
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Cyber Learning |
8600303077 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=7.56 |
1 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
MUSTAJI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-22 |
Menguasai metodologi penelitian untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dalam rangka menciptakan, mengelola, dan menggunakan proses dan sumber belajar (P1 dan P2) |
PLO-23 |
Mempu mengekplorasi, mengevaluasi, mensintesis, dan menerapkan metode penelitian dalam rangka memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja (P1) |
PLO-24 |
Mampu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi pada Jenjang pendidikan S1/S2/S3 dan mengeloa pendidikan dan pelatihan berlandaskan prinsip dan teori pedagogi dan andragogi (P2) |
PLO-25 |
Mampu mengelola dan mengambil kebijakan bidang teknologi pendidikan, teknologi kinerja dan pelatihan (P3) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep cyber learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis berbagai metode cyber learning untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks pendidikan tertentu (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas teknologi cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan solusi pembelajaran berbasis cyber yang inovatif untuk mengatasi masalah pendidikan yang kompleks (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learning terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi berbagai platform cyber learning untuk menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi pendidikan (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan kerangka kerja kolaboratif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan (C4, C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-4 | PLO-22 | PLO-23 | PLO-24 | PLO-25 | | PO-1 | ✔ | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | PO-4 | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ | | | PO-7 | | | | ✔ | | | PO-8 | ✔ | | | | | | PO-9 | ✔ | | | | | | PO-10 | | | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Cyber Learning pada jenjang S3 program studi Teknologi Pendidikan membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memahami konsep-konsep dasar cyber learning, mengembangkan keterampilan dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis teknologi, serta menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan. Ruang lingkupnya mencakup studi tentang e-learning, pembelajaran jarak jauh, desain instruksional digital, manajemen pembelajaran online, evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, dan tren terkini dalam cyber learning. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Handbook of Research on Cyber Learning Authors: K. Kennedy, R. Ferdig Publisher: IGI Global Year: 2020
- Cyberlearning: The Future of Education Authors: H. M. Sosnovsky, A. V. Kuznetsov Publisher: Springer Year: 2018
|
Pendukung : |
|
- The Impact of Cyberlearning on Education Authors: J. Smith, M. Johnson Journal: International Journal of Educational Technology Year: 2019
- Enhancing Learning Through Cyberlearning Technologies Authors: A. Brown, S. Lee Journal: Computers & Education Year: 2021
|
Dosen Pengampu
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. Alim Sumarno, M.Pd. Dr. Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep Cyber Learning dalam desain pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan. |
- Penerapan konsep Cyber Learning
- Inovasi dalam desain pembelajaran
- Efektivitas pendidikan
|
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran
aktif melalui
diskusi dan
studi kasus 3 x 50 |
|
Materi: Pengertian Cyber Learning Pustaka: |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapka mamou menerapkan konsep Cyber Learning dalam desain pemblajaran inovatif untuk meningktakn efektivitas pendidikan |
Menerapkan konsep dalam desain pembelajaran |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Pembelajaran kolaboratif 3 x 50 |
|
Materi: Manfaat Cyber Learning Pustaka: |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis berbagai metode cyber learning dan memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks pendidikan yang diberikan |
Analisis cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Taksonomi bloom dalam pendidikan Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharpkan mampu mengevaluasi efektivitas cyber learning berdasarkan kriteria pedagogis dan teknis |
Identifikasi keleibhan dan kekurangan cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Kriteria evaluasi cyber learning Pustaka: |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mamou mengevaluasi efektivitas teknology cuber learning dengan mempertimbangkan aspek pedagogis dan teknis secara komprehensif |
Analisis Kriteria pedagogis |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan studi kasus 3 x 50 |
|
Materi: kriteria pedagogis dalam cyber learning Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan solusi pembelajran berbasis cyber yang inovatif untuk mengtasi masalah pendidikan yang kompleks |
Inovatif dalam slusi pembelajaran cyber |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran kolaboratif 3 x 50 |
|
Materi: pengembangan solusi pembelajaran berbasis cyber Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data dalam penelitian cyber learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran |
Penggunaan metode analisis data yang tepat |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajran berbasis proyek 3 x 50 |
|
Materi: Metode analisis data Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UTS 3 x 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharpkan mampu menganalisis dampak penggunaan teknologi cyber learnign terhadap kinerja dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan taksonomi bloom pada level menganalisa |
Analisis dampak cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, analisis literatur 3 x 50 |
|
Materi: Manfaat penggunan teknologi dalam cyber learning Pustaka: |
4% |
10
Minggu ke 10 |
M a h a sis w a dih a r a p k a n m a m p u m e n gid e n tifik a si kebutuhan organis a si pendidikan dalam memilih platform cyber learning, serta mampu mengevaluasi berbagai platform yang ada untuk menentukan yang paling sesuai. |
Mengidentifikasi kebutuhan organisasi pendidikan |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi, STudi Kasus, Presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Pengenalan platform cyber learning Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharpkan mampu menciptakan kerangka kerja kolabortif menggunakan teknologi cyber learning unruk mendukung pembelajaran berkelanjutan |
merancnag kerangka kerja kolaboratif |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran kolaboratif 3 x 50 |
|
Materi: KOnsep kolaborasi dalam pembelajaran cyber Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan kerangka kerja kolaboratif yang efektif menggunakan teknologi cyber learning untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan |
Merancnag kerangka kerja kolaboratif |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajarn aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi 3 x 50 |
|
Materi: Penerapan cyber learning Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi cyber learning dalam pengembangan profesional berkelanjutan bagi pendidik |
strategi cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan simulasi 3 x 50 |
|
Materi: Manfaat Cyber Learning Pustaka: |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning untuk mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan |
Analisis tren terkini dalam cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, studi kasus, presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Integrasi teknologi dalam pembelajaran Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi tren terkini dalam cyber learning, serta mampu mengintegrasikannya dalam praktik pendidikan dengan baik. |
Evluasi integrasi cyber learning |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi 3 x 50 |
|
Materi: Tren terkini dalam cyber learning Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
A : 85-100A- : 80-84B : 75-79B : 70-74B- : 65-69C : 60-64 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS 3 x 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |