
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Futsal |
8520206719 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
5 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Afif Dwi Nugraha, S.Pd., M.Pd.
|
Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes
|
MUHAMMAD |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-13 |
Mampu melatih teknik, fisik, taktik, dan mental dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep dasar analisis performa dalam olahraga futsal.
|
PO - 2 |
Mengidentifikasi indikator performa kunci (KPI) futsal: teknik, taktik, fisik, dan psikologis.
|
PO - 3 |
Menggunakan teknologi analisis performa (Darfish).
|
PO - 4 |
Melakukan match analysis & training analysis secara sistematis.
|
PO - 5 |
Menyusun laporan evaluasi performa atlet dan tim futsal secara ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-9 | PLO-13 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | | PO-5 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | ✔ | | | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep, metode, dan keterampilan praktis dalam melakukan analisis performa atlet pada cabang olahraga futsal — meliputi aspek teknis, taktis, fisik, dan taksonomi statistik/perilaku permainan. Mahasiswa belajar merancang sistem observasi, mengumpulkan data pertandingan/training (video/manual/otomatis), menganalisis data kuantitatif dan kualitatif, serta menyusun rekomendasi pelatihan berdasarkan temuan analisis. Pendekatan memadukan teori performa dan aplikasi teknologi/perangkat lunak analisis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hughes, M., & Franks, I. (2004). Notational Analysis of Sport: Systems for Better Coaching and Performance in Sport. Routledge.
- Carling, C., Williams, A.M., & Reilly, T. (2008). Handbook of Soccer Match Analysis. Routledge.
- McGarry, T., O’Donoghue, P., & Sampaio, J. (2013). The Routledge Handbook of Sports Performance Analysis. Routledge.
- Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury.
- UEFA Futsal Coaching Manual. UEFA, 2013 & edisi terbaru.
|
Pendukung : |
|
- Bompa, T., & Haff, G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training.
- McArdle, Katch, & Katch (2015). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance.
- Faude, O., et al. (2012). “Physiological demands in futsal.” Sports Medicine
- Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences.
- Travassos, B., et al. (2016). “Performance Analysis in Team Sports: Advances and Challenges.” International Journal of Performance Analysis in Sport.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Drs. Arif Bulqini, M.Kes. Dr. I Dewa Made Aryananda Wijaya Kusuma, S.Pd., M.Or. Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes. Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes. Afif Dwi Nugraha, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami Pengantar Mata Kuliah & Dasar-Dasar Analisis Performa |
Silabus, penjelasan tujuan, metode, penilaian; pengantar performance analysis (definisi, sejarah, peran dalam kepelatihan) |
Kriteria:
Quiz awal (pre-test). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal.
|
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal. 4 x 50 menit |
Materi: Landasan Teori mempelajari Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Futsal Pustaka: Hughes, M., & Franks, I. (2004). Notational Analysis of Sport: Systems for Better Coaching and Performance in Sport. Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami Teori Performa & Domain Analisis (Teknis, Taktis, Fisik, Psikologis) |
Diskusi kasus futsal; membaca bab terpilih. |
Kriteria:
O'Donoghue / Performance Analysis textbooks Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal, demonstrasi, penugasan berbasis masalah (PBL).
|
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal, demonstrasi, penugasan berbasis masalah (PBL). 4 x 50 menit |
Materi: Teori Performa & Domain Analisis (Teknis, Taktis, Fisik, Psikologis) Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Metode Pengumpulan Data: Observasi, Notasi, Video |
Tugas praktikum: pembuatan instrumen observasi / lembar notasi. |
Kriteria:
Praktikum: Latihan membuat lembar notasi video sederhana. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Teknik notasi (manual), sampling, reliabilitas observasi.
|
Teknik notasi (manual), sampling, reliabilitas observasi. 4 x 50 |
Materi: Metode Pengumpulan Data: Observasi, Notasi, Video Pustaka: Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menggunakan Alat & Teknologi untuk Analisis (kamera, perangkat lunak, GPS) |
Analisis video kelompok: pengumpulan dan analisis data pertandingan. |
Kriteria:
Membuat lembar notasi sederhana (spreadsheet) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet)
|
Analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet) 4 x 50 |
Materi: Alat & Teknologi untuk Analisis (kamera, perangkat lunak, GPS) Pustaka: Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi. |
ugas praktikum: pembuatan instrumen observasi / lembar notasi. Analisis video kelompok: pengumpulan dan analisis data pertandingan. Laporan akhir individu: studi kasus rekomendasi pelatihan (methodologi & interpretasi). Presentasi & diskusi: kemampuan komunikasi hasil. |
Kriteria:
Hasil diskusi Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran demonstrasi, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok.
|
Pembelajaran demonstrasi, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok. 4 x 50 menit |
Materi: Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi. Pustaka: Bompa, T., & Haff, G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami dan melakukan Analisis Taktis (Formasi, Pergantian Posisi, Transisi) |
Observasi cuplikan video. |
Kriteria:
Praktikum / instrumen observasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi.
|
Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi. 4 x 50 menit |
Materi: Analisis Taktis (Formasi, Pergantian Posisi, Transisi) Pustaka: UEFA Futsal Coaching Manual. UEFA, 2013 & edisi terbaru. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan Analisis Fisik (profil intensitas, jarak, sprint, recovery) |
Memahami Indikator fisik relevan di futsal; profiling demands match. |
Kriteria:
Laporan akhir / studi kasus (individu) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah tatap, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), penugasan berbasis masalah (PBL).
|
Kuliah tatap, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), penugasan berbasis masalah (PBL). 4 x 50 menit |
Materi: Analisis Fisik (profil intensitas, jarak, sprint, recovery) Pustaka: Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan Analisis awal video pertandingan (praktik) |
Analisa Teknik, Taktik, Fisik dalam performa atlet cabang olahraga futsal |
Kriteria:
Ujian Tulis / Praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Kombinasi teori praktik.
|
Kombinasi teori praktik. 4 x 50 menit |
Materi: Analisis awal video pertandingan (praktik) Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mempelajari dan memahami KPI (Key Performance Indicators) Futsal |
Menentukan indikator performa sesuai posisi & strategi tim. |
Kriteria:
Hasil dari indikator performa sesuai posisi & strategi dalam tim Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok
|
Praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok 4 x 50 menit |
Materi: KPI (Key Performance Indicators) Futsal Pustaka: McArdle, Katch, & Katch (2015). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa bisa menguasai dan melakukan Pengolahan Data Kuantitatif (Statistik Dasar, Frekuensi, Efektivitas) |
diskusi grup, dan Olah data menggunakan Excel/Google Sheets. |
Kriteria:
Hasil dan laporan dari Olah data menggunakan Excel/Google Sheets. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah tatap simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
|
Kuliah tatap simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL). 4 x 50 menit |
Materi: Pengolahan Data Kuantitatif (Statistik Dasar, Frekuensi, Efektivitas) Pustaka: McGarry, T., O’Donoghue, P., & Sampaio, J. (2013). The Routledge Handbook of Sports Performance Analysis. Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan pengolahan Data & Validitas/Reliabilitas |
Uji reliabilitas observasi, batch coding, inter-observer agreement. |
Kriteria:
Praktikum: Uji reliabilitas antar-mahasiswa. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah tatap, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
|
Kuliah tatap, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL). 4 x 50 menit |
Materi: Pengolahan Data & Validitas/Reliabilitas Pustaka: Travassos, B., et al. (2016). “Performance Analysis in Team Sports: Advances and Challenges.” International Journal of Performance Analysis in Sport. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa melakukan tugas kelompok Analisis Video: Praktikum (bagian 1) |
Aktivitas: Kelompok melakukan perekaman/penatalaksanaan pengambilan data (training/mini-match) |
Kriteria:
Hasil diskusi kelompok / paparan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-Based Learning (PBL) Daring
Membuat instrumen observasi
Menganalisis cuplikan video pertandingan futsal
Menyusun laporan berbasis data
Presentasi hasil secara online
|
Project-Based Learning (PBL) Daring
Membuat instrumen observasi
Menganalisis cuplikan video pertandingan futsal
Menyusun laporan berbasis data
Presentasi hasil secara online 4 x 50 menit |
Materi: Analisis Video: Praktikum (bagian 1) Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu membuat Interpretasi Hasil & Penyusunan Rekomendasi Pelatihan |
analisis ke program latihan—menyusun target spesifik, metode latihan termodifikasi (periodisasi). |
Kriteria:
hasil analisis ke program latihan—menyusun target spesifik, metode latihan termodifikasi (periodisasi). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
praktikum analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
|
praktikum analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL). 4 x 50 menit |
Materi: Interpretasi Hasil & Penyusunan Rekomendasi Pelatihan Pustaka: McGarry, T., O’Donoghue, P., & Sampaio, J. (2013). The Routledge Handbook of Sports Performance Analysis. Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menguasai Teknik Pengambilan Keputusan & Komunikasi untuk Pelatih |
kelompok : format laporan efektif; etika dan privasi data. |
Kriteria:
Menyampaikan hasil analisis ke pelatih/atlet Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi interaktif
Studi kasus
Presentasi kelompok
|
Diskusi interaktif
Studi kasus
Presentasi kelompok 4 x 50 menit |
Materi: Teknik Pengambilan Keputusan & Komunikasi untuk Pelatih Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan Studi Kasus: Analisis Performa Tim Futsal (kelompok) |
Presentasi & diskusi: kemampuan komunikasi hasil. |
Kriteria:
Presentasi draft laporan kelompok; peer-review Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Project-Based Learning (PBL) Daring
Berbasis proyek analisis performa, meliputi:
Pembuatan lembar observasi
Analisis video pertandingan futsal
Pengolahan data (Excel/Google Sheets)
Penyusunan rekomendasi latihan
Presentasi proyek secara daring
4. Praktikum Analisis Video Daring
|
Project-Based Learning (PBL) Daring
Berbasis proyek analisis performa, meliputi:
Pembuatan lembar observasi
Analisis video pertandingan futsal
Pengolahan data (Excel/Google Sheets)
Penyusunan rekomendasi latihan
Presentasi proyek secara daring
4. Praktikum Analisis Video Daring 4 x 50 Menit |
Materi: Studi Kasus: Analisis Performa Tim Futsal (kelompok) Pustaka: UEFA Futsal Coaching Manual. UEFA, 2013 & edisi terbaru. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS Teori / Praktikum |
Portofolio analisis performa (laporan akhir). |
Kriteria:
Ujian teori, atau Hasil Analisis video final individu, atau Portofolio analisis performa (laporan akhir). Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes |
UTS online (teori/praktik analisis video)
UAS online (analisis video lanjutan atau portofolio laporan)
|
UTS online (teori/praktik analisis video)
UAS online (analisis video lanjutan atau portofolio laporan) 4 x 50 menit |
Materi: UAS Pustaka: McArdle, Katch, & Katch (2015). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance. |
15% |