Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS ARTIKEL JURNAL MUTAKHIR

8500102008

T=2

P=0

ECTS=5.04

2

8 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




HERYANTO NUR MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PLO-6

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PLO-7

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

PLO-9

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.

PLO-10

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

PO - 2

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.

PO - 3

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis manuskrip dari berbagai jurnal internasional bereputasi secara kreatif serta memberikan solusi berbasis pada data yang ada.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9PLO-10
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Artikel Jurnal Mutakhir pada jenjang S3 Program Studi Pendidikan Jasmani dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis secara kritis artikel jurnal terkini di bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan. Isi mata kuliah mencakup teknik analisis metodologi penelitian, evaluasi temuan, identifikasi gap pengetahuan, dan sintesis literatur mutakhir. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kompetensi untuk menilai kualitas penelitian, mengintegrasikan temuan terkini ke dalam kerangka teoritis, serta mengidentifikasi peluang pengembangan penelitian orisinal. Ruang lingkup meliputi analisis artikel dari berbagai subbidang seperti pedagogi olahraga, fisiologi latihan, psikologi olahraga, manajemen olahraga, dan teknologi dalam pendidikan jasmani, dengan penekanan pada penerapan hasil analisis untuk pengembangan disertasi dan kontribusi akademik yang inovatif.

Pustaka

Utama :

  1. Bahan Ajar

Pendukung :

  1. Literasi Ilmiah Guru PJOK: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru Di Kabupaten Probolinggo

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M.Appl.Sc.

Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami dan mampu mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi dan diskusi
100menit

Materi: personal account di springer, mencari artikel terindeks
Pustaka: Bahan Ajar
5%

2

Minggu ke 2

Memahami dan mampu mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah

  1. Kemampuan mengidentifikasi celah teori dalam artikel jurnal
  2. Kemampuan mengembangkan konsep baru secara logis dan sistematis
  3. Kreativitas dalam merumuskan gagasan teoritis
  4. Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah
  5. Kedalaman analisis kritis terhadap literatur

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Presentasi dan diskusi
100

Materi: mencari jurnal internasional terindeks
Pustaka:

Materi: mencari jurnal internasional terindeks
Pustaka: Bahan Ajar
5%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menganalisis Jurnal
100

Materi: Constructing manuscript, submit, peer review, revise and publish
Pustaka: Bahan Ajar
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengidentifikasi celah penelitian, merumuskan konsep teoritis baru, dan mengembangkan kerangka teori inovatif dalam Pendidikan Jasmani

  1. Kemampuan mengidentifikasi gap teori dalam artikel jurnal mutakhir
  2. Kemampuan merumuskan konsep teoritis baru yang relevan
  3. Kemampuan mengembangkan kerangka teori yang sistematis
  4. Kemampuan menerapkan etika ilmiah dalam pengembangan teori
  5. Kemampuan menyajikan argumen logis dan kritis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok terpumpun, presentasi kritis, analisis kasus, dan scaffolding teoritis.
Analisis artikel jurnal dan pengembangan proposal kerangka teori baru, Mahasiswa menganalisis 3 artikel jurnal mutakhir, mengidentifikasi celah teori, dan mengembangkan proposal kerangka teori baru dalam bidang Pendidikan Jasmani
Materi: Title, authorship, affiliation, abstract, keywords, introduction, methods, results, discussion, conclusion, acknowledgement, and references
Pustaka: Bahan Ajar
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengidentifikasi celah penelitian, merumuskan konsep teoritis baru, dan mengembangkan kerangka pemikiran inovatif dalam Pendidikan Jasmani

  1. Kemampuan mengidentifikasi celah teori dalam artikel jurnal
  2. Kualitas argumentasi logis dalam pengembangan konsep
  3. Tingkat kreativitas dalam perumusan gagasan baru
  4. Kesesuaian dengan kaidah dan etika ilmiah
  5. Sistematika penyajian kerangka teoritis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok terpandu, presentasi konsep, analisis kasus, dan peer review.
Analisis artikel jurnal untuk identifikasi celah teori, Pengembangan draft kerangka konseptual baru, Peer review proposal pengembangan teori
Materi: Title, authorship, affiliation, abstract, keywords, introduction, methods, results, discussion, conclusion, acknowledgement, and references
Pustaka: Bahan Ajar
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian Pendidikan Jasmani, menginternalisasi nilai-nilai profesionalisme, dan menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam penyelesaian tugas akademik

