
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS ARTIKEL JURNAL MUTAKHIR |
8500102008 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
2 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
|
PO - 2 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.
|
PO - 3 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis manuskrip dari berbagai jurnal internasional bereputasi secara kreatif serta memberikan solusi berbasis pada data yang ada.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | PO-3 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Artikel Jurnal Mutakhir pada jenjang S3 Program Studi Pendidikan Jasmani dirancang untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis secara kritis artikel jurnal terkini di bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan ilmu keolahragaan. Isi mata kuliah mencakup teknik analisis metodologi penelitian, evaluasi temuan, identifikasi gap pengetahuan, dan sintesis literatur mutakhir. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kompetensi untuk menilai kualitas penelitian, mengintegrasikan temuan terkini ke dalam kerangka teoritis, serta mengidentifikasi peluang pengembangan penelitian orisinal. Ruang lingkup meliputi analisis artikel dari berbagai subbidang seperti pedagogi olahraga, fisiologi latihan, psikologi olahraga, manajemen olahraga, dan teknologi dalam pendidikan jasmani, dengan penekanan pada penerapan hasil analisis untuk pengembangan disertasi dan kontribusi akademik yang inovatif. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Bahan Ajar
|
Pendukung : |
|
- Literasi Ilmiah Guru PJOK: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru Di Kabupaten Probolinggo
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Nining Widyah Kusnanik, S.Pd., M.Appl.Sc. Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami dan mampu mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi dan diskusi 100menit |
|
Materi: personal account di springer, mencari artikel terindeks Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami dan mampu mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah |
- Kemampuan mengidentifikasi celah teori dalam artikel jurnal
- Kemampuan mengembangkan konsep baru secara logis dan sistematis
- Kreativitas dalam merumuskan gagasan teoritis
- Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah
- Kedalaman analisis kritis terhadap literatur
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Presentasi dan diskusi 100 |
|
Materi: mencari jurnal internasional terindeks Pustaka: Materi: mencari jurnal internasional terindeks Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Menganalisis Jurnal 100 |
|
Materi: Constructing manuscript, submit, peer review, revise and publish Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu mengidentifikasi celah penelitian, merumuskan konsep teoritis baru, dan mengembangkan kerangka teori inovatif dalam Pendidikan Jasmani |
- Kemampuan mengidentifikasi gap teori dalam artikel jurnal mutakhir
- Kemampuan merumuskan konsep teoritis baru yang relevan
- Kemampuan mengembangkan kerangka teori yang sistematis
- Kemampuan menerapkan etika ilmiah dalam pengembangan teori
- Kemampuan menyajikan argumen logis dan kritis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terpumpun, presentasi kritis, analisis kasus, dan scaffolding teoritis.
|
Analisis artikel jurnal dan pengembangan proposal kerangka teori baru, Mahasiswa menganalisis 3 artikel jurnal mutakhir, mengidentifikasi celah teori, dan mengembangkan proposal kerangka teori baru dalam bidang Pendidikan Jasmani
|
Materi: Title, authorship, affiliation, abstract, keywords, introduction, methods, results, discussion, conclusion, acknowledgement, and references Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengidentifikasi celah penelitian, merumuskan konsep teoritis baru, dan mengembangkan kerangka pemikiran inovatif dalam Pendidikan Jasmani |
- Kemampuan mengidentifikasi celah teori dalam artikel jurnal
- Kualitas argumentasi logis dalam pengembangan konsep
- Tingkat kreativitas dalam perumusan gagasan baru
- Kesesuaian dengan kaidah dan etika ilmiah
- Sistematika penyajian kerangka teoritis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terpandu, presentasi konsep, analisis kasus, dan peer review.
|
Analisis artikel jurnal untuk identifikasi celah teori, Pengembangan draft kerangka konseptual baru, Peer review proposal pengembangan teori
|
Materi: Title, authorship, affiliation, abstract, keywords, introduction, methods, results, discussion, conclusion, acknowledgement, and references Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian Pendidikan Jasmani, menginternalisasi nilai-nilai profesionalisme, dan menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam penyelesaian tugas akademik |
- Kemampuan mengidentifikasi isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
- Kemampuan menerapkan prinsip integritas akademik dalam penulisan karya ilmiah
- Kemampuan menunjukkan sikap profesional dalam presentasi hasil penelitian
- Kemampuan menyelesaikan konflik etika dalam praktik penelitian
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus etika penelitian, diskusi kelompok terfokus, presentasi analisis etika, dan refleksi kritis.
|
Analisis kasus etika penelitian melalui forum diskusi, Penyusunan portofolio refleksi etika akademik, Review artikel jurnal dengan fokus aspek etika
|
Materi: Authorship and affiliation Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian interdisiplin yang inovatif, mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu terkait Pendidikan Jasmani, dan menyusun strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian yang relevan dengan pendekatan interdisiplin
- Keterampilan dalam merancang metodologi penelitian yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
- Kemampuan menyusun proposal penelitian yang memenuhi standar publikasi internasional
- Penguasaan teknik penulisan artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan workshop penulisan ilmiah.
|
Analisis artikel jurnal interdisiplin, Penyusunan outline proposal penelitian, Peer review draft proposal
|
Materi: Abstract and keywords Pustaka: Bahan Ajar Materi: Literasi Ilmiah Guru PJOK: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru Di Kabupaten Probolinggo Pustaka: Literasi Ilmiah Guru PJOK: Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Keolahragaan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesional Guru Di Kabupaten Probolinggo |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian interdisiplin yang inovatif, mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu terkait Pendidikan Jasmani, dan menyusun strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian yang relevan dengan pendekatan interdisiplin
- Keterampilan dalam merancang metodologi penelitian yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
- Kemampuan menyusun proposal penelitian yang memenuhi standar publikasi internasional
- Penguasaan teknik penulisan artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan workshop penulisan ilmiah.
|
Analisis artikel jurnal interdisiplin, Penyusunan outline proposal penelitian, Peer review draft proposal
|
Materi: Abstract and keywords Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam konteks penelitian dan praktik Pendidikan Jasmani secara profesional |
- Kemampuan menganalisis kasus etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
- Kemampuan menerapkan norma akademik dalam penulisan karya ilmiah
- Kemampuan merefleksikan nilai-nilai profesional dalam praktik Pendidikan Jasmani
- Kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan dilema etika dalam konteks akademik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi analisis, dan refleksi kritis.
|
Analisis kasus etika akademik, Refleksi penerapan nilai profesional, Review integritas karya ilmiah
|
Materi: Material and methods Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menunjukkan pemahaman mendalam tentang etika akademik, menerapkan nilai-nilai kejujuran intelektual, dan mengintegrasikan norma-norma akademik dalam praktik penelitian Pendidikan Jasmani |
- Kemampuan mengidentifikasi isu-isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
- Keterampilan menerapkan prinsip kejujuran akademik dalam penulisan karya ilmiah
- Kemampuan menganalisis kasus pelanggaran etika akademik di bidang olahraga
- Keterampilan menyusun protokol penelitian yang mematuhi norma akademik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi terpimpin, presentasi kelompok, dan refleksi kritis.
|
|
Materi: Results Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian, publikasi, dan praktik profesional Pendidikan Jasmani serta menunjukkan sikap profesional yang sesuai dengan norma akademik |
- Kemampuan mengidentifikasi isu-isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
- Keterampilan menerapkan kode etik akademik dalam penulisan karya ilmiah
- Kemampuan menyelesaikan dilema etika dalam praktik profesional
- Konsistensi dalam menerapkan norma akademik dalam tugas-tugas
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan refleksi kritis.
|
Analisis kasus etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani, Pembuatan portofolio refleksi etika profesional, Review artikel jurnal dengan fokus aspek etika
|
Materi: Discussion Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu merumuskan konsep orisinal dalam Pendidikan Jasmani berdasarkan analisis mendalam terhadap penelitian mutakhir |
- Kemampuan mengidentifikasi gap penelitian dalam artikel jurnal
- Kemampuan merumuskan konsep baru yang relevan dengan Pendidikan Jasmani
- Kemampuan menyusun argumentasi logis dan sistematis
- Kreativitas dalam pengembangan gagasan orisinal
- Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok terpandu, presentasi konsep, analisis kasus, dan peer review.
|
Analisis artikel jurnal dan identifikasi gap penelitian, Pengembangan draft konsep teori baru, Peer review proposal konsep teman sejawat
|
Materi: Conclusion and acknowledgement Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu merumuskan teori atau konsep baru yang orisinal dan relevan dengan perkembangan terkini dalam Pendidikan Jasmani |
- Kemampuan mengidentifikasi gap penelitian dalam artikel jurnal
- Kemampuan merumuskan konsep baru secara logis dan sistematis
- Kreativitas dalam pengembangan gagasan orisinal
- Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah
- Kemampuan menyusun argumentasi yang kritis dan mendalam
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terpandu, presentasi konsep, analisis kasus, dan peer review.
|
Pengembangan proposal konsep baru berdasarkan analisis artikel jurnal mutakhir, Mahasiswa mengembangkan draft proposal pengembangan teori/konsep baru dalam Pendidikan Jasmani melalui platform LMS
|
Materi: References Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu merumuskan konsep orisinal dalam Pendidikan Jasmani berdasarkan analisis mendalam terhadap artikel jurnal terkini |
- Kemampuan mengidentifikasi gap penelitian dalam artikel jurnal
- Kemampuan merumuskan konsep baru yang relevan dengan Pendidikan Jasmani
- Kemampuan menyusun argumentasi logis dan sistematis
- Kreativitas dalam pengembangan gagasan orisinal
- Kesesuaian dengan etika dan kaidah ilmiah
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, presentasi, analisis kasus, dan scaffolding pemikiran kreatif.
|
Analisis artikel jurnal dan identifikasi gap penelitian, Pengembangan proposal konsep baru dalam Pendidikan Jasmani, Forum diskusi pengembangan teori orisinal
|
Materi: Menyusun manuscript Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian interdisiplin yang inovatif, mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu terkait Pendidikan Jasmani, dan menyusun strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi |
- Kemampuan mengidentifikasi masalah penelitian yang relevan dengan pendekatan interdisiplin
- Keterampilan dalam merancang metodologi penelitian yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu
- Kemampuan menyusun proposal penelitian yang memenuhi standar publikasi internasional
- Pemahaman tentang strategi publikasi di jurnal internasional bereputasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi proposal, dan workshop penulisan artikel ilmiah.
|
Penyusunan draft proposal penelitian interdisiplin, Analisis kritis artikel jurnal interdisiplin terkait Pendidikan Jasmani, Peer review proposal penelitian teman sekelas, Forum diskusi strategi publikasi internasional
|
Materi: Submit manuskrip Pustaka: Bahan Ajar |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menunjukkan pemahaman mendalam tentang etika akademik, menerapkan nilai-nilai kejujuran intelektual, dan mengintegrasikan norma-norma profesional dalam praktik penelitian Pendidikan Jasmani |
- Kemampuan mengidentifikasi isu-isu etika dalam penelitian Pendidikan Jasmani
- Keterampilan menerapkan prinsip kejujuran akademik dalam penulisan karya ilmiah
- Kemampuan menganalisis kasus pelanggaran etika akademik di bidang Pendidikan Jasmani
- Keterampilan menyusun protokol penelitian yang mematuhi norma etika akademik
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok terpandu, presentasi analisis etika, dan refleksi kritis.
|
Analisis kasus etika akademik dan penyusunan protokol penelitian, Mahasiswa menganalisis kasus pelanggaran etika akademik di bidang Pendidikan Jasmani dan menyusun protokol penelitian yang mematuhi prinsip etika
|
Materi: Revisi manuskrip Pustaka: Bahan Ajar |
20% |