•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Development of Daily Living Skills

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines basic concepts, objectives, functions, benefits, principles of developing daily life skills, types of life skills (general life skills: personal skills, social skills) and specific life skills (academic skills, vocational skills), characteristics , the urgency of life skills in education and learning, life skills assessments, assessment instruments, daily life skills development programs that suit the type, characteristics and needs of each child with special needs and creating programs to develop daily life skills and overcome related problems with life skills for ABK and PDBK, strategies, online learning, methods, media (digital and non-digital) and assistive technology in developing daily life skills for ABK and PDBK, task analysis, modeling, online learning in developing skills daily life for ABK and PDBK, solving daily life skills problems for ABK and PDBK through products or scientific works in the form of articles or products or other works related to solving life skills problems for ABK and PDBK, making products in the form of programs and program practices relating to the development of daily life skills for ABK and GDPK in schools (SLB, Inclusion Schools) and institutions that handle ABK, entrepreneurial plans and practical reports on programs for developing daily life skills for ABK and PDBK in communities, schools (SLB, Inclusion Schools) and institutions that handle ABK and PDBK. Lectures are carried out using the project based learning method

Program Objectives (PO)

  • Menguasai konsep dasar dan teori yang berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, berkarakter tangguh, kreatif untuk mengembangkan kecakapan hidup sehari-hari anak berkebutuhan khusus
  • Menguasai dasar-dasar perancangan dan pengelolaan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus meliputi asesmen kecakapan hidup (life skill) anak berkebutuhan khusus yang urgen untuk dikembangkan atau permasalahan kecakapan hidup (life skill) anak berkebutuhan khusus yang perlu diselesaikan, mampu memilih strategi, model pembelajaran, teknik pembelajaran, metode, evaluasi berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus secara komprehensif
  • Terampil memberikan layanan akademik dan merancang, melaksanakan, mengevaluasi program kebutuhan khusus berkaitan dengan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK berdasar analisis informasi maupun hasil asesmen untuk menyelesaikan permasalahan life skill ABK dan PDBK juga mengoptimalkan potensi anak berkebutuhan khusus (ABK)
  • Mampu memilih dan memanfaatkan media (digital dan non digital), teknologi asistif, teknologi informasi yang adaptif, relevan, kontekstual untuk untuk memperoleh informasi/referensi terkait pengembangan kecakapan hidup sehari-hari dan mengkomunikasikan serta memanfaatkan hal tersebut dalam layanan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi anak berkebutuhan khusus

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hasil diskusi tentang topik/pemecahan masalah berkaitan konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran melalui project based learning
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Hasil diskusi tentang topik/pemecahan masalah berkaitan konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran melalui project based learning
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Hasil diskusi tentang topik/pemecahan masalah berkaitan konsep dasar, tujuan, fungsi, manfaat, prinsip pengembangan kecakapan hidup sehari-hari, jenis life skill (general life skill: personal skill, social skill) dan spesific life skill (academic skill, vocational skill), ciri-ciri, urgensi kecakapan hidup dalam pendidikan dan pembelajaran melalui project based learning
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Dan menyusun jadwal pembuatan proyek berkaitan asesmen dan program kecakapan hidup sehari-hari anak berkebutuhan khusus
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Mendesain instrumen asesmen kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Membuat, mendesain, mengembangkan program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari yang sesuai jenis, karakteristik, kebutuhan masing-masing anak berkebutuhan khusus dan membuat program general life skill (personal skill, social skill) maupun spesific life skill (academic skill, vocational skill) bagi ABK dan PDBK
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Srategi pengembangan life skill dan strategi berbasis online leraning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK dan mengkomunikasikan analisis tugas (task analysis), modeling, online learning dalam pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK melalui project based learning
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Tugas yang berkaitan dengan UTS
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menyusun jadwal pembuatan proyek dan melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal tentang rancangan strategi berbasis online learning, metode, media (digital dan non digital) serta teknologi asistif untuk pengembangan life skill ABK dan PDBK
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal tentang pemecahan masalah melalui produk atau karya ilmiah dalam bentuk artikel atau karya lain yang berkaitan dengan kecakapan hidup ABK dan PDBK
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal berupa rancangan wirausaha berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Melakukan praktik berkaitan proyek dan program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Memaparkan laporan produk/hasil proyek dan menyimpulkan hal tersebut
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Mengkomunikasikan, mendiskusikan kelayakan proyek berkaitan pengembangan kecakapan hidup sehari-hari ABK dan PDBK yang telah dibuat
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Memaparkan laporan praktik program pengembangan kecakapan hidup sehari-hari bagi ABK dan PDBK
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  17 Desember 2025

Lecturer

WIWIK WIDAJATI
WIWIK WIDAJATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10