Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Manajemen Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan

8620402209

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

8 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




KANIATI AMALIA

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8

Mampu menerapkan dan memanfaatkan penelitian di bidang manajemen pendidikan secara mandiri atau kelompok untuk memberikan solusi alternatif permasalahan bidang manajemen pendidikan

PLO-9

Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam upaya pemecahan masalah sesuai bidang keahlian

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang keahlian penjaminan mutu pendidikan dan menyelesaikan masalah-masalah yang terkait penjaminan mutu pendidikan secara teoretis maupun praktis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

PO - 2

Menguasai konsep teoretis tentang penjaminan mutu pendidikan secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural

PO - 3

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok terkait dengan penjaminan mutu pendidikan

PO - 4

Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep dasar penjaminan mutu pendidikan baik secara teoretis maupun praktis serta mampu menerapkan dengan baik teori penjaminan mutu yang relevan dalam bidang pendidikan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-8PLO-9
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah penjaminan mutu pendidikan membahas berbagai konsep dasar penjaminan mutu pendidikan baik internal maupun eksternal; selanjutnya pembahasan dikaitkan dengan lembaga pendidikan, bagaimana implementasi penjaminan mutu di tingkat pra sekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan vokasi, dan pendidikan tinggi. Kegiatan pembelajaran meliputi pemberian informasi, diskusi, pemberian tugas, presentasi, dan praktek (simulasi) kepemimpinan. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tes tertulis, tugas, presentasi dan perfomansi dalam simulasi.

Pustaka

Utama :

  1. Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media.
  2. Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd
  3. Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill..
  4. Fadhli, M. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol 1 No 2.
  5. Buku dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan kajian manajemen mutu terpadu dan peraturan-peraturan yang relevan.
  6. Mukhopadhyay, M. (2020). Total quality management in education. SAGE Publications Pvt. Limited.
  7. Naylor, R., Dollinger, M., Mahat, M., & Khawaja, M. (2021). Students as customers versus as active agents: Conceptualising the student role in governance and quality assurance. Higher Education Research & Development, 40(5), 1026-1039.
  8. Hauptman Komotar, M. (2020). Discourses on quality and quality assurance in higher education from the perspective of global university rankings. Quality Assurance in Education, 28(1), 78-88.
  9. Phumphongkhochasorn, P., Damnoen, S., Tuwanno, P. D. M., Srichan, P. W., & Udomdhammajaree, P. (2022). Educational Quality Assurance and School Management Standards According to International. Asia Pacific Journal of Religions and Cultures, 6(1), 1-16.
  10. Stefani, A., & Vassiliadis, B. (2021). A Quality Assurance Reference Framework for Assessing Educational Data. Journal of Data Analysis and Information Processing, 9(4), 283-297.
  11. Zawacki-Richter, O., Müskens, W., & Marín, V. I. (2022). Quality assurance of open educational resources. In Handbook of Open, Distance and Digital Education (pp. 1-19). Singapore: Springer Singapore.
  12. Nuphanudin, Komariah, A., Shvetsova, T., Gardanova, Z., Podzorova, M., Kurniady, D. A., Gladysheva, M., Dudnik, O., Taduran, R. J. O., & Kosov, M. (2022). Effectiveness of students’ motivation factors in the competency-based approach: A case study of universities in Russia and Indonesia. Emerging Science Journal, 6(3), 578–602. https://doi.org/10.28991/ESJ-2022-06-03-012
  13. Nuphanudin, Komariah, A., Kurniady, D. A., Putri, N. S. R., Azzahra, O. R., & Sirilis, N. (2021). Parents in the Quality Culture: Why do they become involved? Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 526, 1–6. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.001

Pendukung :

  1. Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media
  2. Fadhli, M. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan

Dosen Pengampu

Dr. Kaniati Amalia, M.Pd.

Aditya Chandra Setiawan, S.Pd., M.Pd.

Ahmad Abdullah Zawawi, S.Pd., M.Ed.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

1. Mahasiswa memahami rencana perkuliahan semester 2. Mahasiswa membuat kontrak perkuliahan yang disepakati bersama dosen pengampu. 3. Mahasiswa memahami konsep manajemen mutu terpadu

1. Mahasiswa dapat memahami kajian materi dan proses perkuliahan yang akan dilaksanakan 2. Mahasiswa mengetahui hal-hal yang menjadi kesepakatan untuk kelancaran perkuliahan dengan baik. 3. Mahasiswa mengingat konsep manajemen mutu terpadu

Kriteria:

Ketepatan dalam Menjawab dalam tanya jawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab
2 X 50

Materi: KOnsep dasar Penjaminan Mutu
Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media.
5%

2

Minggu ke 2

1. Mahasiswa mampu melakukan inferensi terhadap konsep dasar penjaminan mutu internal 2. Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar penjaminan mutu internal

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan Standar Nasional Pendidikan, Sistem Penjaminan Mutu Internal/Eksternal dan Budaya Mutu
  2. Mahasiswa mampu mengejawantahkan Standar Nasional Pendidikan, Sistem Penjaminan Mutu Internal/Eksternal dan Budaya Mutu
Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang mampu mendiskusikan dan mempresentasikan dengan baik tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
  2. 2. Mahasiswa yang mampu menjawab tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
  3. 3. Mahasiswa yang memberikan pertanyaan akan diberi nilai 80

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Sinkronous , Diskusi, Focusgrup discussion
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill..
5%

3

Minggu ke 3

1. Mahasiswa mampu melakukan inferensi terhadap konsep dasar penjaminan mutu eksternal 2. Mahasiswa mampu memahami tentang konsep dasar penjaminan mutu eksternal

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (BAN PAUD/PNF)
  2. Mahsiswa mampu mengejewantahkan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (BAN PAUD/PNF
Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang mampu mendiskusikan dan mempresentasikan dengan baik tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
  2. 2. Mahasiswa yang mampu menjawab tentang penjaminan mutu internal akan mendapat nilai 80
  3. 3. Mahasiswa yang memberikan pertanyaan akan diberi nilai 80

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode ceramah, tanya jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal SD/MI (Penetapan, Pemetaan, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi)

Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SD/MI (Penetapan, Pemetaan, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi) serta mempresentasikan nya )

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
  2. 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, tanya jawab dan diskusi
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill..
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami Sistem Penjaminan Mutu Internal SMP/MTs

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SMP/MTs
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SMP/MTs
Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
  2. 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus
2 X 50
-
-
Materi: materi kelompok
Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA/MA

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA/MA
  2. mahasiswa mampu mengejawantahkan Sistem Penjaminan Mutu Internal SMA/MA
Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
  2. 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus
2 X 50
-
-
Materi: materi kelompok
Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami Penjaminan Mutu Eksternal (Akreditasi): Mekanisme dan Pelaksanaan (BAN-SM)

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Penjaminan Mutu Eksternal (Akreditasi): Mekanisme dan Pelaksanaan (BAN-SM)
  2. Mahasiswa mampu mengejawantahkan Penjaminan Mutu Eksternal (Akreditasi): Mekanisme dan Pelaksanaan (BAN-SM)
Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
  2. 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus
2 X 50
-
-
Materi: Materi 7
Pustaka: Nuphanudin, Komariah, A., Shvetsova, T., Gardanova, Z., Podzorova, M., Kurniady, D. A., Gladysheva, M., Dudnik, O., Taduran, R. J. O., & Kosov, M. (2022). Effectiveness of students’ motivation factors in the competency-based approach: A case study of universities in Russia and Indonesia. Emerging Science Journal, 6(3), 578–602. https://doi.org/...
5%

8

Minggu ke 8

1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penjaminan mutu internal dan eksternal 2. Mahasiswa mampu memahami konsep audit dan monev 3. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di PAUD 4. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Dasar 5. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Menengah

1. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang konsep dasar penjaminan mutu internal dan eksternal 2. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang konsep audit dan monev 3. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang penjaminan mutu di PAUD 4. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Dasar 5. Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang penjaminan mutu di Pendidikan tingkat Menengah

Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengerjaan soal UTS
2 X 50
-
-
Materi: Materi Pertemuan 1-7
Pustaka: Buku dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan kajian manajemen mutu terpadu dan peraturan-peraturan yang relevan.
15%

9

Minggu ke 9

1. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan Vokasi 2. Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam penjaminan mutu di Pendidikan Vokasi

Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengidentifikasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Vokasi (D1-D2): Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Pengendalian

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
  2. 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Fadhli, M. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan
5%

10

Minggu ke 10

1. Mahasiswa mampu memahami implementasi penjaminan mutu di Pendidikan Tinggi 2. Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dalam penjaminan mutu di Pendidikan Tinggi

Mahasiswa mampu menjelaskan mampu mengejawantahkan konsep dasar penjaminan mutu eksternal di lembaga pendidikan

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya akan mendapat 1 poin dan maksimal 3 poin untuk mahasiswa yang aktif
  2. 2. Presenter yang mempresentasikan akan mendapat 1 poin

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi, tanya jawab, dan analisis kasus
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd
5%

11

Minggu ke 11

1. Mahasiswa mampu memahami tentang penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mengejawantahkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan

1. Mahasiswa mampu menjelaskan penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mempraktikkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang mampu menjelaskan dengan baik instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 80
  2. 2. Mahasiswa yang mampu mempraktikkan dalam penyusunan instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: 5
Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media
5%

12

Minggu ke 12

1. Mahasiswa mampu memahami tentang penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mengejawantahkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan

1. Mahasiswa mampu menjelaskan penyusunan instrumen penjaminan mutu 2. Mahasiswa mampu mempraktikkan penyusunan instrumen penjaminan mutu di lembaga pendidikan

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang mampu menjelaskan dengan baik instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 80
  2. 2. Mahasiswa yang mampu mempraktikkan dalam penyusunan instrumen penjaminan mutu mendapat nilai 100

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, tanya jawab, dan praktik
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Sallis, E. 2014. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memahami pelaksanaan penjaminan mutu di lembaga pendidikan melalui review artikel

1. Mahasiswa mampu mengumpulkan dan memetakan penjaminan mutu di lembaga pendidikan 2. Mahasiswa mampu mereview penjaminan mutu di lembaga pendidikan

Kriteria:

Mahasiswa yang mampu mengumpulkan artikel dengan benar akan mendapat nilai 80


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Download dan analisis artikel
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Juran, J.M. 1999. The Quality Control Process . London: McGraw-Hill..
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami pelaksanaan penjaminan mutu di lembaga pendidikan melalui review artikel

Mahasiswa mampu menjelaskan penjaminan mutu di lembaga pendidikan

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya mendapat nilai 80
  2. 2. Mahasiswa yang mempresentasikan dengan baik mendapat nilai 80

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: materi kelompok
Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami pelaksanaan penjaminan mutu di lembaga pendidikan melalui review artikel

Mahasiswa mampu menjelaskan penjaminan mutu di lembaga pendidikan

Kriteria:
  1. 1. Mahasiswa yang aktif bertanya mendapat nilai 80
  2. 2. Mahasiswa yang mempresentasikan dengan baik mendapat nilai 80

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi dan tanya jawab
2 X 50

Materi: laporan review
Pustaka: Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makassar: CV Sah Media.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu Menyelesaikan tugas Ujian Akhir Semester

Laporan sesuai dengan format penilaian yang terlampir

Kriteria:

Laporan sesuai dengan format penilaian yang terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Laporan hasil observasi
2 x 50
Laporan hasil observasi
2 x 50
Materi: materi 1 - 15
Pustaka: Buku dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan kajian manajemen mutu terpadu dan peraturan-peraturan yang relevan.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 20%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3. Penilaian Portofolio 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.