Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sastra Digital

8820102232

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

25 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Ulinnuha Madyananda, S.S., S.Pd., M.Pd




.......................................




RESDIANTO PERMATA RAHARJO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

PLO-11

Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Secara eksplisit menyebutkan kemampuan sastra digital dalam berbagai konteks

PO - 2

Mencakup penguasaan konsep dasar keterampilan sastra digital

PO - 3

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar bahasa, sastra, serta pembelajarannya, dan menunjukkan sikap tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sastra Digital memperkenalkan mahasiswa pada integrasi teknologi digital dalam kajian sastra Indonesia. Mata kuliah ini membahas konsep dasar sastra digital, penerapan teknologi dalam analisis teks sastra, digitalisasi naskah, serta eksplorasi bentuk-bentuk sastra baru yang lahir di era digital seperti hypertext fiction, digital poetry, dan sastra media sosial. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis, mengkritisi, dan menciptakan karya sastra dengan memanfaatkan tools digital, serta memahami dampak digitalisasi terhadap produksi dan resepsi sastra Indonesia. Ruang lingkup mencakup teori sastra digital, metode penelitian digital humanities, tools analisis teks, dan praktik pembuatan konten sastra berbasis digital.

Pustaka

Utama :

  1. Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak.
  2. Bird, Carmel. 2001. Menulis dengan Emosi. Terj. Yogyakarta: Kaifa.
  3. Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.
  4. Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
  5. Odell, Lee, et. Al. 2007. Element of Language . London: Harcourt Education.
  6. Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.
  7. Miller, Robert K. 2006. Motives for Writin. Fifth Edition . Mc-Grill: New York. Munsyi, Alif Danya. 2012. Menjadi Penulis, Siapa Takut? . Yogyakarta: Kaifa.
  8. Sartre, Jean Paul. 2001. Les Mots. Terj . Jakarta: Gramedia. Siswanto, Wahyudi. 2014. Cara Menulis Cerita . Malang: Aditya Media
  9. Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher

Pendukung :

  1. Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher

Dosen Pengampu

Dr. Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.

Dr. Ulinnuha Madyananda, S.S., S.Pd., M.Pd.

Dr. Yoga Rifqi Azizan, M.Pd.

Laila Lupita Ardhiyanti, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Perkuliahan: menjelaskan Konsep, tujuan, manfaat, tahap - tahap, dan faktor penunjang keterampilan sastra digital serta hubungannya dengan keterampilan berbahasa yang lain.

  1. Konsep, tujuan, dan manfaat keterampialn menulis sastra digital.
  2. Tahap - tahap dalam keterampilan menulis sastra digital.
  3. Faktor penunjang keterampilan menulis sastra digital.
  4. Hubungan keterampilan menulis dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain.
Kriteria:

Kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
2 X 50
Materi: Seni Digital
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.

Materi: Pengertian dan tujuan sastra digital
Pustaka: Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak.

Materi: Tahap-tahap dan faktor penunjang menulis Pustaka sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Seni Digital
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.
5%

2

Minggu ke 2

Pengantar Perkuliahan: menjelaskan Konsep, tujuan, manfaat, tahap - tahap, dan faktor penunjang keterampilan sastra digital serta hubungannya dengan keterampilan berbahasa yang lain.

  1. Konsep, tujuan, dan manfaat keterampialn menulis sastra digital.
  2. Tahap-tahap dalam keterampilan menulis sastra digital.
  3. Faktor penunjang keterampilan menulis sastra digital.
  4. Hubungan keterampilan menulis dengan tiga keterampilan berbahasa yang lain.
Kriteria:

Kesesuaian dengan kunci jawaban


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Seni Digital
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.

Materi: Pengertian dan tujuan menulis sastra digital
Pustaka: Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak.

Materi: Tahap-tahap dan faktor penunjang menulis sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Seni digital
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.
5%

3

Minggu ke 3

Mempresentasikan berbagai teks konten elemen menulis sastra digital dalam Kurikulum Merdeka

  1. Menjelaskan karakteristik setiap jenis karangan atau tulisan sastra digital
  2. Mampu membedakan jenis karangan atau tulisan sastra digital
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Kontekstual dan Kooperatif Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Berbagai jenis tulisan
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.

Materi: Jenis-jenis karangan sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Berbagai jenis tulisan dalam sastra digital
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.

