
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Elemen Mesin |
2120104172 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
6 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T., Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc., Rizky Haura Nindya Safitri, RST.,M.T
|
Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc
|
PRIYO HERU ADIWIBOWO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Eksperimen dan analisis data |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan kemampuan analitis untuk menganalisis beban dan tegangan yang terjadi pada elemen mesin.
|
PO - 2 |
Menggunakan metode perancangan yang tepat dalam mendesain elemen mesin seperti poros, bantalan, roda gigi, dan sambungan.
|
PO - 3 |
Menerapkan teori-teori kegagalan dan faktor keselamatan (safety factor) dalam perancangan elemen mesin.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Elemen Mesin bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar perancangan elemen-elemen mesin yang banyak digunakan dalam sistem mekanik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis elemen mesin, termasuk komponen-komponen yang berfungsi untuk mentransmisikan daya, mendukung beban, dan menghubungkan bagian-bagian mesin, seperti poros, bantalan, roda gigi, kopling, dan pegas. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas analisis beban, tegangan, dan perhitungan kekuatan material untuk memastikan elemen mesin dapat bekerja dengan aman dan efisien. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Khurmi, R.S., & Gupta, J.K. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House.
- Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2015). Product Design and Development (6th Edition). McGraw-Hill Education.
- Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education.
- Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Ahmad Saepuddin, S.T., M.Sc. Slamet Prasetyo Utomo, S.Pd., M.T. Rizky Haura Nindya Safitri, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi konsep dasar dalam perancangan elemen mesin dan memahami diagram alir proses desain. |
Kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi konsep dasar desain dan diagram alir proses desain. |
Kriteria:
Mengidentifikasi konsep dasar desain dan proses desain dengan benar. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab 2x50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab 2x50 |
Materi: Bab 1 – Pengantar desain mekanik, prinsip dasar desain mesin. Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mendesain elemen mesin dengan prinsip Design for X (DFM, DFA, DFD, DFE, DFC, dsb). |
Kemampuan mahasiswa dalam merancang elemen mesin menggunakan prinsip Design for X. |
Kriteria:
Menerapkan prinsip-prinsip Design for Manufacturing dan Design for Assembly dalam desain elemen mesin. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 x 50 |
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab 2 x 50 |
Materi: Bab 3-4 – Pengenalan komponen standar dan teknik prototyping. Pustaka: Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2015). Product Design and Development (6th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Melakukan analisis beban dan tegangan pada elemen mesin. |
Kemampuan mahasiswa dalam menghitung dan menganalisis beban serta tegangan pada elemen mesin. |
Kriteria:
Akurasi dalam melakukan analisis beban dan tegangan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 3 – Konsep dasar analisis tegangan dan regangan pada elemen mesin. Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menggunakan diagram tegangan-regangan dalam perancangan elemen mesin. |
|
Kriteria:
Ketepatan dalam menggunakan diagram tegangan-regangan dan menerapkan safety factor. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 5 – Penggunaan diagram tegangan-regangan dan penerapan safety factor dalam desain elemen mesin. Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mendesain sambungan tak permanen sesuai dengan klasifikasi sambungan. |
Kemampuan mahasiswa dalam merancang sambungan tak permanen yang efisien dan sesuai standar. |
Kriteria:
Keefektifan desain sambungan tak permanen yang dirancang. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 6 – Klasifikasi sambungan dan desain sambungan tak permanen. Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mendesain sambungan permanen menggunakan teknik pengelasan. |
Kemampuan merancang sambungan permanen menggunakan teknik pengelasan. |
Kriteria:
Pemahaman dalam merancang sambungan permanen dengan teknik pengelasan yang tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 9 – Pengelasan dalam desain sambungan permanen. Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mendesain sambungan bergerak dan bantalan gelinding serta luncur. |
