka: Bouchardon, S. (2017). Towards a tension-based definition of Digital Literature. Journal of Creative Writing Studies, 2(1). Materi: karakter sastra digital Pustaka: Simanowski, R. (2010). |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Menulis puisi digital |
Dapat menulis puisi digital |
Kriteria:
- Jawaban tepat dan sistematis (4)
- Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
- Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
- Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
praktik penulisan puisi digital 100 menit |
|
Materi: Unsur-unsur sastra digital Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia. Materi: unsur pembentuk sastra digital Pustaka: Simanowski, R. (2010). |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menulis prosa digital |
Mampu menulis prosa digital |
Kriteria:
- Jawaban tepat dan sistematis (4)
- Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
- Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
- Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik menulis prosa digital 100 menit |
|
Materi: estetika sastra digital Pustaka: Simanowski, R. (2010). Materi: estetika sastra elektronik Pustaka: Hayles, N. K. (2008). Electronic Literature: New Horizons for the Literary. University of Notre Dame Press. Materi: estetika sastra digital indonesia Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Menentukan strategi publikasi |
Mampu menentukan strategi publikasi |
Kriteria:
- Jawaban tepat dan sistematis (4)
- Jawaban tepat dan tidak sistemastis (3)
- Jawabannya tidak tepat tetapi sistematis (2)
- Jawabannya tidak tepat dan tidak sistematis (1)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi dan diskusi 100 menit |
|
Materi: estetika sastra elektronik Pustaka: Hayles, N. K. (2008). Electronic Literature: New Horizons for the Literary. University of Notre Dame Press. Materi: estetika sastra digital indonesia Pustaka: Rokib, Mohammad. (2024). Modul Ajar Sastra Digital. Surabaya: Prodi Sastra Indonesia. Materi: bentuk sastra digital Pustaka: Simanowski, R. (2010). |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Proyek identifikasi karya sastra digital |
Desain proyek yang menarik dan relevan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penilaian hasil proyek 100 menit |
|
Materi: UTS Pustaka: Rokib, M. (2017). Dinamika kajian sastra digital di indonesia: sebuah survei awal. Surabaya: Hiski Unesa dan Delima |
30% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami metode kuantitatif |
Mampu memahami metode kuantitatif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah dan diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118 |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Melakukan pengumpulan data digital sastra melalui teknik scraping dan arsip digital |
Mampu mengumpulkan data digital sastra |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Rokib, M. (2019, December). The Polemics of Digital Literature in Indonesia: Trends, Patterns, and Approaches within Academic Discussion BT - Social Sciences, Humanities and Education Conference (SoSHEC 2019). 54–59. https://doi.org/... |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Melakukan analisis teks frekuensi kata & sentimen |
Mampu melakukan analisis teks frekuensi kata & sentimen |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118 |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Analisis pemodelan topik & analisis jaringan |
Mampu membuat analisis pemodelan topik & analisis jaringan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118 |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Menginterpretasi data kuantitatif dan kualitatif dalam metode campuran |
Mampu melakukan interpretasi data kuantitatif dan kualitatif dalam metode campuran |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Apsari, Lalitia. (2017). Attitude Analysis Surrounding Gender-Related Words in Lelaki Harimau. International Journal of Languages, Literature and Linguistics, 3(3), 103-109. doi:10.18178/ijlll.2017.3.3.118 |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Analisis sejarah, perbandingan, struktur, dan makna pada karya sastra digital |
Mampu melakukan Analisis sejarah, perbandingan, struktur, dan makna pada karya sastra digital |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Suryajaya, Martin. (2022). Seni sebagai Pelarian ke dalam Kepribadian Lain: Sebuah Eksperimen Pembacaan Jauh atas Dua Marga. Jurnal Urban, 6(1), 5-24. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun proyek analisis karya sastra digital |
Mampu menyusun proyek analisis karya sastra digital |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Mohammad Rokib. 2012. “Gerak Komunitas Fiksimini di Ruang Siber”, Jentera, Volume 1, Nomer 2, |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester dengan Proyek Analisis Sastra Digital |
Mampu Membuat Proyek Karya Ilmiah Analisis Sastra Digital |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi 100 menit |
|
Materi: Proyek identifikasi karya sastra digital Pustaka: Suryajaya, Martin. (2022). Seni sebagai Pelarian ke dalam Kepribadian Lain: Sebuah Eksperimen Pembacaan Jauh atas Dua Marga. Jurnal Urban, 6(1), 5-24. |
40% |