
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
AI dalam Teknologi Otomotif |
8320302305 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
7 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd; Bima Anggana Widhiarta Putra, S.Pd., M.Pd
|
.......................................
|
WAHYU DWI KURNIAWAN |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin |
PLO-9 |
Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan peranannya dalam pengembangan teknologi otomotif modern.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar statistika yang digunakan dalam machine learning, serta menerapkannya untuk memahami pola data pada sistem otomotif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan model machine learning sederhana menggunakan perangkat lunak spreadsheet untuk menganalisis data otomotif.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengembangkan algoritma machine learning berbasis supervised learning untuk sistem predictive engine pada kendaraan, serta melakukan evaluasi kinerja model tersebut.
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu menyusun laporan hasil analisis dan eksperimen machine learning di bidang otomotif secara sistematis dan ilmiah.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-8 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | | | PO-5 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah AI dalam Teknologi Otomotif membahas penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam industri otomotif. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep dasar AI seperti machine learning, deep learning, dan neural networks serta bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam pengembangan kendaraan otonom dan sistem otomotif lainnya. Mata kuliah ini juga akan membahas integrasi AI dalam proses desain, produksi, dan maintenance kendaraan untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang potensi AI dalam transformasi industri otomotif serta mempersiapkan mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi otomotif masa depan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed
- Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed
- Nunney, M. J. (2007). Light and heavy vehicle technology. Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Bostrom, N., & Yudkowsky, E. (2014). The Ethics of Artificial Intelligence
- National Research Council, Transportation Research Board, Division on Engineering, Physical Sciences, Board on Energy, Environmental Systems, ... & Heavy-Duty Vehicles. (2010). Technologies and approaches to reducing the fuel consumption of medium-and heavy-duty vehicles. National Academies Press.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Soeryanto, M.Pd. Dr. Rachmad Syarifudin Hidayatullah, S.Pd., M.Pd. Bima Anggana Widhiarta Putra, S.Pd., M.Pd. Sudirman Rizki Ariyanto, M.Pd., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami pengertian dasar AI dan ruang lingkupnya dalam otomotif |
- Menjelaskan definisi dan konsep dasar AI
- Mengidentifikasi penerapan AI dalam industri otomotif
- Menghubungkan perkembangan AI dengan kebutuhan industri otomotif
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Online
|
Materi: Konsep dasar AI Pustaka: Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed |
6% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami peran data dan data analytics dalam pengembangan teknologi otomotif berbasis AI |
- Menjelaskan data dan data analytics serta perannya
- Mengidentifikasi skill yang dibutuhkan
- Memberikan contoh penerapan machine learning dalam konteks bisnis dan otomotif
|
Kriteria:
Penilaian Partisipatif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan Proyek Online
|
Materi: Konsep dasar AI Pustaka: Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence Unleashed |
6% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah metodologi data science dan menghubungkannya dengan pemecahan masalah berbasis AI di bidang otomotif |
- Menguraikan 10 langkah metodologi data science dari problem hingga feedback
- Menganalisis studi kasus untuk memahami penerapan tiap tahap
- Mengadaptasi tahapan metodologi ke dalam konteks permasalahan otomotif
|
Kriteria:
Penilaian Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Pembuatan Laporan langkah-langkah metodologi data analysis
|
Materi: Konsep Algoritma Kecerdasan Buatan, Metode Evaluasi Algoritma, Studi Kasus Sistem Navigasi Otomotif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami konsep machine learning dalam AI otomotif |
- Menjelaskan konsep supervised, unsupervised, dan reinforcement learning
- Mengklasifikasikan jenis-jenis machine learning
- Menyebutkan aplikasi ML pada kendaraan
|
Kriteria:
sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang evaluasi algoritma kecerdasan buatan dalam sistem navigasi otomotif
|
Materi: Pengenalan Algoritma Kecerdasan Buatan, Metode Evaluasi Algoritma, Studi Kasus Sistem Navigasi Otomotif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami dasar-dasar statistik untuk machine learning |
- Menjelaskan konsep rata-rata, median, modus, standar deviasi
- Mengolah data statistik sederhana
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah
|
Pengembangan model prediktif menggunakan dataset yang diberikan
|
Materi: Konsep dasar pembelajaran mesin, Penerapan model prediktif dalam keamanan kendaraan, Penerapan model prediktif dalam efisiensi kendaraan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan dasar statistik menggunakan Excel |
- Menginput dan mengelola data di Excel
- Menggunakan fungsi statistik (AVERAGE, STDEV, dsb.)
