
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Advanced Communication Skills |
8820303341 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
HIMMAWAN ADI NUGROHO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris |
PLO-6 |
Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR. |
PLO-7 |
Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. |
PLO-9 |
Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif. |
PLO-10 |
Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris. |
PLO-11 |
Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)
|
PO - 11 |
Memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pengembangan materi pembelajaran EFL yang sesuai dengan target kebutuhan para siswa dalam pembelajarannya 2. Menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL berdasarkan pada kebutuhan dan target para siswa 3. Menggunakan sumber-sumber pembelajaran dan IT yang relevan sebagai media yang mendukung pengembangan materi pembelajaran EFL 4. Berinisiatif mendemontrasikan, independen, tekun belajar dan ikut serta mengadvokasi diri sendiri dalam pembelajaran untuk menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL baik secara perorangan maupun tim
|
PO - 12 |
Memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pengembangan materi pembelajaran EFL yang sesuai dengan target kebutuhan para siswa dalam pembelajarannya 2. Menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL berdasarkan pada kebutuhan dan target para siswa 3. Menggunakan sumber-sumber pembelajaran dan IT yang relevan sebagai media yang mendukung pengembangan materi pembelajaran EFL 4. Berinisiatif mendemontrasikan, independen, tekun belajar dan ikut serta mengadvokasi diri sendiri dalam pembelajaran untuk menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL baik secara perorangan maupun tim
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | | PO-1 | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-9 | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-12 | | | | | | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | ✔ | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Advanced Communication Skills dirancang untuk mengembangkan kompetensi komunikasi tingkat lanjut dalam konteks akademik dan profesional bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Mata kuliah ini mencakup penguasaan strategi komunikasi lisan dan tulisan yang kompleks, termasuk presentasi akademik, debat formal, penulisan karya ilmiah, serta komunikasi lintas budaya. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan berkomunikasi secara efektif, persuasif, dan adaptif dalam berbagai situasi, sekaligus memperkuat pemahaman tentang etika komunikasi dan analisis konteks. Ruang lingkup meliputi praktik komunikasi publik, negosiasi, penyampaian argumen kritis, dan penerapan teknik komunikasi digital yang relevan dengan bidang pendidikan bahasa. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions
|
Pendukung : |
|
- (3) Best, J.W. and Kahn, J.V. (2016). Research in Education. New York: Pearson Education. (4) Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. (2017). The SAGE Handbook of Qualitative Research. Thousand
|
Dosen Pengampu
|
Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum. Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. Nur Chakim, S.Pd., M.Pd. Esti Kurniasih, S.Pd., M.Pd. Zainul Aminin, S.Pd., M.Pd. Abdur Rosyid, S.Pd., M.TESOL. Eva Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Sueb, S.Pd., M.Pd. Rizki Ramadhan, M.Pd. Prianka Ratu Masitho, S.Pd., M.TESOL. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT. |
- Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian ELT.
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran etika dalam penelitian ELT.
- Mahasiswa dapat merancang proposal penelitian ELT yang memenuhi prinsip etika akademik.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
Materi: Pengertian etika akademik dalam penelitian, Prinsip-prinsip etika akademik (kejujuran, integritas, keadilan, tanggung jawab), Contoh pelanggaran etika dalam penelitian ELT, Langkah-langkah merancang penelitian yang etis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi elemen inovasi serta adaptabilitas dalam penelitian ELT, serta menghubungkannya dengan tren pendidikan modern. |
- Kemampuan mengidentifikasi karakteristik inovatif dalam penelitian ELT
- Kemampuan menganalisis adaptabilitas penelitian terhadap perkembangan pendidikan
- Kemampuan menghubungkan temuan penelitian dengan praktik pengajaran bahasa Inggris
|
Kriteria:
Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analitis.
|
|
Materi: Konsep penelitian inovatif dalam ELT, Adaptabilitas penelitian terhadap perubahan pendidikan, Studi kasus penelitian ELT terkini, Teknik analisis dan sintesis dalam mengevaluasi penelitian Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: Penelitian inovatif dalam ELT Pustaka: 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan berbagai metode penelitian ELT serta menerapkan standar keilmuan dalam penilaiannya. |
- Kemampuan mengidentifikasi karakteristik metode penelitian ELT
- Kemampuan menganalisis kesesuaian metode dengan tujuan penelitian
- Kemampuan mengevaluasi validitas dan reliabilitas metode berdasarkan standar keilmuan
- Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.
|
|
Materi: Jenis-jenis metode penelitian dalam ELT (kuantitatif, kualitatif, mixed methods), Standar keilmuan dalam penelitian ELT (validitas, reliabilitas, objektivitas), Etika penelitian dalam konteks ELT, Analisis kritis terhadap contoh penelitian ELT Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif, sistematis, dan koheren sesuai prinsip penelitian pendidikan bahasa. |
- Kreativitas dalam merumuskan topik dan pendekatan penelitian
- Sistematika dan kelengkapan struktur proposal
- Kejelasan dan relevansi pertanyaan penelitian
- Kesesuaian metodologi dengan tujuan penelitian
- Kemampuan menulis dengan bahasa akademik yang tepat
|
Kriteria:
Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Kombinasi ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan workshop penulisan proposal dengan pendekatan student-centered learning..
|
|
Materi: Prinsip dasar penelitian ELT, Komponen proposal penelitian: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, Teknik kreatif dalam merumuskan topik penelitian, Sistematika penulisan proposal akademik, Studi kasus proposal ELT yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu melakukan komunikasi aktif dengan partner-nya
- Mahasiswa mampu melakukan komunikasi aktif dengan bervariasi dengan partner-nya
- Mahasiswa mampu melakukan membalas atau merespon komunikasi aktif dengan partner-nya
|
- berkomunikasi secara aktif
- berkomunikasi aktif dan variatif
- membalas komunikasi secara aktif
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
10% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
Kriteria:
Jawaban lengkap, beurutan dan logis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
|
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian ELT yang mengintegrasikan prinsip-prinsip linguistik terapan dengan metodologi penelitian pendidikan |
- Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan instrumen penelitian ELT
- Kemampuan memilih dan mengadaptasi konsep linguistik terapan yang relevan
- Kemampuan merancang instrumen yang valid dan reliabel
- Kemampuan menyusun pedoman penggunaan instrumen
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.
|
|
Materi: Konsep dasar linguistik terapan dalam penelitian ELT, Jenis-jenis instrumen penelitian dalam ELT, Prinsip validitas dan reliabilitas instrumen, Teknik penyusunan kuesioner, wawancara, dan observasi, Analisis kebutuhan dalam penelitian ELT Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Kriteria:
Active participation Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions Pustaka: |
2% |
10
Minggu ke 10 |
|
Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja. |
Kriteria:
Aspek-aspek bahasa lisan: accuracy ucapan, fluency pengucapan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
luring
|
luring
|
|
10% |
11
Minggu ke 11 |
|
Masukkan indikator penialaian yang telah disusun |
Kriteria:
Masukkan item baru yang ada pada lembar penialaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
offline
|
|
|
4% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
daring
|
|
6% |
13
Minggu ke 13 |
|
Memasukkan item baru dari indikator penilaian |
Kriteria:
Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
OFFLINE
|
|
|
10% |
14
Minggu ke 14 |
Delivering structured presentations supported with evidence-based reasoning |
1) Spoken Receptive: Recognize effective presentation structures and audience cues. 2) Spoken Productive: Deliver structured academic presentations using rhetorical devices. 3) Critical Thinking & Reasoning: Critically evaluate and adapt arguments to audience |
Kriteria:
Presentation Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline
|
Online
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Integrating listening, speaking, and reasoning skills in preparation for final exam |
1) Spoken Receptive: Comprehend complex arguments from multiple texts. 2) Spoken Productive: Articulate ideas fluently with accurate pronunciation and stress. |
Kriteria:
Presentation Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring
|
|
Materi: Mock exam, group review games, Q&A Pustaka: 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions |
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |