
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kimia Material |
8310102145 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Apt. Ibtisam, S.Farm., M.Sc., Ph.D., Dr. Yessy, S.Si., M.Si.
|
ACHMAD IMAM AGUNG
|
ACHMAD IMAM AGUNG |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global. |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip kimia material dalam pengembangan kurikulum pendidikan teknologi kejuruan yang relevan dengan kebutuhan industri global (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis struktur dan sifat material untuk menyelesaikan permasalahan kompleks dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi kinerja material berdasarkan kriteria standar industri untuk aplikasi dalam teknologi kejuruan (C5)
|
PO - 4 |
Menganalisis hubungan antara struktur mikro material dengan sifat mekanik dan fungsionalnya dalam konteks kejuruan (C4)
|
PO - 5 |
Mengevaluasi metode sintesis dan karakterisasi material berdasarkan standar ilmiah dan industri (C5)
|
PO - 6 |
Menerapkan prinsip kimia material dalam pengembangan proyek kewirausahaan berbasis teknologi (C3)
|
PO - 7 |
Menciptakan solusi material inovatif untuk tantangan sustainability dalam industri teknologi kejuruan (C6)
|
PO - 8 |
Mengevaluasi dampak lingkungan dan ekonomi dari pemilihan material dalam konteks pendidikan teknologi kejuruan (C5)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-9 | PLO-12 | PLO-13 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | | | PO-4 | | ✔ | | | | | PO-5 | | ✔ | | | ✔ | | PO-6 | | | | ✔ | | | PO-7 | ✔ | | | | | | PO-8 | | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Materials chemistry is a comprehensive course that discusses the structure, composition, properties, and transformations of matter, and the energy involved in these processes. Specific structures and compositions produce certain material properties. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 2. Callister, W. D., & Rethwisch, D. G. (2016). Fundamentals of Materials Science and Engineering: An Integrated Approach (5th ed.). John Wiley & Sons Inc.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si. Dr. Yessy, S.Si., M.Si. Apt. Ibtisam, S.Farm., M.Sc., Ph.D. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan mengintegrasikan konsep kimia material ke dalam pengembangan kurikulum teknologi kejuruan yang responsif terhadap tuntutan industri global. |
- Mampu menjelaskan prinsip dasar kimia material dan kaitannya dengan kebutuhan industri
- Mampu menganalisis contoh material yang relevan dalam konteks teknologi kejuruan
- Mampu merancang outline kurikulum yang mengintegrasikan kimia material dengan pendekatan berbasis industri
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
1. klasifikasi sifat material yang berbeda yang menentukan penerapannya.
2. komponen yang terlibat dalam desain, produksi, dan pemanfaatan material, dan jelaskan secara singkat keterkaitan antar komponen-komponen ini.
3. kriteria yang penting dalam proses pemilihan material.
4. a.) klasifikasi utama material padat, ciri kimia yang membedakan masing-masing. b.) jenis material canggih dan, untuk masing-masing, ciri khasnya.
5. a.) memahami konsep material/sistem inovatif. b.) memahami konsep nanoteknologi dan bagaimana penerapannya pada material. 100 menit |
Materi: Pengenalan kimia material: definisi, ruang lingkup, dan peran dalam industri, Klasifikasi material: logam, polimer, keramik, komposit, Kebutuhan industri global terkait material dan implikasinya pada pendidikan kejuruan, Integrasi prinsip kimia material dalam pengembangan kurikulum teknologi kejuruan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |