Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep, teknik, dan metode dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar dan sumber daya bagi individu, lembaga, dan komunitas, serta pemanfaatannya dalam merencanakan program pendidikan non-formal di komunitas. Kuliah disampaikan melalui penjelasan, diskusi, tugas, dan praktik lapangan. Indikator keberhasilan mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan belajar komunitas sesuai dengan potensi komunitas, kemudian mahasiswa mampu mengembangkan program pendidikan non-formal yang sesuai.
Identifikasi kebutuhan belajar komunitas adalah proses untuk mengungkap dan memahami apa yang dibutuhkan oleh komunitas dalam hal pengetahuan, keterampilan, atau informasi agar mereka dapat berkembang dan beradaptasi dalam lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya mereka. Langkah-langkah dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar komunitas meliputi Pengamatan Langsung, Survei dan Wawancara, Diskusi Kelompok Terfokus, Analisis Data Sosial dan Ekonomi, Melibatkan Pemangku Kepentingan Lokal, Analisis Kesenjangan Keterampilan, Partisipasi Komunitas, dan Identifikasi Akses dan Hambatan. Mahasiswa dilatih untuk melaksanakan tahap-tahap ini agar lebih mudah bagi mereka untuk mengembangkan program komunitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode penilaian pembelajaran dilakukan secara partisipatif serta melalui ujian.