Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Elemen Mesin

2120104172

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

3

6 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T., Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc., Rizky Haura Nindya Safitri, RST.,M.T




Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc




PRIYO HERU ADIWIBOWO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Eksperimen dan analisis data

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan kemampuan analitis untuk menganalisis beban dan tegangan yang terjadi pada elemen mesin.

PO - 2

Menggunakan metode perancangan yang tepat dalam mendesain elemen mesin seperti poros, bantalan, roda gigi, dan sambungan.

PO - 3

Menerapkan teori-teori kegagalan dan faktor keselamatan (safety factor) dalam perancangan elemen mesin.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Elemen Mesin bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar perancangan elemen-elemen mesin yang banyak digunakan dalam sistem mekanik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis elemen mesin, termasuk komponen-komponen yang berfungsi untuk mentransmisikan daya, mendukung beban, dan menghubungkan bagian-bagian mesin, seperti poros, bantalan, roda gigi, kopling, dan pegas. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas analisis beban, tegangan, dan perhitungan kekuatan material untuk memastikan elemen mesin dapat bekerja dengan aman dan efisien.

Pustaka

Utama :

  1. Khurmi, R.S., & Gupta, J.K. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House.
  2. Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2015). Product Design and Development (6th Edition). McGraw-Hill Education.
  3. Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
  4. Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc.

Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T.

Rizky Haura Nindya Safitri, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi konsep dasar dalam perancangan elemen mesin dan memahami diagram alir proses desain.

Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi konsep dasar desain dan diagram alir proses desain.

Kriteria:

Mengidentifikasi konsep dasar desain dan proses desain dengan benar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab
2x50
Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab
2x50
Materi: Bab 1 – Pengantar desain mekanik, prinsip dasar desain mesin.
Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
5%

2

Minggu ke 2

Mendesain elemen mesin dengan prinsip Design for X (DFM, DFA, DFD, DFE, DFC, dsb).

Kemampuan mahasiswa dalam merancang elemen mesin menggunakan prinsip Design for X.

Kriteria:

Menerapkan prinsip-prinsip Design for Manufacturing dan Design for Assembly dalam desain elemen mesin.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 x 50
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2 x 50
Materi: Bab 3-4 – Pengenalan komponen standar dan teknik prototyping.
Pustaka: Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2015). Product Design and Development (6th Edition). McGraw-Hill Education.
5%

3

Minggu ke 3

Melakukan analisis beban dan tegangan pada elemen mesin.

Kemampuan mahasiswa dalam menghitung dan menganalisis beban serta tegangan pada elemen mesin.

Kriteria:

Akurasi dalam melakukan analisis beban dan tegangan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
2 x 50
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
2 x 50
Materi: Bab 3 – Konsep dasar analisis tegangan dan regangan pada elemen mesin.
Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
5%

4

Minggu ke 4

Menggunakan diagram tegangan-regangan dalam perancangan elemen mesin.

    Kriteria:

    Ketepatan dalam menggunakan diagram tegangan-regangan dan menerapkan safety factor.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 5 – Penggunaan diagram tegangan-regangan dan penerapan safety factor dalam desain elemen mesin.
    Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
    5%

    5

    Minggu ke 5

    Mendesain sambungan tak permanen sesuai dengan klasifikasi sambungan.

    Kemampuan mahasiswa dalam merancang sambungan tak permanen yang efisien dan sesuai standar.

    Kriteria:

    Keefektifan desain sambungan tak permanen yang dirancang.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 6 – Klasifikasi sambungan dan desain sambungan tak permanen.
    Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
    5%

    6

    Minggu ke 6

    Mendesain sambungan permanen menggunakan teknik pengelasan.

    Kemampuan merancang sambungan permanen menggunakan teknik pengelasan.

    Kriteria:

    Pemahaman dalam merancang sambungan permanen dengan teknik pengelasan yang tepat.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 9 – Pengelasan dalam desain sambungan permanen.
    Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
    5%

    7

    Minggu ke 7

    Mendesain sambungan bergerak dan bantalan gelinding serta luncur.

    Kemampuan merancang sambungan bergerak dan bantalan dengan benar.

    Kriteria:

    Keefektifan dan kelayakan desain sambungan bergerak dan bantalan.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Keefektifan dan kelayakan desain sambungan bergerak dan bantalan.
    Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
    5%

    8

    Minggu ke 8

    Evaluasi pemahaman melalui Ujian Tengah Semester (UTS).

    Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian yang mencakup materi beban, tegangan, dan desain elemen mesin.

    Kriteria:

    Ketepatan dan kelengkapan dalam menjawab soal-soal ujian.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    Ujian Tengah Semester (UTS).
    2 x 50

    Materi: Semua materi yang telah dipelajari hingga minggu ke-7.
    Pustaka: Khurmi, R.S., & Gupta, J.K. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House.
    10%

    9

    Minggu ke 9

    Mendesain transmisi daya mekanis seperti sabuk, rantai, dan gear.

    Kemampuan merancang transmisi daya mekanis dengan efisien

    Kriteria:

    Desain transmisi daya yang efektif dan menghitung rasio kecepatan serta efisiensinya.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 9-12 – Desain sistem transmisi daya (sabuk, rantai, gear), serta perhitungan rasio kecepatan dan efisiensi.
    Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mendesain poros untuk transmisi daya mekanis dan perhitungan beban serta tegangan.

    Kemampuan merancang poros dan menghitung beban serta tegangan pada poros.

    Kriteria:

    Desain yang sesuai dengan perhitungan beban dan tegangan yang tepat.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 6 – Desain poros untuk transmisi daya, perhitungan beban dan defleksi.
    Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
    5%

    11

    Minggu ke 11

    Mendesain sabuk dan rantai untuk transmisi daya.

    Kemampuan merancang sabuk dan rantai untuk sistem transmisi daya.

    Kriteria:

    Pemahaman terhadap transmisi daya berbasis sabuk dan rantai.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 13 – Sistem transmisi daya menggunakan sabuk dan rantai, analisis torsi dan efisiensi.
    Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mendesain power screw dan menghitung efisiensi serta penerapannya dalam transmisi daya mekanis.

    Kemampuan merancang power screw dan menganalisis efisiensinya.

    Kriteria:

    Desain yang sesuai dengan efisiensi dan aplikasi power screw dalam transmisi daya.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 14 – Power screw, penerapan dalam transmisi daya mekanis.
    Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Mendesain roda gigi untuk transmisi daya mekanis dan menghitung kekuatan serta ketahanan gigi.

    Kemampuan merancang roda gigi dan menghitung kekuatan serta ketahanannya.

    Kriteria:

    Desain roda gigi yang tepat dan perhitungan kekuatan yang akurat.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 14-16 – Desain roda gigi, analisis kekuatan dan ketahanan gigi.
    Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami dan mengaplikasikan standar dan kode industri dalam pemilihan elemen mesin berdasarkan katalog industri.

    Kemampuan menggunakan standar dan kode industri untuk pemilihan elemen mesin.

    Kriteria:

    Pemahaman dalam memilih material dan elemen mesin berbasis standar industri.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
    2 x 50
    Materi: Bab 18 – Katalog komponen dan standar yang berlaku.
    Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
    5%

    15

    Minggu ke 15

    emperkenalkan dan mempresentasikan proyek desain elemen mesin yang telah dikerjakan.

    Kemampuan presentasi proyek desain elemen mesin.

    Kriteria:

    Kualitas presentasi dan argumen pemilihan desain.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    Presentasi proyek dan diskusi.
    2 x 50
    Presentasi proyek dan diskusi.
    2 x 50
    Materi: Semua pustaka dan materi yang telah digunakan selama perkuliahan.
    Pustaka: Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2015). Product Design and Development (6th Edition). McGraw-Hill Education.
    8%

    16

    Minggu ke 16

    Evaluasi akhir dari seluruh materi yang telah diajarkan, aplikasi dalam proyek perancangan elemen mesin.

    Ujian Akhir Semester (UAS).

    Kriteria:

    Kemampuan dalam menyelesaikan ujian akhir dan mengaplikasikan semua konsep yang telah dipelajari.


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Tes
    Ujian Akhir Semester (UAS).

    Materi: Semua materi yang telah dipelajari selama semester.
    Pustaka: Khurmi, R.S., & Gupta, J.K. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House.
    17%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 82.5%
    2. Tes 17.5%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.