
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pemetaan Sosial untuk Pembangunan |
6920102306 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=0 |
P=2 |
ECTS=3.18 |
4 |
31 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Arief Sudrajat, S.Ant, M.Si, Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si.
|
Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si.
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Menguasai Pengetahuan tentang pendidikan , Masyarakat Sekolah dan masyarakat Inklusif; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis konsep pemetaan sosial sebagai proses partisipatif yang mengungkap hubungan sosial, sumber daya, dan dinamika kekuasaan.
|
PO - 2 |
Mengevaluasi relevansi pemetaan sosial dalam menangani isu-isu kontemporer seperti urbanisasi yang pesat, keadilan lingkungan, dan keberlanjutan.
|
PO - 3 |
Menciptakan strategi pemetaan inovatif yang menggabungkan pengetahuan tradisional dan perangkat digital untuk mendukung pembangunan inklusif.
|
PO - 4 |
Menunjukkan kemampuan untuk menilai pengaruh struktur kekuasaan terhadap akses dan distribusi sumber daya melalui pemetaan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-4 | PLO-6 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip, dan teknik pemetaan sosial sebagai alat untuk perencanaan dan implementasi pembangunan. Mahasiswa akan belajar cara mengidentifikasi masalah sosial di masyarakat, memahami dinamika sosial, dan mengaplikasikan hasil pemetaan sosial dalam perencanaan dan implementasi program pembangunan yang efektif dan berkelanjutan. Disamping itu, mahasiswa akan mempelajari cara mengidentifikasi, menganalisis, dan memvisualisasikan isu-isu sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam konteks pembangunan. Penekanan diberikan pada pendekatan outcome-based education dengan fokus pada capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan pembangunan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178.
- Maja, P. W., Meyer, J., Member, S., & Solms, S. V. O. N. (2020). Development of Smart Rural Village Indicators in Line With Industry 4 . 0. IEEE Access, 8, 152017–152033. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3017441
- Bambang Rudito, Melia Famiola. 2008. Social Mapping (Metode Pemetaan Sosial): Teknik Memahami Suatu Masyarakat atau Komuniti. Rekayasa Sains. Bandung.
- Putri, R. T., Ismail, I., Mulyadi, F., Purnama, S. M., & Wardani, M. P. (2025). A Systematic Review on Economic Vulnerability and Sustainability of Small-Scale Fisheries in Madura. Egyptian Journal of Aquatic Biology & Fisheries, 29(4), 283–301.
- Putri, R. T., Harianto, S., & Ismail, I. (2025). Integrating Mangrove Ecosystems and Non-Fish Fisheries for Sustainable Coastal Economies in Madura. Egyptian Journal of Aquatic Biology & Fisheries, 29(3), 3207–3220
- Putri, R. T., Sjaf, S., & Wahyuni, E. S. (2021). Kontestasi Aktor dalam Pengelolaan Dana Desa Actor Contestation in Village Fund Management. Sodality Jurnal Sosiologi Pedesaan, 09(03)
- Sjaf, Sofyan, et all. 2021. Data Desa Presisi. PT Penerbit IPB Press. Bogor.
|
Pendukung : |
|
- Participatory Seascape Mapping: A Community-Based Approach to Ocean Governance. (2024). Marine Policy.
- Construction of Urban Collective Memory Maps Based on Social Media Data: A Case Study of Nanjing, China. (2025). npj Heritage Science, 13, Article 259.
- Mapping Collective Action: A Case Study of Identifying Assets and Resources (2023). Societies, 14(5), 284.
- Freire, J. A., & Valdez, V. E. (2021). The Holistic Analysis of Multicultural Teaching Framework: Capturing Teachers’ Pauses and their Hybrid and Fluid Multicultural Practices. International Journal of Multicultural Education, 23(2), 127–147.
- Specht, K., & Gudmundsson, H. (2024). Public participation GIS scenarios for decision-making on land-use in rural Germany: promoting equity through stakeholder engagement. Energy, Sustainability and Society, 14(1), Article 18.
