
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Transformasi Digital |
5720103149 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Anggraeni Widya Purwita
|
.......................................
|
I KADEK DWI NURYANA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu mengaplikasikan keahlian, teknik, dan alat terkini pada bidang teknologi informasi, serta merumuskan deskripsi hasil kajian dalam bentuk dokumen |
PLO-6 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep, model, dan tren transformasi digital dalam organisasi.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi, model bisnis, dan framework transformasi digital
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami teknologi pendukung, risiko, dan etika dalam transformasi digital
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu merancang solusi inovasi digital berbasis pendekatan kreatif
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-5 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Transformasi Digital membahas konsep, strategi, dan implementasi transformasi digital dalam konteks bisnis dan teknologi. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi digital mengubah model bisnis, proses operasional, dan pengalaman pelanggan. Ruang lingkup mencakup fondasi transformasi digital, teknologi pendukung seperti cloud computing, IoT, AI, dan big data, serta aspek manajemen perubahan, keamanan siber, dan etika digital. Mahasiswa akan mempelajari studi kasus nyata dan mengembangkan kemampuan analitis untuk akhirnya merancang strategi transformasi digital yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute
- Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers (2016)
- Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. (2014)
- Digital Transformation Strategies oleh Matt, C.; Hess, T.; Benlian, A (2015)
- Dynamic Capabilities and Strategic Management. Oxford University Press: Teece, D. J. (2018)
- The Digital Maturity Model 4.0. Forrester Research. Gill, M., & VanBoskirk, S. (2016)
- Digital Transformation Strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339–343.Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015).
- The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Schwab, K. (2017).
- Platform Revolution. Norton.Parker, G., Van Alstyne, M., & Choudary, S..(2016)
- The Ethics of Artificial Intelligence. Oxford University Press.Floridi, L. (2019).
- Design Thinking. Tim Brown. Harvard Business Review. (2009)
- Transformasi Ekosistem Digital. Apriyanto, Bagus PPP, Anggraeni WP. Sonpedia Publishing. (2025)
|
Pendukung : |
|
- Project Management Body of Knowledge 7th edition oleh Project Management Institute
|
Dosen Pengampu
|
Rahadian Bisma, S.Kom., M.Kom. Anggraeni Widya Purwita, M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar digitalisasi, perbedaan digitalisasi vs transformasi digital |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar digitalisasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan digitalisasi vs transformasi digital
|
Kriteria:
Diskusi interaktif, keaktifan selama diskusi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif dan diskusi 3 x 50 menit |
|
Materi: Definisi Transformasi Digital dan Best Practice Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers Materi: What is Digital Tranformation? Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan tren global Transformasi Digital |
- Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah TD
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan tren global TD
|
Kriteria:
- Partisipasi selama Diskusi sejarah dan tren di industri (E-Gov, Smart City, Digital Health, E-Commerce, dll)dikelas
- Laporan Kelompok terkait tren Transformasi Digital sesuai kriteria rubrik penilaian
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan Diskusi Interaktif, penugasan 3 x 50 menit |
|
Materi: Tren Global Transformasi Digital Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. Materi: Teknologi dan Inovasi dalam Transformasi Digital Pustaka: Transformasi Ekosistem Digital. Apriyanto, Bagus PPP, Anggraeni WP. Sonpedia Publishing. (2025) |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis Faktor pendorong & hambatan dalam TD |
- Mahasiswa mampu menganalisis faktor pendorong dalam TD
- Mahasiswa mampu menganalisis faktor penghambat dalam TD
|
Kriteria:
- Laporan Kelompok melakukan analisis SWOT & gap analysis
- Kuis
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Ceamah dan Diskusi kelompok diakhiri dengan kuis 3 x 50 menit |
|
Materi: SDM, Budaya organisasi, teknologi, dan regulasi dalam TD Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers Materi: SDM, Budaya organisasi, teknologi, dan regulasi dalam TD Pustaka: Digital Transformation Strategies oleh Matt, C.; Hess, T.; Benlian, A (2015) |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendefinisikan Digital Business Model |
- Mahasiswa mampu mendefinisikan Platform TD
- Mahasiswa mampu mendefinisikan ekosistem TD
- Mahasiswa mampu mendefinisikan servitilization dalam TD
|
Kriteria:
- Tugas kelompok Digital Business Model
- Presentasi Kelompok
- Tanya Jawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok terkait jenis Digital Business Model 3 x 50 menit |
|
Materi: Sustaining Momentum and Managing Change Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute Materi: Business Model Pustaka: Digital Transformation Strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339–343.Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015). |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi adaptasi organisasi dalam menghadapi transformasi digital berdasarkan studi kasus industri. |
- Mahasiswa mampu menjelaskan organizational agility
- Mahasiswa mampu menjelaskan Business Process Reengineering (BPR)
- Mahasiswa mampu menjelaskan Dynamic Capability dalam organisasi
|
Kriteria:
- Tanya Jawab selama pembelajaran
- Laporan analisis & Presentasi kelompok, serta diskusi strategi adaptasi organisasi apa saja.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah interaktif dan tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Transforming Operational Processes & Transforming Business Models Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. Materi: Dynamic Capabilities Pustaka: Dynamic Capabilities and Strategic Management. Oxford University Press: Teece, D. J. (2018) |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Framework transformasi digital |
- Mahasiswa mampu memahami Digital Maturity Model (MIT Sloan & Capgemini)
- Mahasiswa mampu menggunakan data untuk keputusan strategis.
|
Kriteria:
Partisipasi dalam diskusi selama pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah & Diskusi Interaktif 3 x 50 menit |
|
Materi: Framework Transformasi Digital Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. (2014) Materi: Digital Maturity Model Pustaka: The Digital Maturity Model 4.0. Forrester Research. Gill, M., & VanBoskirk, S. (2016) Materi: Dynamic Capability Pustaka: Digital Transformation Strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339–343.Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015). |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan Kasus sukses Transformasi Digital |
Mahasiswa mampu menjelaskan Kasus sukses dalam Transformasi Digital |
Kriteria:
Diskusi dari studi kasus (stratup, bank, pemerintah, dll) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi selama pembelajaran 3 x 50 menit |
|
Materi: Success Case TD Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. (2014) |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kasus gagal Transformasi Digital |
Mahasiswa mampu menjelaskan kasus gagal dalam TD |
Kriteria:
Diskusi studi kasus gagal (stratup, bank, pemerintah, dll) |
Diskusi interaktif selama pembelajaran 3x 50 menit |
|
Materi: Case studi dalam TD Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute Materi: Case study dalam TD Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers (2016) |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis teknologi pendukung dalam transformasi digital |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar teknologi pendukung TD
- Mahasiswa mampu menganalisis kelebihan dan keterbatasan teknologi dalam mendukung TD
- Mahasiswa dapat menyusun penerapan teknologi dalam TD
|
Kriteria:
keaktifan diskusi selama pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif 3 x 50 menit |
|
Materi: the role of technology in TD Pustaka: The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Schwab, K. (2017). |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami konsep Big Data & Analytics |
- Mahasiswa mampu memahami konsep Big Data & Analytics
- Mahasiswa mampu memahami big data dalam decision making
|
Kriteria:
Diskusi partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi selama pembelajaran 3 x 50 menit |
|
Materi: The role Technology in TD Pustaka: The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum. Schwab, K. (2017). |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi transformasi digital dalam konteks model bisnis dan ekosistem digital |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar platform business model (two-sided market, multi-sided platform).
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep network effect, winner-takes-all, dan coopetition dalam ekosistem digital.
- Mahasiswa mampu menganalisis strategi yang digunakan perusahaan berbasis platform (misalnya Gojek, Grab, Tokopedia).
|
Kriteria:
Hasil rumusan strategi transformasi digital Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah Interaktif dan Tugas 3 x 50 menit |
|
Materi: Platform revolution Pustaka: Platform Revolution. Norton.Parker, G., Van Alstyne, M., & Choudary, S..(2016) |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis risiko, etika, dan tata kelola dalam implementasi transformasi digital |
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar keamanan siber (cybersecurity principles).
- Mahasiswa mampu Memahami isu privasi data (GDPR, UU PDP Indonesia).
- Mahasiswa mampu Memahami isu etika AI (bias, fairness, transparency, accountability).
|
Kriteria:
Kuis Bentuk Penilaian : Tes |
Kuis Interaktif 3 x 50 menit |
|
Materi: Ethics of AI Pustaka: The Ethics of Artificial Intelligence. Oxford University Press.Floridi, L. (2019). |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang inovasi digital melalui pendekatan design thinking, ideasi, dan trend spotting sebagai dasar perumusan strategi transformasi digital. |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan design thinking (empathize, define, ideate, prototype, test).
- Mahasiswa mampu menguraikan konsep trend spotting (teknologi, sosial, ekonomi, regulasi).
|
Kriteria:
Tugas Analisis design thinking dan analisis trend spotting Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan diskusi interaktif, tugas 3 x 50 menit |
|
Materi: Design Thinking Pustaka: Design Thinking. Tim Brown. Harvard Business Review. (2009) |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu merancang proposal inovasi digital |
Mahasiswa mampu merancang proposal inovasi digital |
Kriteria:
Kelengkapan proposal sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas Kelompok membuat rancangan inovasi digital 3 x 50 menit |
|
Materi: The Future of Digital Transformation Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute Materi: The Future of Digital Transformation Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers Materi: The Future of Digital Transformation Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu merancang Finalisasi proposal inovasi digital |
Mahasiswa mampu membuat proposal inovasi digital |
Kriteria:
validasi, refinement, feasibility, dan check Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Peer review Tugas kelompok rancangan inovasi digital 3 x 50 menit |
|
Materi: The Future of Digital Transformation Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute Materi: The Future of Digital Transformation Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers Materi: The Future of Digital Transformation Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu melakukan Presentasi & mengevaluasi proposal hasil rancangan Inovasi Digital |
Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal inovasi digital |
Kriteria:
Presentasi laporan akhir inovasi digital Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok dan pemberian feed back hasil rancangan inovasi 1 x 60 menit |
|
Materi: Materi Pertemuan 1 -15 Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh Project Management Institute Materi: Materi Pertemuan 1 -15 Pustaka: Digital Transformation Playbook oleh David L. Rogers Materi: Materi Pertemuan 1 -15 Pustaka: Leading Digital: Turning Technology into Business oleh George Westerman, Didier Bonnet, dan Andrew McAfee. |
10% |