
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Matematika Kuliner |
8321102181 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
27 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Aulia Bayu Yushila, S.TP.,M.T; Aji Fajar Ramadhani, S.Pi., M.TP.; Rendra Lebdoyono, S.TP.,M.Sc
|
Aulia Bayu Yushila,S.TP.,MT
|
SRI HANDAJANI |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-9 |
Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengetahuan adaptif dan normatif yang menunjang bidang pendidikan tata boga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu membahas konsep matematika dasar, menganalisis dan mengonversi satuan ukuran yang umum digunakan pada industri kuliner serta menerapkan prosedur pengukuran volume dan berat berdasarkan jenis bahan.
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan dan menganalisis konsep yield percent, as purchased quantity, edible portion quantity dan mengonversi resep.
|
PO - 3 |
Mampu menghitung dan menganalisis biaya per porsi, biaya produksi, menetapkan margin keuntungan dan harga jual produk.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matematika Kuliner merupakan mata kuliah yang mengintegrasikan prinsip-prinsip matematika dengan aplikasi praktis dalam bidang kuliner. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk melakukan perhitungan akurat dalam berbagai aspek pengolahan makanan, termasuk konversi satuan, penyesuaian resep, pengendalian biaya, dan analisis nutrisi. Ruang lingkup mencakup sistem pengukuran, proporsi dan rasio, persentase, aljabar dasar untuk skala resep. Tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menerapkan matematika untuk efisiensi produksi, konsistensi rasa, dan keberlanjutan operasional dalam dunia kuliner. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
- Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
- Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council
- Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey.
|
Pendukung : |
|
- Yushila, Aulia Bayu dkk. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner
|
Dosen Pengampu
|
Aulia Bayu Yushila, S.TP., M.T. Aji Fajar Ramadhani, S.Pi., M.T.P. Annisa Nur'aini, S.Pd., M.Pd. Rendra Lebdoyono, S.T.P., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Memahami dan menganalisis operasi matematika dasar pada bilangan bulat, pecahan dan persen
- Menghitung dan mengonversi antar bentuk bilangan (bulat, pecahan, desimal, persen) dengan tepat.
- Menganalisis dan menyelesaikan soal pecahan, desimal dan persen dalam konteks kuliner secara akurat.
|
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi bilangan bulat dan jenis pecahan
- Mahasiswa mampu mengkonversi bilangan bulat menjadi pecahan dan sebaliknya
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah pecahan dan desimal dalam bidang kuliner
|
Kriteria:
- Kesesuaian presentasi dengan topik
- Penilaian aktivitas mahasiswa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait konsep matematika dasar pada bidang kuliner
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait penggunaan matematika dasar pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Dasar-dasar matematika, bilangan bulat, bilangan pecahan dan bilangan desimal Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Pembulatan dalam bidang kuliner Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Memahami macam-macam satuan ukuran dan singkatannya yang paling umum digunakan dalam industri kuliner.
- Mengidentifikasi satuan ukuran US (US Standar Unit) yang digunakan untuk volume dan berat pada suatu bahan.
- Mengidentifikasi satuan ukuran metrik (Metric System) yang digunakan untuk volume dan berat pada suatu bahan.
- Mengidentifikasi alat ukur yang tepat untuk mengukur volume atau berat pada bahan.
- Memahami prosedur pengukuran volume dan berat dari suatu bahan dengan tepat.
|
- Mahasiswa mampu memahami macam-macam satuan ukuran beserta singkatannya yang umum digunakan industri kuliner.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi satuan ukuran US (US Standar Unit) dan satuan ukuran metrik yang digunakan untuk volume dan berat pada suatu bahan.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi alat ukur dan memahami prosedur pengukuran volume dan berat dari suatu bahan dengan tepat.
|
Kriteria:
- Kesesuaian presentasi dengan topik
- Penilaian aktivitas mahasiswa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait macam-macam satuan ukuran, alat ukur, persamaan berat dan volume pada satuan ukuran US
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait satuan ukuran dan konversinya pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Satuan ukuran dan singkatannya Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Alat ukur volume dan berat pada bahan Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Membedakan fluid ounce dan ounce pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
- Menganalisis persamaan volume pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
- Menganalisis persamaan berat pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
|
- Mahasiswa mampu membedakan fluid ounce dan ounce pada satuan ukuran US (US Standar Unit) dengan tepat.
- Mahasiswa mampu menganalisis persamaan volume dan berat pada satuan ukuran US (US Standar Unit)
|
Kriteria:
- Kesesuaian presentasi dengan topik
- Penilaian aktivitas mahasiswa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait macam-macam satuan ukuran, alat ukur, persamaan berat dan volume pada satuan ukuran US
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi terkait satuan ukuran dan konversinya pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Satuan ukuran dan singkatannya Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Alat ukur volume dan berat pada bahan Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Menganalisis dan mengkonversi volume bahan dari satuan ukuran US ke satuan ukuran metrik dan sebaliknya.
- Menganalisis dan mengkonversi berat bahan dari satuan ukuran US ke satuan ukuran metrik dan sebaliknya.
|
- Mahasiswa mampu mengonversi volume dari satuan ukuran yang berbeda.
- Mahasiswa mampu mengonversi berat dari satuan ukuran yang berbeda.
|
Kriteria:
- Kesesuaian presentasi dengan topik
- Penilaian aktivitas mahasiswa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait konversi satuan ukuran US dan metrik
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi materi dan studi kasus konversi satuan ukuran US dan metrik pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Satuan ukuran pengukuran Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Konversi satuan ukuran Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Pustaka: Yushila, Aulia Bayu. Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (e-LKM) Matematika Kuliner |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menerapkan konsep kuantitas yang dibeli (As Purchased Quantity/APQ) secara tepat.
- Menerapkan konsep kuantitas porsi yang dapat dimakan (Edible Portion Quantity/EPQ) secara tepat.
- Menerapkan teknik pemangkasan (trimming) secara tepat.
- Menghitung persentase hasil (yield percent).
|
- Mahasiswa mampu menerapkan konsep APQ, EPQ dan trimming secara tepat.
- Mahasiswa mampu menghitung yield percent secara tepat.
|
Kriteria:
Penilaian aktivitas mahasiswa: ketepatan argumen, dan kuantitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait konsep APQ, EPQ dan Trimming
Ceramah
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus : Eksplorasi konsep APQ, EPQ dan Trimming pada bidang kuliner 2X50 |
Materi: Konsep APQ, EPQ dan Trimming Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Perhitungan Yield Percent Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
memahami konsep dasar satuan ukuran yang digunakan pada bidang kuliner |
Mengkonversi satuan ukuran dalam berat dan dalam volume |
Kriteria:
- Kesesuaian presentasi dengan topik
- Penilaian aktivitas mahasiswa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait penerapan yield percent pada bidang kuliner
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penerapan yield percent pada bidang kuliner 2X50 |
Materi: Konversi satuan ukuran dalam berat dan dalam volume Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mampu mengonversi ukuran resep appetizer
- Mampu mengonversi ukuran resep main course
|
- Mahasiswa mampu mengonversi resep appetizer, main course dan dessert
- Mampu menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan pada resep hasil konversi
|
Kriteria:
- Kesesuaian presentasi dengan topik
- Penilaian aktivitas mahasiswa
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait konversi resep appetizer, main course, dan dessert
Penugasan mahasiswa dalam bentuk studi kasus 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait konversi resep 2x50 |
Materi: Konversi Resep Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume |
Mahasiswa mampu mengerjakan tes tulis dari materi pertemuan 1 -7 |
Kriteria:
Ketepatan jawaban Bentuk Penilaian : Tes |
Tes Tulis 2x50 |
Asinkronus: Materi 1-7 2x50 |
Materi: Persen hasil Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengonversi ukuran Campuran Berat dan Volume Konversi Lanjutan antara Berat dan Volume |
- Memahami dan menjelaskan persen hasil (yield percent)
- Menerapkan persen hasil (yield percent)
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait edible portion cost pada bidang kuliner 2x50 |
Materi: Persen hasil Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mampu memahami biaya resep
- Mampu menghitung dan menetapkan biaya resep
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian biaya resep
- Mahasiswa mampu menghitung biaya resep
|
Kriteria:
Penilaian aktivitas mahasiswa: ketepatan argumen, dan kuantitas partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait biaya resep 2x50 |
Materi: Biaya resep dan penggunaannya Pustaka: Jones, Terri. 2007. Culinary Calculation. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami beverage costing |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian beverage cost
- Mahasiswa mampu menghitung dan menetapkan beverage costing
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait penerapan biaya porsi, biaya pembelian dan biaya total 2x50 |
Materi: Pengertian dan penerapan beverage costing Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mampu memahami pengertian dan penerapan biaya tetap
- Mampu memahami pengertian dan penerapan biaya variabel
|
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan penerapan biaya tetap
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan penerapan biaya variabel
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait edible portion dalam bidang kuliner 2x50 |
Materi: Penerapan edible portion, biaya porsi Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mampu menetapkan harga pokok produksi
- Mampu menetapkan harga jual produk
|
- Mahasiswa mampu memahami dan menetapkan harga pokok produksi
- Mahasiswa mampu memahami dan menetapkan harga jual
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Asinkronus: Eksplorasi materi terkait menghitung konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan 2x50 |
Materi: Biaya resep dan penggunaannya Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Harga jual makanan Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengonversi ukuran resep |
- Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
- Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
- Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep 2x50 |
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Konversi satuan ukuran Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengonversi ukuran resep |
- Menghitung faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu
- Menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan agar dapat digunakan pada resep yang dikonversi
- Mengkonversi besaran yang sulit diukur menjadi besaran yang lebih mudah diukur
|
Kriteria:
1.1. Penilaian aktivitas mahasiswa: kuantitas partisipasi, ketepatan argumen, penggunaan bahasa, sikap. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok terkait kasus- kasus yang relevan, dan tanya jawab 2x50 |
Eksplorasi materi terkait mengokonversi ukuran resep 2x50 |
Materi: Faktor konversi resep untuk membuat jumlah yang diinginkan dari resep tertentu Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Konversi satuan ukuran Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Pemahaman materi pertemuan 9-15 |
Kriteria:
ujian tulis Bentuk Penilaian : Tes |
1x50 |
2x50 |
Materi: Materi 9-12 Pustaka: Blocker, Linda., Hill, Julie. 2016. Culinary Math : Fourth Edition. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Materi 13-14 Pustaka: Dreesen, Laura., Michael Nothnagel, and Susan Wysocki. 2011. Math for the professional kitchen. John Wiley & Sons, Inc : New Jersey. Materi: Materi 15 Pustaka: Campbell, Lisa. 2009. Kitchen Math : Everyday Math Skills. NWT Literacy Council |
15% |