- Engaging participatory mapping for co-management and spatial assessment (2024). Landscape and Sustainability.
- A Case Study of Story Mapping, Neighborhood Change, and Anti-Displacement Strategy. (2024). Landscape (MDPI), 13(10), Article 1573
- Pedestrian Mobility Citizen Science Complements Expert Mapping for Enhancing Inclusive Neighborhood Placemaking. (2025). Larroya, F., Perelló, J., Paez, R., & Valtchanova, M. Urban Studies & Community Planning Journal. arXiv preprint.
- Bishop, K., Marshall, N., Rahmat, H., Thompson, S., Steinmetz-Weiss, C., Corkery, L., Tietz, C., & Park, M. (2024). Behavior mapping and its application in smart social spaces. Encyclopedia, 4(1), 171-185.
- Prioritizing participatory planning solutions: Developing place-based approaches for spatial decision making. (2023). Applied Geography, 150, Article 102823
|
Dosen Pengampu
|
Arief Sudrajat, S.Ant., M.Si. Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A. Rizky Trisna Putri, S.P., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Pemetaan Sosial dan Pembangunan |
Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan sosial dan pembangunan |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Menjelaskan Pemetaan Sosial dalam Masyarakat pertanian Pustaka: Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami Teori Sosial untuk Pemetaan |
Mahasiswa mampu memahami Teori Sosial untuk Pemetaan |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi & studi kasus 2 X 50 |
|
Materi: Teori Pemetaan Sosial Pustaka: Bambang Rudito, Melia Famiola. 2008. Social Mapping (Metode Pemetaan Sosial): Teknik Memahami Suatu Masyarakat atau Komuniti. Rekayasa Sains. Bandung. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Metode Pemetaan Sosial |
Menjelaskan teknik PRA: mapping, ranking, seasonal calendar |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Simulasi PRA 2 X 50 |
|
Materi: Metode pemetaan sosial Pustaka: Bambang Rudito, Melia Famiola. 2008. Social Mapping (Metode Pemetaan Sosial): Teknik Memahami Suatu Masyarakat atau Komuniti. Rekayasa Sains. Bandung. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Analisis Kebutuhan Masyarakat |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Kebutuhan Masyarakat |
Kriteria:
Kesungguhan, ketepatan analisis, dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop GIS dasar 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus analisis sosial ekonomi masyarakat Pustaka: Putri, R. T., Ismail, I., Mulyadi, F., Purnama, S. M., & Wardani, M. P. (2025). A Systematic Review on Economic Vulnerability and Sustainability of Small-Scale Fisheries in Madura. Egyptian Journal of Aquatic Biology & Fisheries, 29(4), 283–301. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Teknik Pengumpulan Data Pemetaan Sosial |
Mahasiswa mampu memahami Teknik Pengumpulan Data Pemetaan Sosial |
Kriteria:
Kesungguhan, ketepatan analisis, dan penguasaan materi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi & latihan 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus pemetaan sosial pada kawasan pesisir Pustaka: Putri, R. T., Harianto, S., & Ismail, I. (2025). Integrating Mangrove Ecosystems and Non-Fish Fisheries for Sustainable Coastal Economies in Madura. Egyptian Journal of Aquatic Biology & Fisheries, 29(3), 3207–3220 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pemetaan dan Analisis Sumber Daya Sosial |
Mahasiswa mampu memahami Pemetaan dan Analisis Sumber Daya Sosial |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus analisis peran penyuluh pertanian sebagai salah satu contoh sumber daya sosial Pustaka: Putri, R. T., & Reza, S. (2018). Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Penerapan Teknologi Tanam Jajar Legowo 2:1 (Kasus Kelompok Tani Gotong Royong 2 di Desa Klaseman, Kabupaten Probolinggo). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 2(3), 167–178. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Analisis Konflik Sosial dalam Pembangunan |
Mahasiswa mampu memahami Analisis Konflik Sosial dalam Pembangunan |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus kota 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus kontestasi aktor dalam pembangunan pedesaan Pustaka: Putri, R. T., Sjaf, S., & Wahyuni, E. S. (2021). Kontestasi Aktor dalam Pengelolaan Dana Desa Actor Contestation in Village Fund Management. Sodality Jurnal Sosiologi Pedesaan, 09(03) |
5% |
8
Minggu ke 8 |
uts |
Analisis kasus pemetaan sosial |
Kriteria:
Laporan sesuai teori & konteks Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian di Kelas 2 X 50 |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Pengolahan dan Penyajian Data Pemetaan |
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri |
Kriteria:
Kesungguhan,ketepatan analisis,dan penguasaanmateri Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kasus 2 X 50 |
|
Materi: Pengolahan dan penyajian data pemetaan Pustaka: Maja, P. W., Meyer, J., Member, S., & Solms, S. V. O. N. (2020). Development of Smart Rural Village Indicators in Line With Industry 4 . 0. IEEE Access, 8, 152017–152033. https://doi.org/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengevaluasi etika pemetaan digital & partisipatif |
Mengidentifikasi dilema etika |
Kriteria:
Menawarkan solusi atas 2 isu etika Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mengidentifikasi dilema etika 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus analisis peran aktor dalam pembangunan desa Pustaka: Putri, R. T., Sjaf, S., & Wahyuni, E. S. (2021). Kontestasi Aktor dalam Pengelolaan Dana Desa Actor Contestation in Village Fund Management. Sodality Jurnal Sosiologi Pedesaan, 09(03) |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menciptakan strategi pemetaan inovatif |
Menggabungkan GIS dengan pengetahuan lokal |
Kriteria:
Strategi inovatif, feasible, inklusif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop & mentoring 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus pengelolaan dana desa untuk pembangunan pedesaan Pustaka: Putri, R. T., Sjaf, S., & Wahyuni, E. S. (2021). Kontestasi Aktor dalam Pengelolaan Dana Desa Actor Contestation in Village Fund Management. Sodality Jurnal Sosiologi Pedesaan, 09(03) |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Membuat proyek pemetaan partisipatif |
Menyusun rencana proyek dengan partisipasi warga |
Kriteria:
Rencana komprehensif: tujuan, metode, output Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Proyek lapangan 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus pengelolaan dana desa untuk pembangunan pedesaan Pustaka: Putri, R. T., Sjaf, S., & Wahyuni, E. S. (2021). Kontestasi Aktor dalam Pengelolaan Dana Desa Actor Contestation in Village Fund Management. Sodality Jurnal Sosiologi Pedesaan, 09(03) |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Membuat refleksi kritis pemetaan & pembangunan |
Menulis esai refleksi tentang equity & sustainability |
Kriteria:
Argumentasi kritis, berbasis teori & data Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelas 2 X 50 |
|
Materi: Materi Data Desa Presisi dengan metode Drone Participatory Mapping Pustaka: Sjaf, Sofyan, et all. 2021. Data Desa Presisi. PT Penerbit IPB Press. Bogor. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi proyek pemetaan sosial |
Menyajikan hasil proyek pemetaan |
Kriteria:
Presentasi jelas, berbasis data & teori Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Pameran hasil proyek 2 X 50 |
|
Materi: Contoh kasus kerentanan ekonomi masyarakat pesisir Pustaka: Putri, R. T., Harianto, S., & Ismail, I. (2025). Integrating Mangrove Ecosystems and Non-Fish Fisheries for Sustainable Coastal Economies in Madura. Egyptian Journal of Aquatic Biology & Fisheries, 29(3), 3207–3220 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Penyusunan laporan akhir |
Laporan lengkap: peta, analisis, refleksi |
Kriteria:
Struktur laporan sesuai standar ilmiah Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Mentoring laporan 2 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Final report & presentasi integratif |
Kriteria:
Laporan analitis, peta akurat, refleksi kritis Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian di Kelas 2 X 50 |
|
|
15% |