Kemampuan merancang sambungan bergerak dan bantalan dengan benar. |
Kriteria:
Keefektifan dan kelayakan desain sambungan bergerak dan bantalan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Keefektifan dan kelayakan desain sambungan bergerak dan bantalan. Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Evaluasi pemahaman melalui Ujian Tengah Semester (UTS). |
Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian yang mencakup materi beban, tegangan, dan desain elemen mesin. |
Kriteria:
Ketepatan dan kelengkapan dalam menjawab soal-soal ujian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Tengah Semester (UTS). 2 x 50 |
|
Materi: Semua materi yang telah dipelajari hingga minggu ke-7. Pustaka: Khurmi, R.S., & Gupta, J.K. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mendesain transmisi daya mekanis seperti sabuk, rantai, dan gear. |
Kemampuan merancang transmisi daya mekanis dengan efisien |
Kriteria:
Desain transmisi daya yang efektif dan menghitung rasio kecepatan serta efisiensinya. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 9-12 – Desain sistem transmisi daya (sabuk, rantai, gear), serta perhitungan rasio kecepatan dan efisiensi. Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mendesain poros untuk transmisi daya mekanis dan perhitungan beban serta tegangan. |
Kemampuan merancang poros dan menghitung beban serta tegangan pada poros. |
Kriteria:
Desain yang sesuai dengan perhitungan beban dan tegangan yang tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 6 – Desain poros untuk transmisi daya, perhitungan beban dan defleksi. Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mendesain sabuk dan rantai untuk transmisi daya. |
Kemampuan merancang sabuk dan rantai untuk sistem transmisi daya. |
Kriteria:
Pemahaman terhadap transmisi daya berbasis sabuk dan rantai. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 13 – Sistem transmisi daya menggunakan sabuk dan rantai, analisis torsi dan efisiensi. Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mendesain power screw dan menghitung efisiensi serta penerapannya dalam transmisi daya mekanis. |
Kemampuan merancang power screw dan menganalisis efisiensinya. |
Kriteria:
Desain yang sesuai dengan efisiensi dan aplikasi power screw dalam transmisi daya. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 14 – Power screw, penerapan dalam transmisi daya mekanis. Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mendesain roda gigi untuk transmisi daya mekanis dan menghitung kekuatan serta ketahanan gigi. |
Kemampuan merancang roda gigi dan menghitung kekuatan serta ketahanannya. |
Kriteria:
Desain roda gigi yang tepat dan perhitungan kekuatan yang akurat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 14-16 – Desain roda gigi, analisis kekuatan dan ketahanan gigi. Pustaka: Budynas, R.G., & Nisbett, J.K. (2015). Shigley’s Mechanical Engineering Design (10th Edition). McGraw-Hill Education. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami dan mengaplikasikan standar dan kode industri dalam pemilihan elemen mesin berdasarkan katalog industri. |
Kemampuan menggunakan standar dan kode industri untuk pemilihan elemen mesin. |
Kriteria:
Pemahaman dalam memilih material dan elemen mesin berbasis standar industri. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab. 2 x 50 |
Materi: Bab 18 – Katalog komponen dan standar yang berlaku. Pustaka: Mott, R.L., Vavrek, E.M., & Wang, J. (2017). Machine Elements in Mechanical Design (6th Edition). Pearson Education. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
emperkenalkan dan mempresentasikan proyek desain elemen mesin yang telah dikerjakan. |
Kemampuan presentasi proyek desain elemen mesin. |
Kriteria:
Kualitas presentasi dan argumen pemilihan desain. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi proyek dan diskusi. 2 x 50 |
Presentasi proyek dan diskusi. 2 x 50 |
Materi: Semua pustaka dan materi yang telah digunakan selama perkuliahan. Pustaka: Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2015). Product Design and Development (6th Edition). McGraw-Hill Education. |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Evaluasi akhir dari seluruh materi yang telah diajarkan, aplikasi dalam proyek perancangan elemen mesin. |
Ujian Akhir Semester (UAS). |
Kriteria:
Kemampuan dalam menyelesaikan ujian akhir dan mengaplikasikan semua konsep yang telah dipelajari. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian Akhir Semester (UAS).
|
|
Materi: Semua materi yang telah dipelajari selama semester. Pustaka: Khurmi, R.S., & Gupta, J.K. (2005). A Textbook of Machine Design. Eurasia Publishing House. |
17% |