
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sains Interdisipliner |
8420804200 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
3 |
21 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Mohamad Budiyanto, M.Pd.; Fasih Bintang Ilhami, Ph.D.; Dr. Sapti Puspitarini
|
Dr. Mohamad Budiyanto, M.Pd.
|
ERMAN |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi |
PLO-10 |
Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan dalam pembelajaran sains terintegrasi untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, , dan menginterpretasi data |
PLO-11 |
Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi fotosintesis, seperti intensitas cahaya, konsentrasi CO₂, suhu, dan ketersediaan air.
|
PO - 2 |
Merancang dan melakukan percobaan sederhana untuk menguji pengaruh variasi lingkungan terhadap laju fotosintesis dan dampaknya terhadap pertumbuhan tanaman.
|
PO - 3 |
Mengevaluasi aplikasi teknologi atau strategi budidaya yang dapat mengoptimalkan proses fotosintesis dalam konteks pertanian berkelanjutan.
|
PO - 4 |
Menganalisis dampak peluruhan senyawa kimia dan radioaktif terhadap kesehatan tanaman, tanah, air, dan keamanan pangan.
|
PO - 5 |
Mengidentifikasi jenis-jenis bahan yang mengalami peluruhan di lingkungan pertanian, seperti residu pestisida, dan herbisida
|
PO - 6 |
Mengevaluasi kebijakan dan strategi mitigasi terkait peluruhan bahan kimia atau radioaktif dalam upaya mendukung pertanian yang aman dan berkelanjutan.
|
PO - 7 |
Menganalisis peran fermentasi dalam produksi berbagai produk pangan dan non-pangan, seperti yoghurt, tempe, minuman fermentasi, bioetanol, dan pupuk organik.
|
PO - 8 |
Merancang dan melakukan percobaan fermentasi sederhana untuk menghasilkan produk tertentu serta mengoptimalkan hasil fermentasi.
|
PO - 9 |
Menginterpretasikan hasil tugas pembuatan poster dan analisis fermentasi berbahan dasar local wisdom serta mengaitkan dengan isu SDGs.
|
PO - 10 |
Menjelaskan konsep radikal bebas dan mekanisme kerja senyawa DPPH sebagai indikator aktivitas antioksidan.
|
PO - 11 |
Menguraikan peran radikal bebas dalam patogenesis berbagai penyakit dan pentingnya antioksidan dalam terapi medis.
|
PO - 12 |
Menganalisis data hasil uji DPPH untuk mengevaluasi potensi antioksidan dari berbagai sampel (misalnya ekstrak tanaman, senyawa bioaktif).
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-10 | PLO-11 | | PO-1 | | | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | | | | | PO-6 | | ✔ | | | | | PO-7 | | | ✔ | | | | PO-8 | | | | ✔ | | | PO-9 | | | | | ✔ | | PO-10 | | ✔ | | | | | PO-11 | | | ✔ | | | | PO-12 | | | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji keterpaduan konsep-konsep sains dalam kehidupan nyata melalui pendekatan interdisipliner yang mencakup topik fotosintesis, peluruhan, fermentasi, dan sains medis. Mahasiswa akan menganalisis dan mengintegrasikan konsep fisika, kimia, biologi, serta aplikasi teknologi dan matematika melalui proyek berbasis STEM untuk menunjang keberlanjutan SDGs. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004
- Human Body Decomposition 1st Edition. Elsevier 2016
- Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition
|
Pendukung : |
|
- E-Handbook on The Sustainable Development Goals Indicators
- RADIOLOGICAL HEALTH E-HANDBOOK
- Radiation Safety Manual E-Handbook
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd. Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc. Fasih Bintang Ilhami, S.Kep., M.T., Ph.D. Dr. Sapti Puspitarini, S.Si., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi fotosintesis, seperti intensitas cahaya, konsentrasi CO₂, suhu, dan ketersediaan air. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Fotosintesis Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu merancang dan melakukan percobaan sederhana untuk menguji pengaruh variasi lingkungan terhadap laju fotosintesis dan dampaknya terhadap pertumbuhan tanaman. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Fotosintesis Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi aplikasi teknologi atau strategi budidaya yang dapat mengoptimalkan proses fotosintesis dalam konteks pertanian berkelanjutan. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Fotosintesis Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi aplikasi teknologi atau strategi budidaya yang dapat mengoptimalkan proses fotosintesis dalam konteks pertanian berkelanjutan. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Fotosintesis Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004 |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis dampak peluruhan senyawa kimia dan radioaktif terhadap kesehatan tanaman, tanah, air, dan keamanan pangan |
- Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Dampak Radioaktif terhadap Tanaman Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengidentifikasi jenis-jenis bahan yang mengalami peluruhan di lingkungan pertanian, seperti residu pestisida, dan herbisida |
- Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Dampak radioaktif dalam dunia pertanian Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan dan strategi mitigasi terkait peluruhan bahan kimia atau radioaktif dalam upaya mendukung pertanian yang aman dan berkelanjutan. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Konsep teori dan aplikasi peluruhan radioaktif Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan dan strategi mitigasi terkait peluruhan bahan kimia atau radioaktif dalam upaya mendukung pertanian yang aman dan berkelanjutan |
- Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Pengaruh Radioaktif Dalam Bidang Pertanian Berkelanjutan Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis peran fermentasi dalam produksi berbagai produk pangan dan non-pangan, seperti yoghurt, tempe, minuman fermentasi, bioetanol, dan pupuk organik. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Konsep Teori Fermentasi Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merancang dan melakukan percobaan fermentasi sederhana untuk menghasilkan produk tertentu serta mengoptimalkan hasil fermentasi. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Langkah dan metode ilmiah dalam proses fermentasi Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil percobaan dan data fermentasi untuk evaluasi kualitas dan kuantitas produk fermentasi. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi menggunakan bahan local wisdom
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah fermentasi menggunakan bahan local wisdom
- Mengaplikasikan pengetahuan mengenai fermentasi menggunakan bahan local wisdom ke dalam poster
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Presentasi poster produk fermentasi Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil percobaan dan data fermentasi untuk evaluasi kualitas dan kuantitas produk fermentasi. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Analisis langkah dan metode ilmiah dalam proses fermentasi Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep radikal bebas dan mekanisme kerja senyawa DPPH sebagai indikator aktivitas antioksidan |
- Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Konsep teori radikal bebas dan antioksidan Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menguraikan peran radikal bebas dalam patogenesis berbagai penyakit dan pentingnya antioksidan dalam terapi medis. |
- Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Radikal Bebas Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Pustaka: RADIOLOGICAL HEALTH E-HANDBOOK |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis data hasil uji DPPH untuk mengevaluasi potensi antioksidan dari berbagai sampel (misalnya ekstrak tanaman, senyawa bioaktif) |
- Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Aplikasi penanganan radikal bebas Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menganalisis data hasil uji DPPH untuk mengevaluasi potensi antioksidan dari berbagai sampel (misalnya ekstrak tanaman, senyawa bioaktif) |
- Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
- Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
- Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
- Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
- Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
|
Kriteria:
Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit 4 x 50 menit |
Materi: Senyawa aktif dan dampaknya terhadap tumbuhan Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook |
10% |