
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan |
8620402209 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
KANIATI AMALIA |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-8 |
Mampu menerapkan dan memanfaatkan penelitian di bidang manajemen pendidikan secara mandiri atau kelompok untuk memberikan solusi alternatif permasalahan bidang manajemen pendidikan |
PLO-9 |
Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam upaya pemecahan masalah sesuai bidang keahlian |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang keahlian penjaminan mutu pendidikan dan menyelesaikan masalah-masalah yang terkait penjaminan mutu pendidikan secara teoretis maupun praktis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
|
PO - 2 |
Menguasai konsep teoretis tentang penjaminan mutu pendidikan secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural
|
PO - 3 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok terkait dengan penjaminan mutu pendidikan
|
PO - 4 |
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep dasar penjaminan mutu pendidikan baik secara teoretis maupun praktis serta mampu menerapkan dengan baik teori penjaminan mutu yang relevan dalam bidang pendidikan
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-4 | PLO-8 | PLO-9 | | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah penjaminan mutu pendidikan membahas berbagai konsep dasar penjaminan mutu pendidikan baik internal maupun eksternal; selanjutnya pembahasan dikaitkan dengan lembaga pendidikan, bagaimana implementasi penjaminan mutu di tingkat pra sekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan vokasi, dan pendidikan tinggi. Kegiatan pembelajaran meliputi pemberian informasi, diskusi, pemberian tugas, presentasi, dan praktek (simulasi) kepemimpinan. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tes tertulis, tugas, presentasi dan perfomansi dalam simulasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media.
- Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd
- Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill..
- Fadhli, M. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol 1 No 2.
- Buku dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan kajian manajemen mutu terpadu dan peraturan-peraturan yang relevan.
- Mukhopadhyay, M. (2020). Total quality management in education. SAGE Publications Pvt. Limited.
- Naylor, R., Dollinger, M., Mahat, M., & Khawaja, M. (2021). Students as customers versus as active agents: Conceptualising the student role in governance and quality assurance. Higher Education Research & Development, 40(5), 1026-1039.
- Hauptman Komotar, M. (2020). Discourses on quality and quality assurance in higher education from the perspective of global university rankings. Quality Assurance in Education, 28(1), 78-88.
- Phumphongkhochasorn, P., Damnoen, S., Tuwanno, P. D. M., Srichan, P. W., & Udomdhammajaree, P. (2022). Educational Quality Assurance and School Management Standards According to International. Asia Pacific Journal of Religions and Cultures, 6(1), 1-16.
- Stefani, A., & Vassiliadis, B. (2021). A Quality Assurance Reference Framework for Assessing Educational Data. Journal of Data Analysis and Information Processing, 9(4), 283-297.
- Zawacki-Richter, O., Müskens, W., & Marín, V. I. (2022). Quality assurance of open educational resources. In Handbook of Open, Distance and Digital Education (pp. 1-19). Singapore: Springer Singapore.
- Nuphanudin, Komariah, A., Shvetsova, T., Gardanova, Z., Podzorova, M., Kurniady, D. A., Gladysheva, M., Dudnik, O., Taduran, R. J. O., & Kosov, M. (2022). Effectiveness of students’ motivation factors in the competency-based approach: A case study of universities in Russia and Indonesia. Emerging Science Journal, 6(3), 578–602. https://doi.org/10.28991/ESJ-2022-06-03-012
- Nuphanudin, Komariah, A., Kurniady, D. A., Putri, N. S. R., Azzahra, O. R., & Sirilis, N. (2021). Parents in the Quality Culture: Why do they become involved? Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 526, 1–6. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.001
|
Pendukung : |
|
- Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media
- Fadhli, M. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Kaniati Amalia, M.Pd. Aditya Chandra Setiawan, S.Pd., M.Pd. Ahmad Abdullah Zawawi, S.Pd., M.Ed. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
1. Mahasiswa memahami rencana perkuliahan semester 2. Mahasiswa membuat kontrak perkuliahan yang disepakati bersama dosen pengampu. 3. Mahasiswa memahami konsep manajemen mutu terpadu |
1. Mahasiswa dapat memahami kajian materi dan proses perkuliahan yang akan dilaksanakan 2. Mahasiswa mengetahui hal-hal yang menjadi kesepakatan untuk kelancaran perkuliahan dengan baik. 3. Mahasiswa mengingat konsep manajemen mutu terpadu |
Kriteria:
Ketepatan dalam Menjawab dalam tanya jawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: KOnsep dasar Penjaminan Mutu Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
1. Mahasiswa mampu melakukan inferensi terhadap konsep dasar penjaminan mutu internal 2. Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar penjaminan mutu internal |
- Mahasiswa mampu menjelaskan Standar Nasional Pendidikan, Sistem Penjaminan Mutu Internal/Eksternal dan Budaya Mutu
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan Standar Nasional Pendidikan, Sistem Penjaminan Mutu Internal/Eksternal dan Budaya Mutu
|
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang mampu mendiskusikan dan mempresentasikan dengan baik tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
- 2. Mahasiswa yang mampu menjawab tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
- 3. Mahasiswa yang memberikan pertanyaan akan diberi nilai 80
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Sinkronous , Diskusi, Focusgrup discussion 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill.. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
1. Mahasiswa mampu melakukan inferensi terhadap konsep dasar penjaminan mutu eksternal 2. Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar penjaminan mutu eksternal |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (BAN PAUD/PNF)
- Mahsiswa mampu mengejewantahkan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (BAN PAUD/PNF
|
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang mampu mendiskusikan dan mempresentasikan dengan baik tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
- 2. Mahasiswa yang mampu menjawab tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
- 3. Mahasiswa yang memberikan pertanyaan akan diberi nilai 80
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode ceramah, tanya jawab dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal SD/MI (Penetapan, Pemetaan, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi) |
Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SD/MI (Penetapan, Pemetaan, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi) serta mempresentasikan nya ) |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
- 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, tanya jawab dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill.. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami Sistem Penjaminan Mutu Internal SMP/MTs |
- Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SMP/MTs
- Mahasiswa mampu mempresentasikan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SMP/MTs
|
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
- 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus 2 X 50 |
- - |
Materi: materi kelompok Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA/MA |
- Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA/MA
- mahasiswa mampu mengejawantahkan Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA/MA
|
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
- 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus 2 X 50 |
- - |
Materi: materi kelompok Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Penjaminan Mutu Eksternal (Akreditasi): Mekanisme dan Pelaksanaan (BAN-SM) |
- Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Penjaminan Mutu Eksternal (Akreditasi): Mekanisme dan Pelaksanaan (BAN-SM)
- Mahasiswa mampu mengejawantahkan Penjaminan Mutu Eksternal (Akreditasi): Mekanisme dan Pelaksanaan (BAN-SM)
|
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
- 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus 2 X 50 |
- - |
Materi: Materi 7 Pustaka: Nuphanudin, Komariah, A., Shvetsova, T., Gardanova, Z., Podzorova, M., Kurniady, D. A., Gladysheva, M., Dudnik, O., Taduran, R. J. O., & Kosov, M. (2022). Effectiveness of students’ motivation factors in the competency-based approach: A case study of universities in Russia and Indonesia. Emerging Science Journal, 6(3), 578–602. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penjaminan mutu internal dan eksternal 2. Mahasiswa mampu memahami konsep audit dan monev 3. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di PAUD 4. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Dasar 5. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Menengah |
1. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang konsep dasar penjaminan mutu internal dan eksternal 2. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang konsep audit dan monev 3. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang penjaminan mutu di PAUD 4. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Dasar 5. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Menengah |
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengerjaan soal UTS 2 X 50 |
- - |
Materi: Materi Pertemuan 1-7 Pustaka: Buku dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan kajian manajemen mutu terpadu dan peraturan-peraturan yang relevan. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
1. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan Vokasi 2. Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam penjaminan mutu di Pendidikan Vokasi |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Vokasi (D1-D2): Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pengendalian |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
- 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Fadhli, M. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
1. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan Tinggi 2. Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam penjaminan mutu di Pendidikan Tinggi |
Mahasiswa mampu menjelaskan mampu mengejawantahkan konsep dasar penjaminan mutu eksternal di lembaga pendidikan |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
- 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd |
5% |
11
Minggu ke 11 |
1. Mahasiswa mampu memahami tentang penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mengejawantahkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mempraktikkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang mampu menjelaskan dengan baik instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 80
- 2. Mahasiswa yang mampu mempraktikkan dalam penyusunan instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 100
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah, tanya jawab, dan praktik 2 X 50 |
|
Materi: 5 Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media |
5% |
12
Minggu ke 12 |
1. Mahasiswa mampu memahami tentang penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mengejawantahkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mempraktikkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang mampu menjelaskan dengan baik instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 80
- 2. Mahasiswa yang mampu mempraktikkan dalam penyusunan instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, tanya jawab, dan praktik 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memahami pelaksanaan penjaminan mutu di lembaga pendidikan melalui review artikel |
1. Mahasiswa mampu mengumpulkan dan memetakan penjaminan mutu di lembaga pendidikan 2. Mahasiswa mampu mereview penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
Kriteria:
Mahasiswa yang mampu mengumpulkan artikel dengan benar akan mendapat nilai 80 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Download dan analisis artikel 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill.. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memahami pelaksanaan penjaminan mutu di lembaga pendidikan melalui review artikel |
Mahasiswa mampu menjelaskan penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya mendapat nilai 80
- 2. Mahasiswa yang mempresentasikan dengan baik mendapat nilai 80
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: materi kelompok Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memahami pelaksanaan penjaminan mutu di lembaga pendidikan melalui review artikel |
Mahasiswa mampu menjelaskan penjaminan mutu di lembaga pendidikan |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa yang aktif bertanya mendapat nilai 80
- 2. Mahasiswa yang mempresentasikan dengan baik mendapat nilai 80
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: laporan review Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu Menyelesaikan tugas Ujian Akhir Semester |
Laporan sesuai dengan format penilaian yang terlampir |
Kriteria:
Laporan sesuai dengan format penilaian yang terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Laporan hasil observasi 2 x 50 |
Laporan hasil observasi 2 x 50 |
Materi: materi 1 - 15 Pustaka: Buku dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan kajian manajemen mutu terpadu dan peraturan-peraturan yang relevan. |
15% |