
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Seni Rupa Murni
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seni Serat* |
9020102128 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
22 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.
|
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn.
|
INDAH CHRYSANTI ANGGE |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dan mampu mengambil keputusan secara tepat dalam pemecahan masalah |
PLO-7 |
Menelaah prinsip dan teori dengan isu aktual dalam wacana kesenirupaan secara lintas disiplin |
PLO-9 |
Merancang dan menciptakan karya seni rupa dengan menerapkan prinsip-prinsip penciptaan, metode, serta eksplorasi teknis dan medium yang berbasis riset dan teruji secara teoritis |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar seni serat, termasuk sejarah, perkembangan, serta jenis-jenis material serat alami dan buatan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan teknik-teknik dasar pengolahan serat seperti ikat, celup, jahit, anyam, sulam, dan tenun.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengeksplorasi berbagai material serat secara kreatif dalam penciptaan karya seni dengan pendekatan eksperimental dan kontekstual.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menunjukkan pemahaman nilai estetika dalam karya seni serat melalui pemilihan material, teknik, dan penyajian karya.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menciptakan karya seni serat secara mandiri dengan menekankan orisinalitas, kreativitas, dan relevansi terhadap konteks sosial atau budaya tertentu.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-7 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | PO-4 | | | ✔ | | | PO-5 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | ✔ | | PO-5 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dasar tentang seni serat, baik dari aspek material, teknik maupun nilai estetiknya. Mahasiswa dikenalkan pada teknik-teknik dasar pengolahan serat seperti ikat, celup, jahit, anyam, sulam, tenun dan eksplorasi bebas termasuk pengenalan pada bahan alami dan buatan. Pendekatan eksploratif ditekankan dalam mata kuliah ini agar mahasiswa mampu mengembangkan kreatifitas dalam menciptakan karya berbasis serat secara mandiri dan kontekstual. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ann Johnston, The Art of Natural Dyeing Fibers, Fabrics and Beyond, Interweave Press, 2018
- Holly Williams, Fiber Arts: Exploring Materials and Techniques, Firefly Books, 2017.
- Dr. M. Soedarsono, Seni Serat Tradisional Indonesia, Badan Penerbit ISI Yogyakarta, 2012
|
Pendukung : |
|
- Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, Seni Serat Alam: Bahan, Teknik dan Aplikasi, Penerbit Universitas indonesia, 2015.
- John W.S. Hearle, Fiber Technology Processesnd Materials, Woodhead Publishing, 2001.
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mengetahui, mengerti dan dapat menjelaskan definisi seni serat, baerbagai bahan dan teknik pembuatannya. |
- A= Jika mahasiswa mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya dengan rinci
- B=Jika mahasiswa kurang mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya dengan rinci
- D=Jika mahasiswa tidak mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya dengan rinci
|
Kriteria:
- A=Jika mahasiswa mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya dengan rinci
- B=Jika mahasiswa kurang mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya dengan rinci
- C=B=Jika mahasiswa kurang mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya
- D=Jika mahasiswa tidak mampu menjelaskan tentang definisi seni serat, media dan teknik pembuatannya dengan rinci
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
ceramah, diskusi, tanya jawab 100menit |
|
Materi: Tentang proses dan teknik seni serat. Pustaka: John W.S. Hearle, Fiber Technology Processesnd Materials, Woodhead Publishing, 2001. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
mahasiswa mampu mempresentasikan konsep karyanya tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci. |
- A= Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep karyanya dengan jelas dan terinci
- B=Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep karyanya dengan jelas dan terinci
- C= Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep karyanya
- D= Jika mahasiswa tidak mampu mempresentasikan konsep karyanya dengan jelas dan terinci
|
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep karyanya dengan jelas dan terinci
- B=Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep karyanya dengan jelas dan terinci
- C= Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep karyanya
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
presentasi, diskusi dan tanya jawab
|
|
Materi: seni serat alami, seni serat sintetis. Pustaka: Ann Johnston, The Art of Natural Dyeing Fibers, Fabrics and Beyond, Interweave Press, 2018 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 1 pada sebuah perancangan Desain 1 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat alami). Ukuran karya 30 x 50cm. |
- A= Jika mahasiswa mampu membuat perancangan desain seni serta 1 sesuai konsep.
- B-C= Jika mahasiswa kurang mampu membuat perancangan desain seni serta 1 sesuai konsep.
- D=Jika mahasiswa tidak mampu membuat perancangan desain seni serta 1 sesuai konsep.
|
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu membuat perancangan desain seni serta 1 sesuai konsep.
- B-C= Jika mahasiswa kurang mampu membuat perancangan desain seni serta 1 sesuai konsep.
- D=Jika mahasiswa tidak mampu membuat perancangan desain seni serta 1 sesuai konsep.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
demonstrasi, praktek dan diskusi.
|
|
Materi: Teknik proses pembuatan karya seni serat. Pustaka: John W.S. Hearle, Fiber Technology Processesnd Materials, Woodhead Publishing, 2001. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D=Jika Mahasiswa tidak mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D=Jika Mahasiswa tidak mampu memulai proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
demonstrasi, praktek, diskusi.
|
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
demonstrasi, diskusi, praktek.
|
|
Materi: teknik dan proses pembuatan karya seni serat. Pustaka: Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, Seni Serat Alam: Bahan, Teknik dan Aplikasi, Penerbit Universitas indonesia, 2015. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
demonstrasi, praktek, diskusi.
|
|
Materi: teknik dan proses pembuatan karya seni serat. Pustaka: Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, Seni Serat Alam: Bahan, Teknik dan Aplikasi, Penerbit Universitas indonesia, 2015. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu melanjutkan mempraktekkan proses pembuatan tugas 1 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
demonstrasi, praktek, diskusi.
|
|
Materi: Teknik proses pembuatan karya seni serat. Pustaka: Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, Seni Serat Alam: Bahan, Teknik dan Aplikasi, Penerbit Universitas indonesia, 2015. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mempresentasikan pertanggunjawaban karya seni serat 1 dan memamerkannya. |
- A= Jika Mahasiswa mampu mempresentasikan dan memamerkan hasil karya seni serat 1 dengan jelas dan baik.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu mempresentasikan dan memamerkan hasil karya seni serat 1 dengan jelas dan baik.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu mempresentasikan dan memamerkan hasil karya seni serat 1 dengan jelas dan baik.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu mempresentasikan dan memamerkan hasil karya seni serat 1 dengan jelas dan baik.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu mempresentasikan dan memamerkan hasil karya seni serat 1 dengan jelas dan baik.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu mempresentasikan dan memamerkan hasil karya seni serat 1 dengan jelas dan baik.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
presentasi, tanya jawab.
|
|
Materi: seni serat alami, seni serat sintetis. Pustaka: Ann Johnston, The Art of Natural Dyeing Fibers, Fabrics and Beyond, Interweave Press, 2018 |
15% |
9
Minggu ke 9 |
mahasiswa mampu mempresentasikan konsep karya seni serat kedua tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci. |
- A= Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep karya seni serat kedua tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci.
- B-C= Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep karya seni serat kedua tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci.
- D= Jika mahasiswa tidak mampu mempresentasikan konsep karya seni serat kedua tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci.
|
Kriteria:
- A= Jika mahasiswa mampu mempresentasikan konsep karya seni serat kedua tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci.
- B-C= Jika mahasiswa kurang mampu mempresentasikan konsep karya seni serat kedua tentang konsep bentuk, bahan dan teknik pembuatan dengan jelas dan terinci.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
presentasi, tanya jawab, diskusi
|
|
Materi: ragam seni serat tradisional Indonesia Pustaka: Dr. M. Soedarsono, Seni Serat Tradisional Indonesia, Badan Penerbit ISI Yogyakarta, 2012 |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis… tidak macramé) 50 x 50cm triplek 0,3mm. |
- A = Jika Mahasiswa mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis.
|
Kriteria:
- A = Jika Mahasiswa mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu memvisualisasikan konsep karya seni serat 2 pada sebuah perancangan Desain 2 (macramé 2 dimensi dengan menggunakan bahan serat sintetis.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
praktek, diskusi. 100 menit. |
|
Materi: eksplorasi media dan teknik seni serat . Pustaka: Holly Williams, Fiber Arts: Exploring Materials and Techniques, Firefly Books, 2017. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktek, demonstrasi, diskusi‘
|
|
Materi: Tentang proses dan teknik seni serat. Pustaka: Prof. Dr. Ir. Sri Hartati, Seni Serat Alam: Bahan, Teknik dan Aplikasi, Penerbit Universitas indonesia, 2015. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
praktek, demonstrasi, diskusi‘
|
|
Materi: eksplorasi media dan teknik seni serat . Pustaka: Holly Williams, Fiber Arts: Exploring Materials and Techniques, Firefly Books, 2017. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
praktek, demonstrasi, diskusi‘
|
|
Materi: ragam seni serat tradisional Indonesia Pustaka: Dr. M. Soedarsono, Seni Serat Tradisional Indonesia, Badan Penerbit ISI Yogyakarta, 2012 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- B-C=Jika Mahasiswa kurang mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu melakukan praktek pembuatan tugas 2 seni serat sesuai konsep dan desain yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
praktek, demonstrasi, diskusi‘
|
|
Materi: proses dan material seni serat Pustaka: John W.S. Hearle, Fiber Technology Processesnd Materials, Woodhead Publishing, 2001. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat. |
- A= Jika Mahasiswa mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat.
- D= Jika Mahasiswa tidak mampu memfinishing karya seni serat ke duanya sesuai perancangan yang dibuat.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
praktek, demonstrasi, diskusi‘
|
|
Materi: proses dan material seni serat Pustaka: John W.S. Hearle, Fiber Technology Processesnd Materials, Woodhead Publishing, 2001. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan memamerkannya. |
- A= Jika Mahasiswa mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan memamerkannya.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan memamerkannya.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan tidak memamerkannya.
|
Kriteria:
- A= Jika Mahasiswa mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan memamerkannya.
- B-C= Jika Mahasiswa kurang mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan memamerkannya.
- D= Jika Mahasiswa Tidak mampu mempertanggungjawabkan karya seni serat 2 dan tidak memamerkannya.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
presentasi, tanya jawab.
|
|
Materi: eksplorasi media dan teknik seni serat . Pustaka: Holly Williams, Fiber Arts: Exploring Materials and Techniques, Firefly Books, 2017. |
15% |