
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fungsi Khusus untuk Fisika |
4520104274 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
20 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Nugrahani Primary Putri
|
Nugrahani Primary Putri
|
MUNASIR |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru |
PLO-8 |
Mengkomunikasikan gagasan dan / atau hasil penelitian mereka dalam bentuk penulisan akademis dan berbicara secara efektif. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial biasa, deret Fourier, fungsi khusus, dan persamaan diferensial parsial dalam konteks fisika.
|
PO - 2 |
Menggunakan Python untuk melakukan perhitungan numerik, simulasi, dan visualisasi dalam pemodelan fenomena fisika.
|
PO - 3 |
Menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial dan fungsi khusus, baik secara analitik maupun numerik.
|
PO - 4 |
Menyusun laporan akademik tertulis dan presentasi lisan mengenai pemodelan fisika berbasis persamaan diferensial dengan dukungan komputasi Python.
|
PO - 5 |
Menunjukkan sikap mandiri, kolaboratif, dan bertanggung jawab dalam diskusi, kerja kelompok, dan penyelesaian tugas proyek terkait materi kuliah.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | | PO-1 | | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ | | PO-5 | ✔ | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | ✔ | | | | | PO-3 | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep matematis lanjutan yang digunakan dalam penyelesaian berbagai permasalahan fisika, meliputi persamaan diferensial biasa, deret Fourier, fungsi khusus, dan persamaan diferensial parsial. Pembelajaran dilengkapi dengan penggunaan software Python (NumPy, SciPy, Matplotlib, SymPy) untuk menyelesaikan perhitungan numerik, pemodelan, serta visualisasi. Mahasiswa akan dilatih untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam memodelkan fenomena fisika melalui pendekatan matematis dan komputasi, serta mengkomunikasikan hasil analisis secara efektif, baik lisan maupun tulisan akademik. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
|
Pendukung : |
|
- Newman, M. 2024. Computational Physics with Python.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Fitriana, S.Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial biasa serta menerapkannya dalam penyelesaian masalah fisika. |
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar persamaan diferensial biasa dan penerapannya dalam fisika. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Pengenalan persamaan diferensial biasa: definisi, jenis, dan contoh dalam fisika., Deret Fourier: konsep, koefisien Fourier, dan aplikasi dalam analisis gelombang., Fungsi khusus: pengenalan fungsi Bessel, Legendre, dan Hermite., Persamaan diferensial parsial: klasifikasi dan contoh dalam fisika (misalnya, persamaan Laplace, persamaan gelombang). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial biasa, baik secara analistik maupun numerik |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial biasa. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Pengenalan persamaan diferensial biasa: definisi, jenis, dan contoh dalam fisika., Deret Fourier: konsep, koefisien Fourier, dan aplikasi dalam analisis gelombang., Fungsi khusus: pengenalan fungsi Bessel, Legendre, dan Hermite., Persamaan diferensial parsial: klasifikasi dan contoh dalam fisika (misalnya, persamaan Laplace, persamaan gelombang). Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Menggunakan Python untuk menyelesaikan ODE secara numerik dengan metode Euler dan Runge-Kutta. |
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk menyelesaikan ODE secara numerik. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Phyton programming for physics. Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis secara kritis konsep deret Fourier dalam konteks fisika |
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan fisika menggunakan konsep deret Fourier. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Deret Fourier Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep deret Fourier |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan deret Fourier |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Deret Fourier Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Menggunakan Python untuk menghitung dan memvisualisasikan deret Fourier. |
Mahasiswa dapat menggunakan software phyton untuk memvisualisasikan deret Fourier |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Phyton programming for physics Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menganalisis secara kritis fungsi khusus (Gamma, Beta, Bessel, Legendre, Hermite, Laguerre) dan aplikasinya dalam fisika. |
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan Fisika menggunakan salah satu fungsi khusus. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Fungsi Khusus: Fungsi Gamma dan Beta Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat menganalisis dan menyelesaikan permasalahan Fisika dengan pendekatan ODE dan deret Fourier. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan semua soal yang diberikan |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 x 50 menit |
UTS 2 x 50 menit |
Materi: ODE dan deret Fourier Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis secara kritis konsep fungsi khusus (Legendre, Bessel, Hermite) dalam konsteks fisika |
Mahasiswa dapat menyelesaikan soal dengan konsep fungsi khusus (Legendre, Bessel, Hermite) |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Fungsi Khusus: Legendre, Bessel, Hermite Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan Fisika dengan pendekatan fungsi khusus, baik secara analitik maupun numerik. |
Mahasiswa dapat menyelesaikan soal Fisika terkait fungsi khusus. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Fungsi Khusus Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis secara kritis konsep persamaan diferensial parsial dalam konteks fisika |
Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan fisika menggunakan konsep persamaan diferensial parsial. |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Persamaan Diferensial Parsila Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial parsial |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dengan pendekatan persamaan diferensial parsial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Persamaan diferensial parsial Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk perhitungan numerik dan simulasi terkait fungsi khusus dan persamaan diferensial parsial |
Mahasiswa dapat menggunakan Phyton untuk perhitungan numerik dan simulasi terkait fungsi khusus dan persamaan diferensial parsial |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Diskusi dan penugasan 4 x 50 menit |
Materi: Phyton programming for physics Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun laporan tertulis hasil pemodelan fisika dengan Python dan mempresentasikannya. |
Mahasiswa dapat membuat laporan tertulis dan mempresentasikan hasil pemodelan fisika dengan phyton |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi 4 x 50 menit |
Presentasi 4 x 50 menit |
Materi: Programming with phyton Pustaka: Newman, M. 2024. Computational Physics with Python. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
- Menunjukkan kemandirian dalam menyelesaikan tugas individu
- Berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok pemodelan fisika.
- Bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek Python bersama.
|
Mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kerja kelompok 4 x 50 menit |
Kerja kelompok 4 x 50 menit |
Materi: PDB, deret Fourier, Fungsi khusus, PDP Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi khusus dan persamaan diferensial khusus |
Mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika menggunakan konsep fungsi khusus dan persamaan diferensial khusus |
Kriteria:
Mahasiswa bisa mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 x 50 menit |
UAS 2 x 50 menit |
Materi: Fungsi Khusus dan PDP Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
25% |