
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Evaluasi Program |
6920102323 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
8 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Tim MBKM
|
Tim MBKM
|
AGUS MACHFUD FAUZI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya; |
PLO-9 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
PLO-11 |
mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat; |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis kerangka kerja evaluasi program, metodologi, dan prinsip etika untuk secara kritis menafsirkan relevansi dan penerapan mereka dalam konteks pendidikan dan berbasis komunitas.
|
PO - 2 |
Mampu mengevaluasi implementasi evaluasi program berbasis lapangan dengan menilai proses pengumpulan data, analisis, kolaborasi, dan pemecahan masalah untuk memastikan validitas dan reliabilitas.
|
PO - 3 |
Mampu menghasilkan output evaluasi profesional seperti laporan, presentasi, dan ringkasan kebijakan yang mengintegrasikan data empiris, perspektif teoretis, dan analisis kritis untuk memberikan rekomendasi berbasis bukti.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-9 | PLO-11 | | PO-1 | | | ✔ | | PO-2 | ✔ | | | | PO-3 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Evaluasi Program pada jenjang S1 Program Studi Sosiologi dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, metode, dan teknik evaluasi program sosial. Mahasiswa diperkenalkan pada pendekatan sistematis yang digunakan untuk menilai efektivitas, efisiensi, serta dampak program sosial dari perspektif sosiologis. Pembelajaran dalam mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang instrumen evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk melakukan pengumpulan data secara valid dan reliabel. Analisis data kemudian diarahkan agar mampu menghasilkan temuan yang bermakna dan relevan. Hasil analisis tersebut menjadi dasar penyusunan rekomendasi berbasis bukti bagi perbaikan program. Ruang lingkup kajian meliputi evaluasi kebutuhan, proses, hasil, maupun dampak program dalam berbagai konteks sosial. Dengan demikian, mata kuliah ini menekankan pentingnya evaluasi program sebagai instrumen akademik sekaligus praktis dalam memahami kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan perubahan sosial. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
- Braverman, M. T. (2022). Evaluating Program Effectiveness: Validity and Decision-Making in Outcome Evaluation. SAGE Publications
- Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., Worthen, B. R., & Wingate, L. A. (2022). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (5th edition). Pearson.
- Giancola, S. P. (2025). Program Evaluation: Embedding Evaluation into Program Design and Development (2nd edition). SAGE Publications
- Kathryn E. Newcomer & Steven W. Mumford. (2024).Research Handbook on Program Evaluation, Edward Elgar Publishing
- Rupiarsieh, R., Wulandari, S., & Wulandari, T. S. (2025). Improving Social Justice: A Comprehensive Evaluation of the KPM Assistance Program in Poverty Reduction. Perspektif, 14(1), 183-191.
- Terpstra-Rundel, C., & Möller, C. (2025). “Development, implementation and evaluation of a hybrid study program for sustainability competencies and future skills.” Frontiers in Education, 10:1568233.
|
Pendukung : |
|
- Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
- Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge.
- Braverman, M. T. (2022). Evaluating Program Effectiveness: Validity and Decision-Making in Outcome Evaluation. SAGE Publications.
- Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., Worthen, B. R., & Wingate, L. A. (2022). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (5th edition). Pearson.
- Giancola, S. P. (2025). Program Evaluation: Embedding Evaluation into Program Design and Development (2nd edition). SAGE Publications
- Kathryn E. Newcomer & Steven W. Mumford. (2024).Research Handbook on Program Evaluation, Edward Elgar Publishing.
- Rupiarsieh, R., Wulandari, S., & Wulandari, T. S. (2025). Improving Social Justice: A Comprehensive Evaluation of the KPM Assistance Program in Poverty Reduction. Perspektif, 14(1), 183-191.
- Akhtar, F., & Parkar, T. (2024). Measuring the Effectiveness of Internship Programs in Aligning Education with Industry during COVID-19: A Case Study. International Journal of Instruction, 17(4), 537-556
- Di Pietro, G. (2022). International Internships and Skill Development: A Systematic Review. Review of Education, 10(2), e3363.
- Kholifaturrohmah, R., Siswandari, & Hindrayani, A. (2024). Evaluation of the MBKM Educational Internship Program and Flipped Classroom Oriented to the CIPP Model. Economic Education Analysis Journal, 13(1).
