Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Program

6920102323

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

8 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Tim MBKM




Tim MBKM




AGUS MACHFUD FAUZI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya;

PLO-9

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

PLO-11

mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat;

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis kerangka kerja evaluasi program, metodologi, dan prinsip etika untuk secara kritis menafsirkan relevansi dan penerapan mereka dalam konteks pendidikan dan berbasis komunitas.

PO - 2

Mampu mengevaluasi implementasi evaluasi program berbasis lapangan dengan menilai proses pengumpulan data, analisis, kolaborasi, dan pemecahan masalah untuk memastikan validitas dan reliabilitas.

PO - 3

Mampu menghasilkan output evaluasi profesional seperti laporan, presentasi, dan ringkasan kebijakan yang mengintegrasikan data empiris, perspektif teoretis, dan analisis kritis untuk memberikan rekomendasi berbasis bukti.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-11
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Evaluasi Program pada jenjang S1 Program Studi Sosiologi dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, metode, dan teknik evaluasi program sosial. Mahasiswa diperkenalkan pada pendekatan sistematis yang digunakan untuk menilai efektivitas, efisiensi, serta dampak program sosial dari perspektif sosiologis. Pembelajaran dalam mata kuliah ini bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang instrumen evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Selain itu, mahasiswa dilatih untuk melakukan pengumpulan data secara valid dan reliabel. Analisis data kemudian diarahkan agar mampu menghasilkan temuan yang bermakna dan relevan. Hasil analisis tersebut menjadi dasar penyusunan rekomendasi berbasis bukti bagi perbaikan program. Ruang lingkup kajian meliputi evaluasi kebutuhan, proses, hasil, maupun dampak program dalam berbagai konteks sosial. Dengan demikian, mata kuliah ini menekankan pentingnya evaluasi program sebagai instrumen akademik sekaligus praktis dalam memahami kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan perubahan sosial.

Pustaka

Utama :

  1. Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
  2. Braverman, M. T. (2022). Evaluating Program Effectiveness: Validity and Decision-Making in Outcome Evaluation. SAGE Publications
  3. Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., Worthen, B. R., & Wingate, L. A. (2022). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (5th edition). Pearson.
  4. Giancola, S. P. (2025). Program Evaluation: Embedding Evaluation into Program Design and Development (2nd edition). SAGE Publications
  5. Kathryn E. Newcomer & Steven W. Mumford. (2024).Research Handbook on Program Evaluation, Edward Elgar Publishing
  6. Rupiarsieh, R., Wulandari, S., & Wulandari, T. S. (2025). Improving Social Justice: A Comprehensive Evaluation of the KPM Assistance Program in Poverty Reduction. Perspektif, 14(1), 183-191.
  7. Terpstra-Rundel, C., & Möller, C. (2025). “Development, implementation and evaluation of a hybrid study program for sustainability competencies and future skills.” Frontiers in Education, 10:1568233.

Pendukung :

  1. Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
  2. Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge.
  3. Braverman, M. T. (2022). Evaluating Program Effectiveness: Validity and Decision-Making in Outcome Evaluation. SAGE Publications.
  4. Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., Worthen, B. R., & Wingate, L. A. (2022). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (5th edition). Pearson.
  5. Giancola, S. P. (2025). Program Evaluation: Embedding Evaluation into Program Design and Development (2nd edition). SAGE Publications
  6. Kathryn E. Newcomer & Steven W. Mumford. (2024).Research Handbook on Program Evaluation, Edward Elgar Publishing.
  7. Rupiarsieh, R., Wulandari, S., & Wulandari, T. S. (2025). Improving Social Justice: A Comprehensive Evaluation of the KPM Assistance Program in Poverty Reduction. Perspektif, 14(1), 183-191.
  8. Akhtar, F., & Parkar, T. (2024). Measuring the Effectiveness of Internship Programs in Aligning Education with Industry during COVID-19: A Case Study. International Journal of Instruction, 17(4), 537-556
  9. Di Pietro, G. (2022). International Internships and Skill Development: A Systematic Review. Review of Education, 10(2), e3363.
  10. Kholifaturrohmah, R., Siswandari, & Hindrayani, A. (2024). Evaluation of the MBKM Educational Internship Program and Flipped Classroom Oriented to the CIPP Model. Economic Education Analysis Journal, 13(1).
  11. Owen, J. M., & Rogers, P. J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge
  12. Rossi, P. H., Lipsey, M. W., & Freeman, H. E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
  13. Seviani, H. N., Pamungkas, R. R., & Veda, O. X. (2025). Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) dalam Upaya Mewujudkan Tujuan Kemendikbudristek di SMA Negeri 13 Semarang. Jurnal Media Akademik, 3(5)
  14. Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
  15. Suhartanta, S., Soewito, N., Hiryanto, H., Sugesti, N., Efendi, Y., Rahayu, S. P., & Kamin, Y. B. (2024). Evaluation of Student Internship Programs to Support the Sustainability of Vocational Education Institutions and Industrial Cooperation Programs. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(1), 63-73.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar evaluasi program

Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan, model, dan manfaat evaluasi program

Kriteria:

Kejelasan konsep, ketepatan contoh


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, diskusi
100

Materi: Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Analisis model & framework evaluasi

Mahasiswa mampu membandingkan kekuatan & kelemahan framework evaluasi

Kriteria:

Kedalaman analisis, keterhubungan teori–praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, studi literatur
2 X 50

5%

3

Minggu ke 3

Metodologi & etika penelitian evaluasi

Mahasiswa dapat menjelaskan metodologi dan isu etis pengumpulan data

Kriteria:

Ketajaman analisis metodologi, refleksi etis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lecture, role play, diskusi

5%

4

Minggu ke 4

Representativitas & bias

Mahasiswa mampu menilai potensi bias dalam sampling & data

Kriteria:

Kejelasan identifikasi bias, ketepatan solusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Case study, simulasi
2 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Tantangan praktis pengumpulan data

Mahasiswa dapat menguraikan kendala lapangan dan solusinya

Kriteria:

Relevansi refleksi, keterhubungan praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Field reflection, peer discussion
2 X 50

Materi: Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Analisis data kuantitatif

Mahasiswa mampu menganalisis data set dengan statistik deskriptif/inferensial

Kriteria:

Akurasi analisis, kejelasan output


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop, lab session
2 X 50

Materi: Rossi, P.H., Lipsey, M.W., & Freeman, H.E. (2019). Evaluation: A Systematic Approach. Sage.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Analisis data kuantitatif

Mahasiswa mampu menganalisis data set dengan statistik deskriptif/inferensial

Kriteria:

Akurasi analisis, kejelasan output


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop, lab session
2 X 50

Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Analisis data kualitatif

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tema & pola dari data wawancara/observasi

Kriteria:

Konsistensi tema, validitas analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop coding
2 X 50

Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Pustaka:
15%

9

Minggu ke 9

Analisis data kualitatif

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tema & pola dari data wawancara/observasi

Kriteria:

Konsistensi tema, validitas analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop
100

Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Evaluasi desain & metodologi

Mahasiswa mampu mengevaluasi desain penelitian & metodologi teman sejawat

Kriteria:

Ketajaman kritik, konstruktifitas feedback


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Peer review, presentasi
2 X 50

Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Evaluasi hasil penelitian

Mahasiswa mampu membandingkan temuan dengan tujuan program

Kriteria:

Kedalaman evaluasi, keterhubungan dengan tujuan program


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelas, seminar
2 X 50

Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Penyusunan laporan akademik

Mahasiswa menyusun laporan penelitian terstruktur (bab 1–5)

Kriteria:

Kelengkapan isi, sistematika


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tutorial, konsultasi
2 X 50

Materi: Stufflebeam, D.L., & Coryn, C.L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Penyusunan laporan evaluasi program

Mahasiswa menyusun laporan evaluasi lengkap untuk stakeholder

Kriteria:

Kualitas laporan, integrasi teori–temuan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBL

Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge.
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Penyusunan rekomendasi kebijakan

Mahasiswa mampu menyusun rekomendasi berbasis bukti

Kriteria:

Relevansi rekomendasi, berbasis data


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Workshop, peer feedback
2 X 50

Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge.
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Presentasi hasil evaluasi

Mahasiswa menyajikan laporan akhir secara profesional

Kriteria:

Kejelasan presentasi & solusi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi kelompok
2 X 50

Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge.
Pustaka:
5%

16

Minggu ke 16

Final project & refleksi

Mahasiswa menyerahkan laporan akhir & refleksi magang penelitian

Kriteria:

Integrasi teori–praktik, etika penelitian


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktik Lapangan
2 X 50

Materi: Owen, J.M., & Rogers, P.J. (2019). Program Evaluation: Forms and Approaches. Routledge.
Pustaka:
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Praktik / Unjuk Kerja 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.