Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Governansi dan Pembangunan

6320103664

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

1 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA., Muhammad Farid Ma‘ruf, S.Sos., MAP.




Muhammad Farid Ma‘ruf, S.Sos., MAP.




EVA HANY FANIDA

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Menguasai konsep pelayanan publik, governansi dan pembangunan, pemerintahan daerah, serta governansi digital.

PLO-9

Mampu mentransformasi aktivitas, berkomunikasi, dan mengambil keputusan dalam berorganisasi dan bermasyarakat berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

PLO-13

Mampu mengorganisasikan kegiatan pelayanan publik dan pembangunan, baik organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang memenuhi kepentingan publik yang berintegritas.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep governansi dalam konteks pembangunan daerah (C3)

PO - 2

Mengevaluasi efektivitas model governansi digital dalam pembangunan (C5)

PO - 3

Menciptakan strategi kolaborasi multi-pihak untuk pembangunan inklusif (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-9PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan konsep governansi dan manajemen pembangunan, berbagai teori dasar governasi, struktur dan organisasi governansi, stakeholder dalam pembangunan, serta teori dasar dan konsep dari perencanaan dan kinerja pembangunan dalam tantangan dan masa depan governansi. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, kuiz, studi kasus dan pembelajaran berbasis masalah.

Pustaka

Utama :

  1. Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781800371972
  2. Willis, K. (2021). Theories and practices of development. (3rd ed.). Routledge
  3. Bawole, N. J., Hossain, F., Ghalib, K. A., Rees, J. C., & Mamman, A. (Eds.). (2017). Development Management Theory and practice. Routledge. www.routledge.com/
  4. Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/10.1007/978-1-137-53245-9
  5. Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/10.1108/CG-07-2014-0077
  6. Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer
  7. Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.
  8. Jan Nederveen Pieterse. (2010). Development theory: deconstructions/reconstructions. Sage Publication

Pendukung :

  1. Mabogunje, L. A. (2016). The Development Process: A spatial perspective (Vol. 14). Routledge.
  2. Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.

Dosen Pengampu

Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP.

Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA.

Dr. Ajie Hanif Muzaqi, S.AP., M.AP.

M.Noer Falaq Al Amin, S.I.P., M.K.P.

Adam Jamal, S.I.P., M.P.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan konsep governansi dan manajemen pembangunan

Mahasiswa Mampu Ketepatan analisis untuk menjelaskan konsep governansi dalam pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis untuk menjelaskan konsep governansi dalam pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Tanya Jawab
3 x 50

Materi: Definisi dan terminologi kunci Governansi dan manajemen pembangunan
Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/......
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menjelaskan berbagai teori dasar governansi model dan studi kasus

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan komunikasi dalam menjelaskan berbagai teori dasar governansi dan studi kasus

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan komunikasi dalam menjelaskan berbagai teori dasar governansi dan studi kasus


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi

Materi: Teori dasar governansi '
Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/......

Materi: Model-model governansi
Pustaka: Willis, K. (2021). Theories and practices of development. (3rd ed.). Routledge
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menjelaskan konsep-konsep yang mendasari governansi dan pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan konsep-konsep yang mendasari governansi dan pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan konsep-konsep yang mendasari governansi dan pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
3 x 50

Materi: Public Participation
Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/...

Materi: Deliberative Policy
Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/...
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menjelaskan Theoretical Modes of Governance Analysis

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan Theoretical Modes of Governance Analysis

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan Theoretical Modes of Governance Analysis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
3 x 50

Materi: Information based governance theory
Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/...
5%

5

Minggu ke 5

Mampu mengemukakan bentuk-bentuk Governansi

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan mengemukakan bentuk-bentuk Governansi

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan mengemukakan bentuk-bentuk Governansi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab
3 x 50

Materi: Democratic network governance
Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/...
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menguraikan struktur dan organisasi dalam governansidan manajemen pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menguraikan struktur dan organisasi dalam governansidan manajemen pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan Tanya Jawab
3 x 50

Materi: Hubungan antar lembaga dalam governance
Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/...
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengkasifikasik an peran stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen Pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan mengkasifikasik an peran stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen Pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan mengkasifikasik an peran stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen Pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi kelompok
3 x 50

Materi: Identifikasi dan peran stakeholder 10 Partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan
Pustaka: Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Evaluasi Sumatif: Ketepatan analisis untuk menjelaskan Konsep dasar governansi dan Pembangunan, teori dasar governansi dan pembangunan, konsep-konsep yang mendasari governansi dan Pembangunan Theoretical Modes of Governance Analysis; menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan dan mengklasifikasikan peran Stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen pembangunan

Kriteria:

Evaluasi Sumatif: Ketepatan analisis untuk menjelaskan Konsep dasar governansi dan Pembangunan, teori dasar governansi dan pembangunan, konsep-konsep yang mendasari governansi dan Pembangunan Theoretical Modes of Governance Analysis; menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan dan mengklasifikasikan peran Stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

Evaluasi Sumatif:
Ketepatan analisis untuk menjelaskan Konsep dasar governansi dan Pembangunan, teori dasar governansi dan pembangunan, konsep-konsep yang mendasari governansi dan Pembangunan Theoretical Modes of Governance Analysis; menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan dan mengklasifikasikan
peran Stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen pembangunan
100 Menit
Materi: Ujian Tengah Semester
Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/...
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menelaah Kebijakan Publik dan Perencanaan Pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah kebijakan publik dalam perencanaan pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah kebijakan publik dalam perencanaan pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Quiz
3 X 50

Materi: Dampak kebijakan terhadap pembangunan
Pustaka: Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/...
5%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami Manajemen Proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan

Mahasiswa mampu Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi Kelompok
3 x 50

Materi: Siklus hidup proyek pembangunan
Pustaka: Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami Manajemen Proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan

Mahasiswa mampu Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi Kelompok
3 x 50

Materi: Manajemen risiko dalam proyek pembangunan
Pustaka: Mabogunje, L. A. (2016). The Development Process: A spatial perspective (Vol. 14). Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengklasifikasi Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan mengklasifikasi pengukuran dan evaluasi kinerja pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan mengklasifikasi pengukuran dan evaluasi kinerja pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
3 x 50

Materi: Indikator kinerja utama (KPI) dalam pembangunan
Pustaka: Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menelaah manajemen risiko dalam pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah manajemen risiko dalam pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah manajemen risiko dalam pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi kelompok
3 x 50

Materi: Studi kasus manajemen risiko dalam pembangunan
Pustaka: Jan Nederveen Pieterse. (2010). Development theory: deconstructions/reconstructions. Sage Publication
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi kelompok
3 x 50

Materi: Introduction sustainable development
Pustaka: Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan

Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan

Kriteria:

Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi kelompok
3 x 50

Materi: Introduction sustainable development
Pustaka: Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes

Evaluasi Sumatif:
Ketepatan analisis untuk menelaah Kebijakan, perencanaan dan penganggaran Pembangunan; memahami manajemen Proyek dalam governance dan manajemen
pembangunan; mengklasifikasi pengukuran dan evaluasi kinerja pembangunan; menelaah manajemen risiko dalam pembangunan; dan menganalisis tantangan dan masa depan governansi dan pembangunan
100
Materi: Ujiah Akhir Semester
Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/...
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 80%
2. Tes 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.