Materi: Berbagai jenis tulisan dalam sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
5%

4

Minggu ke 4

Menganalisis perbedaanjenis karangan fiksi, ilmiah, jurnaistik, dan populer dalam sastra digital

  1. Menjelaskan dan merencanakan karangan ilmiah dalam sastra digital
  2. Memahami dan dapat menentukan topik dan judul karangan ilmiah dalam sastra digital
  3. Menjelaskan dan menunjukkan tahapan-tahapan menulis karya ilmiah dalam sastra digital
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik kinerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dalam rangka Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Proses menulis sastra digital
Pustaka: undefined

Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis sastra digital
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Membedakan ragam teks fiksi, contoh dan teorinya dalam sastra digital

  1. Menjelaskan dan merencanakan karangan ilmiah dalam sastra digital
  2. Memahami dan dapat menentukan topik dan judul karangan ilmiah dalam sastra digital
  3. Menjelaskan dan menunjukkan tahapan-tahapan menulis karya ilmiah dalam sastra digital
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik kinerja


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.

Materi: Proses menulis sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis dalam sastra digital
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.
5%

6

Minggu ke 6

Membedakan ragam teks informasi, contoh dan teorinya dalam sastra digital

  1. Menjelaskan dan merencanakan karangan ilmiah dalam sastra digital
  2. Memahami dan dapat menentukan topik dan judul karangan ilmiah dalam sastra digital
  3. Menjelaskan dan menunjukkan tahapan-tahapan menulis karya ilmiah dalam sastra digital
Kriteria:

Sesuai dengan rubrik kinerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Proses menulis
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Proses dalam menghasilkan karya tulis
Pustaka: Djaelani, Anwar. 2012. Warnai Dunia dengan Menullis . Surabaya: Inpas.

Materi: Psikologi Sastra Digital
Pustaka: Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Menulis . Yogyakarta: Ombak.
5%

7

Minggu ke 7

Menulis teks autobiografi dalam sastra digital

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah dalam sastra digital
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis sastra digital
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Penyuntingan naskah digital
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.
5%

8

Minggu ke 8

Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis karya ilmiah

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: UAS
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis esai populer dalam karya digital

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah sastra digital
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah sastra digital
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah sastra digital
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah sastra digital
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.
5%

10

Minggu ke 10

mempresentasikan dan mempublikasikan feature

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.
5%

11

Minggu ke 11

Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis resensi

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Konsep Digital
Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher
5%

12

Minggu ke 12

Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis resensi

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Penyuntingan Digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis sastra digital
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Penyuntingan naskah sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
5%

13

Minggu ke 13

Mempresentasikan dan mempublikasikan resensi sebagai bentuk sastra digital

  1. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan ejaan bahasa Indonesia dalam menulis karya ilmiah sastra digital
  2. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan pilihan kata (diksi) dalam menulis karya ilmiah sastra digital
  3. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menggunakan kalimat efektif dalam menulis karya ilmiah sastra digital
  4. Memahami, menguasai konsep, dan dapat menyusun paragraf dalam menulis karya ilmiah sastra digital
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project Based Learning
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Pemakaian bahasa Indonesia dalam karya tulis
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Konsep Digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
5%

14

Minggu ke 14

Menulis teks refleksi diri

  1. Memahami konsep penyuntingan
  2. Menyunting karya ilmiah
Kriteria:

Kesesuaian dengan rubrik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan penugasan
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Psikologi Sastra Digital
Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher

Materi: Konsep penyuntingan karya ilmiah dalam bidang sastra digital
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Psikologi Sastra Digital
Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher
5%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan dan mempublikasikan teks refleksi diri terkait sastra digital

  1. Menyusun aneka jenis kutipan dalam sastra digital
  2. Menyusun daftar pustaka dalam sastra digital
Kriteria:

Kesesuaian dengan kunci dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi dan penugasan
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Teknik mengutip dan daftar pustaka
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Pengutipan dan daftar rujukan dalam sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Teknik mengutip dan daftar pustaka dalam sastra digital
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.
5%

16

Minggu ke 16

Proyek Antologi karya sastra digital

  1. Menyusun aneka jenis kutipan
  2. Menyusun daftar pustaka
Kriteria:

Kesesuaian dengan kunci dan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan penugasan
2 X 50
Elearning : Google Classroom
✔ Ceramah
✔ Brainstorming antar mahasiswa dan dosen
[Daring: 1x(1x40’)]
Sinkronus, Zoom Meeting/G-Meet
-
Materi: Pengutipan dan daftar rujukan dalam sastra digital
Pustaka: Eneste, Pamusuk. 2009. Proses Kreatif: Jilid I – IV. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Materi: Teknik mengutip dan daftar pustaka dalam sastra digital
Pustaka: Kisyani-Laksono, dkk. 2008 Penyuntingan . Jakarta: Universitas Terbuka. Laksana, A.S. 2013. Creative writing . Jakarta: Gagas Media.

Materi: Seni Digital
Pustaka: Azizan, YR. 2025. Menulis Kritis Mahasiswa Konsep dan Model Penulisan Artikel Ilmiah Bermuatan Responsif Medis. Bandung: Kaizen Publisher
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 47.5%
3. Penilaian Portofolio 5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.