  1. Kemampuan mengidentifikasi isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
  2. Kemampuan menerapkan prinsip integritas akademik dalam penulisan karya ilmiah
  3. Kemampuan menunjukkan sikap profesional dalam presentasi hasil penelitian
  4. Kemampuan menyelesaikan konflik etika dalam praktik penelitian

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus etika penelitian, diskusi kelompok terfokus, presentasi analisis etika, dan refleksi kritis.
Analisis kasus etika penelitian melalui forum diskusi, Penyusunan portofolio refleksi etika akademik, Review artikel jurnal dengan fokus aspek etika
Materi: Authorship and affiliation
Pustaka: Bahan Ajar
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian interdisiplin yang inovatif, mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu terkait Pendidikan Jasmani, dan menyusun strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian yang relevan dengan pendekatan interdisiplin
  2. Keterampilan dalam merancang metodologi penelitian yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
  3. Kemampuan menyusun proposal penelitian yang memenuhi standar publikasi internasional
  4. Penguasaan teknik penulisan artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan workshop penulisan ilmiah.
Analisis artikel jurnal interdisiplin, Penyusunan outline proposal penelitian, Peer review draft proposal
Materi: Abstract and keywords
Pustaka: Bahan Ajar

Materi: Literasi Ilmiah Guru PJOK: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru Di Kabupaten Probolinggo
Pustaka: Literasi Ilmiah Guru PJOK: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru Di Kabupaten Probolinggo
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian interdisiplin yang inovatif, mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu terkait Pendidikan Jasmani, dan menyusun strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian yang relevan dengan pendekatan interdisiplin
  2. Keterampilan dalam merancang metodologi penelitian yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
  3. Kemampuan menyusun proposal penelitian yang memenuhi standar publikasi internasional
  4. Penguasaan teknik penulisan artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan workshop penulisan ilmiah.
Analisis artikel jurnal interdisiplin, Penyusunan outline proposal penelitian, Peer review draft proposal
Materi: Abstract and keywords
Pustaka: Bahan Ajar
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menganalisis dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam konteks penelitian dan praktik Pendidikan Jasmani secara profesional

  1. Kemampuan menganalisis kasus etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
  2. Kemampuan menerapkan norma akademik dalam penulisan karya ilmiah
  3. Kemampuan merefleksikan nilai-nilai profesional dalam praktik Pendidikan Jasmani
  4. Kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan dilema etika dalam konteks akademik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi analisis, dan refleksi kritis.
Analisis kasus etika akademik, Refleksi penerapan nilai profesional, Review integritas karya ilmiah
Materi: Material and methods
Pustaka: Bahan Ajar
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menunjukkan pemahaman mendalam tentang etika akademik, menerapkan nilai-nilai kejujuran intelektual, dan mengintegrasikan norma-norma akademik dalam praktik penelitian Pendidikan Jasmani

  1. Kemampuan mengidentifikasi isu-isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
  2. Keterampilan menerapkan prinsip kejujuran akademik dalam penulisan karya ilmiah
  3. Kemampuan menganalisis kasus pelanggaran etika akademik di bidang olahraga
  4. Keterampilan menyusun protokol penelitian yang mematuhi norma akademik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi terpimpin, presentasi kelompok, dan refleksi kritis.

Materi: Results
Pustaka: Bahan Ajar
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian, publikasi, dan praktik profesional Pendidikan Jasmani serta menunjukkan sikap profesional yang sesuai dengan norma akademik

  1. Kemampuan mengidentifikasi isu-isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
  2. Keterampilan menerapkan kode etik akademik dalam penulisan karya ilmiah
  3. Kemampuan menyelesaikan dilema etika dalam praktik profesional
  4. Konsistensi dalam menerapkan norma akademik dalam tugas-tugas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan refleksi kritis.
Analisis kasus etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani, Pembuatan portofolio refleksi etika profesional, Review artikel jurnal dengan fokus aspek etika
Materi: Discussion
Pustaka: Bahan Ajar
5%

12

Minggu ke 12

Mampu merumuskan konsep orisinal dalam Pendidikan Jasmani berdasarkan analisis mendalam terhadap penelitian mutakhir

  1. Kemampuan mengidentifikasi gap penelitian dalam artikel jurnal
  2. Kemampuan merumuskan konsep baru yang relevan dengan Pendidikan Jasmani
  3. Kemampuan menyusun argumentasi logis dan sistematis
  4. Kreativitas dalam pengembangan gagasan orisinal
  5. Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok terpandu, presentasi konsep, analisis kasus, dan peer review.
Analisis artikel jurnal dan identifikasi gap penelitian, Pengembangan draft konsep teori baru, Peer review proposal konsep teman sejawat
Materi: Conclusion and acknowledgement
Pustaka: Bahan Ajar
5%

13

Minggu ke 13

Mampu merumuskan teori atau konsep baru yang orisinal dan relevan dengan perkembangan terkini dalam Pendidikan Jasmani

  1. Kemampuan mengidentifikasi gap penelitian dalam artikel jurnal
  2. Kemampuan merumuskan konsep baru secara logis dan sistematis
  3. Kreativitas dalam pengembangan gagasan orisinal
  4. Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah
  5. Kemampuan menyusun argumentasi yang kritis dan mendalam

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terpandu, presentasi konsep, analisis kasus, dan peer review.
Pengembangan proposal konsep baru berdasarkan analisis artikel jurnal mutakhir, Mahasiswa mengembangkan draft proposal pengembangan teori/konsep baru dalam Pendidikan Jasmani melalui platform LMS
Materi: References
Pustaka: Bahan Ajar
5%

14

Minggu ke 14

Mampu merumuskan konsep orisinal dalam Pendidikan Jasmani berdasarkan analisis mendalam terhadap artikel jurnal terkini

  1. Kemampuan mengidentifikasi gap penelitian dalam artikel jurnal
  2. Kemampuan merumuskan konsep baru yang relevan dengan Pendidikan Jasmani
  3. Kemampuan menyusun argumentasi logis dan sistematis
  4. Kreativitas dalam pengembangan gagasan orisinal
  5. Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, presentasi, analisis kasus, dan scaffolding pemikiran kreatif.
Analisis artikel jurnal dan identifikasi gap penelitian, Pengembangan proposal konsep baru dalam Pendidikan Jasmani, Forum diskusi pengembangan teori orisinal
Materi: Menyusun manuscript
Pustaka: Bahan Ajar
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian interdisiplin yang inovatif, mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu terkait Pendidikan Jasmani, dan menyusun strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi

  1. Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian yang relevan dengan pendekatan interdisiplin
  2. Keterampilan dalam merancang metodologi penelitian yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
  3. Kemampuan menyusun proposal penelitian yang memenuhi standar publikasi internasional
  4. Pemahaman tentang strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi proposal, dan workshop penulisan artikel ilmiah.
Penyusunan draft proposal penelitian interdisiplin, Analisis kritis artikel jurnal interdisiplin terkait Pendidikan Jasmani, Peer review proposal penelitian teman sekelas, Forum diskusi strategi publikasi internasional
Materi: Submit manuskrip
Pustaka: Bahan Ajar
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat menunjukkan pemahaman mendalam tentang etika akademik, menerapkan nilai-nilai kejujuran intelektual, dan mengintegrasikan norma-norma profesional dalam praktik penelitian Pendidikan Jasmani

  1. Kemampuan mengidentifikasi isu-isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
  2. Keterampilan menerapkan prinsip kejujuran akademik dalam penulisan karya ilmiah
  3. Kemampuan menganalisis kasus pelanggaran etika akademik di bidang Pendidikan Jasmani
  4. Keterampilan menyusun protokol penelitian yang mematuhi norma etika akademik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok terpandu, presentasi analisis etika, dan refleksi kritis.
Analisis kasus etika akademik dan penyusunan protokol penelitian, Mahasiswa menganalisis kasus pelanggaran etika akademik di bidang Pendidikan Jasmani dan menyusun protokol penelitian yang mematuhi prinsip etika
Materi: Revisi manuskrip
Pustaka: Bahan Ajar
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 24.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 51.67%
3. Penilaian Portofolio 1.67%
4. Penilaian Praktikum 2.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 12.5%
6. Tes 2.5%
95.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.