Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sains Interdisipliner

8420804200

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

3

21 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Mohamad Budiyanto, M.Pd.; Fasih Bintang Ilhami, Ph.D.; Dr. Sapti Puspitarini




Dr. Mohamad Budiyanto, M.Pd.




ERMAN

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu mendemonstrasikan pengetahuan sains terintegrasi

PLO-10

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen/penyelidikan dalam pembelajaran sains terintegrasi untuk menjelaskan kasus dan isu sains dan memecahkan masalah, , dan menginterpretasi data

PLO-11

Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil observasi/eksperimen/penyelidikan secara efektif, baik lisan maupun tulisan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi fotosintesis, seperti intensitas cahaya, konsentrasi CO₂, suhu, dan ketersediaan air.

PO - 2

Merancang dan melakukan percobaan sederhana untuk menguji pengaruh variasi lingkungan terhadap laju fotosintesis dan dampaknya terhadap pertumbuhan tanaman.

PO - 3

Mengevaluasi aplikasi teknologi atau strategi budidaya yang dapat mengoptimalkan proses fotosintesis dalam konteks pertanian berkelanjutan.

PO - 4

Menganalisis dampak peluruhan senyawa kimia dan radioaktif terhadap kesehatan tanaman, tanah, air, dan keamanan pangan.

PO - 5

Mengidentifikasi jenis-jenis bahan yang mengalami peluruhan di lingkungan pertanian, seperti residu pestisida, dan herbisida

PO - 6

Mengevaluasi kebijakan dan strategi mitigasi terkait peluruhan bahan kimia atau radioaktif dalam upaya mendukung pertanian yang aman dan berkelanjutan.

PO - 7

Menganalisis peran fermentasi dalam produksi berbagai produk pangan dan non-pangan, seperti yoghurt, tempe, minuman fermentasi, bioetanol, dan pupuk organik.

PO - 8

Merancang dan melakukan percobaan fermentasi sederhana untuk menghasilkan produk tertentu serta mengoptimalkan hasil fermentasi.

PO - 9

Menginterpretasikan hasil tugas pembuatan poster dan analisis fermentasi berbahan dasar local wisdom serta mengaitkan dengan isu SDGs.

PO - 10

Menjelaskan konsep radikal bebas dan mekanisme kerja senyawa DPPH sebagai indikator aktivitas antioksidan.

PO - 11

Menguraikan peran radikal bebas dalam patogenesis berbagai penyakit dan pentingnya antioksidan dalam terapi medis.

PO - 12

Menganalisis data hasil uji DPPH untuk mengevaluasi potensi antioksidan dari berbagai sampel (misalnya ekstrak tanaman, senyawa bioaktif).

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-10PLO-11
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    
PO-10    
PO-11    
PO-12    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji keterpaduan konsep-konsep sains dalam kehidupan nyata melalui pendekatan interdisipliner yang mencakup topik fotosintesis, peluruhan, fermentasi, dan sains medis. Mahasiswa akan menganalisis dan mengintegrasikan konsep fisika, kimia, biologi, serta aplikasi teknologi dan matematika melalui proyek berbasis STEM untuk menunjang keberlanjutan SDGs.

Pustaka

Utama :

  1. Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004
  2. Human Body Decomposition 1st Edition. Elsevier 2016
  3. Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition

Pendukung :

  1. E-Handbook on The Sustainable Development Goals Indicators
  2. RADIOLOGICAL HEALTH E-HANDBOOK
  3. Radiation Safety Manual E-Handbook

Dosen Pengampu

Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.

Wahyu Budi Sabtiawan, S.Si., M.Pd., M.Sc.

Fasih Bintang Ilhami, S.Kep., M.T., Ph.D.

