Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Sains Data

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Bisnis Digital

4920202070

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

1 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




DANA AZIZAH RAHMAT




DANA AZIZAH RAHMAT




YULIANI PUJI ASTUTI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-21

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang sains data, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik teori-teori bisnis digital.

PO - 2

Mahasiswa mampu mengetahui pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-21
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sains dan data dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi menuju bisnis digital. Mata kuliah ini mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital. Mata kuliah ini mennggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran, keuangan, manajemen rantai pasokan, manajemen operasi, dan manajemen sumber daya manusia.

Pustaka

Utama :

  1. Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
  2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba

Pendukung :

  1. Rahman, M. F. W., Peerzadah, S. A., Durman, T. Y. & Widianto, S. (2025). Game on for innovation: a cross-country study on how eSports drive knowledge sharing and innovative behavior. Global Knowledge, Memory and Communication, Vol. aheadof-print No. ahead-of-print, 1-20
  2. Kistyanto, A., Rahman, M. F. W., Budiono, B., Indawati, N., Ramadhani, B. Y. A., & Nihaya, I. U. (2025). Digital social capital on career success in digital natives and digital immigrant employees. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 103(2), 761-772.
  3. Kautsar, A., Rahman, M.F.W., Kharisma, F. & Fazlurrahman, H. (2024). Pengantar Bisnis Digital. Surabaya: Unesa University Press. ISBN: 978-602-4497-08-8.
  4. Wijayati, D. T., Rahman, Z., Fahrullah, A., Rahman, M. F. W., Arifah, I. D. C., & Kautsar, A. (2022). A study of artificial intelligence on employee performance and work engagement: the moderating role of change leadership. International Journal of Manpower, 43(2), 486-512.

Dosen Pengampu

Dana Azizah Rahmat, S.T., M.T., MBA.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik bisnis digital dan e-commerce

  1. Ketepatan menelaah pengertian bisnis digital dan ecommerce
  2. Ketepatan membedakan bisnis digital dengan bisnis konvensional
  3. Ketepatan dalam menelaah bentuk-bentuk kepemilikan bisnis digital
Kriteria:

Kriteria: Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan presentasi
2 X 50
Zoom meeting atau google meet
2 X 50
Materi: Introduction to digital business and e-commerce
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menelaah markertplace analysis untuk e-commerce

  1. Ketepatan menelaah tentang ecommerce, marketplace, dan online shop
  2. Ketepatan membedakan seputar ecommerce, marketplace, dan online shop
  3. Ketepatan menjelaskan contoh dan studi kasus mengenai e-commerce, marketplace, dan online shop
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Marketplace analysis for ecommerce
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik infrastruktur digital

  1. Ketepatan menelaah pengertian infrastruktur digital
  2. Ketepatan menelaah elemen infrastruktur bisnis digital
  3. Ketepatan menelaah fungsi layanan web dan cloud computing
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: managing digital business
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik strategi bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah pengertian dan tahapan strategi bisnis digital
  2. Ketepatan menelaah strategi saluran digital (digital channel strategies)
  3. Ketepatan menelaah analisis strategis dengan SWOT
  4. Ketepatan menelaah strategi bisnis digital untuk usaha kecil dan menengah/SMEs
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Digital business strategy
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik etika bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah prinsip-prinsip etika bisnis digital
  2. Ketepatan menelaah bentuk-bentuk dari digital business social responsibility
  3. Ketepatan menjelaskan contoh dan studi kasus prinsip-prinsip etika bisnis digital dan digital business social responsibility
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Business ethic
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik change management (manajemen perubahan) dalam bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah tantangan transformasi bisnis digital
  2. Ketepatan menelaah berbagai jenis perubahan dalam bisnis
  3. Ketepatan menelaah dalam merencanakan perubahan
  4. Kesesuaian persyaratan sumber daya manusia dan mereview struktur organisasi
  5. Penguasaan terhadap pendekatan untuk mengelola perubahan dengan fokus pada aspek manajemen pengetahuan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: Change management
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
10%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik E-Environment (lingkungan elektronik) dalam bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah lingkungan makro menggunakan kerangka SLEPT
  2. Ketepatan menelaah lingkungan dan green issues terkait penggunaan internet
  3. Ketepatan menelaah e-government
  4. Ketepatan menelaah dampak teknologi dan penilaian teknologi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom meeting atau google meet
2 x 50
Materi: E-Environment
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
5%

8

Minggu ke 8

Dapat Mengerjakan Ujian Tengah Semester

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Mengerjakan Ujian Tengah Semeste
2 x 50

Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik supply chain business digital

  1. Ketepatan menelaah pengertian supply chain management
  2. Ketepatan menelaah model supply chain management di B2B
  3. Ketepatan menelaah value chain di bisnis digital
  4. Ketepatan menelaah e-SCM
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan

Ceramah dan presentasi
2 x 50
Meeting/Google Meeting
2 x50
Materi: Supply chain management
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik e-procurement supply chain business digital

  1. Ketepatan menelaah pengertian supply chain management
  2. Ketepatan menelaah model supply chain management di B2B
  3. Ketepatan menelaah value chain di bisnis digital
  4. Ketepatan menelaah e-SCM
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom Meeting/Google Meeting
2 x 50
Materi: E-procurement
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik pemasaran dan customer relationship management (CRM) bisnis digital

  1. Ketepatan menjelaskan apa itu e-CRM
  2. Ketepatan menelaah strategi pemasaran digital
  3. Ketepatan menelaah aktivitas pemasaran pada customer relationship management
  4. Ketepatan menelaah benefit dari customer relationship management
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom Meeting/Google Meeting
2 x 50
Materi: Customer relationship management
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
2%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menelaah dengan baik pemasaran dan customer relationship management bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah customer engagement strategy
  2. Ketepatan menilai efektivitas komunikasi pemasaran
  3. Ketepatan fokus pada media sosial dan strategi CRM sosial
  4. Ketepatan mengidentifikasi solusi teknologi untuk CRM
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom Meeting/Google Meeting
2 x 50
Materi: Customer relationship management
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menelaah aspek keuangan bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah aspek keuangan bisnis digital
  2. Ketepatan menelaah proses pengelolaan hingga pelaporan keuangan bisnis digital
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom Meeting/Google Meeting
2 x 50
Materi: Aspek Keuangan dalam Bisnis Digital
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melakukan analisis desain bisnis digital

  1. Ketepatan menelaah desain dengan bisnis digital
  2. Ketepatan menelaah process modelling dan data modelling
  3. Ketepatan menelaah user-centred design dan manajemen pengalaman pelanggan
  4. Ketepatan menelaah security design
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom Meeting/Google Meeting
2 x 50
Materi: Business design
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu membuat rencana bisnis digital

  1. Ketepatan memahami business model canvas dalam bisnis digital
  2. Ketepatan menyusun rencana bisnis digital berdasar business model canvas
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
2 x 50
Zoom Meeting/Google Meeting
2 x 50
Materi: Business model canvas
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
10%

16

Minggu ke 16

Dapat Mengerjakan Ujian Akhir Semester

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Ujian Akhir Semester

Materi: Materi 1-15
Pustaka: Dave Chaffey. 2015. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson 2. Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 55.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 2.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 20%
4. Tes 10%
88%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.