
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Geografi Indonesia |
8420703103 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dhimas Bagus Virgiawan, M.Pd
|
Dr. Hendri Prastiyono.M.Pd.
|
NUANSA BAYU SEGARA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek fisik dan sosial serta menginterpretasi potensi geografis untuk pembangunan berkelanjutan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, bencana, dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.
|
PO - 3 |
Mampu menerapkan teori regional untuk perencanaan dan pembangunan wilayah berkelanjutan dengan memperhatikan kondisi fisik, sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-8 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Geografi Indonesia membahas karakteristik fisik dan sosial budaya wilayah Indonesia secara komprehensif. Isi perkuliahan mencakup aspek geologi, geomorfologi, iklim, hidrologi, biogeografi, serta distribusi penduduk, aktivitas ekonomi, dan keragaman budaya di Indonesia. Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang kondisi geografis Indonesia, interaksi manusia dengan lingkungan, serta isu-isu kontemporer seperti pembangunan wilayah, mitigasi bencana, dan konservasi sumber daya alam. Ruang lingkup meliputi analisis keruangan berbagai region di Indonesia, pengembangan potensi wilayah, dan penerapan konsep geografi dalam konteks pembelajaran IPS di tingkat pendidikan menengah. Sehingga mahasiswa mampu menghasilkan kajian dalam bentuk karya tulis ilmiah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA
- Van Bemmelen,R.W.,1949.The Geology of Indonesia, vol.1A, TheHague, Martinus Nijhoff, 732hal.
- Verstappen (Pengarang) ; Sutikno (Penyunting). 2014. Geomorfologi Terapan. Yogyakarta : Ombak, 2014
- Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England
|
Pendukung : |
|
- Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Hendri Prastiyono, M.Pd. Muhammad Ilyas Marzuqi, M.Pd. Dhimas Bagus Virgiawan, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis dan geomorfologis untuk pembangunan berkelanjutan |
mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari pengantar ilmu geografi dalam IPS |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, tanya jawab, ceramah 2 x 50 |
penugasan 2 X 50 |
Materi: Pengantar geografi dalam IPS Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis dan geomorfologis untuk pembangunan berkelanjutan |
mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi, presentasi 2 x 50 |
penugasan 2 x 50 |
Materi: Geo Fisik: Geologi Indonesia Pustaka: Van Bemmelen,R.W.,1949.The Geology of Indonesia, vol.1A, TheHague, Martinus Nijhoff, 732hal. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geologis dan geomorfologis untuk pembangunan berkelanjutan |
mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek geomorfologis |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi 2 x 50 |
penugasan 2 x 50 |
Materi: Geo Fisik: Geomorfologi Indonesia Pustaka: Verstappen (Pengarang) ; Sutikno (Penyunting). 2014. Geomorfologi Terapan. Yogyakarta : Ombak, 2014 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek hidroseanografi dan meteorologi untuk pembangunan berkelanjutan |
mampu mengidentifikasi dan menganalisis kondisi geografi Indonesia dari aspek hidroseanografi dan meteorologi |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi 2 x 50 |
penugasan 2 x 50 |
Materi: Geo Fisik: Hidroseanografi dan Meteorologi Indonesia Pustaka: Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global. |
Mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi 2 x 50 |
penugasan 2 x 50 |
Materi: Geo Fisik: Sumber Daya Alam Indonesia Pustaka: Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global. |
Mampu menganalisis konektivitas antarruang melalui aspek pemetaan |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, presentasi 2 x 50 |
penugasan 2 x 50 |
Materi: Geo Fisik: Sumber Daya Alam Indonesia Pustaka: Robert E. Gabler, et al. 2007. Essentials of Physical Geography, Eighth Edition. Thomson Higher Education: USA Materi: Geo Teknik: Atlas dan Peta Indonesia Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis konektivitas antarruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam pada kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global. |
mampu menganalisis konektivitas antarruang melalui praktik membuat peta |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi, praktik 2 x 50 |
penugasan 2 x 50 |
Materi: Geo Teknik: Praktik Pemetaan Indonesia Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
Tes |
Kriteria:
- rubrik
Bentuk Penilaian : Tes |
tes 2 x 50 |
tes 2 x 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan kependudukan kuantitatif di indonesia |
mampu menganalisis permasalahan kependudukan kuantitatif di indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: Kependudukan Indonesia Pustaka: Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan kependudukan kualitatif di indonesia |
mampu menganalisis permasalahan kependudukan kualitatif di indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: Kependudukan Indonesia Pustaka: Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis keterkaitan kondisi lingkungan dengan kebudayaan di indonesia |
mampu menganalisis keterkaitan kondisi lingkungan dengan kebudayaan di indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: Kebudayaan Indonesia Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pedesaan di indonesia |
mampu menganalisis permasalahan pedesaan di indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: Geografi pedesaan Pustaka: Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis kondisi permasalahan perkotaan di indonesia |
mampu menganalisis kondisi permasalahan perkotaan di indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 50 |
Materi: geografi perkotaan Pustaka: Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan industri dan wilayah pembangunan di indonesia |
mampu menganalisis perkembangan industri dan wilayah pembangunan di indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: industri dan pembangunan Pustaka: Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis perdagangan interinsuler kepulauan indonesia |
mampu menganalisis perdagangan interinsuler kepulauan indonesia |
Kriteria:
rubrik Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 x 50 |
2 x 50 |
Materi: perdagangan interinsuler Pustaka: Daniels et al. 2008. An introduction to human geography : issues for the 21st century. Pearson Education Limited: England |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2 x 50 |
UAS 2 x 50 |
Materi: UAS Pustaka: Paul A. Tucci and Matthew T. Rosenberg. 2009. The handy geography answer book. Visible Ink Press: Detroit USA |
15% |