Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistika dalam Penelitian Pendidikan (Statistics in Educational Research)

8410102238

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

7 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Dwikoranto, M.Pd.




.......................................




EKO HARIYONO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai teknik statistik yang tepat untuk mengolah data.

PO - 2

Menganalisis data dalam rangka pemecahan masalah pendidikan sains.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5
PO-1    
PO-2    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pustaka

Utama :

  1. Kaiser, M. S. (2005). Advance statistical methods lowa. State University: Departement of Statistics.
  2. Coletti, P. (2010). Advanced statistis. Free Univeristy of Bolzano Bozen
  3. Shalizi, C.R. (2013). Advance data analiysis. Cosma Rohilla Spring 2013.

Pendukung :

  1. Imam Ghozali . (2019). Buku Statistik NON Parametrik. Undip

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Achmad Lutfi, M.Pd.

Dr. Dwikoranto, M.Pd.

Prof. Nadi Suprapto, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

2%

2

Minggu ke 2


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100 menit

2%

3

Minggu ke 3


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

2%

4

Minggu ke 4


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

2%

5

Minggu ke 5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100

2%

6

Minggu ke 6


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring
100

2%

7

Minggu ke 7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

3%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes
luring

20%

9

Minggu ke 9


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

3%

10

Minggu ke 10


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
luring

3%

11

Minggu ke 11


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

daring
100
3%

12

Minggu ke 12


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

daring
100 menit
3%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

daring
100 menit
3%

14

Minggu ke 14


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

daring
100 menit
10%

15

Minggu ke 15


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

daring
100 menit
10%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Tes

daring
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.