Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Futsal

8520206719

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Afif Dwi Nugraha, S.Pd., M.Pd.




Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes




MUHAMMAD

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-13

Mampu melatih teknik, fisik, taktik, dan mental dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep dasar analisis performa dalam olahraga futsal.

PO - 2

Mengidentifikasi indikator performa kunci (KPI) futsal: teknik, taktik, fisik, dan psikologis.

PO - 3

Menggunakan teknologi analisis performa (Darfish).

PO - 4

Melakukan match analysis & training analysis secara sistematis.

PO - 5

Menyusun laporan evaluasi performa atlet dan tim futsal secara ilmiah.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-9PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep, metode, dan keterampilan praktis dalam melakukan analisis performa atlet pada cabang olahraga futsal — meliputi aspek teknis, taktis, fisik, dan taksonomi statistik/perilaku permainan. Mahasiswa belajar merancang sistem observasi, mengumpulkan data pertandingan/training (video/manual/otomatis), menganalisis data kuantitatif dan kualitatif, serta menyusun rekomendasi pelatihan berdasarkan temuan analisis. Pendekatan memadukan teori performa dan aplikasi teknologi/perangkat lunak analisis.

Pustaka

Utama :

  1. Hughes, M., & Franks, I. (2004). Notational Analysis of Sport: Systems for Better Coaching and Performance in Sport. Routledge.
  2. Carling, C., Williams, A.M., & Reilly, T. (2008). Handbook of Soccer Match Analysis. Routledge.
  3. McGarry, T., O’Donoghue, P., & Sampaio, J. (2013). The Routledge Handbook of Sports Performance Analysis. Routledge.
  4. Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury.
  5. UEFA Futsal Coaching Manual. UEFA, 2013 & edisi terbaru.

Pendukung :

  1. Bompa, T., & Haff, G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training.
  2. McArdle, Katch, & Katch (2015). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance.
  3. Faude, O., et al. (2012). “Physiological demands in futsal.” Sports Medicine
  4. Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences.
  5. Travassos, B., et al. (2016). “Performance Analysis in Team Sports: Advances and Challenges.” International Journal of Performance Analysis in Sport.

Dosen Pengampu

Dr. Drs. Arif Bulqini, M.Kes.

Dr. I Dewa Made Aryananda Wijaya Kusuma, S.Pd., M.Or.

Bhekti Lestari, S.Pd., M.Kes.

Idzam Kholid Akbar, S.Pd., M.Kes.

Afif Dwi Nugraha, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami Pengantar Mata Kuliah & Dasar-Dasar Analisis Performa

Silabus, penjelasan tujuan, metode, penilaian; pengantar performance analysis (definisi, sejarah, peran dalam kepelatihan)

Kriteria:

Quiz awal (pre-test).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal.
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal.
4 x 50 menit
Materi: Landasan Teori mempelajari Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Futsal
Pustaka: Hughes, M., & Franks, I. (2004). Notational Analysis of Sport: Systems for Better Coaching and Performance in Sport. Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami Teori Performa & Domain Analisis (Teknis, Taktis, Fisik, Psikologis)

Diskusi kasus futsal; membaca bab terpilih.

Kriteria:

O'Donoghue / Performance Analysis textbooks


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal, demonstrasi, penugasan berbasis masalah (PBL).
Kuliah tatap muka interaktif, diskusi jurnal, demonstrasi, penugasan berbasis masalah (PBL).
4 x 50 menit
Materi: Teori Performa & Domain Analisis (Teknis, Taktis, Fisik, Psikologis)
Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Metode Pengumpulan Data: Observasi, Notasi, Video

Tugas praktikum: pembuatan instrumen observasi / lembar notasi.

Kriteria:

Praktikum: Latihan membuat lembar notasi video sederhana.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Teknik notasi (manual), sampling, reliabilitas observasi.
Teknik notasi (manual), sampling, reliabilitas observasi.
4 x 50
Materi: Metode Pengumpulan Data: Observasi, Notasi, Video
Pustaka: Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menggunakan Alat & Teknologi untuk Analisis (kamera, perangkat lunak, GPS)

Analisis video kelompok: pengumpulan dan analisis data pertandingan.

Kriteria:

Membuat lembar notasi sederhana (spreadsheet)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet)
Analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet)
4 x 50
Materi: Alat & Teknologi untuk Analisis (kamera, perangkat lunak, GPS)
Pustaka: Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melakukan Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi.

ugas praktikum: pembuatan instrumen observasi / lembar notasi. Analisis video kelompok: pengumpulan dan analisis data pertandingan. Laporan akhir individu: studi kasus rekomendasi pelatihan (methodologi & interpretasi). Presentasi & diskusi: kemampuan komunikasi hasil.

Kriteria:

Hasil diskusi Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran demonstrasi, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok.
Pembelajaran demonstrasi, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok.
4 x 50 menit
Materi: Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi.
Pustaka: Bompa, T., & Haff, G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami dan melakukan Analisis Taktis (Formasi, Pergantian Posisi, Transisi)

Observasi cuplikan video.

Kriteria:

Praktikum / instrumen observasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi.
Identifikasi indikator teknis performa futsal; pengukuran dan kriteria evaluasi.
4 x 50 menit
Materi: Analisis Taktis (Formasi, Pergantian Posisi, Transisi)
Pustaka: UEFA Futsal Coaching Manual. UEFA, 2013 & edisi terbaru.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan Analisis Fisik (profil intensitas, jarak, sprint, recovery)

Memahami Indikator fisik relevan di futsal; profiling demands match.

Kriteria:

Laporan akhir / studi kasus (individu)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah tatap, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), penugasan berbasis masalah (PBL).
Kuliah tatap, praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), penugasan berbasis masalah (PBL).
4 x 50 menit
Materi: Analisis Fisik (profil intensitas, jarak, sprint, recovery)
Pustaka: Caetano, F.G., et al. (2015). “Futsal match analysis: Time–motion characteristics and physiological responses.” Journal of Sports Sciences.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan Analisis awal video pertandingan (praktik)

Analisa Teknik, Taktik, Fisik dalam performa atlet cabang olahraga futsal

Kriteria:

Ujian Tulis / Praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Kombinasi teori praktik.
Kombinasi teori praktik.
4 x 50 menit
Materi: Analisis awal video pertandingan (praktik)
Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mempelajari dan memahami KPI (Key Performance Indicators) Futsal

Menentukan indikator performa sesuai posisi & strategi tim.

Kriteria:

Hasil dari indikator performa sesuai posisi & strategi dalam tim


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok
Praktikum lapangan, analisis video (studio/lab), kerja kelompok
4 x 50 menit
Materi: KPI (Key Performance Indicators) Futsal
Pustaka: McArdle, Katch, & Katch (2015). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa bisa menguasai dan melakukan Pengolahan Data Kuantitatif (Statistik Dasar, Frekuensi, Efektivitas)

diskusi grup, dan Olah data menggunakan Excel/Google Sheets.

Kriteria:

Hasil dan laporan dari Olah data menggunakan Excel/Google Sheets.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah tatap simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
Kuliah tatap simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
4 x 50 menit
Materi: Pengolahan Data Kuantitatif (Statistik Dasar, Frekuensi, Efektivitas)
Pustaka: McGarry, T., O’Donoghue, P., & Sampaio, J. (2013). The Routledge Handbook of Sports Performance Analysis. Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan pengolahan Data & Validitas/Reliabilitas

Uji reliabilitas observasi, batch coding, inter-observer agreement.

Kriteria:

Praktikum: Uji reliabilitas antar-mahasiswa.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah tatap, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
Kuliah tatap, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
4 x 50 menit
Materi: Pengolahan Data & Validitas/Reliabilitas
Pustaka: Travassos, B., et al. (2016). “Performance Analysis in Team Sports: Advances and Challenges.” International Journal of Performance Analysis in Sport.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa melakukan tugas kelompok Analisis Video: Praktikum (bagian 1)

Aktivitas: Kelompok melakukan perekaman/penatalaksanaan pengambilan data (training/mini-match)

Kriteria:

Hasil diskusi kelompok / paparan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-Based Learning (PBL) Daring

Membuat instrumen observasi

Menganalisis cuplikan video pertandingan futsal

Menyusun laporan berbasis data

Presentasi hasil secara online
Project-Based Learning (PBL) Daring

Membuat instrumen observasi

Menganalisis cuplikan video pertandingan futsal

Menyusun laporan berbasis data

Presentasi hasil secara online
4 x 50 menit
Materi: Analisis Video: Praktikum (bagian 1)
Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu membuat Interpretasi Hasil & Penyusunan Rekomendasi Pelatihan

analisis ke program latihan—menyusun target spesifik, metode latihan termodifikasi (periodisasi).

Kriteria:

hasil analisis ke program latihan—menyusun target spesifik, metode latihan termodifikasi (periodisasi).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktikum analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
praktikum analisis video (studio/lab), kerja kelompok, simulasi perangkat lunak (notational analysis / spreadsheet), penugasan berbasis masalah (PBL).
4 x 50 menit
Materi: Interpretasi Hasil & Penyusunan Rekomendasi Pelatihan
Pustaka: McGarry, T., O’Donoghue, P., & Sampaio, J. (2013). The Routledge Handbook of Sports Performance Analysis. Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menguasai Teknik Pengambilan Keputusan & Komunikasi untuk Pelatih

kelompok : format laporan efektif; etika dan privasi data.

Kriteria:

Menyampaikan hasil analisis ke pelatih/atlet


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi interaktif

Studi kasus

Presentasi kelompok
Diskusi interaktif

Studi kasus

Presentasi kelompok
4 x 50 menit
Materi: Teknik Pengambilan Keputusan & Komunikasi untuk Pelatih
Pustaka: Turner, A., & Stewart, P. (2014). Futsal: Skills, Tactics & Coaching. Bloomsbury.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menyelesaikan Studi Kasus: Analisis Performa Tim Futsal (kelompok)

Presentasi & diskusi: kemampuan komunikasi hasil.

Kriteria:

Presentasi draft laporan kelompok; peer-review


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Project-Based Learning (PBL) Daring

Berbasis proyek analisis performa, meliputi:

Pembuatan lembar observasi

Analisis video pertandingan futsal

Pengolahan data (Excel/Google Sheets)

Penyusunan rekomendasi latihan

Presentasi proyek secara daring

4. Praktikum Analisis Video Daring
Project-Based Learning (PBL) Daring

Berbasis proyek analisis performa, meliputi:

Pembuatan lembar observasi

Analisis video pertandingan futsal

Pengolahan data (Excel/Google Sheets)

Penyusunan rekomendasi latihan

Presentasi proyek secara daring

4. Praktikum Analisis Video Daring
4 x 50 Menit
Materi: Studi Kasus: Analisis Performa Tim Futsal (kelompok)
Pustaka: UEFA Futsal Coaching Manual. UEFA, 2013 & edisi terbaru.
5%

16

Minggu ke 16

UAS Teori / Praktikum

Portofolio analisis performa (laporan akhir).

Kriteria:

Ujian teori, atau Hasil Analisis video final individu, atau Portofolio analisis performa (laporan akhir).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Tes
UTS online (teori/praktik analisis video)

UAS online (analisis video lanjutan atau portofolio laporan)
UTS online (teori/praktik analisis video)

UAS online (analisis video lanjutan atau portofolio laporan)
4 x 50 menit
Materi: UAS
Pustaka: McArdle, Katch, & Katch (2015). Exercise Physiology: Nutrition, Energy, and Human Performance.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32.94%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 17.94%
3. Penilaian Portofolio 8.75%
4. Penilaian Praktikum 10%
5. Praktik / Unjuk Kerja 17.94%
6. Tes 12.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.