Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran AUD

8610705023

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=8.96

1

2 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Pd. dan Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.




Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.




RUQOYYAH FITRI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)

PLO-7

Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menunjurkan sikap bertanggungjawab dalam mengkaji dan mengembangkan Kurikulum PAUD secara mandiri dan profesional.

PO - 2

CPMK-P: Mampu menerapkan, pemikiran, logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam mengkaji dan mengembangkan kurikulum PAUD yang dilandasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku.

PO - 3

CPMK-KK: Mampu mengembangkan kurikulum di satuan PAUD yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa.

PO - 4

CPMK-P: Mampu menganalisis kurikulum di satuan PAUD yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-7
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman komprehensif mengenai konsep, prinsip, kebijakan, dan praktik pengembangan kurikulum serta pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Fokus utama meliputi analisis kebutuhan perkembangan anak, perencanaan kurikulum berbasis perkembangan, desain pembelajaran yang holistik, integratif, serta kontekstual, dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran berbasis asesmen autentik. Selain itu, mata kuliah ini juga mengintegrasikan kebijakan kurikulum terkini yang menekankan pentingnya pembelajaran mendalam (deep learning) untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif sejak dini, serta pengenalan berpikir komputasional (computational thinking) melalui kegiatan bermain dan eksplorasi berbasis proyek yang relevan dengan dunia anak. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengadaptasi prinsip-prinsip inovasi kurikulum agar mampu menumbuhkan kompetensi literasi dasar, literasi digital, literasi budaya, serta kecakapan abad ke-21. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum serta pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan anak usia dini, berpijak pada teori perkembangan, kajian pedagogis, serta tuntutan kebijakan pendidikan nasional dan global. Mahasiswa juga didorong untuk mengembangkan inovasi praktik pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada penguatan resiliensi anak, pembelajaran yang bermakna, serta pengembangan potensi sesuai konteks sosial-budaya. Ruang lingkup mencakup kajian teoritis dan praktis tentang pendekatan kurikulum PAUD, model dan strategi pembelajaran, pengembangan materi, asesmen autentik, integrasi teknologi pendidikan anak usia dini, serta isu-isu kontemporer seperti kurikulum Merdeka Belajar, pembelajaran mendalam, berpikir komputasional, dan inovasi kurikulum berbasis penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. Marjorie J. Kostelnik, Anne K. Soderman, Alice Phipps Whiren. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Depelopmentally Appropriate Practices) Terjemahan Edisi ke-5. Jakarta: Kencana.
  2. Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
  3. Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.
  4. D. Oliva, Peter F. 1992. Developing The Curriculum. New York : Harper Colins Publishers.
  5. E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK.
  6. Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
  7. Puckett, M. B., Black, J. K., Whittmer, D. S., & Petersen, S. H. 2008. The young child: Development from pre[1]birth through age eight. (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  8. Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
  9. Hughes, F. P.(2009). Children, play, and development. (4th ed.). Boston: Sage Publications Inc.
  10. Puckett, M. B., & Black, J. K. 2007. Meaningful assessments of the young child: Celebrating development and learning. (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  11. Bredekamp, S., & Copple, C. 2010.Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. (3rd ed.). Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
  12. Slamet Suyanto. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  13. Head Start Bureau, U.S. Department of Health and Human Services. 2004, March. Establishing a Research Agenda for American Indian and Alaska Native Head Start Programs. Washington, DC: ORC Macro. Retrieved January 5, 2006.
  14. Gordon, A. M., & Browne, K. W. (2011). Beginnings & beyond: Foundations in early childhood education (8th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning.
  15. McLachlan, C., Fleer, M., & Edwards, S. (2010). Early childhood curriculum: Planning, assessment, and implementation. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
  16. Freeman, N. K., Decker, C. A., & Decker, J. R. (2013). Planning and administering early childhood programs (10th ed., Pearson new international ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.
  17. Van Hoorn, J., Nourot, P. M., Scales, B., & Alward, K. R. (2014). Play at the center of the curriculum (5th ed.). Harlow, England: Pearson Education Limited.

Pendukung :

  1. Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
  2. Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan penyusunan kegiatan pembelajaran berbasis literasi sebagai implementasi kurikulum merdeka pada guru paud di kecamatan prigen. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14-18
  3. Goldstein, J. (2012). Play in children’s development, health and well-being. Brussels: Toy Industries of Europe.
  4. UNICEF. (2018). Learning through play: Strengthening learning through play in early childhood education programmes. New York, NY: UNICEF.
  5. Koza, W. (2007). Managing an effective early childhood classroom. Huntington Beach, CA: Shell Educational Publishing.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes.

Prof. Dr. Dra. Gunarti Dwi Lestari, M.Si.

Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Dr. Ruqoyyah Fitri, S.Ag., M.Pd.

Dr. Suharti, S.Pd.I., M.Pd.

Dr. Yes Matheos Lasarus Malaikosa, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menyimpulkan hakikat kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Menjelaskan hakikat Anak Usia Dini
  2. Menjelaskan prinsip pembelajaran Anak Usia Dini
  3. Mengidentifikasi karakteristik PAUD dan kurikulum PAUD
Kriteria:

Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab

Materi: Hakikat Anak Usia Dini. prinsip pembelajaran Anak Usia Dini
Pustaka: Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.

Materi: Karakteristik PAUD dan Kurikulum PAUD
Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
2%

2

Minggu ke 2

Menyimpulkan hakikat kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

  1. Menjelaskan Hakikat anak usia dini
  2. Menjelaskan prinsip pembelajaran anak usia dini
  3. Mengidentifikasi karakteristik PAUD dan kurikulum PAUD
Kriteria:

Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
2 x 50

Materi: Hakikat anak usia dini, prinsip pembelajaran Anak Usia Dini
Pustaka: Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.

Materi: Karakteristik PAUD dan Kurikulum PAUD
Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami filosofi pendidikan Anak Usia Dini

Mahasiswa mampu menganalisis penerapan kurikulum di lembaga PAUD

Kriteria:

Aktivitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
2 x 50

Materi: Filosofi pendidikan Anak Usia Dini
Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.

Materi: Penerapan kurikulum di lembaga PAUD
Pustaka: E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK.
2%

4

Minggu ke 4

Memahami filosofi pendidikan Anak Usia Dini

Mahasiswa mampu menganalisis penerapan kurikulum di lembaga PAUD

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
2 x 50

Materi: Filosofi pendidikan Anak Usia Dini
Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.

Materi: Penerapan kurikulum di lembaga PAUD
Pustaka: E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami model-model penyusunan kurikulum

Mahasiswa mampu mensintesa model penyusunan kurikulum : Tyler, Lewis, Oliva

Kriteria:

Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2 x 50

Materi: Model penyusunan kurikulum: Tyler, Lewis, Oliva
Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami model-model penyusunan kurikulum

Mahasiswa mampu mensintesa model penyusunan kurikulum : Tyler, Lewis, Oliva

Kriteria:

Keaktifan dalam memberikan ide/gagasan/solusi dengan merujuk pada teori/ hasil penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2 x 50

Materi: Model penyusunan kurikulum: Tyler, Lewis, Oliva
Pustaka: Hendrick, J. 2010. Total learning: Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami perencanaan penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Mahasiswa mampu mendesain kuriulum PAUD

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
2 x 50

Materi: Visi-misi tujuan analisis siswa pengetahuan, sikap, keterampilan, desain struktur
Pustaka: 8. Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.

Materi: Visi-misi tujuan analisis siswa pengetahuan, sikap, keterampilan, desain struktur
Pustaka: Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children's learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu memahami dan menguasai materi kajian dan pengembangan kurikulum AUD dari pertemuan 1-7

Mahasiswa mampu mendesain kurikulum PAUD

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: D. Oliva, Peter F. 1992. Developing The Curriculum. New York : Harper Colins Publishers.
15%

9

Minggu ke 9

Menguasai penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Penyusunan kurikulum PAUD

Kriteria:

Penilaian hasil projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2 x 50

Materi: Langkah-langkah penyusunan kurikulum need assesment, SWOT, analysis, penentuan tujuan, konten, aktivity, dan evaluasi
Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
8%

10

Minggu ke 10

Menguasai penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Memahami langkah-langkah penyusunan kurikulum

Kriteria:

Penilaian hasil projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2 x 50

Materi: Langkah-langkah penyusunan kurikulum need assesment, SWOT, analysis, penentuan tujuan, konten, aktivity, dan evaluasi
Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
10%

11

Minggu ke 11

Menguasai penyusunan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Memahami langkah-langkah penyusunan kurikulum

Kriteria:

Penilaian hasil projek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
2 x 50

Materi: Langkah-langkah penyusunan kurikulum need assesment, SWOT, analysis, penentuan tujuan, konten, aktivity, dan evaluasi
Pustaka: Wortham, S. C. 2010. Early childhood curiculum: Developmental bases for learing and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
10%

12

Minggu ke 12

Menguasai implementasi kurikulum pendidikan Anak Usia Dini

Menyusun perangkat kurikulum Anak Usia Dini

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Observasi Program di lapangan diskusi
2 x 50
Materi: Menguasai implementasi kurikulum pendidikan anak usia dini
Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
5%

13

Minggu ke 13

Menguasai implementasi kurikulum pendidikan Anak Usia Dini

Menyusun perangkat kurikulum Anak Usia Dini

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Observasi Program di lapangan diskusi
2 x 50
Materi: Menguasai implementasi kurikulum pendidikan anak usia dini
Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
5%

14

Minggu ke 14

Menguasai Pengembangan Pembelajaran AUD yang Inovatif

Menyusun perangkat pembelajaran AUD yang inovatif

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
2 X 50

Materi: Menguasai perangkat kurikulum Anak Usia Dini yang Inovatif
Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
5%

15

Minggu ke 15

Menguasai strategi pembelajaran berbasis perkembangan anak

Menyusun strategi pembelajaran berbasis perkembangan anak

Kriteria:

Hasil proyek kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL, Diskusi, Simulasi
2 x 50

Materi: Menguasai strategi pembelajaran berbasis perkembangan anak
Pustaka: Armstrong, T. 2009. Multiple inteligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa memahami dan menguasai seluruh materi pengembangan kurikulum dan pembelajaran AUD

Mahasiswa mampu mendesain evaluasi kurikulum

Kriteria:

Hasil produk


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Slamet Suyanto. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
8%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 29%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 48%
3. Tes 23%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.