
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PRAGMATIK |
8820102128 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
30 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Mintowati, M.Pd. | Dr. Riki Nasrullah, M.Hum.
|
Dr. Suhartono, M.Pd.
|
RESDIANTO PERMATA RAHARJO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan |
PLO-8 |
Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan konsep-konsep dasar pragmatik (deiksis, praanggapan, entailment, implikatur, inferensi, tindak tutur, peristiwa tutur) secara logis dan sistematis serta membedakannya dengan cabang linguistik lain
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis fenomena bahasa dengan menggunakan prinsip-prinsip pragmatik (kesantunan, konteks, relevance theory, inferensi) untuk memahami makna tersirat dalam komunikasi sehari-hari maupun digital
|
PO - 3 |
Mampu menginterpretasi dan mengevaluasi praktik bahasa dalam berbagai ranah (interkultural, gender, humor, wacana politik, komunikasi daring, multimodal) dengan menginternalisasikan norma, etika akademik, serta nilai keindonesiaan
|
PO - 4 |
Mampu mengaplikasikan teori dan metode penelitian pragmatik (observasi, analisis wacana, korpus digital, eksperimen) untuk merancang kajian akademik, termasuk sebagai dasar dalam penulisan skripsi di bidang bahasa
|
PO - 5 |
Mampu mendiskusikan, mempresentasikan, dan mengkritisi isu-isu mutakhir dalam pragmatik (experimental pragmatics, pragmatics & AI, eco-pragmatics) secara kolaboratif, kreatif, dan reflektif dengan semangat tanggung jawab akademik dan profesional
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | | PO-1 | | | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | ✔ | | | | | PO-5 | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas aspek penggunaan bahasa dalam konteks sosial, mengkaji makna ujaran berdasarkan konteks penggunaan, meliputi tindak tutur, implikatur, presuposisi, deiksis, dan prinsip kerja sama dalam komunikasi, dan perkembangan pragmatik siber dan pargmatik klinis. Mata kuliah ini juga akan membekali mahasiswa dengan kemampuan analisis terhadap data pragmatik dalam bahasa Indonesia, baik secara teoretis maupun praktis, dengan fokus pada aplikasi nyata dalam interaksi sehari-hari. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press.
- Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge.
- Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press.
- Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell.
- Culpeper, J., Haugh, M., & Kádár, D. Z. (Eds.). (2017). The Palgrave Handbook of Linguistic (Im)politeness. Palgrave Macmillan.
- Jucker, Andreas H., Schneider, Klaus P. and Bublitz, Wolfram. Methods in Pragmatics, Berlin, Boston: De Gruyter Mouton, 2018. https://doi.org/10.1515/9783110424928
- Mintowati, M., Nasrullah, R., & Yuanita, A. (2024). Pragmatik siber: Pendekatan interaksi dan komunikasi di dunia digital. Surabaya: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.
|
Pendukung : |
|
- Taguchi, N., & Ishihara, N. (2018). The Pragmatics of English as a Lingua Franca: Research and Pedagogy in the ELT Context. Annual Review of Applied Linguistics, 38, 80-101.
- Bousfield, D. (2021). Impoliteness and Power in Language. Journal of Pragmatics, 181, 51-64.
- Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12.
- Culpeper, J., & Tantucci, V. (2021). A New Approach to Im/politeness: Tracking Cultural Evolution and Social Change. Journal of Pragmatics, 182, 25-38.
- Taguchi, N., & Roever, C. (2022). Second Language Pragmatics. Oxford University Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mintowati, M.Pd. Prof. Dr. Suhartono, M.Pd. Dr. Yuniseffendri, S.Pd., M.Pd. Dr. Abdul Kholiq, S.Pd., M.Pd. Abdul Aziz Khoiri, S.Pd., M.Pd. Dr. Riki Nasrullah, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan definisi, ruang lingkup, dan posisi pragmatik |
Menyebutkan definisi & ruang lingkup pragmatik |
Kriteria:
Kejelasan penjelasan dan kedalaman pemahaman. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah Interaktif, Diskusi Kelas
|
|
Materi: Definition of Pragmatics Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. Materi: definisi, ruang lingkup, dan posisi pragmatik Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. Materi: definisi, ruang lingkup, dan posisi pragmatik Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi konteks, prinsip kerja sama, dan kesantunan |
Menjelaskan prinsip Grice & Leech dengan contoh |
Kriteria:
Argumentasi tepat, contoh relevan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi Kasus, Latihan Analisis
|
|
Materi: teori dasar tindak tutur oleh Austin dan Searle Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell. Materi: perbedaan antara lokusi, ilokusi, dan perlokusi Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. Materi: konteks, prinsip kerja sama, dan kesantunan Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell. |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis deiksis dalam komunikasi |
Mahasiswa dapat mengklasifikasikan tindak tutur ke dalam kategori yang sesuai. |
Kriteria:
Analisis akurat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi Kasus, Diskusi Kelompok
|
|
Materi: klasifikasi tindak tutur (deklaratif, representatif, ekspresif, direktif, komisif) Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. Materi: deiksis Pustaka: Taguchi, N., & Ishihara, N. (2018). The Pragmatics of English as a Lingua Franca: Research and Pedagogy in the ELT Context. Annual Review of Applied Linguistics, 38, 80-101. Materi: deiksis Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi implikatur percakapan dalam interaksi sehari-hari. |
Menjelaskan perbedaan antara praanggapan dan entailment |
Kriteria:
Ketepatan identifikasi implikatur dan alasan penggunaan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi Percakapan, Diskusi Interaktif
|
|
Materi: implikatur percakapan menurut Grice Pustaka: Taguchi, N., & Ishihara, N. (2018). The Pragmatics of English as a Lingua Franca: Research and Pedagogy in the ELT Context. Annual Review of Applied Linguistics, 38, 80-101. Materi: maksim kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara, Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. Materi: presupposition (praanggapan) & entailment Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengidentifikasi implikatur dalam percakapan & teks |
Analisis implikatur konvensional/percakapan |
Kriteria:
Akurasi analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah, Diskusi
|
|
Materi: perbedaan antara implikatur konvensional dan non-konvensional Pustaka: Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12. Materi: implikatur dalam percakapan & teks Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menjelaskan mekanisme inferensi pragmatik |
Menguraikan proses inferensi pragmatik |
Kriteria:
Penjelasan runtut Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Interaktif, Latihan Praktik
|
|
Materi: konsep dasar deiksis (person, tempat, waktu, sosial, wacana) Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. Materi: inferensi pragmatik Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. Materi: inferensi pragmatik Pustaka: Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis tindak tutur & peristiwa tutur |
Mengklasifikasi tindak tutur dengan data |
Kriteria:
Ketepatan klasifikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis Ujaran, Diskusi Kelas
|
|
Materi: analisis kasus deiksis dalam narasi, percakapan formal dan informal, serta implikasi deiksis dalam pembentukan makna. Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mengevaluasi pemahaman konsep pragmatik yang telah dipelajari. |
Mahasiswa mampu menjawab soal-soal ujian dengan benar dan jelas. |
Kriteria:
Ketepatan dan kejelasan jawaban. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Ujian
|
|
Materi: UTS Pustaka: |
14% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menganalisis kesantunan dalam interaksi interkultural & digital |
Analisis dengan model Brown & Levinson |
Kriteria:
Analisis mendalam Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi Literatur, Diskusi Kritis
|
|
Materi: prinsip kerja sama (Cooperative Principle) dan maksim-maksim Grice, aplikasi dalam konteks formal dan informal. Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. Materi: kesantunan dalam interaksi interkultural & digital Pustaka: Mintowati, M., Nasrullah, R., & Yuanita, A. (2024). Pragmatik siber: Pendekatan interaksi dan komunikasi di dunia digital. Surabaya: PT Literasi Nusantara Abadi Grup. Materi: kesantunan dalam interaksi interkultural & digital Pustaka: Culpeper, J., & Tantucci, V. (2021). A New Approach to Im/politeness: Tracking Cultural Evolution and Social Change. Journal of Pragmatics, 182, 25-38. Materi: kesantunan dalam interaksi interkultural & digital Pustaka: Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu membandingkan strategi pragmatik lintas budaya |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi prinsip kesopanan dan mengaplikasikannya dalam simulasi. |
Kriteria:
Argumentasi berbasis data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Kelompok
|
|
Materi: teori kesopanan Brown dan Levinson, penerapan strategi kesopanan positif dan negatif, serta analisis dalam interaksi sosial. Pustaka: Culpeper, J., & Tantucci, V. (2021). A New Approach to Im/politeness: Tracking Cultural Evolution and Social Change. Journal of Pragmatics, 182, 25-38. Materi: pragmatik lintas budaya Pustaka: Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menganalisis bias bahasa berbasis gender |
Identifikasi bias gender |
Kriteria:
Analisis kritis & reflektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Analisis Kasus, Presentasi Mahasiswa
|
|
Materi: pelanggaran maksim, contoh kasus dalam komunikasi digital, media sosial, dan negosiasi politik. Pustaka: Haugh, M., Kádár, D. Z., & Terkourafi, M. (2020). Doing (Im)politeness: Evaluations and Actions in Interpersonal Communication. Journal of Politeness Research, 16(1), 1-12. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengaplikasikan relevance theory pada komunikasi digital |
Menyusun contoh relevance theory |
Kriteria:
Penerapan tepat Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi teori & aplikasi
|
|
Materi: penerapan kesantunan dalam komunikasi antarbudaya, perbedaan kesantunan dalam berbagai bahasa dan budaya, serta analisis studi kasus. Pustaka: Bousfield, D. (2021). Impoliteness and Power in Language. Journal of Pragmatics, 181, 51-64. Materi: teori relevansi Pustaka: Culpeper, J., Haugh, M., & Kádár, D. Z. (Eds.). (2017). The Palgrave Handbook of Linguistic (Im)politeness. Palgrave Macmillan. Materi: teori relevansi Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menganalisis data multimodal (meme, vlog, iklan) |
Analisis multimodal |
Kriteria:
Kedalaman & ketepatan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Kolaboratif, Diskusi Kasus, Analisis data multimodal
|
|
Materi: isu-isu pragmatik dalam komunikasi antarbudaya, tantangan adaptasi linguistik, dan studi kasus dalam konteks globalisasi. Pustaka: Kecskes, I. (2023). Intercultural Pragmatics. Oxford University Press. Materi: Pragmatik multimodal Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengkritisi fenomena ujaran kebencian & netiquette |
Analisis kasus komunikasi daring |
Kriteria:
Argumentasi berbasis data Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan presentasi mahasiswa
|
|
Materi: pendekatan metodologis dalam penelitian pragmatik, perumusan hipotesis, dan analisis data pragmatik. Pustaka: Horn, L. R., & Ward, G. (Eds.). (2021). The Handbook of Pragmatics. Wiley-Blackwell. Materi: Pragmatik siber Pustaka: Mintowati, M., Nasrullah, R., & Yuanita, A. (2024). Pragmatik siber: Pendekatan interaksi dan komunikasi di dunia digital. Surabaya: PT Literasi Nusantara Abadi Grup. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu merancang desain penelitian pragmatik |
Mahasiswa mampu menganalisis kasus pragmatik klinis dengan menggunakan teori yang relevan. |
Kriteria:
Kelayakan metodologis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah Pakar, Studi Kasus, Diskusi
|
|
Materi: pragmatik klinis, analisis kasus gangguan komunikasi (seperti afasia dan autisme), dan pendekatan terapeutik. Pustaka: Verschueren, J. (2019). Pragmatics as a Theory of Linguistic Adaptation (Revised Edition). Routledge. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mengintegrasikan seluruh konsep pragmatik yang telah dipelajari dalam ujian akhir. |
Mahasiswa mampu menjawab soal ujian dengan baik, mencerminkan pemahaman yang mendalam. |
Kriteria:
Ketepatan, kejelasan, dan kedalaman jawaban. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Proyek
|
|
Materi: ujian akhir yang mencakup seluruh konsep pragmatik, termasuk teori dasar, aplikasi praktis, dan studi kasus. Pustaka: Levinson, S. C. (2020). Pragmatics (30th Anniversary Edition). Cambridge University Press. |
15% |