
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sastra Digital |
8820102232 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
25 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Ulinnuha Madyananda, S.S., S.Pd., M.Pd
|
.......................................
|
RESDIANTO PERMATA RAHARJO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
PLO-11 |
Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Secara eksplisit menyebutkan kemampuan sastra digital dalam berbagai konteks
|
PO - 2 |
Mencakup penguasaan konsep dasar keterampilan sastra digital
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar bahasa, sastra, serta pembelajarannya, dan menunjukkan sikap tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-11 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sastra Digital memperkenalkan mahasiswa pada integrasi teknologi digital dalam kajian sastra Indonesia. Mata kuliah ini membahas konsep dasar sastra digital, penerapan teknologi dalam analisis teks sastra, digitalisasi naskah, serta eksplorasi bentuk-bentuk sastra baru yang lahir di era digital seperti hypertext fiction, digital poetry, dan sastra media sosial. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis, mengkritisi, dan menciptakan karya sastra dengan memanfaatkan tools digital, serta memahami dampak digitalisasi terhadap produksi dan resepsi sastra Indonesia. Ruang lingkup mencakup teori sastra digital, metode penelitian digital humanities, tools analisis teks, dan praktik pembuatan konten sastra berbasis digital. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak.
- Bird, Carmel. 2001. Menulis dengan Emosi. Terj. Yogyakarta: Kaifa.
- Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.
- Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
- Odell, Lee, et. Al. 2007. Element of Language . London: Harcourt Education.
- Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.
- Miller, Robert K. 2006. Motives for Writin. Fifth Edition . Mc-Grill: New York. Munsyi, Alif Danya. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut? . Yogyakarta: Kaifa.
- Sartre, Jean Paul. 2001. Les Mots. Terj . Jakarta: Gramedia. Siswanto, Wahyudi. 2014. Cara Menulis Cerita . Malang: Aditya Media
- Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher
|
Pendukung : |
|
- Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd. Dr. Ulinnuha Madyananda, S.S., S.Pd., M.Pd. Dr. Yoga Rifqi Azizan, M.Pd. Laila Lupita Ardhiyanti, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Perkuliahan: menjelaskan Konsep, tujuan, manfaat, tahap - tahap, dan faktor penunjang keterampilan sastra digital serta hubungannya dengan keterampilan berbahasa yang lain. |
- Konsep, tujuan, dan manfaat keterampialn menulis sastra digital.
- Tahap - tahap dalam keterampilan menulis sastra digital.
- Faktor penunjang keterampilan menulis sastra digital.
- Hubungan keterampilan menulis dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain.
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan kunci jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet 2 X 50 |
Materi: Seni Digital Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. Materi: Pengertian dan tujuan sastra digital Pustaka: Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak. Materi: Tahap-tahap dan faktor penunjang menulis Pustaka sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Seni Digital Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pengantar Perkuliahan: menjelaskan Konsep, tujuan, manfaat, tahap - tahap, dan faktor penunjang keterampilan sastra digital serta hubungannya dengan keterampilan berbahasa yang lain. |
- Konsep, tujuan, dan manfaat keterampialn menulis sastra digital.
- Tahap-tahap dalam keterampilan menulis sastra digital.
- Faktor penunjang keterampilan menulis sastra digital.
- Hubungan keterampilan menulis dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain.
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan kunci jawaban Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Seni Digital Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. Materi: Pengertian dan tujuan menulis sastra digital Pustaka: Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak. Materi: Tahap-tahap dan faktor penunjang menulis sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Seni digital Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mempresentasikan berbagai teks konten elemen menulis sastra digital dalam Kurikulum Merdeka |
- Menjelaskan karakteristik setiap jenis karangan atau tulisan sastra digital
- Mampu membedakan jenis karangan atau tulisan sastra digital
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Kontekstual dan Kooperatif Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Berbagai jenis tulisan Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. Materi: Jenis-jenis karangan sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Berbagai jenis tulisan dalam sastra digital Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. Materi: Berbagai jenis tulisan dalam sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis perbedaanjenis karangan fiksi, ilmiah, jurnaistik, dan populer dalam sastra digital |
- Menjelaskan dan merencanakan karangan ilmiah dalam sastra digital
- Memahami dan dapat menentukan topik dan judul karangan ilmiah dalam sastra digital
- Menjelaskan dan menunjukkan tahapan-tahapan menulis karya ilmiah dalam sastra digital
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik kinerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dalam rangka Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Proses menulis sastra digital Pustaka: undefined Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis sastra digital Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Membedakan ragam teks fiksi, contoh dan teorinya dalam sastra digital |
- Menjelaskan dan merencanakan karangan ilmiah dalam sastra digital
- Memahami dan dapat menentukan topik dan judul karangan ilmiah dalam sastra digital
- Menjelaskan dan menunjukkan tahapan-tahapan menulis karya ilmiah dalam sastra digital
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik kinerja Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. Materi: Proses menulis sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis dalam sastra digital Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Membedakan ragam teks informasi, contoh dan teorinya dalam sastra digital |
- Menjelaskan dan merencanakan karangan ilmiah dalam sastra digital
- Memahami dan dapat menentukan topik dan judul karangan ilmiah dalam sastra digital
- Menjelaskan dan menunjukkan tahapan-tahapan menulis karya ilmiah dalam sastra digital
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik kinerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Proses menulis Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas. Materi: Psikologi Sastra Digital Pustaka: Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menulis teks autobiografi dalam sastra digital |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis sastra digital Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Penyuntingan naskah digital Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis karya ilmiah |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: UAS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis esai populer dalam karya digital |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah sastra digital
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
mempresentasikan dan mempublikasikan feature |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis resensi |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
|
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Konsep Digital Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis resensi |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Penyuntingan Digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis sastra digital Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Penyuntingan naskah sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mempresentasikan dan mempublikasikan resensi sebagai bentuk sastra digital |
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah sastra digital
- Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah sastra digital
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project Based Learning 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Konsep Digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menulis teks refleksi diri |
- Memahami konsep penyuntingan
- Menyunting karya ilmiah
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan rubrik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Psikologi Sastra Digital Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher Materi: Konsep penyuntingan karya ilmiah dalam bidang sastra digital Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Psikologi Sastra Digital Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mempresentasikan dan mempublikasikan teks refleksi diri terkait sastra digital |
- Menyusun aneka jenis kutipan dalam sastra digital
- Menyusun daftar pustaka dalam sastra digital
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan kunci dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Teknik mengutip dan daftar pustaka Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Pengutipan dan daftar rujukan dalam sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Teknik mengutip dan daftar pustaka dalam sastra digital Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Proyek Antologi karya sastra digital |
- Menyusun aneka jenis kutipan
- Menyusun daftar pustaka
|
Kriteria:
Kesesuaian dengan kunci dan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan penugasan 2 X 50 |
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet - |
Materi: Pengutipan dan daftar rujukan dalam sastra digital Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Materi: Teknik mengutip dan daftar pustaka dalam sastra digital Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media. Materi: Seni Digital Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher |
15% |