Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Matematika Kuliner

8321102181

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

27 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Aulia Bayu Yushila, S.TP.,M.T; Aji Fajar Ramadhani, S.Pi., M.TP.; Rendra Lebdoyono, S.TP.,M.Sc




Aulia Bayu Yushila,S.TP.,MT




SRI HANDAJANI

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-9

Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengetahuan adaptif dan normatif yang menunjang bidang pendidikan tata boga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu membahas konsep matematika dasar, menganalisis dan mengonversi satuan ukuran yang umum digunakan pada industri kuliner serta menerapkan prosedur pengukuran volume dan berat berdasarkan jenis bahan.

PO - 2

Mampu menerapkan dan menganalisis konsep yield percent, as purchased quantity, edible portion quantity dan mengonversi resep.

PO - 3

Mampu menghitung dan menganalisis biaya per porsi, biaya produksi, menetapkan margin keuntungan dan harga jual produk.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matematika Kuliner merupakan mata kuliah yang mengintegrasikan prinsip-prinsip matematika dengan aplikasi praktis dalam bidang kuliner. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan perhitungan akurat dalam berbagai aspek pengolahan makanan, termasuk konversi satuan, penyesuaian resep, pengendalian biaya, dan analisis nutrisi. Ruang lingkup mencakup sistem pengukuran, proporsi dan rasio, persentase, aljabar dasar untuk skala resep. Tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menerapkan matematika untuk efisiensi produksi, konsistensi rasa, dan keberlanjutan operasional dalam dunia kuliner.

Pustaka

Utama :

  1. Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
  2. Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
  3. Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
  4. Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Pendukung :

  1. Yushila, Aulia Bayu dkk. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner

Dosen Pengampu

Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T.

Aji Fajar Ramadhani, S.Pi., M.T.P.

Annisa Nur'aini, S.Pd., M.Pd.

Rendra Lebdoyono, S.T.P., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami dan menganalisis operasi matematika dasar pada bilangan bulat, pecahan dan persen
  2. Menghitung dan mengonversi antar bentuk bilangan (bulat, pecahan, desimal, persen) dengan tepat.
  3. Menganalisis dan menyelesaikan soal pecahan, desimal dan persen dalam konteks kuliner secara akurat.
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi bilangan bulat dan jenis pecahan
  2. Mahasiswa mampu mengkonversi bilangan bulat menjadi pecahan dan sebaliknya
  3. Mahasiswa mampu memecahkan masalah pecahan dan desimal dalam bidang kuliner
Kriteria:
  1. Kesesuaian presentasi dengan topik
  2. Penilaian aktivitas mahasiswa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait konsep matematika dasar pada bidang kuliner
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait penggunaan matematika dasar pada bidang kuliner
2x50
Materi: Dasar-dasar matematika, bilangan bulat, bilangan pecahan dan bilangan desimal
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Pembulatan dalam bidang kuliner
Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik
Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner
5%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami macam-macam satuan ukuran dan singkatannya yang paling umum digunakan dalam industri kuliner.
  2. Mengidentifikasi satuan ukuran US (US Standar Unit) yang digunakan untuk volume dan berat pada suatu bahan.
  3. Mengidentifikasi satuan ukuran metrik (Metric System) yang digunakan untuk volume dan berat pada suatu bahan.
  4. Mengidentifikasi alat ukur yang tepat untuk mengukur volume atau berat pada bahan.
  5. Memahami prosedur pengukuran volume dan berat dari suatu bahan dengan tepat.
  1. Mahasiswa mampu memahami macam-macam satuan ukuran beserta singkatannya yang umum digunakan industri kuliner.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi satuan ukuran US (US Standar Unit) dan satuan ukuran metrik yang digunakan untuk volume dan berat pada suatu bahan.
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi alat ukur dan memahami prosedur pengukuran volume dan berat dari suatu bahan dengan tepat.
Kriteria:
  1. Kesesuaian presentasi dengan topik
  2. Penilaian aktivitas mahasiswa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait macam-macam satuan ukuran, alat ukur, persamaan berat dan volume pada satuan ukuran US
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait satuan ukuran dan konversinya pada bidang kuliner
2x50
Materi: Satuan ukuran dan singkatannya
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Alat ukur volume dan berat pada bahan
Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM)
Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner
5%

3

Minggu ke 3

  1. Membedakan fluid ounce dan ounce pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
  2. Menganalisis persamaan volume pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
  3. Menganalisis persamaan berat pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
  1. Mahasiswa mampu membedakan fluid ounce dan ounce pada satuan ukuran US (US Standar Unit) dengan tepat.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis persamaan volume dan berat pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
Kriteria:
  1. Kesesuaian presentasi dengan topik
  2. Penilaian aktivitas mahasiswa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait macam-macam satuan ukuran, alat ukur, persamaan berat dan volume pada satuan ukuran US
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait satuan ukuran dan konversinya pada bidang kuliner
2x50
Materi: Satuan ukuran dan singkatannya
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Alat ukur volume dan berat pada bahan
Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM)
Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner
5%

4

Minggu ke 4

  1. Menganalisis dan mengkonversi volume bahan dari satuan ukuran US ke satuan ukuran metrik dan sebaliknya.
  2. Menganalisis dan mengkonversi berat bahan dari satuan ukuran US ke satuan ukuran metrik dan sebaliknya.
  1. Mahasiswa mampu mengonversi volume dari satuan ukuran yang berbeda.
  2. Mahasiswa mampu mengonversi berat dari satuan ukuran yang berbeda.
Kriteria:
  1. Kesesuaian presentasi dengan topik
  2. Penilaian aktivitas mahasiswa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait konversi satuan ukuran US dan metrik
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus : Eksplorasi materi dan studi kasus konversi satuan ukuran US dan metrik pada bidang kuliner
2x50
Materi: Satuan ukuran pengukuran
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Konversi satuan ukuran
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM)
Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner
5%

5

Minggu ke 5

  1. Menerapkan konsep kuantitas yang dibeli (As Purchased Quantity/APQ) secara tepat.
  2. Menerapkan konsep kuantitas porsi yang dapat dimakan (Edible Portion Quantity/EPQ) secara tepat.
  3. Menerapkan teknik pemangkasan (trimming) secara tepat.
  4. Menghitung persentase hasil (yield percent).
  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep APQ, EPQ dan trimming secara tepat.
  2. Mahasiswa mampu menghitung yield percent secara tepat.
Kriteria:

Penilaian aktivitas mahasiswa: ketepatan argumen, dan kuantitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait konsep APQ, EPQ dan Trimming
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus : Eksplorasi konsep APQ, EPQ dan Trimming pada bidang kuliner
2X50
Materi: Konsep APQ, EPQ dan Trimming
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Perhitungan Yield Percent
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

6

Minggu ke 6

memahami konsep dasar satuan ukuran yang digunakan pada bidang kuliner

Mengkonversi satuan ukuran dalam berat dan dalam volume

Kriteria:
  1. Kesesuaian presentasi dengan topik
  2. Penilaian aktivitas mahasiswa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait penerapan yield percent pada bidang kuliner
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penerapan yield percent pada bidang kuliner
2X50
Materi: Konversi satuan ukuran dalam berat dan dalam volume
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

7

Minggu ke 7

  1. Mampu mengonversi ukuran resep appetizer
  2. Mampu mengonversi ukuran resep main course
  1. Mahasiswa mampu mengonversi resep appetizer, main course dan dessert
  2. Mampu menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan pada resep hasil konversi
Kriteria:
  1. Kesesuaian presentasi dengan topik
  2. Penilaian aktivitas mahasiswa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait konversi resep appetizer, main course, dan dessert
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait konversi resep
2x50
Materi: Konversi Resep
Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
5%

8

Minggu ke 8

Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume

Mahasiswa mampu mengerjakan tes tulis dari materi pertemuan 1 -7

Kriteria:

Ketepatan jawaban


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes Tulis
2x50
Asinkronus: Materi 1-7
2x50
Materi: Persen hasil
Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
15%

9

Minggu ke 9

Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume

  1. Memahami dan menjelaskan persen hasil (yield percent)
  2. Menerapkan persen hasil (yield percent)
Kriteria:

1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait edible portion cost pada bidang kuliner
2x50
Materi: Persen hasil
Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mampu memahami biaya resep
  2. Mampu menghitung dan menetapkan biaya resep
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian biaya resep
  2. Mahasiswa mampu menghitung biaya resep
Kriteria:

Penilaian aktivitas mahasiswa: ketepatan argumen, dan kuantitas partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait biaya resep
2x50
Materi: Biaya resep dan penggunaannya
Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami beverage costing

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian beverage cost
  2. Mahasiswa mampu menghitung dan menetapkan beverage costing
Kriteria:

1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penerapan biaya porsi, biaya pembelian dan biaya total
2x50
Materi: Pengertian dan penerapan beverage costing
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mampu memahami pengertian dan penerapan biaya tetap
  2. Mampu memahami pengertian dan penerapan biaya variabel
  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan penerapan biaya tetap
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan penerapan biaya variabel
Kriteria:

1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait edible portion dalam bidang kuliner
2x50
Materi: Penerapan edible portion, biaya porsi
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mampu menetapkan harga pokok produksi
  2. Mampu menetapkan harga jual produk
  1. Mahasiswa mampu memahami dan menetapkan harga pokok produksi
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menetapkan harga jual
Kriteria:

1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait menghitung konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan
2x50
Materi: Biaya resep dan penggunaannya
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Harga jual makanan
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengonversi ukuran resep

  1. Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
  2. Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
  3. Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
Kriteria:

1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep
2x50
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Konversi satuan ukuran
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengonversi ukuran resep

  1. Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
  2. Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
  3. Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
Kriteria:

1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab
2x50
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep
2x50
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Konversi satuan ukuran
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Pemahaman materi pertemuan 9-15

Kriteria:

ujian tulis


Bentuk Penilaian :
Tes

1x50

2x50
Materi: Materi 9-12
Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Materi 13-14
Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.

Materi: Materi 15
Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 49.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1.67%
3. Praktik / Unjuk Kerja 19.17%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.