- Owen, J. M., & Rogers, P. J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge
- Rossi, P. H., Lipsey, M. W., & Freeman, H. E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
- Seviani, H. N., Pamungkas, R. R., & Veda, O. X. (2025). Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) dalam Upaya Mewujudkan Tujuan Kemendikbudristek di SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Media Akademik, 3(5)
- Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
- Suhartanta, S., Soewito, N., Hiryanto, H., Sugesti, N., Efendi, Y., Rahayu, S. P., & Kamin, Y. B. (2024). Evaluation of Student Internship Programs to Support the Sustainability of Vocational Education Institutions and Industrial Cooperation Programs. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(1), 63-73.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar evaluasi program |
Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan, model, dan manfaat evaluasi program |
Kriteria:
Kejelasan konsep, ketepatan contoh Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, diskusi 100 |
|
Materi: Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage. Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Analisis model & framework evaluasi |
Mahasiswa mampu membandingkan kekuatan & kelemahan framework evaluasi |
Kriteria:
Kedalaman analisis, keterhubungan teori–praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, studi literatur 2 X 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Metodologi & etika penelitian evaluasi |
Mahasiswa dapat menjelaskan metodologi dan isu etis pengumpulan data |
Kriteria:
Ketajaman analisis metodologi, refleksi etis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lecture, role play, diskusi
|
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Representativitas & bias |
Mahasiswa mampu menilai potensi bias dalam sampling & data |
Kriteria:
Kejelasan identifikasi bias, ketepatan solusi Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Case study, simulasi 2 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Tantangan praktis pengumpulan data |
Mahasiswa dapat menguraikan kendala lapangan dan solusinya |
Kriteria:
Relevansi refleksi, keterhubungan praktik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Field reflection, peer discussion 2 X 50 |
|
Materi: Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage. Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Analisis data kuantitatif |
Mahasiswa mampu menganalisis data set dengan statistik deskriptif/inferensial |
Kriteria:
Akurasi analisis, kejelasan output Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop, lab session 2 X 50 |
|
Materi: Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage. Pustaka: |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Analisis data kuantitatif |
Mahasiswa mampu menganalisis data set dengan statistik deskriptif/inferensial |
Kriteria:
Akurasi analisis, kejelasan output Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop, lab session 2 X 50 |
|
Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass. Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Analisis data kualitatif |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tema & pola dari data wawancara/observasi |
Kriteria:
Konsistensi tema, validitas analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop coding 2 X 50 |
|
Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass. Pustaka: |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Analisis data kualitatif |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tema & pola dari data wawancara/observasi |
Kriteria:
Konsistensi tema, validitas analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop 100 |
|
Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass. Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Evaluasi desain & metodologi |
Mahasiswa mampu mengevaluasi desain penelitian & metodologi teman sejawat |
Kriteria:
Ketajaman kritik, konstruktifitas feedback Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Peer review, presentasi 2 X 50 |
|
Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass. Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Evaluasi hasil penelitian |
Mahasiswa mampu membandingkan temuan dengan tujuan program |
Kriteria:
Kedalaman evaluasi, keterhubungan dengan tujuan program Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelas, seminar 2 X 50 |
|
Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass. Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Penyusunan laporan akademik |
Mahasiswa menyusun laporan penelitian terstruktur (bab 1–5) |
Kriteria:
Kelengkapan isi, sistematika Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tutorial, konsultasi 2 X 50 |
|
Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass. Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Penyusunan laporan evaluasi program |
Mahasiswa menyusun laporan evaluasi lengkap untuk stakeholder |
Kriteria:
Kualitas laporan, integrasi teori–temuan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBL
|
|
Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge. Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Penyusunan rekomendasi kebijakan |
Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi berbasis bukti |
Kriteria:
Relevansi rekomendasi, berbasis data Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Workshop, peer feedback 2 X 50 |
|
Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge. Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi hasil evaluasi |
Mahasiswa menyajikan laporan akhir secara profesional |
Kriteria:
Kejelasan presentasi & solusi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok 2 X 50 |
|
Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge. Pustaka: |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Final project & refleksi |
Mahasiswa menyerahkan laporan akhir & refleksi magang penelitian |
Kriteria:
Integrasi teori–praktik, etika penelitian Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik Lapangan 2 X 50 |
|
Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge. Pustaka: |
15% |