- Membuat grafik representasi data kendaraan
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah
|
Pengembangan model prediktif menggunakan dataset kendaraan yang diberikan
|
Materi: Konsep dasar pembelajaran mesin, Faktor-faktor keamanan dan efisiensi kendaraan, Pembuatan model prediktif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu membangun model prediksi sederhana menggunakan Excel |
- Merancang model ML sederhana di Excel
- Menggunakan data historis untuk prediksi
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan analisis data sensor kendaraan dalam meningkatkan performa kendaraan
|
Materi: Pengenalan Sensor Kendaraan, Metode Analisis Data Sensor, Strategi Meningkatkan Performa Kendaraan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS: Evaluasi Pemahaman Konsep Dasar AI, Statistik, dan Regresi ML |
- Menganalisis studi kasus penerapan AI otomotif
- Menyelesaikan soal hitungan statistik
|
Kriteria:
sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
Offline
|
Offline
|
Materi: Harry, A. (2023). Role of AI in Education. Interdiciplinary Journal & Hummanity (INJURITY), 2(3). Pustaka: |
7% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami dataset otomotif dan library |
- Menjelaskan pentingnya preprocessing
- Membersihkan dan normalisasi data
- Menyusun dataset siap olah
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
|
Diskusi daring tentang kelebihan dan kekurangan pendekatan yang dievaluasi, Membuat portofolio pemilihan pendekatan terbaik
|
Materi: Pendekatan dalam pengembangan sistem pengemudi otomatis, Kriteria evaluasi pendekatan, Metode pemilihan pendekatan terbaik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menggunakan metode supervised learning dasar |
- Menjelaskan algoritma supervised
- Membangun model sederhana menggunakan dataset otomotif
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Pengembangan prototipe aplikasi kecerdasan buatan untuk simulasi performa kendaraan
|
Materi: Konsep kecerdasan buatan dalam otomotif, Pengembangan prototipe aplikasi untuk simulasi performa kendaraan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami konsep training dan testing data |
- Menjelaskan pembagian data train/test
- Mengimplementasikan pembagian di Excel/Python
- Menganalisis akurasi hasil model
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek AI dalam Sistem Otomotif
|
Materi: Kebutuhan Pengguna dalam Sistem Otomotif, Kondisi Operasional pada Sistem Otomotif, Integrasi Solusi AI dalam Sistem Otomotif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menerapkan algoritma prediktif untuk sistem engine |
- Menjelaskan cara kerja predictive engine
- Menghubungkan parameter dengan output
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan analisis.
|
|
Materi: Pengertian etika dalam penggunaan AI, Dampak etis penggunaan AI dalam teknologi otomotif, Strategi mitigasi risiko etis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa melakukan eksperimen sederhana sistem prediktif |
- Mengumpulkan data dari simulasi atau dataset
- Membangun algoritma dengan data tersebut
|
Kriteria:
Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi, Studi Kasus
|
melakukan eksperimen sederhana sistem prediktif
|
Materi: Etika dalam Penggunaan AI, Dampak AI dalam Industri Otomotif, Strategi Mitigasi Risiko Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa menyusun laporan analisis berbasis AI dalam otomotif |
- Menyusun laporan sistematis dan ilmiah
- Menyajikan hasil dan grafik dengan benar
|
Kriteria:
- Aktifitas Partisipasif
- Penilaian Portofolio
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Presentasi proyek kolaboratif antara AI dan manusia dalam otomotif
|
Materi: Konsep kecerdasan buatan dalam otomotif, Strategi kolaboratif antara AI dan manusia, Studi kasus implementasi AI dalam sistem kendaraan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa menyiapkan presentasi akhir |
- Menyusun slide presentasi proyek
- Melatih penyampaian hasil
- Memberikan argumen ilmiah dalam diskusi
|
Kriteria:
- Aktifitas Partisipasif
- Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang implementasi sistem AI dalam kendaraan listrik, Analisis kasus studi tentang penggunaan AI untuk efisiensi energi
|
Materi: Konsep AI dalam kendaraan listrik, Strategi optimalisasi konsumsi energi, Teknologi pengurangan emisi dalam kendaraan listrik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi Proyek Akhir Model Prediktif Otomotif |
- Menyampaikan hasil proyek dengan struktur logis
- Menjawab pertanyaan dengan argumentasi kuat
|
Kriteria:
sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio, Tes |
Offline
|
Offline
|
Materi: Harry, A. (2023). Role of AI in Education. Interdiciplinary Journal & Hummanity (INJURITY), 2(3). Pustaka: |
10% |