
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Matematika IV |
4520104295 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
4 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Muhimmatul Khoiro,S.Si.
|
Dr. Muhimmatul Khoiro, S.Si.
|
MUNASIR |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru |
PLO-7 |
Menguasai pengetahuan tentang teknologi yang berdasarkan Fisika dan penerapannya. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan operasi aljabar linear untuk menyelesaikan persoalan sistem persamaan linear dan transformasi linear dalam konteks fisika.
|
PO - 2 |
Mengintegrasikan konsep aljabar linear dengan kajian fisika lainnya untuk menyusun model matematis dan menyelesaikan masalah fisika yang lebih kompleks.
|
PO - 3 |
Menggunakan operasi dasar dan kalkulus vektor untuk menyelesaikan persoalan fisika
|
PO - 4 |
Mengintegrasikan konsep analisis vektor dalam model-model fisika yang lebih kompleks, seperti elektromagnetika, fluida, atau mekanika.
|
PO - 5 |
Menjelaskan konsep dasar tensor meliputi notasi, orde tensor, transformasi tensor, dan operasinya dalam ruang vektor.
|
PO - 6 |
Mengimplementasikan operasi tensor dasar (seperti kontraksi, produk tensor, transformasi koordinat) menggunakan bahasa pemrograman Python.
|
PO - 7 |
Menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika berbasis tensor secara numerik dengan bantuan pustaka Python
|
PO - 8 |
Menguraikan aplikasi kalkulus variasi dalam fisika, seperti dalam mekanika klasik (Lagrangian), optika, dan medan gaya.
|
PO - 9 |
Mengimplementasikan metode numerik kalkulus variasi (misalnya metode Galerkin, shooting method, finite difference) dengan bantuan Python.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-7 | | PO-1 | | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | ✔ | | | | PO-6 | ✔ | | | | PO-7 | | | ✔ | | PO-8 | ✔ | | | | PO-9 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang : matriks dan ruang vektor, analisis vektor 3 dimensi, analisis tensor, dan fungsi variable kompleks melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas berbantuan IT. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
- Anton, H. and Kaul, A., 2019. Elementary linear algebra 12th Edition. John Wiley & Sons. New York
|
Pendukung : |
|
- Arfken, G. 1995. Mathematical Methods for Physicists , Academic Press.
- Riley, K.F., Hobson, M.P., Bence, S.J. 2006. Mathematical Methods for Physics and Engineering, edisi 3, Cambridge Univ. Press.
- Hassani, Sadri. 2009. Mathematical methods for students of physics and related fields , 2nd ed. Springer, Illinois.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Arie Realita, M.Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa mampu melakukan reduksi baris pada sebuah matriks
- Mahasiswa mampu menentukan determinan suatu matriks menggunakan aturan Cramer
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra : Introduction, Matrices Row Reduction, Determinants, Cramer's Rule Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa mampu melakukan reduksi baris pada sebuah matriks
- Mahasiswa mampu menentukan determinan suatu matriks menggunakan aturan Cramer
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra: Vectors, Lines and Planes, Matrix Operations, Linear Combination, Linear Function, Linear Operation Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa memahami konsep ruang vektor linier
- Mahasiswa dapat menentukan nilai eigen dan fungsi eigen
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra: Linear Vector Spaces Eigenvalues and Eigenvectors, Diagonalizing Matrices Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan gelombang dan fisika modern menggunakan konsep matriks dan ruang vector |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Linear Algebra : Application of Diagonalization Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa mampu menggunakan operator vektor del dalam koordinat 3D silinder dan bola
- Mahasiswa mampu melakukan operasi gradient, divergence dan curl pada koordinat 3D silinder dan bola
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Vector Analysis: Introduction, Application of Vector Multipilication, Tripel Product, Differentiation Vectors, Field, Directional Derivative Gradient Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
Mahasiswa mampu menggunakan integral garis untuk menyelesaikan persoalan fisika |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Vector Analysis: Line Integrals, Green Theorem in the Plane Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
- Mahasiswa memahami teorema Divergence dan aplikasinya di fisika
- Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan terkait gelombang dan fisika modern dengan konsep vektor
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Vector Analysis: The Divergence and the Divergence Theorem, The Curls and Stokes Theorem Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
|
Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan soal-soal USS yang relevan dengan materi ajar aljabar linear dan vektor analysis |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tulis 100 Menit |
Tes tulis 100 menit |
Materi: Materi UTS Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami notasi tensor pada koordinat kartesian
- Mahasiswa mampu melakukan operasi tensor
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Tensor Analysis: Introduction, Cartesian Tensors, Tensor Notation and Operations Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
Mahasiswa memahami konsep tensor inersia dan delta Kronecker |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Tensor Analysis: Inertia Tensor, Kronecker Delta and Levi-Civita Symbol, Pseudovectors and Pseudotensors Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami koordinat kurvilinier
- Mahasiswa dapat melakukan operasi vector pada koordinat kurvilinier
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
|
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
|
Materi: Tensor Analysis: More about Applications, Curvilinear Coordinates, Vector Operators in Orthogonal Curvilinear Coordinates Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami bentuk fungsi analitik
- Mahasiswa dapat melakukan integral contour
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Analytic Fuction, Contour Integral Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa memahami deret Laurent
- Mahasiswa memahami teorema residu
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Laurent Series, The Residue Theorem Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
- Mahasiswa dapat menentukan residu dengan beberapa metode
- Mahasiswa memahami proses mapping
|
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Methods of Finding Residues, The Point at Infinity; Residues at Infinity, Mapping Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep fungsi variable kompleks untuk menyelesaikan permasalahan di bidang fisika |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal 150 menit |
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal 150 menit |
Materi: Functions of A Complex Variable: Some Applications of Conformal Mapping Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
- Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
- Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
|
Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan materi ajar aljabar linear, vektor analysis, tensor analysis dan fungsi variabel kompleks untuk menyelesaikan permasalahan fisika |
Kriteria:
Kuantitatif Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Hasil Projek 25 menit |
Presentasi Hasil Projek 25 menit |
Materi: Materi UTS Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
30% |