
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Data Penelitian |
8721002197 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
17 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Febrika Yogie Hermanto, S.Pd., M.Pd; Choirul Nikmah, S.AB., M.AB., M.BA., Ph.D
|
Fitriana Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
|
BRILLIAN ROSY |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu menggunakan/mengaplikasikan konsep dan teori ilmu administrasi perkantoran dalam praktek perkantorannya |
PLO-8 |
Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami statistik inferensial dan merumuskan hipotesis
|
PO - 2 |
Menganalisis data dengan menggunakan uji parametrik dan non parametrik dalam penelitian pendidikan administrasi perkantoran
|
PO - 3 |
Menganalisis hubungan antar variabel dalam penelitian pendidikan administrasi perkantoran menggunakan metode Structural Equation Model
|
PO - 4 |
Menerapkan metode analisis data kualitatif menggunakan analisis bibliometrik untuk penelitian bidang pendidikan administrasi perkantoran
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Data Penelitian memberikan pemahaman tentang teknik pengolahan dan interpretasi data penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam konteks administrasi perkantoran. Tujuan mata kuliah ini adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis data, menyajikan hasil penelitian, serta mengambil keputusan berbasis data untuk pemecahan masalah administrasi. Ruang lingkup mencakup teknik statistik deskriptif dan inferensial, analisis data kualitatif, penggunaan software analisis data, serta penyusunan laporan hasil penelitian yang relevan dengan bidang administrasi perkantoran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Suharyadi, Purwanto. 2016. Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern buku 2. Salemba Empat.
- 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.
|
Pendukung : |
|
- 1. Sugiono, 2014, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta.
- 2. Lind, Marchal and Wathen. 2007. Teknik-Teknis Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi. McGraw Hill. Dicetak ulang oleh Salemba Empat.
|
Dosen Pengampu
|
Mohamad Arief Rafsanjani, S.Pd., M.Pd. Choirul Nikmah, S.AB., M.AB. Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pengertian statistika inferensia dan hipotesis |
- Mamahami Statistik Inferensia
- Merumuskan Hipotesis Penelitian
- Memahami Konsep Uji Hipotesis Penelitian
|
Kriteria:
- • Berkomunikasi secara efektif, menghargai pendapat orang lain opini, selalu menghadiri kelas tepat waktu, selalu menyerahkan tugas tepat waktu, dan selalu berpartisipasi dalam penyelesaian tugas kelompok
- • Berkomunikasi secara efektif, menghargai pendapat orang lain; 80% kehadiran, menyerahkan 90% tugas, dan sering berpartisipasi dalam penyelesaian tugas kelompok
- • Berkomunikasi tidak efektif, menghargai pendapat orang lain, 75% kehadiran; menyerahkan 70% tugas tepat waktu, dan berpartisipasi dalam penyelesaian tugas kelompok
- • Berkomunikasi tidak efektif, tidak menghargai pendapat orang lain, jarang menghadiri kelas, jarang menyerahkan tugas, dan jarang berpartisipasi dalam penyelesaian tugas kelompok
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Statistik Inferensial dan merumuskan Hipotesis Pustaka: 1. Sugiono, 2014, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menerapkan Uji Chi-Square untuk menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta menafsirkan hasilnya secara tepat |
- Mampu mengaplikasikan Uji Chi-Square untuk menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu menafsirkan hasil analisis data secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan aplikasi Uji Chi Square dengan perangkat lunak statistik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan aplikasi Uji Chi Square dengan perangkat lunak statistik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan aplikasi Uji Chi Square dengan perangkat lunak statistik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan aplikasi Uji Chi Square dengan perangkat lunak statistik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan aplikasi Uji Chi Square dengan perangkat lunak statistik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik uji beda parametrik dan non-parametrik dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta menafsirkan hasilnya secara tepat |
- Mampu mengaplikasikan Uji Chi-Square untuk menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu menafsirkan hasil analisis data secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan aplikasi teknik uji beda parametrik dan non-parametrik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan aplikasi teknik uji beda parametrik dan non-parametrik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan aplikasi teknik uji beda parametrik dan non-parametrik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan aplikasi teknik uji beda parametrik dan non-parametrik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan aplikasi teknik uji beda parametrik dan non-parametrik, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menerapkan teknik uji ANOVA dan MANOVA dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta menafsirkan hasilnya secara tepat |
- Mampu mengaplikasikan uji ANOVA dan MANOVA untuk menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu menafsirkan hasil analisis data secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan aplikasi uji ANOVA dan MANOVA, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan aplikasi uji ANOVA dan MANOVA, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan aplikasi uji ANOVA dan MANOVA, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan aplikasi uji ANOVA dan MANOVA, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan aplikasi uji ANOVA dan MANOVA, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menerapkan uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta menafsirkan hasilnya secara tepat |
- Mampu mengaplikasikan uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu menafsirkan hasil analisis data secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan aplikasi uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan aplikasi uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan aplikasi uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan aplikasi uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan aplikasi uji korelasi untuk menganalisis hubungan antarvariabel, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menerapkan analisis regresi dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta menafsirkan hasilnya secara tepat |
- Mampu mengaplikasikan analisis regresi dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu menafsirkan hasil analisis data secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan aplikasi analisis regresi, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan aplikasi analisis regresi, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan aplikasi analisis regresi, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan aplikasi analisis regresi, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan aplikasi analisis regresi, dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menerapkan analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan perangkat lunak statistik, serta menafsirkan hasilnya secara tepat |
- Mampu mengaplikasikan analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu menafsirkan hasil analisis data secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan aplikasi analisis jalur (Path Analysis) , dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan aplikasi analisis jalur (Path Analysis) , dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan aplikasi analisis jalur (Path Analysis) , dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan aplikasi analisis jalur (Path Analysis), dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan aplikasi aanalisis jalur (Path Analysis), dan penafsiran hasil analisisnya pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
2 x 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengestimasi model SEM menggunakan perangkat lunak statistik, melakukan evaluasi model, serta menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat |
- Mampu merancang dan mengestimasi model SEM dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu melakukan evaluasi model secara tepat
- Mampu menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengestimasi model SEM menggunakan perangkat lunak statistik, melakukan evaluasi model, serta menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat |
- Mampu merancang dan mengestimasi model SEM dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu melakukan evaluasi model secara tepat
- Mampu menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengestimasi model SEM menggunakan perangkat lunak statistik, melakukan evaluasi model, serta menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat |
- Mampu merancang dan mengestimasi model SEM dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu melakukan evaluasi model secara tepat
- Mampu menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengestimasi model SEM menggunakan perangkat lunak statistik, melakukan evaluasi model, serta menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat |
- Mampu merancang dan mengestimasi model SEM dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu melakukan evaluasi model secara tepat
- Mampu menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengestimasi model SEM menggunakan perangkat lunak statistik, melakukan evaluasi model, serta menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat |
- Mampu merancang dan mengestimasi model SEM dengan menggunakan perangkat lunak statistik
- Mampu melakukan evaluasi model secara tepat
- Mampu menafsirkan hasil pengujian hubungan antarvariabel laten secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan mengestimasi model SEM, melakukan evaluasi model, dan penafsiran hasil analisis hubungan antarvariabel laten pada kategori Sangat Kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Studi Kasus, Diskusi 2 x 50 |
|
Materi: Uji Chi Square Pustaka: 2. Hair, JF Jr., Hult, GTM, Ringle, CM, Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan menggunakan perangkat lunak VOSviewer, serta menyajikan hasilnya dalam bentuk visual |
- Mampu merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer
- Mampu menyajikan data hasil analisis bibliometrik dalam bentuk visual secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirk pada kategori sangat baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirkkategori baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirk pada kategori cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirkpada kategori kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirki pada kategori sangat kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi, Diskusi, 2 x 50 |
|
Materi: Analisis Data Kualittatif, Analisis Bibliometrik Pustaka: 1. Sugiono, 2014, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
|
- Mampu merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer
- Mampu menyajikan data hasil analisis bibliometrik dalam bentuk visual secara tepat
|
Kriteria:
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirk pada kategori sangat baik (85-100)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirkkategori baik (75-84)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirk pada kategori cukup (65-74)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirkpada kategori kurang (55-64)
- Ketepatan merancang dan melaksanakan analisis bibliometrik dengan memanfaatkan basis data ilmiah dengan perangkat lunak VOSviewer, dan penyajian hasil analisis bibliometirki pada kategori sangat kurang (0-54)
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, Diskusi, Studi Kasus 2 x 50 |
|
Materi: Analisis Data Kualittatif, Analisis Bibliometrik Pustaka: 1. Sugiono, 2014, Statistik untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |