
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PUBLIKASI |
8500105006 |
|
T=5 |
P=0 |
ECTS=12.6 |
6 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional. |
PLO-6 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi. |
PLO-8 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. |
PLO-9 |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public. |
PLO-10 |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
|
PO - 2 |
Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
|
PO - 3 |
Mampu menyusun artikel ilmiah yang memenuhi standar jurnal nasional dan internasional sesuai dengan etika publikasi.
|
PO - 4 |
Mampu merevisi dan memperbaiki naskah artikel ilmiah berdasarkan masukan dari reviewer dan editor jurnal.
|
PO - 5 |
Mampu memilih dan menyesuaikan target jurnal ilmiah bereputasi nasional maupun internasional sesuai dengan topik penelitian dan kualitas naskah
|
PO - 6 |
Mampu mempresentasikan substansi artikel ilmiah dalam forum akademik atau ilmiah nasional dan internasional secara profesional.
|
PO - 7 |
Mampu mengevaluasi kualitas artikel ilmiah berdasarkan standar akademik, etika publikasi, dan kelayakan untuk diterbitkan di jurnal bereputasi.
|
PO - 8 |
Mampu mengembangkan jejaring akademik dan kolaborasi penelitian untuk meningkatkan peluang publikasi di jurnal bereputasi.
|
PO - 9 |
Mampu mengintegrasikan hasil publikasi ilmiah ke dalam pengembangan ilmu dan praktik pendidikan jasmani secara berkelanjutan.
|
PO - 10 |
Mampu merencanakan roadmap publikasi ilmiah yang berkelanjutan dan strategis sesuai dengan bidang kepakaran dalam pendidikan jasmani.
|
PO - 11 |
Mampu melakukan diseminasi hasil publikasi ilmiah kepada masyarakat luas dalam bentuk populer tanpa mengurangi substansi akademik
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | | PO-1 | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | | PO-4 | | ✔ | | | | | | | PO-5 | | ✔ | | | | | | | PO-6 | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | ✔ | | | | | | | PO-8 | | ✔ | | | | | | | PO-9 | | ✔ | | | | | | | PO-10 | | ✔ | | | | | | | PO-11 | | ✔ | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
mata kuliah yang dirancang untuk membekali mahasiswa program doktor (S3) Pendidikan Jasmani dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun, mengelola, dan mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal ilmiah bereputasi nasional maupun internasional. Mata kuliah ini menekankan pentingnya etika publikasi, proses peer-review, dan strategi komunikasi ilmiah yang efektif untuk memperkuat kontribusi akademik mahasiswa di bidang pendidikan jasmani. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Day, R.A., & Gastel, B. (2016). How to Write and Publish a Scientific Paper (8th ed.). Cambridge University Press.
- Wallwork, A. (2016). English for Writing Research Papers (2nd ed.). Springer.
- Bem, D.J. (2004). Writing the Empirical Journal Article. In J.M. Darley, M.P. Zanna, & H.L. Roediger III (Eds.), The Compleat Academic: A Career Guide (pp. 185–219). American Psychological Association.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta
|
Pendukung : |
|
- Artikel tentang proses peer-review, etika publikasi, dan strategi publikasi dari jurnal seperti Publication Ethics, Science Editing, dan Journal of Academic Ethics
- Panduan etika publikasi dari COPE (Committee on Publication Ethics).
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |