Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Transformasi Seni Budaya

8810903848

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

1

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr.Arif Hidajad.S.Sn.,M.Pd




Dr.Eko Wahyuni Rahayu.,M.Hum




ANIK JUWARIYAH

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi).

PLO-9

Mampu menganalisis seni budaya nusantara sebagai muatan nilai Pendidikan multikultural

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PO - 2

Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi).

PO - 3

Mampu menganalisis seni budaya nusantara sebagai muatan nilai Pendidikan multikultural

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Memahami konsep dan teori transformasi seni budaya, serta menganalisi perubahan dalam kesenian. Mengembangkankemampuan kritis dan kreatif dalam menganalisis transformasi dalam kesenian.

Pustaka

Utama :

  1. 1. McCracken, Grant. 2008. Transformations: Identity Construction In Contemporary Culture. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press.
  2. 2. Lichte, Erika Fischer. 2008. The Transformative Power of Performance: A New Aesthetics. London and New York: Routladge.
  3. 3. Patrick Van Boomel (2004). Transformation Of Knnoledge, Information And Data: Theori And Aplication, University Of Nijmegen,Nedherlang. (2003).
  4. 4. Jhon Dewey, ( 1980). Arts As Eksperiment,Library Of Conggres,London.
  5. 5. M.C Dillon,( 1986). Marleu - Ponty's Ontologi,Indiana University Press,Indina Polis.

Pendukung :

  1. 1. Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. 2. Mardimin Johanes. 2002. Jangan Tangisi Tradisi: Transformasi Budaya Menuju Masyarakat Indonesia Modern. Yogyakart: Kanisius.

Dosen Pengampu

Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum.

Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

1. Mampu menganalisa gejala perubahan

1. Mampu menganalisa gejala perubahan

Kriteria:

1. Menjabarkan perubahan sekitar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Luring test dan diskusi
150

Materi: 1. Pemahaman konsep transformasi seni budaya, dan mampu menganalisis gejala perubahan seni budaya
Pustaka: 1. McCracken, Grant. 2008. Transformations: Identity Construction In Contemporary Culture. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press.
3%

2

Minggu ke 2

1. Mampu menganalisa gejala perubahan

1. Mampu menganalisa gejala perubahan

Kriteria:

1. Menjabarkan perubahan sekitar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Luring test dan diskusi
150

Materi: 1. Pemahaman konsep transformasi seni budaya, dan mampu menganalisis gejala perubahan seni budaya
Pustaka: 1. McCracken, Grant. 2008. Transformations: Identity Construction In Contemporary Culture. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press.
3%

3

Minggu ke 3

3. Teori perubahan seni budaya

Penguasaan konsep Teori perubahan seni budaya

Kriteria:

Penjelasan konsep Teori perubahan seni budaya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
luring
150

3%

4

Minggu ke 4

Memahami Teori-teori transformasi seni budaya

Penguasaan konsep teori transformasi seni budaya

Kriteria:

Mampu menjelaskan konsep teori transformasi seni budaya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150"
off line
3%

5

Minggu ke 5

Memahami Teori-teori transformasi seni budaya

Penguasaan konsep teori transformasi

Kriteria:

mampu menjelaskan konsep teori transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150"
off line
3%

6

Minggu ke 6

Memahami Transformasi: Alih Wahana & Alih Rupa

Pemahaman konsep Transformasi: Alih Wahana & Alih Rupa

Kriteria:

Memaparkan konsep Transformasi: Alih Wahana & Alih Rupa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150

3%

7

Minggu ke 7

Transformasi diri dalam budaya populer, budaya tradisional, dan status transformasi

Menguasai konsep Transformasi diri dalam budaya populer, budaya tradisional, dan status transformasi

Kriteria:

Memaparkan konsep transformasi diri dalam budaya populer, budaya tradisional, dan status transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150"

3%

8

Minggu ke 8

UTS (Menguasai konsep transformasi dan segala perubahan seni budaya)

Penguasaan konsep transformasi dan segala perubahan seni budaya

Kriteria:

Menjelaskan konsep transformasi dan segala perubahan seni budaya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
luring
150 menit

20%

9

Minggu ke 9

Menguasai konsep Transformasi i tradisional dan modern

Menguasai konsep transformasi i tradisional dan modern

Kriteria:

Penjelasan konsep transformasi i tradisional dan modern


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
daring
150"
daring
3%

10

Minggu ke 10

Penguasaan konsep tentang Globalitas dan transformasi

Penguasaan konsep Globalitas dan transformasi seni budaya

Kriteria:

Penjelasan konsep Globalitas dan transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
150

3%

11

Minggu ke 11

Pemahaman Teori-teori Manajemen pendidikan dalam perspetif transformasi

Pemahaman Pemahaman Teori-teori Manajemen pendidikan dalam perspektif transformasi

Kriteria:

Penjelasan konsep Teori-teori Manajemen pendidikan dalam perspektif transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Luring
150"

3%

12

Minggu ke 12

Kemampuan Mengkaji seni budaya dengan pendekatan transformasi

Kemampuan Mengkaji seni budaya dengan pendekatan transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
luring
150"

4%

13

Minggu ke 13

Kemampuan Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi

Kemampuan mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi

Kriteria:

Hasil Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
daring
150"
daring
5%

14

Minggu ke 14

Kemampuan Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi

Kemampuan mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi

Kriteria:

Hasil Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
daring
150"
daring
5%

15

Minggu ke 15

Kemampuan Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi

Kemampuan mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi

Kriteria:

Hasil Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
daring
150"
daring
5%

16

Minggu ke 16

Menghasilkan produk artikel ilmiah hasil kajian seni budaya dalam perspektif transformasi

Kemampuan Mengkaji seni budaya dengan pendekatan transformasi

Kriteria:

Artikel ilmiah hasil analisis seni budaya dalam perspektif transformasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Daring
150"

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40.51%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30.01%
3. Penilaian Portofolio 25.51%
4. Praktik / Unjuk Kerja 1%
5. Tes 2%
99.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.