
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Sains Data
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Bisnis Digital |
4920202070 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
1 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
DANA AZIZAH RAHMAT
|
DANA AZIZAH RAHMAT
|
YULIANI PUJI ASTUTI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-21 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang sains data, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik teori-teori bisnis digital.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengetahui pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-21 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sains dan data dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital. Mata kuliah ini mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital. Mata kuliah ini mennggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
- Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
|
Pendukung : |
|
- Rahman, M. F. W., Peerzadah, S. A., Durman, T. Y. & Widianto, S. (2025). Game on for innovation: a cross-country study on how eSports drive knowledge sharing and innovative behavior. Global Knowledge, Memory and Communication, Vol. aheadof-print No. ahead-of-print, 1-20
- Kistyanto, A., Rahman, M. F. W., Budiono, B., Indawati, N., Ramadhani, B. Y. A., & Nihaya, I. U. (2025). Digital social capital on career success in digital natives and digital immigrant employees. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 103(2), 761-772.
- Kautsar, A., Rahman, M.F.W., Kharisma, F. & Fazlurrahman, H. (2024). Pengantar Bisnis Digital. Surabaya: Unesa University Press. ISBN: 978-602-4497-08-8.
- Wijayati, D. T., Rahman, Z., Fahrullah, A., Rahman, M. F. W., Arifah, I. D. C., & Kautsar, A. (2022). A study of artificial intelligence on employee performance and work engagement: the moderating role of change leadership. International Journal of Manpower, 43(2), 486-512.
|
Dosen Pengampu
|
Dana Azizah Rahmat, S.T., M.T., MBA. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik bisnis digital dan e-commerce |
- Ketepatan menelaah pengertian bisnis digital dan ecommerce
- Ketepatan membedakan bisnis digital dengan bisnis konvensional
- Ketepatan dalam menelaah bentuk-bentuk kepemilikan bisnis digital
|
Kriteria:
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan presentasi 2 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 X 50 |
Materi: Introduction to digital business and e-commerce Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menelaah markertplace analysis untuk e-commerce |
- Ketepatan menelaah tentang ecommerce, marketplace, dan online shop
- Ketepatan membedakan seputar ecommerce, marketplace, dan online shop
- Ketepatan menjelaskan contoh dan studi kasus mengenai e-commerce, marketplace, dan online shop
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Marketplace analysis for ecommerce Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik infrastruktur digital |
- Ketepatan menelaah pengertian infrastruktur digital
- Ketepatan menelaah elemen infrastruktur bisnis digital
- Ketepatan menelaah fungsi layanan web dan cloud computing
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: managing digital business Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik strategi bisnis digital |
- Ketepatan menelaah pengertian dan tahapan strategi bisnis digital
- Ketepatan menelaah strategi saluran digital (digital channel strategies)
- Ketepatan menelaah analisis strategis dengan SWOT
- Ketepatan menelaah strategi bisnis digital untuk usaha kecil dan menengah/SMEs
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Digital business strategy Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik etika bisnis digital |
- Ketepatan menelaah prinsip-prinsip etika bisnis digital
- Ketepatan menelaah bentuk-bentuk dari digital business social responsibility
- Ketepatan menjelaskan contoh dan studi kasus prinsip-prinsip etika bisnis digital dan digital business social responsibility
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Business ethic Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik change management (manajemen perubahan) dalam bisnis digital |
- Ketepatan menelaah tantangan transformasi bisnis digital
- Ketepatan menelaah berbagai jenis perubahan dalam bisnis
- Ketepatan menelaah dalam merencanakan perubahan
- Kesesuaian persyaratan sumber daya manusia dan mereview struktur organisasi
- Penguasaan terhadap pendekatan untuk mengelola perubahan dengan fokus pada aspek manajemen pengetahuan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: Change management Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik E-Environment (lingkungan elektronik) dalam bisnis digital |
- Ketepatan menelaah lingkungan makro menggunakan kerangka SLEPT
- Ketepatan menelaah lingkungan dan green issues terkait penggunaan internet
- Ketepatan menelaah e-government
- Ketepatan menelaah dampak teknologi dan penilaian teknologi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom meeting atau google meet 2 x 50 |
Materi: E-Environment Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Dapat Mengerjakan Ujian Tengah Semester |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Mengerjakan Ujian Tengah Semeste 2 x 50 |
|
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik supply chain business digital |
- Ketepatan menelaah pengertian supply chain management
- Ketepatan menelaah model supply chain management di B2B
- Ketepatan menelaah value chain di bisnis digital
- Ketepatan menelaah e-SCM
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Meeting/Google Meeting 2 x50 |
Materi: Supply chain management Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik e-procurement supply chain business digital |
- Ketepatan menelaah pengertian supply chain management
- Ketepatan menelaah model supply chain management di B2B
- Ketepatan menelaah value chain di bisnis digital
- Ketepatan menelaah e-SCM
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom Meeting/Google Meeting 2 x 50 |
Materi: E-procurement Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik pemasaran dan customer relationship management (CRM) bisnis digital |
- Ketepatan menjelaskan apa itu e-CRM
- Ketepatan menelaah strategi pemasaran digital
- Ketepatan menelaah aktivitas pemasaran pada customer relationship management
- Ketepatan menelaah benefit dari customer relationship management
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom Meeting/Google Meeting 2 x 50 |
Materi: Customer relationship management Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
2% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menelaah dengan baik pemasaran dan customer relationship management bisnis digital |
- Ketepatan menelaah customer engagement strategy
- Ketepatan menilai efektivitas komunikasi pemasaran
- Ketepatan fokus pada media sosial dan strategi CRM sosial
- Ketepatan mengidentifikasi solusi teknologi untuk CRM
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom Meeting/Google Meeting 2 x 50 |
Materi: Customer relationship management Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menelaah aspek keuangan bisnis digital |
- Ketepatan menelaah aspek keuangan bisnis digital
- Ketepatan menelaah proses pengelolaan hingga pelaporan keuangan bisnis digital
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom Meeting/Google Meeting 2 x 50 |
Materi: Aspek Keuangan dalam Bisnis Digital Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan analisis desain bisnis digital |
- Ketepatan menelaah desain dengan bisnis digital
- Ketepatan menelaah process modelling dan data modelling
- Ketepatan menelaah user-centred design dan manajemen pengalaman pelanggan
- Ketepatan menelaah security design
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom Meeting/Google Meeting 2 x 50 |
Materi: Business design Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis digital |
- Ketepatan memahami business model canvas dalam bisnis digital
- Ketepatan menyusun rencana bisnis digital berdasar business model canvas
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 2 x 50 |
Zoom Meeting/Google Meeting 2 x 50 |
Materi: Business model canvas Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Dapat Mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Ujian Akhir Semester
|
|
Materi: Materi 1-15 Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba |
10% |