Dr. Sapti Puspitarini, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi fotosintesis, seperti intensitas cahaya, konsentrasi CO₂, suhu, dan ketersediaan air.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Fotosintesis
Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu merancang dan melakukan percobaan sederhana untuk menguji pengaruh variasi lingkungan terhadap laju fotosintesis dan dampaknya terhadap pertumbuhan tanaman.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Fotosintesis
Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi aplikasi teknologi atau strategi budidaya yang dapat mengoptimalkan proses fotosintesis dalam konteks pertanian berkelanjutan.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Fotosintesis
Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi aplikasi teknologi atau strategi budidaya yang dapat mengoptimalkan proses fotosintesis dalam konteks pertanian berkelanjutan.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fotosintesis
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Fotosintesis
Pustaka: Handbook of Photosynthesis Second Edition. Taylor & Francis 2004
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis dampak peluruhan senyawa kimia dan radioaktif terhadap kesehatan tanaman, tanah, air, dan keamanan pangan

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Dampak Radioaktif terhadap Tanaman
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mengidentifikasi jenis-jenis bahan yang mengalami peluruhan di lingkungan pertanian, seperti residu pestisida, dan herbisida

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Dampak radioaktif dalam dunia pertanian
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan dan strategi mitigasi terkait peluruhan bahan kimia atau radioaktif dalam upaya mendukung pertanian yang aman dan berkelanjutan.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Konsep teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan dan strategi mitigasi terkait peluruhan bahan kimia atau radioaktif dalam upaya mendukung pertanian yang aman dan berkelanjutan

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi peluruhan radioaktif
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Pengaruh Radioaktif Dalam Bidang Pertanian Berkelanjutan
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis peran fermentasi dalam produksi berbagai produk pangan dan non-pangan, seperti yoghurt, tempe, minuman fermentasi, bioetanol, dan pupuk organik.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Konsep Teori Fermentasi
Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu merancang dan melakukan percobaan fermentasi sederhana untuk menghasilkan produk tertentu serta mengoptimalkan hasil fermentasi.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Langkah dan metode ilmiah dalam proses fermentasi
Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil percobaan dan data fermentasi untuk evaluasi kualitas dan kuantitas produk fermentasi.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi menggunakan bahan local wisdom
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah fermentasi menggunakan bahan local wisdom
  3. Mengaplikasikan pengetahuan mengenai fermentasi menggunakan bahan local wisdom ke dalam poster
  4. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Presentasi poster produk fermentasi
Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil percobaan dan data fermentasi untuk evaluasi kualitas dan kuantitas produk fermentasi.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi fermentasi
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Analisis langkah dan metode ilmiah dalam proses fermentasi
Pustaka: Handbook of Fermented Functional Foods. Second Edition
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep radikal bebas dan mekanisme kerja senyawa DPPH sebagai indikator aktivitas antioksidan

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Konsep teori radikal bebas dan antioksidan
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menguraikan peran radikal bebas dalam patogenesis berbagai penyakit dan pentingnya antioksidan dalam terapi medis.

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Radikal Bebas Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan
Pustaka: RADIOLOGICAL HEALTH E-HANDBOOK
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menganalisis data hasil uji DPPH untuk mengevaluasi potensi antioksidan dari berbagai sampel (misalnya ekstrak tanaman, senyawa bioaktif)

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Aplikasi penanganan radikal bebas
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menganalisis data hasil uji DPPH untuk mengevaluasi potensi antioksidan dari berbagai sampel (misalnya ekstrak tanaman, senyawa bioaktif)

  1. Menjelaskan teori dan aplikasi radikal bebas dan antioksidan
  2. Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
  3. Mengaplikasikan langkah metode ilmiah dalam suatu percobaan sederhana
  4. Trampil menerapkan konsep biologi dalam melakukan percobaan sederhana
  5. Menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran
Kriteria:

Partisipasi saat perkuliahan dilakukan lewat pengamatan sikap jujur dan mandiri


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
ceramah, diskusi presentasi, kegiatan pratikum 4 x 50 menit
4 x 50 menit
pembelajaran via SiDia atau virtual pertemuan 4 x 50 menit
4 x 50 menit
Materi: Senyawa aktif dan dampaknya terhadap tumbuhan
Pustaka: Radiation Safety Manual E-Handbook
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Penilaian Praktikum 15%
5. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.