Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ekonomika dan Bisnis Program Studi S1 Ekonomi Islam
Kode Dokumen
SEMESTER LEARNING PLAN
Course
KODE
Rumpun MataKuliah
Bobot Kredit
SEMESTER
Tanggal Penyusunan
Kuliah Kerja Nyata
6020203027
T=3
P=0
ECTS=4.77
7
7 Desember 2025
OTORISASI
Pengembang S.P
Koordinator Rumpun matakuliah
Koordinator Program Studi
.......................................
.......................................
CLARASHINTA CANGGIH
Model Pembelajaran
Project Based Learning
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah
Program Objectives (PO)
Matrik PLO-PO
PO
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)
PO
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Matakuliah ini merupakan wujud aplikasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang mengandung unsur pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Ketiga unsur tersebut dilaksanakan oleh perguruan tinggi saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya. Hal ini mengingat kedudukan perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat sebagai sentral dan merupakan bagian integral dari system pendidikan nasional.Model KKN menggunakan model Tematik Posdaya yaitu Kuliah Kerja Nyata yang berorentasi pada Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Program Tematik Posdaya meliputi 5 Pilar yang terdiri dari: (1). Pendidikan, (2). Kesehatan, (3). Ekonomi, (4). Lingkungan, (5). Seni Budaya dan Agama.
Pustaka
Utama :
UU. No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
PP. Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.
Peraturan Presiden Republik Indonesia No.15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan.
Dirjen Dikti, Buku Pedoman Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat Edisi IX Tahun 2010.
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
No
Evaluasi
Persentase
0%
Catatan
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.