
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Kimia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
METODOLOGI PENELITIAN |
4710203058 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
NUNIEK HERDYASTUTI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Menguasai konsep teoretis tentang fungsi instrumen kimia mutakhir dan cara pengoperasiannya, serta menguasai penerapan teknologi kimia yang relevan |
PLO-7 |
Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
PLO-8 |
Mampu mengedukasi masyarakat tentang manfaat kimia dalam kesehatan dan kelestarian lingkungan berbasis hasil penelitian |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami makna pengetahuan & ilmu pengetahuan/ilmu kimia: lingkup & kedudukan, metode ilmiah & penelitian kimia, dan ilmu kimia dalam khasanah ilmu pengetahuan.
|
PO - 2 |
Memahami aturan-aturan dalam penelitian (The role of research).
|
PO - 3 |
Menyiapkan pra-proposal penelitian-1
|
PO - 4 |
Menyiapkan pra-proposal penelitian-2.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
|
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku.
- 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo
|
Pendukung : |
|
- 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books.
- 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu.
- 3. Muji Sri Prastiwi, dkk. (2024). PEDOMAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR 2024. Penerbit: UNESA Surabaya.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Prima Retno Wikandari, M.Si. Prof. Dr. Tukiran, M.Si. Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pengetahuan dan ilmu pengetahuan, memahami metode ilmiah dalam penelitian kimia, serta mengidentifikasi kedudukan ilmu kimia dalam struktur ilmu pengetahuan. |
- 1. Mampu mendefinisikan pengetahuan dan ilmu pengetahuan.
- 2. Dapat menjelaskan lingkup dan kedudukan ilmu kimia.
- 3. Mampu menerapkan metode ilmiah dalam konteks penelitian kimia.
- 4. Dapat menguraikan hubungan ilmu kimia dengan disiplin ilmu lainnya.
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dan diskusi-tanyajawab, dilakukan lewat pengamatan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi, dan tanyajawab 2 X 50 menit |
Materi: Pengetahuan, Ilmu, dan Metode Ilmiah Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books. Materi: FILSAFAT ILMU DAN METODE PENELITIAN Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami aturanaturan dalam penelitian. |
- 1. Kemampuan menjelaskan prinsip etika penelitian dalam kimia.
- 2. Kemampuan mengidentifikasi pelanggaran integritas akademik.
- 3. Kemampuan menganalisis kontribusi penelitian terhadap perkembangan ilmu kimia.
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dan diskusi-tanyajawab, dilakukan lewat pengamatan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
Ceramah, diskusi dan tanyajawab. 2x50 menit |
Materi: ETIKA DALAM PENELITIAN Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya. |
- 1. Mampu menjelaskan tiga peran utama literatur dalam penelitian kimia.
- 2. Mampu mengidentifikasi struktur dan komponen utama literatur ilmiah kimia.
- 3. Mampu mendemonstrasikan penelusuran literatur kimia menggunakan minimal dua database terpercaya.
|
Kriteria:
Pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2x50 menit |
Materi: MEMILIH DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo Materi: JUDUL, RUMUSAN MASALAH, TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya. |
- 1. Mampu menjelaskan tiga peran utama literatur dalam penelitian kimia.
- 2. Mampu mengidentifikasi struktur dan komponen utama literatur ilmiah kimia.
- 3. Mampu mendemonstrasikan penelusuran literatur kimia menggunakan minimal dua database terpercaya.
|
Kriteria:
Pemilihan topik/tema/judul penelitian yang dapat digali melalui payung riset dosen melalui roadmap penelitiannya. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: MEMILIH DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo Materi: JUDUL, RUMUSAN MASALAH, TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan). |
- 1. Kualitas referensi yang digunakan.
- 2. Melaporkan hasil STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan).
|
Kriteria:
KAJIAN LITERATUR (berisi state of the art atau pendahuluan terdahulu dan penelitian relevan). Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: KAJIAN PUSTAKA. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo Materi: STUDI KEPUSTAKAAN, VARIABEL PENELITIAN, KERANGKA KONSEPTUAL, DAN HIPOTESIS PENELITIAN. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan). |
- 1. Kualitas referensi yang digunakan.
- 2. Melaporkan hasil STUDI KEPUSTAKAAN (berisi State of the art, Penelitian terdahulu atau Penelitian Relevan).
|
Kriteria:
KAJIAN LITERATUR (berisi state of the art atau pendahuluan terdahulu dan penelitian relevan). Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: KAJIAN PUSTAKA. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo Materi: STUDI KEPUSTAKAAN, VARIABEL PENELITIAN, KERANGKA KONSEPTUAL, DAN HIPOTESIS PENELITIAN. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: SUBJEK, OBJEK, DAN LOKASI PENELITIAN; POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL. |
- 1. Kemampuan menentukan subjek, objek dan lokasi penelitian.
- 2. Kemampuan menetapkan POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL.
|
Kriteria:
SUBJEK, OBJEK, DAN LOKASI PENELITIAN; POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL telah ditentukan dengan tepat dan benar sesuai masalah dan tujuan penelitian. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: SUBJEK, OBJEK, DAN LOKASI PENELITIAN. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. Materi: POPULASI, SAMPEL, DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA. |
Kemampuan menyiapkan DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA. |
Kriteria:
DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA telah disajikan dengan baik dan sistematis. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: DATA DAN METODE PENGUMPULAN DATA dan INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. Materi: Instrumen Dan Teknik Pengumpulan Data. Pustaka: 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menyiapkan praproposal penelitian-1: DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA. |
Kemampuan menyiapkan DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA. |
Kriteria:
DATA, METODE PENGUMPULAN DATA, INSTRUMEN DAN TEKNIK PPENGUMPULAN DATA telah disajikan dengan baik dan sistematis. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: DATA DAN METODE PENGUMPULAN DATA dan INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. Materi: Instrumen Dan Teknik Pengumpulan Data. Pustaka: 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyiapkan praproposal penelitian-2: desain penelitian dan menentukan variabelvariabel penelitian. |
- 1.Membedakan antara rancangan praeksperimen, rancangan eksperimen sungguhan, dan rancangan eksperimen semu mendasarkan pada kecukupannya untuk menagani berbagai macam ancaman terhadap validitas.
- 2.Mengkonstruksi rancangan eksperimen sungguhan termasuk rancangan faktorial untuk memberikan prediksi-prediksi.
- 3.Mengidentifikasi keadaan-keadaan (sekitar) yang menghendaki agar atau mengharuskan penggunaan rancangan quasi eksperimen.
- 4.Mengidentifikasi ancaman-ancaman terhadap validitas karena tidak adanya pengontrolan yang lengkap oleh tiap-tiap rancangan quasi eksperimen.
- 5.Mengkonstruksi rancangan quasi eksperimen untuk memberikan prediksiprediksi dan keadaankeadaan spesifik dalam situasi yang mana menghindari digunakannya eksperimen sungguhan.
- 6.Mendeskripsi keadaankeadaan (sekitar) yang menghendaki agar atau mengharuskan digunakannya rancangan kelompok kriterion (standar) atau rancangan co-relational.
- 7.Mengkonstruksi rancangan-rancangan untuk mengontrol efek reaktif, memberikan prediksi-prediksi, dan situasi-situasi dalam mana masing-masing efek dapat berpengaruh.
|
Kriteria:
Mampu menyiapkan desain penelitian dan menentukan variabelvariabel penelitian. |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: Desain Penelitian. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo Materi: Desain dan Variabel Penelitian. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menyiapkan praproposal penelitian-2: diagram alir (flow chart) penelitian dan prosedur atau tahapan penelitian. |
Menyiapkan prosedur/tahapan penelitian. |
Kriteria:
Diagram alir (flow chart) penelitian dan prosedur atau tahapan penelitian. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan.
|
Materi: Prosedur Penelitian Kuantitatif. Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyiapkan praproposal penelitian-2: menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpukan data, dan teknik analisis data. |
Menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data. |
Kriteria:
Instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Analisa Data. Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books. Materi: INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyiapkan praproposal penelitian-2: menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpukan data, dan teknik analisis data. |
Menyiapkan instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data. |
Kriteria:
Instrumen penelitian, teknik atau cara pengumpulan data, dan teknik analisis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan penugasan. 2 X 50 menit |
Materi: Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Analisa Data. Pustaka: 1. Priadana, S. dan Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Tangerang Selatan, Penerbit: Pascal Books. Materi: INSTRUMEN PENELITIAN DAN SKALA PENGUKURAN DATA. Pustaka: 1. Kurniawan, A.W. dan Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Pandiva Buku. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyiapkan praproposal penelitian-2: menyusun daftar pustaka menggunakan managemen references. |
Menyusun daftar pustaka menggunakan managemen references. |
Kriteria:
Daftar pustaka menggunakan managemen references disiapkan dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan Penugasan. 2 x 50 menit |
Materi: PANDUAN PENGGUNAAN SOFTWARE MANAJEMEN REFERENSI MENDELEY UNTUK WINDOWS. Pustaka: 2. Hardani, dkk. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF, Yogyakarta, Penerbit: CV. Pustaka Ilmu. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami cara-cara menyusun proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi. |
- 1.Menulis sebuah proposal penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
- 2.Menulis sebuah laporan penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
|
Kriteria:
Proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi yang sudah disiapkan dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan Penugasan. 2 x 50 menit |
Materi: PROPOSAL PENELITIAN DAN LAPORAN PENELITIAN. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Memahami cara-cara menyusun proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi. |
- 1.Menulis sebuah proposal penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
- 2.Menulis sebuah laporan penelitian yang meliputi bagian pengantar/pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi.
|
Kriteria:
Proposal dan laporan penelitian hibah, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi yang sudah disiapkan dengan baik dan benar. Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
|
Presentasi, diskusi, dan Penugasan. 2 x 50 menit |
Materi: PROPOSAL PENELITIAN DAN LAPORAN PENELITIAN. Pustaka: 2. Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Penerbit: Aswaja Pressindo Materi: PEDOMAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR 2024. Pustaka: 3. Muji Sri Prastiwi, dkk. (2024). PEDOMAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SARJANA, MAGISTER, DAN DOKTOR 2024. Penerbit: UNESA Surabaya. |
20% |