Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Sdm dan Etos Kerja

6920102070

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim MBKM




Tim MBKM




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya;

PLO-11

mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis tantangan di tempat kerja, praktik sumber daya manusia, dan dilema etika dalam konteks organisasi yang beragam untuk mengidentifikasi masalah inti dan peluang perbaikan.

PO - 2

Menganalisis hubungan antara etos kerja dengan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat (C4)

PO - 3

Mampu menciptakan solusi sumber daya manusia yang inovatif dan etis, laporan proyek, dan presentasi profesional yang mengintegrasikan pengetahuan teoretis, penelitian terapan, dan pengamatan di tempat kerja.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan praktik pengelolaan sumber daya manusia serta etos kerja dalam perspektif sosiologis. Isi perkuliahan mencakup teori-teori sosiologi tentang organisasi kerja, dinamika hubungan industrial, serta faktor sosial budaya yang mempengaruhi etos kerja. Tujuannya adalah memberikan pemahaman tentang bagaimana struktur sosial, nilai, dan norma mempengaruhi pengelolaan SDM dan produktivitas kerja. Ruang lingkup meliputi analisis sistem rekrutmen, pengembangan karir, motivasi kerja, serta studi komparatif etos kerja dalam berbagai konteks budaya dan organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning.
  2. Dessler, Gary. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.
  3. Hasibuan, Malayu S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Rivai, Veithzal & Sagala, Ella J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. (2022). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson.

Pendukung :

  1. Arciniega, L. M., Woehr, D. J., & González, L. (2023). Leading a post-pandemic workforce: Understanding employees’ changing work ethic. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 17(2), 45–60.
  2. Arsyad, A. (2025). Competence in Human Resource Management Practice. Jurnal Pendidikan, 35(1), 123–135.
  3. Bogale, A. T. (2023). HR system and work ethics: A systematic review. Cogent Business & Management, 10(1), 2278848
  4. Grover, L. (2025). Human Resource Management and Ethics at Work. Routledge.
  5. 10. Udin, U. (2023). Ethical leadership and job satisfaction: Extending the dual process model. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 17(1), 22–35.

Dosen Pengampu

Dr. Sugeng Harianto, M.Si.

Diyah Utami, S.Sos., M.M.

Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep-konsep mendasar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), etika kerja, dan budaya organisasi dalam konteks profesional.

  1. Kemampuan mengidentifikasi konsep SDM dan etos kerja
  2. Kemampuan menerapkan konsep dalam menganalisis kasus dinamika sosial di lingkungan kerja
  3. Kemampuan memberikan solusi berdasarkan analisis yang dilakukan
Kriteria:

Partisipasi kelas


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
150

Materi: Pengertian dan ruang lingkup SDM, Konsep etos kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Dinamika sosial di lingkungan kerja, Studi kasus penerapan konsep SDM dan etos kerja
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mengidentifikasi karakteristik utama tantangan tempat kerja dan dilema etika

Mampu mengidentifikasi isu & prioritas komunitas (diadaptasi: isu tempat kerja).

Kriteria:

Tugas individu.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
150

Materi: Konsep etos kerja dan produktivitas, Hubungan etos kerja dengan produktivitas, Dampak etos kerja terhadap kesejahteraan masyarakat, Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan etos kerja dengan produktivitas dan kesejahteraan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menganalisis tantangan tempat kerja terkait SDM dan hubungan karyawan melalui studi kasus terapan.

Mampu memetakan pemangku kepentingan (diadaptasi: pemangku kepentingan SDM) secara akurat.

Kriteria:

Mampu memetakan pemangku kepentingan (diadaptasi: pemangku kepentingan SDM) secara akurat.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis.
150

Materi: Dampak perubahan sosial terhadap kebijakan SDM, Dampak perkembangan teknologi terhadap pengelolaan SDM, Teknik evaluasi kebijakan SDM, Rekomendasi perbaikan kebijakan berbasis evidence
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menganalisis dilema etika dan menerapkan konsep penelitian sosiologis yang sesuai.

Mampu menganalisis dilema etika dan menerapkan konsep penelitian sosiologis yang sesuai.

Kriteria:

Tugas individu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis.
150

Materi: Konsep perubahan sosial dan teknologi serta dampaknya terhadap SDM, Prinsip-prinsip evaluasi kebijakan SDM, Studi kasus kebijakan SDM dalam organisasi yang mengalami transformasi digital dan sosial, Teknik memberikan rekomendasi perbaikan kebijakan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengevaluasi strategi SDM dan praktik organisasi.

  1. Kemampuan merancang model pengembangan SDM yang responsif terhadap isu sosial kontemporer
  2. Kreativitas dan inovasi dalam integrasi prinsip etika dan keberlanjutan
  3. Kejelasan dan kelogisan dalam presentasi model
  4. Relevansi model dengan konteks sosial aktual
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan brainstorming kolaboratif dengan pendekatan problem-based learning.
150

Materi: Konsep pengembangan SDM responsif, Analisis isu sosial kontemporer (misalnya: diversitas, digitalisasi, kesejahteraan mental), Prinsip desain model inovatif, Integrasi etika dan keberlanjutan dalam pengembangan SDM
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis proses penyusunan anggaran untuk program SDM.

Mampu menyusun draf anggaran program.

Kriteria:

Mampu menyusun draf anggaran program.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Project-based learning, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi.
150

Materi: Konsep model pengembangan SDM responsif, Analisis isu sosial kontemporer (misalnya: diversitas, digitalisasi, sustainability), Integrasi etika dan nilai dalam pengembangan SDM, Teknik perancangan model inovatif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis kerangka kerja pemantauan & evaluasi (M&E) untuk kepatuhan etika dan standar profesional

Mampu menyusun indikator M&E.

Kriteria:

Tugas individu.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, dan analisis literatur.
150

Materi: Konsep etos kerja dan dimensi sosial budayanya, Faktor-faktor sosial (keluarga, pendidikan, kelompok sosial) yang mempengaruhi etos kerja, Faktor-faktor budaya (nilai, norma, tradisi, agama) yang membentuk etos kerja, Studi kasus etos kerja dalam berbagai budaya dan masyarakat
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengidentifikasi indikator etos kerja, mengukur dampaknya terhadap produktivitas, dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat secara kritis.

  1. Kemampuan mengidentifikasi variabel etos kerja dan produktivitas
  2. Ketepatan dalam menganalisis data kualitatif/kuantitatif terkait
  3. Kedalaman evaluasi dampak terhadap kesejahteraan masyarakat
  4. Kejelasan penyajian hasil analisis
Kriteria:

Refleksi individu.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis literatur.
150

Materi: Konsep etos kerja dalam perspektif sosiologi, Indikator produktivitas kerja dan pengukurannya, Dampak etos kerja terhadap kesejahteraan masyarakat, Studi kasus: Perbandingan etos kerja antar komunitas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Refleksi individu.

Mampu mengevaluasi strategi & merumuskan tujuan (diadaptasi: tujuan etika).

Kriteria:

Refleksi individu.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan evaluasi kritis.
150

Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mampu mengevaluasi partisipasi pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan SDM.asarkan aspek SDM dan etos kerja.

Evaluasi partisipasi berbasis teori & bukti.

Kriteria:

Makalah singkat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan evaluasi kritis.
150

Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap program pemberdayaan masyarakat berdasarkan aspek SDM dan etos kerja.

Mampu mengevaluasi kesesuaian rencana program.

Kriteria:

Tugas individu.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan evaluasi kritis.
150

Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Penyusunan draf laporan perencanaan solusi SDM yang etis (Draf Laporan).

Laporan terstruktur, analisis berbasis data.

Kriteria:

Laporan terstruktur, analisis berbasis data.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based learning)
150

Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Penyusunan laporan proyek SDM akhir yang komprehensif dan sistematis.

Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis evaluasi untuk perbaikan program

Kriteria:

Draf laporan akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based learning)
150

Materi: -
Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning.
5%

14

Minggu ke 14

Simulasi presentasi laporan kelompok (Tinjauan Sejawat).

Presentasi jelas & argumentasi koheren.

Kriteria:

Simulasi presentasi.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Lokakarya (Workshop), Tinjauan sejawat (Peer review)
150

Materi: -
Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning.
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi Laporan Kelompok Akhir dan Tanya Jawab.

Presentasi jelas, kerja sama yang baik, etika akademik

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Seminar kelas
150

Materi: -
Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning.
5%

16

Minggu ke 16

Penyempurnaan laporan akhir & refleksi pembelajaran.

Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis evaluasi untuk perbaikan program

Kriteria:

Refleksi mendalam, kritis, mampu membandingkan teori dan praktik.


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penyempurnaan laporan akhir & refleksi pembelajaran.
150

Materi: -
Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.