
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kajian Sdm dan Etos Kerja |
6920102070 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim MBKM
|
Tim MBKM
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya; |
PLO-11 |
mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis tantangan di tempat kerja, praktik sumber daya manusia, dan dilema etika dalam konteks organisasi yang beragam untuk mengidentifikasi masalah inti dan peluang perbaikan.
|
PO - 2 |
Menganalisis hubungan antara etos kerja dengan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat (C4)
|
PO - 3 |
Mampu menciptakan solusi sumber daya manusia yang inovatif dan etis, laporan proyek, dan presentasi profesional yang mengintegrasikan pengetahuan teoretis, penelitian terapan, dan pengamatan di tempat kerja.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-11 | | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep dan praktik pengelolaan sumber daya manusia serta etos kerja dalam perspektif sosiologis. Isi perkuliahan mencakup teori-teori sosiologi tentang organisasi kerja, dinamika hubungan industrial, serta faktor sosial budaya yang mempengaruhi etos kerja. Tujuannya adalah memberikan pemahaman tentang bagaimana struktur sosial, nilai, dan norma mempengaruhi pengelolaan SDM dan produktivitas kerja. Ruang lingkup meliputi analisis sistem rekrutmen, pengembangan karir, motivasi kerja, serta studi komparatif etos kerja dalam berbagai konteks budaya dan organisasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning.
- Dessler, Gary. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.
- Hasibuan, Malayu S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
- Rivai, Veithzal & Sagala, Ella J. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A. (2022). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson.
|
Pendukung : |
|
- Arciniega, L. M., Woehr, D. J., & González, L. (2023). Leading a post-pandemic workforce: Understanding employees’ changing work ethic. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 17(2), 45–60.
- Arsyad, A. (2025). Competence in Human Resource Management Practice. Jurnal Pendidikan, 35(1), 123–135.
- Bogale, A. T. (2023). HR system and work ethics: A systematic review. Cogent Business & Management, 10(1), 2278848
- Grover, L. (2025). Human Resource Management and Ethics at Work. Routledge.
- 10. Udin, U. (2023). Ethical leadership and job satisfaction: Extending the dual process model. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 17(1), 22–35.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Sugeng Harianto, M.Si. Diyah Utami, S.Sos., M.M. Farid Pribadi, S.Sos., M.Sosio. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan konsep-konsep mendasar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), etika kerja, dan budaya organisasi dalam konteks profesional. |
- Kemampuan mengidentifikasi konsep SDM dan etos kerja
- Kemampuan menerapkan konsep dalam menganalisis kasus dinamika sosial di lingkungan kerja
- Kemampuan memberikan solusi berdasarkan analisis yang dilakukan
|
Kriteria:
Partisipasi kelas Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi. 150 |
|
Materi: Pengertian dan ruang lingkup SDM, Konsep etos kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Dinamika sosial di lingkungan kerja, Studi kasus penerapan konsep SDM dan etos kerja Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik utama tantangan tempat kerja dan dilema etika |
Mampu mengidentifikasi isu & prioritas komunitas (diadaptasi: isu tempat kerja). |
Kriteria:
Tugas individu. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi. 150 |
|
Materi: Konsep etos kerja dan produktivitas, Hubungan etos kerja dengan produktivitas, Dampak etos kerja terhadap kesejahteraan masyarakat, Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan etos kerja dengan produktivitas dan kesejahteraan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menganalisis tantangan tempat kerja terkait SDM dan hubungan karyawan melalui studi kasus terapan. |
Mampu memetakan pemangku kepentingan (diadaptasi: pemangku kepentingan SDM) secara akurat. |
Kriteria:
Mampu memetakan pemangku kepentingan (diadaptasi: pemangku kepentingan SDM) secara akurat. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis. 150 |
|
Materi: Dampak perubahan sosial terhadap kebijakan SDM, Dampak perkembangan teknologi terhadap pengelolaan SDM, Teknik evaluasi kebijakan SDM, Rekomendasi perbaikan kebijakan berbasis evidence Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menganalisis dilema etika dan menerapkan konsep penelitian sosiologis yang sesuai. |
Mampu menganalisis dilema etika dan menerapkan konsep penelitian sosiologis yang sesuai. |
Kriteria:
Tugas individu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis kritis. 150 |
|
Materi: Konsep perubahan sosial dan teknologi serta dampaknya terhadap SDM, Prinsip-prinsip evaluasi kebijakan SDM, Studi kasus kebijakan SDM dalam organisasi yang mengalami transformasi digital dan sosial, Teknik memberikan rekomendasi perbaikan kebijakan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengevaluasi strategi SDM dan praktik organisasi. |
- Kemampuan merancang model pengembangan SDM yang responsif terhadap isu sosial kontemporer
- Kreativitas dan inovasi dalam integrasi prinsip etika dan keberlanjutan
- Kejelasan dan kelogisan dalam presentasi model
- Relevansi model dengan konteks sosial aktual
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan brainstorming kolaboratif dengan pendekatan problem-based learning. 150 |
|
Materi: Konsep pengembangan SDM responsif, Analisis isu sosial kontemporer (misalnya: diversitas, digitalisasi, kesejahteraan mental), Prinsip desain model inovatif, Integrasi etika dan keberlanjutan dalam pengembangan SDM Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis proses penyusunan anggaran untuk program SDM. |
Mampu menyusun draf anggaran program. |
Kriteria:
Mampu menyusun draf anggaran program. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Project-based learning, diskusi kelompok, studi kasus, dan presentasi. 150 |
|
Materi: Konsep model pengembangan SDM responsif, Analisis isu sosial kontemporer (misalnya: diversitas, digitalisasi, sustainability), Integrasi etika dan nilai dalam pengembangan SDM, Teknik perancangan model inovatif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis kerangka kerja pemantauan & evaluasi (M&E) untuk kepatuhan etika dan standar profesional |
Mampu menyusun indikator M&E. |
Kriteria:
Tugas individu. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, dan analisis literatur. 150 |
|
Materi: Konsep etos kerja dan dimensi sosial budayanya, Faktor-faktor sosial (keluarga, pendidikan, kelompok sosial) yang mempengaruhi etos kerja, Faktor-faktor budaya (nilai, norma, tradisi, agama) yang membentuk etos kerja, Studi kasus etos kerja dalam berbagai budaya dan masyarakat Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi indikator etos kerja, mengukur dampaknya terhadap produktivitas, dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat secara kritis. |
- Kemampuan mengidentifikasi variabel etos kerja dan produktivitas
- Ketepatan dalam menganalisis data kualitatif/kuantitatif terkait
- Kedalaman evaluasi dampak terhadap kesejahteraan masyarakat
- Kejelasan penyajian hasil analisis
|
Kriteria:
Refleksi individu. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan analisis literatur. 150 |
|
Materi: Konsep etos kerja dalam perspektif sosiologi, Indikator produktivitas kerja dan pengukurannya, Dampak etos kerja terhadap kesejahteraan masyarakat, Studi kasus: Perbandingan etos kerja antar komunitas Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Refleksi individu. |
Mampu mengevaluasi strategi & merumuskan tujuan (diadaptasi: tujuan etika). |
Kriteria:
Refleksi individu. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan evaluasi kritis. 150 |
|
Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengevaluasi partisipasi pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan SDM.asarkan aspek SDM dan etos kerja. |
Evaluasi partisipasi berbasis teori & bukti. |
Kriteria:
Makalah singkat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan evaluasi kritis. 150 |
|
Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menganalisis, menilai, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap program pemberdayaan masyarakat berdasarkan aspek SDM dan etos kerja. |
Mampu mengevaluasi kesesuaian rencana program. |
Kriteria:
Tugas individu. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan evaluasi kritis. 150 |
|
Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyusunan draf laporan perencanaan solusi SDM yang etis (Draf Laporan). |
Laporan terstruktur, analisis berbasis data. |
Kriteria:
Laporan terstruktur, analisis berbasis data. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based learning) 150 |
|
Materi: Konsep dan metode evaluasi program pemberdayaan masyarakat, Indikator pengukuran efektivitas program berbasis SDM dan etos kerja, Studi kasus program pemberdayaan masyarakat yang sukses dan gagal, Teknik analisis dampak dan rekomendasi perbaikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penyusunan laporan proyek SDM akhir yang komprehensif dan sistematis. |
Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis evaluasi untuk perbaikan program |
Kriteria:
Draf laporan akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based learning) 150 |
|
Materi: - Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Simulasi presentasi laporan kelompok (Tinjauan Sejawat). |
Presentasi jelas & argumentasi koheren. |
Kriteria:
Simulasi presentasi. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Lokakarya (Workshop), Tinjauan sejawat (Peer review) 150 |
|
Materi: - Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi Laporan Kelompok Akhir dan Tanya Jawab. |
Presentasi jelas, kerja sama yang baik, etika akademik |
Kriteria:
Presentasi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Seminar kelas 150 |
|
Materi: - Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Penyempurnaan laporan akhir & refleksi pembelajaran. |
Kemampuan memberikan rekomendasi berbasis evaluasi untuk perbaikan program |
Kriteria:
Refleksi mendalam, kritis, mampu membandingkan teori dan praktik. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penyempurnaan laporan akhir & refleksi pembelajaran. 150 |
|
Materi: - Pustaka: Mathis, Robert L. & Jackson, John H. (2017). Human Resource Management. Cengage Learning. |
15% |