
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Rangkaian Elektronika |
8420303296 |
|
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
3 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim Rangkaian ELektronika
|
Imam Sucahyo
|
MITA ANGGARYANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern |
PLO-6 |
Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan arus listrik searah
|
PO - 2 |
Memiliki ketrampilan menggunakan alat ukur listrik dan menganalisa hasil pengukuran
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam menyelesaikan permasalahan arus listrik bolak-balik
|
PO - 4 |
Memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan menggunakan konsep yang tepat untuk menganalisis secara kualitatif prinsip kerja semikonduktor beserta penerapannya
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Elektronika Dasar 1 mencakup dua materi utama. Materi pertama adalah dasar-dasar elektronika meliputi arus searah, arus bolak-balik, komponen pasif dan prinsip dasar alat ukur dan pengukuran listrik. Materi kedua berkaitan dengan komponen aktif meliputi prinsip kerja dan aplikasi semikonduktor, sambungan p-n, dioda, transistor olar (BJT). |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung.
- Tooley, M . 2006. Electronics Circuit: Fundamnetals and Applications. Oxford: Elesevier Ltd.
- Boylestad, R ., and Nashelsky, L. Electronics Devices and Circuits: Theory. London: Prentice Hall.
- Floyd, T. L . 2012. Electronics Devices. New York: Prentice Hall.
- Tim . 2010. Panduan Praktikum Elektronika Dasar 1. Surabaya: Unesa.
|
Pendukung : |
|
- 4. Tooley, M. 2006. Electronics Circuit: Fundamnetals and Applications. Third Edition. Elesevier Ltd.
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Imam Sucahyo, M.Si. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Abd. Kholiq, S.Pd., M.T. Meta Yantidewi, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Kontrak belajar
- Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah
|
Mahasiswa dapat menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah. |
Kriteria:
Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas mengenai konsep-konsep dasar rangkaian listrik searah. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Pengertian Arus Listrik - PengertianTegangan - Hukum Ohm - Daya Listrik Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah |
Mahasiswa dapat Menganalisis dasar-dasar rangkaian listrik arus searah |
Kriteria:
Mampu menganalisis hubungan antara tegangan, arus, dan resistansi pada rangkaian DC sederhana dengan benar (penerapan Hukum Ohm). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Pengertian Arus Listrik - PengertianTegangan - Hukum Ohm - Daya Listrik Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Mahasiswa dapat menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Kriteria:
Mampu menjelaskan konsep teorema Thevenin dan Norton sebagai metode penyederhanaan rangkaian DC sederhana. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: ● Arus Searah (DC) ● Resistor dalam Rangkaian Seri danParalel ● Pembagi Tegangan ● Pembagi Arus ● Teorema Thevenin ● Teorema Norton ● Arus transien ● Rangkain RC Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Mahasiswa dapat Menganalisis rangkaian arus listrik searah dan karakteristik komponen pasif |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: ● Arus Searah (DC) ● Resistor dalam Rangkaian Seri danParalel ● Pembagi Tegangan ● Pembagi Arus ● Teorema Thevenin ● Teorema Norton ● Arus transien ● Rangkain RC Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan alat ukur listrik. |
Mahasiswa dapat mengaplikasikan penggunaan alat ukur listrik. |
Kriteria:
- .Mampu menganalisis perilaku transien (pengisian/pengosongan kapasitor) dalam rangkaian RC pada sumber DC secara kualitatif sesuai teori.
- .Melaksanakan praktikum rangkaian listrik searah sederhana sesuai prosedur, serta melakukan pengukuran tegangan dan arus dengan alat ukur listrik dengan teliti dan benar.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Penggunaan Meter Dasar - Meter Dasar sebagai Ampere Meter - Meter Dasar sebagai Voltmeter - Osiloskop Pustaka: Tim . 2010. Panduan Praktikum Elektronika Dasar 1. Surabaya: Unesa. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Arus AC - Arus AC pada rangkaian RC dan RLC - Analisa tapis lolos rendah dan tapis lolos tinggi Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Mahasiswa dapat menganalisis karakteristik komponen elektronika pada rangkaian AC (Rangkaian integrator dan differensiator). |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Arus AC - Arus AC pada rangkaian RC dan RLC - Analisa tapis lolos rendah dan tapis lolos tinggi Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menganalisis dan menyelesaikan soal-soal terkait Hukum Ohm, Teorema Thevenin/Norton, rangkaian transien RC, dan analisis rangkaian AC (RC, RLC, integrator, dan diferensiator) Bentuk Penilaian : Tes |
case study 100 menit |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan sifat sifat dasar semikonduktor (intrinsik dan ekstrinsik) dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Semikonduktor Intrinsik - Semikonduktor Ekstrinsik - Generasi dan Rekombinasi - Difusi - Diode - Semikonduktor - Panjar Maju - Panjar Mundur - Karakteristik Umum Diode Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dasar bahan semikonduktor. |
Kriteria:
Mampu menjelaskan prinsip kerja dioda, konsep panjar maju, panjar mundur, dan kurva karakteristik umum dioda. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - Semikonduktor Intrinsik - Semikonduktor Ekstrinsik - Generasi dan Rekombinasi - Difusi - Diode - Semikonduktor - Panjar Maju - Panjar Mundur - Karakteristik Umum Diode Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Mahasiswa dapat menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Kriteria:
Mampu menganalisis dan/atau mendemonstrasikan (melalui praktikum) penerapan dioda sebagai penyearah (setengah gelombang dan gelombang penuh). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
case study 100 menit |
|
Materi: - dioda sebagai penyearah setengah gelombang - dioda sebagai penyearah gelombang penuh - dioda sebagai clipper - dioda sebagai clamper - dioda sebagai pengali tegangan Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
Menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Mahasiswa dapat menerapkan komponen dioda untuk pemrosesan bentuk gelombang |
Kriteria:
- Mampu menerapkan dioda sebagai clipper, clamper, dan pengali tegangan.
- Menganalisis perubahan bentuk gelombang yang dihasilkan dengan tepat.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - dioda sebagai penyearah setengah gelombang - dioda sebagai penyearah gelombang penuh - dioda sebagai clipper - dioda sebagai clamper - dioda sebagai pengali tegangan Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Kriteria:
Mampu menganalisis kinerja rangkaian penyearah (setengah maupun penuh gelombang, baik dengan maupun tanpa filter) melalui percobaan dan perhitungan dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Penyearah Diode Setengah Gelombang - Penyearah Diode Setengah Gelombang dengan Tapis - Penyearah Diode Gelombang Penuh - Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Tapis Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan konsep penyearah AC menjadi DC. |
Kriteria:
Berpartisipasi aktif dalam diskusi penyelesaian masalah penerapan dioda sebagai penyearah AC menjadi DC. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
case study 100 menit |
|
Materi: - Penyearah Diode Setengah Gelombang - Penyearah Diode Setengah Gelombang dengan Tapis - Penyearah Diode Gelombang Penuh - Penyearah Diode Gelombang Penuh dengan Tapis Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan karakteristik Transistor bipolar. |
Mahasiswa dapat Menjelaskan karakteristik Transistor bipolar |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
case study 100 menit |
|
Materi: - Transistor Dikutub Pustaka: Sutrisno . 1978. Elektronika 1. Teori dan Penerapannya . Bandung: Penerbit ITB Bandung. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan terkait konsep dasar semikonduktor, karakteristik dioda, aplikasi dioda (penyearah, clipper, clamper), dan karakteristik transistor bipolar. |
Kriteria:
Ketepatan dalam menjelaskan konsep semikonduktor, dioda, transistor bipolar, serta menganalisis dan menyelesaikan soal-soal perhitungan terkait rangkaian aplikasi dioda (penyearah, tapis, clipper, clamper) Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis 100 menit |
|
|
13% |