Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

METODOLOGI PENELITIAN

4710203058

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




NUNIEK HERDYASTUTI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai konsep teoretis tentang fungsi instrumen kimia mutakhir dan cara pengoperasiannya, serta menguasai penerapan teknologi kimia yang relevan

PLO-7

Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data

PLO-8

Mampu mengedukasi masyarakat tentang manfaat kimia dalam kesehatan dan kelestarian lingkungan berbasis hasil penelitian

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami makna pengetahuan & ilmu pengetahuan/ilmu kimia: lingkup & kedudukan, metode ilmiah & penelitian kimia, dan ilmu kimia dalam khasanah ilmu pengetahuan.

PO - 2

Memahami aturan-aturan dalam penelitian (The role of research).

PO - 3

Menyiapkan pra-proposal penelitian-1

PO - 4

Menyiapkan pra-proposal penelitian-2.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

  1. 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
  2. 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Pendukung :

  1. 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books.
  2. 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu.
  3. 3. Muji Sri Prastiwi, dkk. (2024). PEDOMAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR 2024. Penerbit: UNESA Surabaya.

Dosen Pengampu

Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si.

Prof. Dr. Tukiran, M.Si.

Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pengetahuan dan ilmu pengetahuan, memahami metode ilmiah dalam penelitian kimia, serta mengidentifikasi kedudukan ilmu kimia dalam struktur ilmu pengetahuan.

  1. 1. Mampu mendefinisikan pengetahuan dan ilmu pengetahuan.
  2. 2. Dapat menjelaskan lingkup dan kedudukan ilmu kimia.
  3. 3. Mampu menerapkan metode ilmiah dalam konteks penelitian kimia.
  4. 4. Dapat menguraikan hubungan ilmu kimia dengan disiplin ilmu lainnya.
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dan diskusi-tanyajawab, dilakukan lewat pengamatan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi, dan tanyajawab
2 X 50 menit
Materi: Pengetahuan, Ilmu, dan Metode Ilmiah
Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books.

Materi: FILSAFAT ILMU DAN METODE PENELITIAN
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami aturanaturan dalam penelitian.

  1. 1. Kemampuan menjelaskan prinsip etika penelitian dalam kimia.
  2. 2. Kemampuan mengidentifikasi pelanggaran integritas akademik.
  3. 3. Kemampuan menganalisis kontribusi penelitian terhadap perkembangan ilmu kimia.
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dan diskusi-tanyajawab, dilakukan lewat pengamatan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Ceramah, diskusi dan tanyajawab.
2x50 menit
Materi: ETIKA DALAM PENELITIAN
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

3

Minggu ke 3

Menyiapkan praproposal penelitian-1: pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya.

  1. 1. Mampu menjelaskan tiga peran utama literatur dalam penelitian kimia.
  2. 2. Mampu mengidentifikasi struktur dan komponen utama literatur ilmiah kimia.
  3. 3. Mampu mendemonstrasikan penelusuran literatur kimia menggunakan minimal dua database terpercaya.
Kriteria:

Pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2x50 menit
Materi: MEMILIH DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Materi: JUDUL, RUMUSAN MASALAH, TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

4

Minggu ke 4

Menyiapkan praproposal penelitian-1: pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya.

  1. 1. Mampu menjelaskan tiga peran utama literatur dalam penelitian kimia.
  2. 2. Mampu mengidentifikasi struktur dan komponen utama literatur ilmiah kimia.
  3. 3. Mampu mendemonstrasikan penelusuran literatur kimia menggunakan minimal dua database terpercaya.
Kriteria:

Pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: MEMILIH DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Materi: JUDUL, RUMUSAN MASALAH, TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

5

Minggu ke 5

Menyiapkan praproposal penelitian-1: STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan).

  1. 1. Kualitas referensi yang digunakan.
  2. 2. Melaporkan hasil STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan).
Kriteria:

KAJIAN LITERATUR (berisi state of the art atau pendahuluan terdahulu dan penelitian relevan).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: KAJIAN PUSTAKA.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Materi: STUDI KEPUSTAKAAN, VARIABEL PENELITIAN, KERANGKA KONSEPTUAL, DAN HIPOTESIS PENELITIAN.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

6

Minggu ke 6

Menyiapkan praproposal penelitian-1: STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan).

  1. 1. Kualitas referensi yang digunakan.
  2. 2. Melaporkan hasil STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan).
Kriteria:

KAJIAN LITERATUR (berisi state of the art atau pendahuluan terdahulu dan penelitian relevan).


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: KAJIAN PUSTAKA.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Materi: STUDI KEPUSTAKAAN, VARIABEL PENELITIAN, KERANGKA KONSEPTUAL, DAN HIPOTESIS PENELITIAN.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

7

Minggu ke 7

Menyiapkan praproposal penelitian-1: SUBJEK, OBJEK, DAN LOKASI PENELITIAN; POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL.

  1. 1. Kemampuan menentukan subjek, objek dan lokasi penelitian.
  2. 2. Kemampuan menetapkan POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL.
Kriteria:

SUBJEK, OBJEK, DAN LOKASI PENELITIAN; POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL telah ditentukan dengan tepat dan benar sesuai masalah dan tujuan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: SUBJEK, OBJEK, DAN LOKASI PENELITIAN.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.

Materi: POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

8

Minggu ke 8

Menyiapkan praproposal penelitian-1: DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA.

Kemampuan menyiapkan DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA.

Kriteria:

DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA telah disajikan dengan baik dan sistematis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: DATA DAN METODE PENGUMPULAN DATA dan INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.

Materi: Instrumen Dan Teknik Pengumpulan Data.
Pustaka: 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu.
5%

9

Minggu ke 9

Menyiapkan praproposal penelitian-1: DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA.

Kemampuan menyiapkan DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA.

Kriteria:

DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA telah disajikan dengan baik dan sistematis.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: DATA DAN METODE PENGUMPULAN DATA dan INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.

Materi: Instrumen Dan Teknik Pengumpulan Data.
Pustaka: 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu.
5%

10

Minggu ke 10

Menyiapkan praproposal penelitian-2: desain penelitian dan menentukan variabelvariabel penelitian.

  1. 1.Membedakan antara rancangan praeksperimen, rancangan eksperimen sungguhan, dan rancangan eksperimen semu mendasarkan pada kecukupannya untuk menagani berbagai macam ancaman terhadap validitas.
  2. 2.Mengkonstruksi rancangan eksperimen sungguhan termasuk rancangan faktorial untuk memberikan prediksi-prediksi.
  3. 3.Mengidentifikasi keadaan-keadaan (sekitar) yang menghendaki agar atau mengharuskan penggunaan rancangan quasi eksperimen.
  4. 4.Mengidentifikasi ancaman-ancaman terhadap validitas karena tidak adanya pengontrolan yang lengkap oleh tiap-tiap rancangan quasi eksperimen.
  5. 5.Mengkonstruksi rancangan quasi eksperimen untuk memberikan prediksiprediksi dan keadaankeadaan spesifik dalam situasi yang mana menghindari digunakannya eksperimen sungguhan.
  6. 6.Mendeskripsi keadaankeadaan (sekitar) yang menghendaki agar atau mengharuskan digunakannya rancangan kelompok kriterion (standar) atau rancangan co-relational.
  7. 7.Mengkonstruksi rancangan-rancangan untuk mengontrol efek reaktif, memberikan prediksi-prediksi, dan situasi-situasi dalam mana masing-masing efek dapat berpengaruh.
Kriteria:

Mampu menyiapkan desain penelitian dan menentukan variabelvariabel penelitian.


Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: Desain Penelitian.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Materi: Desain dan Variabel Penelitian.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo
5%

11

Minggu ke 11

Menyiapkan praproposal penelitian-2: diagram alir (flow chart) penelitian dan prosedur atau tahapan penelitian.

Menyiapkan prosedur/tahapan penelitian.

Kriteria:

Diagram alir (flow chart) penelitian dan prosedur atau tahapan penelitian.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
Materi: Prosedur Penelitian Kuantitatif.
Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books.
5%

12

Minggu ke 12

Menyiapkan praproposal penelitian-2: menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpukan data, dan teknik analisis data.

Menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data.

Kriteria:

Instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Analisa Data.
Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books.

Materi: INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

13

Minggu ke 13

Menyiapkan praproposal penelitian-2: menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpukan data, dan teknik analisis data.

Menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data.

Kriteria:

Instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan penugasan.
2 X 50 menit
Materi: Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Analisa Data.
Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books.

Materi: INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA.
Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
5%

14

Minggu ke 14

Menyiapkan praproposal penelitian-2: menyusun daftar pustaka menggunakan managemen references.

Menyusun daftar pustaka menggunakan managemen references.

Kriteria:

Daftar pustaka menggunakan managemen references disiapkan dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan Penugasan.
2 x 50 menit
Materi: PANDUAN PENGGUNAAN SOFTWARE MANAJEMEN REFERENSI MENDELEY UNTUK WINDOWS.
Pustaka: 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu.
5%

15

Minggu ke 15

Memahami cara-cara menyusun proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.

  1. 1.Menulis sebuah proposal penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
  2. 2.Menulis sebuah laporan penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
Kriteria:

Proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi yang sudah disiapkan dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan Penugasan.
2 x 50 menit
Materi: PROPOSAL PENELITIAN DAN LAPORAN PENELITIAN.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo
10%

16

Minggu ke 16

Memahami cara-cara menyusun proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.

  1. 1.Menulis sebuah proposal penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
  2. 2.Menulis sebuah laporan penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
Kriteria:

Proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi yang sudah disiapkan dengan baik dan benar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio

Presentasi, diskusi, dan Penugasan.
2 x 50 menit
Materi: PROPOSAL PENELITIAN DAN LAPORAN PENELITIAN.
Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo

Materi: PEDOMAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR 2024.
Pustaka: 3. Muji Sri Prastiwi, dkk. (2024). PEDOMAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR 2024. Penerbit: UNESA Surabaya.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Portofolio 85%
95%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.