
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Transformasi Seni Budaya |
8810903848 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
1 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr.Arif Hidajad.S.Sn.,M.Pd
|
Dr.Eko Wahyuni Rahayu.,M.Hum
|
ANIK JUWARIYAH |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi). |
PLO-9 |
Mampu menganalisis seni budaya nusantara sebagai muatan nilai Pendidikan multikultural |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
|
PO - 2 |
Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi).
|
PO - 3 |
Mampu menganalisis seni budaya nusantara sebagai muatan nilai Pendidikan multikultural
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Memahami konsep dan teori transformasi seni budaya, serta menganalisi perubahan dalam kesenian. Mengembangkankemampuan kritis dan kreatif dalam menganalisis transformasi dalam kesenian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. McCracken, Grant. 2008. Transformations: Identity Construction In Contemporary Culture. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press.
- 2. Lichte, Erika Fischer. 2008. The Transformative Power of Performance: A New Aesthetics. London and New York: Routladge.
- 3. Patrick Van Boomel (2004). Transformation Of Knnoledge, Information And Data: Theori And Aplication, University Of Nijmegen,Nedherlang. (2003).
- 4. Jhon Dewey, ( 1980). Arts As Eksperiment,Library Of Conggres,London.
- 5. M.C Dillon,( 1986). Marleu - Ponty's Ontologi,Indiana University Press,Indina Polis.
|
Pendukung : |
|
- 1. Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- 2. Mardimin Johanes. 2002. Jangan Tangisi Tradisi: Transformasi Budaya Menuju Masyarakat Indonesia Modern. Yogyakart: Kanisius.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. Dr. Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
1. Mampu menganalisa gejala perubahan |
1. Mampu menganalisa gejala perubahan |
Kriteria:
1. Menjabarkan perubahan sekitar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Luring test dan diskusi 150 |
|
Materi: 1. Pemahaman konsep transformasi seni budaya, dan mampu menganalisis gejala perubahan seni budaya Pustaka: 1. McCracken, Grant. 2008. Transformations: Identity Construction In Contemporary Culture. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
1. Mampu menganalisa gejala perubahan |
1. Mampu menganalisa gejala perubahan |
Kriteria:
1. Menjabarkan perubahan sekitar Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Luring test dan diskusi 150 |
|
Materi: 1. Pemahaman konsep transformasi seni budaya, dan mampu menganalisis gejala perubahan seni budaya Pustaka: 1. McCracken, Grant. 2008. Transformations: Identity Construction In Contemporary Culture. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
3. Teori perubahan seni budaya |
Penguasaan konsep Teori perubahan seni budaya |
Kriteria:
Penjelasan konsep Teori perubahan seni budaya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
luring 150 |
|
|
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Teori-teori transformasi seni budaya |
Penguasaan konsep teori transformasi seni budaya |
Kriteria:
Mampu menjelaskan konsep teori transformasi seni budaya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150" |
off line
|
|
3% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami Teori-teori transformasi seni budaya |
Penguasaan konsep teori transformasi |
Kriteria:
mampu menjelaskan konsep teori transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150" |
off line
|
|
3% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami Transformasi: Alih Wahana & Alih Rupa |
Pemahaman konsep Transformasi: Alih Wahana & Alih Rupa |
Kriteria:
Memaparkan konsep Transformasi: Alih Wahana & Alih Rupa Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150 |
|
|
3% |
7
Minggu ke 7 |
Transformasi diri dalam budaya populer, budaya tradisional, dan status transformasi |
Menguasai konsep Transformasi diri dalam budaya populer, budaya tradisional, dan status transformasi |
Kriteria:
Memaparkan konsep transformasi diri dalam budaya populer, budaya tradisional, dan status transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150" |
|
|
3% |
8
Minggu ke 8 |
UTS (Menguasai konsep transformasi dan segala perubahan seni budaya) |
Penguasaan konsep transformasi dan segala perubahan seni budaya |
Kriteria:
Menjelaskan konsep transformasi dan segala perubahan seni budaya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
luring 150 menit |
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai konsep Transformasi i tradisional dan modern |
Menguasai konsep transformasi i tradisional dan modern |
Kriteria:
Penjelasan konsep transformasi i tradisional dan modern Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
daring 150" |
daring
|
|
3% |
10
Minggu ke 10 |
Penguasaan konsep tentang Globalitas dan transformasi |
Penguasaan konsep Globalitas dan transformasi seni budaya |
Kriteria:
Penjelasan konsep Globalitas dan transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 150 |
|
|
3% |
11
Minggu ke 11 |
Pemahaman Teori-teori Manajemen pendidikan dalam perspetif transformasi |
Pemahaman Pemahaman Teori-teori Manajemen pendidikan dalam perspektif transformasi |
Kriteria:
Penjelasan konsep Teori-teori Manajemen pendidikan dalam perspektif transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Luring 150" |
|
|
3% |
12
Minggu ke 12 |
Kemampuan Mengkaji seni budaya dengan pendekatan transformasi |
Kemampuan Mengkaji seni budaya dengan pendekatan transformasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
luring 150" |
|
|
4% |
13
Minggu ke 13 |
Kemampuan Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kemampuan mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kriteria:
Hasil Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
daring 150" |
daring
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Kemampuan Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kemampuan mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kriteria:
Hasil Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
daring 150" |
daring
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Kemampuan Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kemampuan mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kriteria:
Hasil Mengkaji seni budaya dalam perspektif transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
daring 150" |
daring
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menghasilkan produk artikel ilmiah hasil kajian seni budaya dalam perspektif transformasi |
Kemampuan Mengkaji seni budaya dengan pendekatan transformasi |
Kriteria:
Artikel ilmiah hasil analisis seni budaya dalam perspektif transformasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Daring 150" |
|
|
30% |