Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PRAGMATIK

8820102128

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

30 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mintowati, M.Pd. | Dr. Riki Nasrullah, M.Hum.




Dr. Suhartono, M.Pd.




RESDIANTO PERMATA RAHARJO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan

PLO-8

Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar pragmatik (deiksis, praanggapan, entailment, implikatur, inferensi, tindak tutur, peristiwa tutur) secara logis dan sistematis serta membedakannya dengan cabang linguistik lain

PO - 2

Mampu menganalisis fenomena bahasa dengan menggunakan prinsip-prinsip pragmatik (kesantunan, konteks, relevance theory, inferensi) untuk memahami makna tersirat dalam komunikasi sehari-hari maupun digital

PO - 3

Mampu menginterpretasi dan mengevaluasi praktik bahasa dalam berbagai ranah (interkultural, gender, humor, wacana politik, komunikasi daring, multimodal) dengan menginternalisasikan norma, etika akademik, serta nilai keindonesiaan

PO - 4

Mampu mengaplikasikan teori dan metode penelitian pragmatik (observasi, analisis wacana, korpus digital, eksperimen) untuk merancang kajian akademik, termasuk sebagai dasar dalam penulisan skripsi di bidang bahasa

PO - 5

Mampu mendiskusikan, mempresentasikan, dan mengkritisi isu-isu mutakhir dalam pragmatik (experimental pragmatics, pragmatics & AI, eco-pragmatics) secara kolaboratif, kreatif, dan reflektif dengan semangat tanggung jawab akademik dan profesional

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-7PLO-8
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas aspek penggunaan bahasa dalam konteks sosial, mengkaji makna ujaran berdasarkan konteks penggunaan, meliputi tindak tutur, implikatur, presuposisi, deiksis, dan prinsip kerja sama dalam komunikasi, dan perkembangan pragmatik siber dan pargmatik klinis. Mata kuliah ini juga akan membekali mahasiswa dengan kemampuan analisis terhadap data pragmatik dalam bahasa Indonesia, baik secara teoretis maupun praktis, dengan fokus pada aplikasi nyata dalam interaksi sehari-hari.

Pustaka

Utama :

  1. Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.
  2. Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.
  3. Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press.
  4. Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.
  5. Culpeper, J., Haugh, M., & Kádár, D. Z. (Eds.). (2017). The Palgrave Handbook of Linguistic (Im)politeness. Palgrave Macmillan.
  6. Jucker, Andreas H., Schneider, Klaus P. and Bublitz, Wolfram. Methods in Pragmatics, Berlin, Boston: De Gruyter Mouton, 2018. https://doi.org/10.1515/9783110424928
  7. Mintowati, M., Nasrullah, R., & Yuanita, A. (2024). Pragmatik siber: Pendekatan interaksi dan komunikasi di dunia digital. Surabaya: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Pendukung :

  1. Taguchi, N., & Ishihara, N. (2018). The Pragmatics of English as a Lingua Franca: Research and Pedagogy in the ELT Context. Annual Review of Applied Linguistics, 38, 80-101.
  2. Bousfield, D. (2021). Impoliteness and Power in Language. Journal of Pragmatics, 181, 51-64.
  3. Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12.
  4. Culpeper, J., & Tantucci, V. (2021). A New Approach to Im/politeness: Tracking Cultural Evolution and Social Change. Journal of Pragmatics, 182, 25-38.
  5. Taguchi, N., & Roever, C. (2022). Second Language Pragmatics. Oxford University Press.

Dosen Pengampu

Dr. Mintowati, M.Pd.

Prof. Dr. Suhartono, M.Pd.

Dr. Yuniseffendri, S.Pd., M.Pd.

Dr. Abdul Kholiq, S.Pd., M.Pd.

Abdul Aziz Khoiri, S.Pd., M.Pd.

Dr. Riki Nasrullah, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan definisi, ruang lingkup, dan posisi pragmatik

Menyebutkan definisi & ruang lingkup pragmatik

Kriteria:

Kejelasan penjelasan dan kedalaman pemahaman.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah Interaktif, Diskusi Kelas

Materi: Definition of Pragmatics
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.

Materi: definisi, ruang lingkup, dan posisi pragmatik
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.

Materi: definisi, ruang lingkup, dan posisi pragmatik
Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi konteks, prinsip kerja sama, dan kesantunan

Menjelaskan prinsip Grice & Leech dengan contoh

Kriteria:

Argumentasi tepat, contoh relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi Kasus, Latihan Analisis

Materi: teori dasar tindak tutur oleh Austin dan Searle
Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.

Materi: perbedaan antara lokusi, ilokusi, dan perlokusi
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.

Materi: konteks, prinsip kerja sama, dan kesantunan
Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.
6%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis deiksis dalam komunikasi

Mahasiswa dapat mengklasifikasikan tindak tutur ke dalam kategori yang sesuai.

Kriteria:

Analisis akurat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi Kasus, Diskusi Kelompok

Materi: klasifikasi tindak tutur (deklaratif, representatif, ekspresif, direktif, komisif)
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.

Materi: deiksis
Pustaka: Taguchi, N., & Ishihara, N. (2018). The Pragmatics of English as a Lingua Franca: Research and Pedagogy in the ELT Context. Annual Review of Applied Linguistics, 38, 80-101.

Materi: deiksis
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi implikatur percakapan dalam interaksi sehari-hari.

Menjelaskan perbedaan antara praanggapan dan entailment

Kriteria:

Ketepatan identifikasi implikatur dan alasan penggunaan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Simulasi Percakapan, Diskusi Interaktif

Materi: implikatur percakapan menurut Grice
Pustaka: Taguchi, N., & Ishihara, N. (2018). The Pragmatics of English as a Lingua Franca: Research and Pedagogy in the ELT Context. Annual Review of Applied Linguistics, 38, 80-101.

Materi: maksim kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara,
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.

Materi: presupposition (praanggapan) & entailment
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengidentifikasi implikatur dalam percakapan & teks

Analisis implikatur konvensional/percakapan

Kriteria:

Akurasi analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah, Diskusi

Materi: perbedaan antara implikatur konvensional dan non-konvensional
Pustaka: Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12.

Materi: implikatur dalam percakapan & teks
Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menjelaskan mekanisme inferensi pragmatik

Menguraikan proses inferensi pragmatik

Kriteria:

Penjelasan runtut


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Interaktif, Latihan Praktik

Materi: konsep dasar deiksis (person, tempat, waktu, sosial, wacana)
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.

Materi: inferensi pragmatik
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.

Materi: inferensi pragmatik
Pustaka: Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis tindak tutur & peristiwa tutur

Mengklasifikasi tindak tutur dengan data

Kriteria:

Ketepatan klasifikasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Analisis Ujaran, Diskusi Kelas

Materi: analisis kasus deiksis dalam narasi, percakapan formal dan informal, serta implikasi deiksis dalam pembentukan makna.
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

Mengevaluasi pemahaman konsep pragmatik yang telah dipelajari.

Mahasiswa mampu menjawab soal-soal ujian dengan benar dan jelas.

Kriteria:

Ketepatan dan kejelasan jawaban.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ujian

Materi: UTS
Pustaka:
14%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis kesantunan dalam interaksi interkultural & digital

Analisis dengan model Brown & Levinson

Kriteria:

Analisis mendalam


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi Literatur, Diskusi Kritis

Materi: prinsip kerja sama (Cooperative Principle) dan maksim-maksim Grice, aplikasi dalam konteks formal dan informal.
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.

Materi: kesantunan dalam interaksi interkultural & digital
Pustaka: Mintowati, M., Nasrullah, R., & Yuanita, A. (2024). Pragmatik siber: Pendekatan interaksi dan komunikasi di dunia digital. Surabaya: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Materi: kesantunan dalam interaksi interkultural & digital
Pustaka: Culpeper, J., & Tantucci, V. (2021). A New Approach to Im/politeness: Tracking Cultural Evolution and Social Change. Journal of Pragmatics, 182, 25-38.

Materi: kesantunan dalam interaksi interkultural & digital
Pustaka: Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu membandingkan strategi pragmatik lintas budaya

Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip kesopanan dan mengaplikasikannya dalam simulasi.

Kriteria:

Argumentasi berbasis data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Kelompok

Materi: teori kesopanan Brown dan Levinson, penerapan strategi kesopanan positif dan negatif, serta analisis dalam interaksi sosial.
Pustaka: Culpeper, J., & Tantucci, V. (2021). A New Approach to Im/politeness: Tracking Cultural Evolution and Social Change. Journal of Pragmatics, 182, 25-38.

Materi: pragmatik lintas budaya
Pustaka: Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis bias bahasa berbasis gender

Identifikasi bias gender

Kriteria:

Analisis kritis & reflektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Analisis Kasus, Presentasi Mahasiswa

Materi: pelanggaran maksim, contoh kasus dalam komunikasi digital, media sosial, dan negosiasi politik.
Pustaka: Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengaplikasikan relevance theory pada komunikasi digital

Menyusun contoh relevance theory

Kriteria:

Penerapan tepat


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi teori & aplikasi

Materi: penerapan kesantunan dalam komunikasi antarbudaya, perbedaan kesantunan dalam berbagai bahasa dan budaya, serta analisis studi kasus.
Pustaka: Bousfield, D. (2021). Impoliteness and Power in Language. Journal of Pragmatics, 181, 51-64.

Materi: teori relevansi
Pustaka: Culpeper, J., Haugh, M., & Kádár, D. Z. (Eds.). (2017). The Palgrave Handbook of Linguistic (Im)politeness. Palgrave Macmillan.

Materi: teori relevansi
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis data multimodal (meme, vlog, iklan)

Analisis multimodal

Kriteria:

Kedalaman & ketepatan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Kolaboratif, Diskusi Kasus, Analisis data multimodal

Materi: isu-isu pragmatik dalam komunikasi antarbudaya, tantangan adaptasi linguistik, dan studi kasus dalam konteks globalisasi.
Pustaka: Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press.

Materi: Pragmatik multimodal
Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengkritisi fenomena ujaran kebencian & netiquette

Analisis kasus komunikasi daring

Kriteria:

Argumentasi berbasis data


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi dan presentasi mahasiswa

Materi: pendekatan metodologis dalam penelitian pragmatik, perumusan hipotesis, dan analisis data pragmatik.
Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.

Materi: Pragmatik siber
Pustaka: Mintowati, M., Nasrullah, R., & Yuanita, A. (2024). Pragmatik siber: Pendekatan interaksi dan komunikasi di dunia digital. Surabaya: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu merancang desain penelitian pragmatik

Mahasiswa mampu menganalisis kasus pragmatik klinis dengan menggunakan teori yang relevan.

Kriteria:

Kelayakan metodologis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah Pakar, Studi Kasus, Diskusi

Materi: pragmatik klinis, analisis kasus gangguan komunikasi (seperti afasia dan autisme), dan pendekatan terapeutik.
Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Mengintegrasikan seluruh konsep pragmatik yang telah dipelajari dalam ujian akhir.

Mahasiswa mampu menjawab soal ujian dengan baik, mencerminkan pemahaman yang mendalam.

Kriteria:

Ketepatan, kejelasan, dan kedalaman jawaban.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Proyek

Materi: ujian akhir yang mencakup seluruh konsep pragmatik, termasuk teori dasar, aplikasi praktis, dan studi kasus.
Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 68.34%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10.84%
3. Praktik / Unjuk Kerja 3.34%
4. Tes 17.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.