
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S2 Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Internship |
2010104131 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=4 |
P=0 |
ECTS=8.96 |
3 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D
|
Unit Three , S.T., M.T., Ph.D
|
UNIT THREE KARTINI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan atau seni di dalam bidang teknik elektro atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghaslkan karya inovatif dan teruji |
PLO-13 |
Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang rekayasa teknik elektro untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin |
PLO-15 |
Mampu mengintegrasikan sistem secara optimal serta mengevaluasi interaksi sistem terhadap aspek teknik, sosial, ekonomi, dan ekologi. |
PLO-16 |
Mengembangkan metode, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menganalisis secara detail topik penelitian yang menjadi bidang konsentrasi masing-masing |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan dalam lingkungan kerja nyata.
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis permasalahan di dunia kerja dan memberikan solusi berdasarkan pendekatan ilmiah dan profesional.
|
PO - 3 |
Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim serta menunjukkan etika profesional dalam pelaksanaan tugas di dunia kerja.
|
PO - 4 |
Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis, di lingkungan kerja.
|
PO - 5 |
Mampu menyusun laporan kegiatan magang yang sistematis, lengkap, dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.
|
PO - 6 |
Mampu mengevaluasi peran dan kontribusinya dalam kegiatan magang serta mengidentifikasi kompetensi yang perlu dikembangkan lebih lanjut.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-9 | PLO-13 | PLO-15 | PLO-16 | | PO-1 | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Internship memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja langsung di dunia industri, instansi pemerintah, lembaga riset, atau organisasi lain yang relevan dengan bidang keilmuan mahasiswa. Melalui kegiatan magang ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan, memahami dinamika dunia kerja secara nyata, serta mengembangkan soft skills seperti komunikasi, kerja tim, etika profesional, dan problem solving. Mahasiswa wajib menjalani periode magang selama jangka waktu tertentu (misalnya 1–3 bulan) dan menyusun laporan akhir magang sebagai bentuk pertanggungjawaban akademik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T. Dr. Raden Roro Hapsari Peni Agustin Tjahyaningtijas, S.Si., M.T. Unit Three Kartini, S.T., M.T., Ph.D. Dr. Ir. Lusia Rakhmawati, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
3
Minggu ke 3 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
5
Minggu ke 5 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
6
Minggu ke 6 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
7
Minggu ke 7 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
8
Minggu ke 8 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
9
Minggu ke 9 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
11
Minggu ke 11 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
13
Minggu ke 13 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
16
Minggu ke 16 |
Setelah mengikuti pertemuan ini, mahasiswa diharapkan dapat: 1) Mengidentifikasi kompetensi inti yang telah dikuasai dari perkuliahan, 2) Menganalisis kesenjangan antara pengetahuan akademik dan kebutuhan di dunia kerja, 3) Merancang strategi awal untuk mentransformasikan pengetahuan teoritis menjadi solusi praktis di tempat magang. |
- Kemampuan mahasiswa dalam memetakan mata kuliah yang relevan dengan bidang magang.
- Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi keterampilan teknis (hard skills) dan profesional (soft skills) yang telah dikuasai.
- Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan tujuan pembelajaran dan kontribusi yang direncanakan selama magang.
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), studi kasus, dan refleksi diri..
|
Menyusun dan mengunggah peta kompetensi (skills matrix) yang memetakan mata kuliah S2 dengan keterampilan yang relevan untuk magang., Mengumpulkan draft awal Rencana Pembelajaran Magang (Internship Learning Plan) yang berisi tujuan dan indikator keberhasilan.
|
Materi: Konsep penerapan pengetahuan akademik dalam konteks industri., Teknik identifikasi dan pemetaan kompetensi (Skills Mapping)., Analisis kebutuhan dan ekspektasi dunia kerja terhadap lulusan S2 Teknik Elektro., Penyusunan rencana awal dan tujuan pembelajaran magang (Internship Learning Plan). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |