
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Governansi dan Pembangunan |
6320103664 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
1 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA., Muhammad Farid Ma‘ruf, S.Sos., MAP.
|
Muhammad Farid Ma‘ruf, S.Sos., MAP.
|
EVA HANY FANIDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Menguasai konsep pelayanan publik, governansi dan pembangunan, pemerintahan daerah, serta governansi digital. |
PLO-9 |
Mampu mentransformasi aktivitas, berkomunikasi, dan mengambil keputusan dalam berorganisasi dan bermasyarakat berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
PLO-13 |
Mampu mengorganisasikan kegiatan pelayanan publik dan pembangunan, baik organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang memenuhi kepentingan publik yang berintegritas. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan konsep governansi dalam konteks pembangunan daerah (C3)
|
PO - 2 |
Mengevaluasi efektivitas model governansi digital dalam pembangunan (C5)
|
PO - 3 |
Menciptakan strategi kolaborasi multi-pihak untuk pembangunan inklusif (C6)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-7 | PLO-9 | PLO-13 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan konsep governansi dan manajemen pembangunan, berbagai teori dasar governasi, struktur dan organisasi governansi, stakeholder dalam pembangunan, serta teori dasar dan konsep dari perencanaan dan kinerja pembangunan dalam tantangan dan masa depan governansi. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, kuiz, studi kasus dan pembelajaran berbasis masalah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781800371972
- Willis, K. (2021). Theories and practices of development. (3rd ed.). Routledge
- Bawole, N. J., Hossain, F., Ghalib, K. A., Rees, J. C., & Mamman, A. (Eds.). (2017). Development Management Theory and practice. Routledge. www.routledge.com/
- Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/10.1007/978-1-137-53245-9
- Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/10.1108/CG-07-2014-0077
- Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer
- Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.
- Jan Nederveen Pieterse. (2010). Development theory: deconstructions/reconstructions. Sage Publication
|
Pendukung : |
|
- Mabogunje, L. A. (2016). The Development Process: A spatial perspective (Vol. 14). Routledge.
- Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge.
|
Dosen Pengampu
|
Muhammad Farid Ma'ruf, S.Sos., M.AP. Deby Febriyan Eprilianto, S.Sos., MPA. Dr. Ajie Hanif Muzaqi, S.AP., M.AP. M.Noer Falaq Al Amin, S.I.P., M.K.P. Adam Jamal, S.I.P., M.P.A. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menjelaskan konsep governansi dan manajemen pembangunan |
Mahasiswa Mampu Ketepatan analisis untuk menjelaskan konsep governansi dalam pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis untuk menjelaskan konsep governansi dalam pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Tanya Jawab 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan terminologi kunci Governansi dan manajemen pembangunan Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/...... |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menjelaskan berbagai teori dasar governansi model dan studi kasus |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan komunikasi dalam menjelaskan berbagai teori dasar governansi dan studi kasus |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan komunikasi dalam menjelaskan berbagai teori dasar governansi dan studi kasus Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi
|
|
Materi: Teori dasar governansi ' Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/...... Materi: Model-model governansi Pustaka: Willis, K. (2021). Theories and practices of development. (3rd ed.). Routledge |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menjelaskan konsep-konsep yang mendasari governansi dan pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan konsep-konsep yang mendasari governansi dan pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan konsep-konsep yang mendasari governansi dan pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Public Participation Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/... Materi: Deliberative Policy Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menjelaskan Theoretical Modes of Governance Analysis |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan Theoretical Modes of Governance Analysis |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menjelaskan Theoretical Modes of Governance Analysis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Information based governance theory Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mengemukakan bentuk-bentuk Governansi |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan mengemukakan bentuk-bentuk Governansi |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan mengemukakan bentuk-bentuk Governansi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab 3 x 50 |
|
Materi: Democratic network governance Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menguraikan struktur dan organisasi dalam governansidan manajemen pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menguraikan struktur dan organisasi dalam governansidan manajemen pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan Tanya Jawab 3 x 50 |
|
Materi: Hubungan antar lembaga dalam governance Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengkasifikasik an peran stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan mengkasifikasik an peran stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan mengkasifikasik an peran stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi kelompok 3 x 50 |
|
Materi: Identifikasi dan peran stakeholder 10 Partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan Pustaka: Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Evaluasi Sumatif: Ketepatan analisis untuk menjelaskan Konsep dasar governansi dan Pembangunan, teori dasar governansi dan pembangunan, konsep-konsep yang mendasari governansi dan Pembangunan Theoretical Modes of Governance Analysis; menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan dan mengklasifikasikan peran Stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen pembangunan |
Kriteria:
Evaluasi Sumatif: Ketepatan analisis untuk menjelaskan Konsep dasar governansi dan Pembangunan, teori dasar governansi dan pembangunan, konsep-konsep yang mendasari governansi dan Pembangunan Theoretical Modes of Governance Analysis; menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan dan mengklasifikasikan peran Stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
Evaluasi Sumatif:
Ketepatan analisis untuk menjelaskan Konsep dasar governansi dan Pembangunan, teori dasar governansi dan pembangunan, konsep-konsep yang mendasari governansi dan Pembangunan Theoretical Modes of Governance Analysis; menguraikan struktur dan organisasi dalam governansi dan manajemen pembangunan dan mengklasifikasikan
peran Stakeholder dan aktor dalam governansi dan manajemen pembangunan 100 Menit |
Materi: Ujian Tengah Semester Pustaka: Turner, M., Hulme, D., & McCourt, W. (2015). Governance, Management and Development. In Governance, Management and Development. Macmillan Education UK. https://doi.org/... |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu menelaah Kebijakan Publik dan Perencanaan Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah kebijakan publik dalam perencanaan pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah kebijakan publik dalam perencanaan pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Quiz 3 X 50 |
|
Materi: Dampak kebijakan terhadap pembangunan Pustaka: Lenssen, J. J., Dentchev, N. A., & Roger, L. (2014). Sustainability, Risk management and governance: towards an integrative approach. Corporate Governance (Bingley), 14(5), 670–684. https://doi.org/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu memahami Manajemen Proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan |
Mahasiswa mampu Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi Kelompok 3 x 50 |
|
Materi: Siklus hidup proyek pembangunan Pustaka: Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami Manajemen Proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan |
Mahasiswa mampu Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan memahami manajemen proyek dalam governansi dan manajemen pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi Kelompok 3 x 50 |
|
Materi: Manajemen risiko dalam proyek pembangunan Pustaka: Mabogunje, L. A. (2016). The Development Process: A spatial perspective (Vol. 14). Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengklasifikasi Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan mengklasifikasi pengukuran dan evaluasi kinerja pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan mengklasifikasi pengukuran dan evaluasi kinerja pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 3 x 50 |
|
Materi: Indikator kinerja utama (KPI) dalam pembangunan Pustaka: Osborne, S.P (Ed.). (2010). The New Public Governance? Emerging Perspectiveon the Theory and Practice of Public Governance. London: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu menelaah manajemen risiko dalam pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah manajemen risiko dalam pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menelaah manajemen risiko dalam pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi kelompok 3 x 50 |
|
Materi: Studi kasus manajemen risiko dalam pembangunan Pustaka: Jan Nederveen Pieterse. (2010). Development theory: deconstructions/reconstructions. Sage Publication |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi kelompok 3 x 50 |
|
Materi: Introduction sustainable development Pustaka: Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan kemampuan menganalisis tantangan dan masa depan Governansi dalam Pembangunan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi kelompok 3 x 50 |
|
Materi: Introduction sustainable development Pustaka: Aven, T., & Renn, O. (2010). Risk Management and Governance: Concepts, Guidelines and Applications (Vol. 16). Springer |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
Evaluasi Sumatif:
Ketepatan analisis untuk menelaah Kebijakan, perencanaan dan penganggaran Pembangunan; memahami manajemen Proyek dalam governance dan manajemen
pembangunan; mengklasifikasi pengukuran dan evaluasi kinerja pembangunan; menelaah manajemen risiko dalam pembangunan; dan menganalisis tantangan dan masa depan governansi dan pembangunan 100 |
Materi: Ujiah Akhir Semester Pustaka: Ansell, C., & Torfing, J. (Eds.). (2022). Handbook on Theories of Governance. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/... |
15% |