
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran AUD |
8610705023 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=8.96 |
1 |
2 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Pd. dan Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
|
Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.
|
RUQOYYAH FITRI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum) |
PLO-7 |
Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menunjurkan sikap bertanggungjawab dalam mengkaji dan mengembangkan Kurikulum PAUD secara mandiri dan profesional.
|
PO - 2 |
CPMK-P: Mampu menerapkan, pemikiran, logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam mengkaji dan mengembangkan kurikulum PAUD yang dilandasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku.
|
PO - 3 |
CPMK-KK: Mampu mengembangkan kurikulum di satuan PAUD yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa.
|
PO - 4 |
CPMK-P: Mampu menganalisis kurikulum di satuan PAUD yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-6 | PLO-7 | | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman komprehensif mengenai konsep, prinsip, kebijakan, dan praktik pengembangan kurikulum serta pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Fokus utama meliputi analisis kebutuhan perkembangan anak, perencanaan kurikulum berbasis perkembangan, desain pembelajaran yang holistik, integratif, serta kontekstual, dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran berbasis asesmen autentik. Selain itu, mata kuliah ini juga mengintegrasikan kebijakan kurikulum terkini yang menekankan pentingnya pembelajaran mendalam (deep learning) untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif sejak dini, serta pengenalan berpikir komputasional (computational thinking) melalui kegiatan bermain dan eksplorasi berbasis proyek yang relevan dengan dunia anak. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengadaptasi prinsip-prinsip inovasi kurikulum agar mampu menumbuhkan kompetensi literasi dasar, literasi digital, literasi budaya, serta kecakapan abad ke-21. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum serta pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan anak usia dini, berpijak pada teori perkembangan, kajian pedagogis, serta tuntutan kebijakan pendidikan nasional dan global. Mahasiswa juga didorong untuk mengembangkan inovasi praktik pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada penguatan resiliensi anak, pembelajaran yang bermakna, serta pengembangan potensi sesuai konteks sosial-budaya. Ruang lingkup mencakup kajian teoritis dan praktis tentang pendekatan kurikulum PAUD, model dan strategi pembelajaran, pengembangan materi, asesmen autentik, integrasi teknologi pendidikan anak usia dini, serta isu-isu kontemporer seperti kurikulum Merdeka Belajar, pembelajaran mendalam, berpikir komputasional, dan inovasi kurikulum berbasis penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Marjorie J. Kostelnik, Anne K. Soderman, Alice Phipps Whiren. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Depelopmentally Appropriate Practices) Terjemahan Edisi ke-5. Jakarta: Kencana.
- Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
- Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.
- D. Oliva, Peter F. 1992. Developing The Curriculum. New York : Harper Colins Publishers.
- E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK.
- Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
- Puckett, M. B., Black, J. K., Whittmer, D. S., & Petersen, S. H. 2008. The young child: Development from pre[1]birth through age eight. (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
- Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
- Hughes, F. P.(2009). Children, play, and development. (4th ed.). Boston: Sage Publications Inc.
- Puckett, M. B., & Black, J. K. 2007. Meaningful assessments of the young child: Celebrating development and learning. (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
- Bredekamp, S., & Copple, C. 2010.Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. (3rd ed.). Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
- Slamet Suyanto. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Head Start Bureau, U.S. Department of Health and Human Services. 2004, March. Establishing a Research Agenda for American Indian and Alaska Native Head Start Programs. Washington, DC: ORC Macro. Retrieved January 5, 2006.
- Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2011). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education (8th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.
- McLachlan, C., Fleer, M., & Edwards, S. (2010). Early childhood curriculum: Planning, assessment, and implementation. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
- Freeman, N. K., Decker, C. A., & Decker, J. R. (2013). Planning and administering early childhood programs (10th ed., Pearson new international ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.
- Van Hoorn, J., Nourot, P. M., Scales, B., & Alward, K. R. (2014). Play at the center of the curriculum (5th ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.
|
Pendukung : |
|
- Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
- Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan penyusunan kegiatan pembelajaran berbasis literasi sebagai implementasi kurikulum merdeka pada guru paud di kecamatan prigen. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14-18
- Goldstein, J. (2012). Play in children’s development, health and well-being. Brussels: Toy Industries of Europe.
- UNICEF. (2018). Learning through play: Strengthening learning through play in early childhood education programmes. New York, NY: UNICEF.
- Koza, W. (2007). Managing an effective early childhood classroom. Huntington Beach, CA: Shell Educational Publishing.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes. Prof. Dr. Dra. Gunarti Dwi Lestari, M.Si. Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd. Dr. Suharti, S.Pd.I., M.Pd. Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menyimpulkan hakikat kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
- Menjelaskan hakikat Anak Usia Dini
- Menjelaskan prinsip pembelajaran Anak Usia Dini
- Mengidentifikasi karakteristik PAUD dan kurikulum PAUD
|
Kriteria:
Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab
|
|
Materi: Hakikat Anak Usia Dini. prinsip pembelajaran Anak Usia Dini Pustaka: Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children. Materi: Karakteristik PAUD dan Kurikulum PAUD Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Menyimpulkan hakikat kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
- Menjelaskan Hakikat anak usia dini
- Menjelaskan prinsip pembelajaran anak usia dini
- Mengidentifikasi karakteristik PAUD dan kurikulum PAUD
|
Kriteria:
Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 2 x 50 |
|
Materi: Hakikat anak usia dini, prinsip pembelajaran Anak Usia Dini Pustaka: Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children. Materi: Karakteristik PAUD dan Kurikulum PAUD Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami filosofi pendidikan Anak Usia Dini |
Mahasiswa mampu menganalisis penerapan kurikulum di lembaga PAUD |
Kriteria:
Aktivitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 2 x 50 |
|
Materi: Filosofi pendidikan Anak Usia Dini Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall. Materi: Penerapan kurikulum di lembaga PAUD Pustaka: E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami filosofi pendidikan Anak Usia Dini |
Mahasiswa mampu menganalisis penerapan kurikulum di lembaga PAUD |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi, tanya jawab 2 x 50 |
|
Materi: Filosofi pendidikan Anak Usia Dini Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall. Materi: Penerapan kurikulum di lembaga PAUD Pustaka: E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami model-model penyusunan kurikulum |
Mahasiswa mampu mensintesa model penyusunan kurikulum : Tyler, Lewis, Oliva |
Kriteria:
Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Model penyusunan kurikulum: Tyler, Lewis, Oliva Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami model-model penyusunan kurikulum |
Mahasiswa mampu mensintesa model penyusunan kurikulum : Tyler, Lewis, Oliva |
Kriteria:
Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Model penyusunan kurikulum: Tyler, Lewis, Oliva Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami perencanaan penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
Mahasiswa mampu mendesain kuriulum PAUD |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Visi-misi tujuan analisis siswa pengetahuan, sikap, keterampilan, desain struktur Pustaka: 8. Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children. Materi: Visi-misi tujuan analisis siswa pengetahuan, sikap, keterampilan, desain struktur Pustaka: Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi kajian dan pengembangan kurikulum AUD dari pertemuan 1-7 |
Mahasiswa mampu mendesain kurikulum PAUD |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: D. Oliva, Peter F. 1992. Developing The Curriculum. New York : Harper Colins Publishers. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menguasai penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
Penyusunan kurikulum PAUD |
Kriteria:
Penilaian hasil projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Langkah-langkah penyusunan kurikulum need assesment, SWOT, analysis, penentuan tujuan, konten, aktivity, dan evaluasi Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall. |
8% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
Memahami langkah-langkah penyusunan kurikulum |
Kriteria:
Penilaian hasil projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Langkah-langkah penyusunan kurikulum need assesment, SWOT, analysis, penentuan tujuan, konten, aktivity, dan evaluasi Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall. |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
Memahami langkah-langkah penyusunan kurikulum |
Kriteria:
Penilaian hasil projek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Luring 2 x 50 |
|
Materi: Langkah-langkah penyusunan kurikulum need assesment, SWOT, analysis, penentuan tujuan, konten, aktivity, dan evaluasi Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menguasai implementasi kurikulum pendidikan Anak Usia Dini |
Menyusun perangkat kurikulum Anak Usia Dini |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Observasi Program di lapangan diskusi 2 x 50 |
Materi: Menguasai implementasi kurikulum pendidikan anak usia dini Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menguasai implementasi kurikulum pendidikan Anak Usia Dini |
Menyusun perangkat kurikulum Anak Usia Dini |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Observasi Program di lapangan diskusi 2 x 50 |
Materi: Menguasai implementasi kurikulum pendidikan anak usia dini Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menguasai Pengembangan Pembelajaran AUD yang Inovatif |
Menyusun perangkat pembelajaran AUD yang inovatif |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus 2 X 50 |
|
Materi: Menguasai perangkat kurikulum Anak Usia Dini yang Inovatif Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menguasai strategi pembelajaran berbasis perkembangan anak |
Menyusun strategi pembelajaran berbasis perkembangan anak |
Kriteria:
Hasil proyek kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL, Diskusi, Simulasi 2 x 50 |
|
Materi: Menguasai strategi pembelajaran berbasis perkembangan anak Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa memahami dan menguasai seluruh materi pengembangan kurikulum dan pembelajaran AUD |
Mahasiswa mampu mendesain evaluasi kurikulum |
Kriteria:
Hasil produk Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Slamet Suyanto. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. |
8% |