Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Advanced Communication Skills

8820303341

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




HIMMAWAN ADI NUGROHO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris

PLO-6

Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.

PLO-7

Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.

PLO-8

Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

PLO-9

Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.

PLO-10

Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.

PLO-11

Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)

PO - 2

Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)

PO - 4

Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)

PO - 5

Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)

PO - 6

Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)

PO - 7

Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)

PO - 8

Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)

PO - 10

Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)

PO - 11

Memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pengembangan materi pembelajaran EFL yang sesuai dengan target kebutuhan para siswa dalam pembelajarannya 2. Menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL berdasarkan pada kebutuhan dan target para siswa 3. Menggunakan sumber-sumber pembelajaran dan IT yang relevan sebagai media yang mendukung pengembangan materi pembelajaran EFL 4. Berinisiatif mendemontrasikan, independen, tekun belajar dan ikut serta mengadvokasi diri sendiri dalam pembelajaran untuk menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL baik secara perorangan maupun tim

PO - 12

Memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pengembangan materi pembelajaran EFL yang sesuai dengan target kebutuhan para siswa dalam pembelajarannya 2. Menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL berdasarkan pada kebutuhan dan target para siswa 3. Menggunakan sumber-sumber pembelajaran dan IT yang relevan sebagai media yang mendukung pengembangan materi pembelajaran EFL 4. Berinisiatif mendemontrasikan, independen, tekun belajar dan ikut serta mengadvokasi diri sendiri dalam pembelajaran untuk menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL baik secara perorangan maupun tim

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1          
PO-2          
PO-3          
PO-4          
PO-5          
PO-6          
PO-7          
PO-8          
PO-9          
PO-10          
PO-11          
PO-12           

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Advanced Communication Skills dirancang untuk mengembangkan kompetensi komunikasi tingkat lanjut dalam konteks akademik dan profesional bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Mata kuliah ini mencakup penguasaan strategi komunikasi lisan dan tulisan yang kompleks, termasuk presentasi akademik, debat formal, penulisan karya ilmiah, serta komunikasi lintas budaya. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan berkomunikasi secara efektif, persuasif, dan adaptif dalam berbagai situasi, sekaligus memperkuat pemahaman tentang etika komunikasi dan analisis konteks. Ruang lingkup meliputi praktik komunikasi publik, negosiasi, penyampaian argumen kritis, dan penerapan teknik komunikasi digital yang relevan dengan bidang pendidikan bahasa.

Pustaka

Utama :

  1. 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions

Pendukung :

  1. (3) Best, J.W. and Kahn, J.V. (2016). Research in Education. New York: Pearson Education. (4) Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. (2017). The SAGE Handbook of Qualitative Research. Thousand

Dosen Pengampu

Fauris Zuhri, S.Pd., M.Hum.

Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.

Nur Chakim, S.Pd., M.Pd.

Esti Kurniasih, S.Pd., M.Pd.

Zainul Aminin, S.Pd., M.Pd.

Abdur Rosyid, S.Pd., M.TESOL.

Eva Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Sueb, S.Pd., M.Pd.

Rizki Ramadhan, M.Pd.

Prianka Ratu Masitho, S.Pd., M.TESOL.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT.

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip etika akademik dalam penelitian ELT.
  2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran etika dalam penelitian ELT.
  3. Mahasiswa dapat merancang proposal penelitian ELT yang memenuhi prinsip etika akademik.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


Materi: Pengertian etika akademik dalam penelitian, Prinsip-prinsip etika akademik (kejujuran, integritas, keadilan, tanggung jawab), Contoh pelanggaran etika dalam penelitian ELT, Langkah-langkah merancang penelitian yang etis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengidentifikasi elemen inovasi serta adaptabilitas dalam penelitian ELT, serta menghubungkannya dengan tren pendidikan modern.

  1. Kemampuan mengidentifikasi karakteristik inovatif dalam penelitian ELT
  2. Kemampuan menganalisis adaptabilitas penelitian terhadap perkembangan pendidikan
  3. Kemampuan menghubungkan temuan penelitian dengan praktik pengajaran bahasa Inggris
Kriteria:

Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi analitis.

Materi: Konsep penelitian inovatif dalam ELT, Adaptabilitas penelitian terhadap perubahan pendidikan, Studi kasus penelitian ELT terkini, Teknik analisis dan sintesis dalam mengevaluasi penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: Penelitian inovatif dalam ELT
Pustaka: 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan berbagai metode penelitian ELT serta menerapkan standar keilmuan dalam penilaiannya.

  1. Kemampuan mengidentifikasi karakteristik metode penelitian ELT
  2. Kemampuan menganalisis kesesuaian metode dengan tujuan penelitian
  3. Kemampuan mengevaluasi validitas dan reliabilitas metode berdasarkan standar keilmuan
  4. Kemampuan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi.

Materi: Jenis-jenis metode penelitian dalam ELT (kuantitatif, kualitatif, mixed methods), Standar keilmuan dalam penelitian ELT (validitas, reliabilitas, objektivitas), Etika penelitian dalam konteks ELT, Analisis kritis terhadap contoh penelitian ELT
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif, sistematis, dan koheren sesuai prinsip penelitian pendidikan bahasa.

  1. Kreativitas dalam merumuskan topik dan pendekatan penelitian
  2. Sistematika dan kelengkapan struktur proposal
  3. Kejelasan dan relevansi pertanyaan penelitian
  4. Kesesuaian metodologi dengan tujuan penelitian
  5. Kemampuan menulis dengan bahasa akademik yang tepat
Kriteria:

Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kombinasi ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan workshop penulisan proposal dengan pendekatan student-centered learning..

Materi: Prinsip dasar penelitian ELT, Komponen proposal penelitian: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, tinjauan pustaka, metodologi, Teknik kreatif dalam merumuskan topik penelitian, Sistematika penulisan proposal akademik, Studi kasus proposal ELT yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa mampu melakukan komunikasi aktif dengan partner-nya
  2. Mahasiswa mampu melakukan komunikasi aktif dengan bervariasi dengan partner-nya
  3. Mahasiswa mampu melakukan membalas atau merespon komunikasi aktif dengan partner-nya
  1. berkomunikasi secara aktif
  2. berkomunikasi aktif dan variatif
  3. membalas komunikasi secara aktif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

0%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


10%

7

Minggu ke 7

Kriteria:

Jawaban lengkap, beurutan dan logis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat merancang instrumen penelitian ELT yang mengintegrasikan prinsip-prinsip linguistik terapan dengan metodologi penelitian pendidikan

  1. Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan instrumen penelitian ELT
  2. Kemampuan memilih dan mengadaptasi konsep linguistik terapan yang relevan
  3. Kemampuan merancang instrumen yang valid dan reliabel
  4. Kemampuan menyusun pedoman penggunaan instrumen

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project-based learning, diskusi kelompok, presentasi, dan studi kasus.

Materi: Konsep dasar linguistik terapan dalam penelitian ELT, Jenis-jenis instrumen penelitian dalam ELT, Prinsip validitas dan reliabilitas instrumen, Teknik penyusunan kuesioner, wawancara, dan observasi, Analisis kebutuhan dalam penelitian ELT
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Kriteria:

Active participation


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions
Pustaka:
2%

10

Minggu ke 10

Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja.

Kriteria:

Aspek-aspek bahasa lisan: accuracy ucapan, fluency pengucapan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
luring
10%

11

Minggu ke 11

Masukkan indikator penialaian yang telah disusun

Kriteria:

Masukkan item baru yang ada pada lembar penialaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
offline

4%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
daring
6%

13

Minggu ke 13

Memasukkan item baru dari indikator penilaian

Kriteria:

Keaktifan dalam KBM, kelayakan hasil project/unjuk kerja, kelengkapan kegiatan praktik kelayakan hasil unjuk kerja.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
OFFLINE

10%

14

Minggu ke 14

Delivering structured presentations supported with evidence-based reasoning

1) Spoken Receptive: Recognize effective presentation structures and audience cues. 2) Spoken Productive: Deliver structured academic presentations using rhetorical devices. 3) Critical Thinking & Reasoning: Critically evaluate and adapt arguments to audience

Kriteria:

Presentation


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Offline
Online
0%

15

Minggu ke 15

Integrating listening, speaking, and reasoning skills in preparation for final exam

1) Spoken Receptive: Comprehend complex arguments from multiple texts. 2) Spoken Productive: Articulate ideas fluently with accurate pronunciation and stress.

Kriteria:

Presentation


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

Materi: Mock exam, group review games, Q&A
Pustaka: 1) EAS Unit 7: Critical Response (pp. 121 140) 2) Reasoning Ch.8: Drawing Conclusions
0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 41%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Tes 4%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.