Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
| Study Program | : | |
| Establishment Date | : | 3 Oktober 2023 |
| Study Program Coordinator | : | FUAD NOOR HEZA |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi kependidikan yang unggul, tangguh, adaptif, dan inovatif dalam pengembangan pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi berbasis kewirausahaan dan teknologi olahraga, guna melahirkan pendidik jasmani profesional, berkarakter, dan berdaya saing global.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi yang tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan, untuk menghasilkan pendidik dan tenaga profesional yang unggul serta responsif terhadap keberagaman peserta didik.
- Melaksanakan penelitian yang aplikatif, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan ilmu, teknologi, dan praktik pendidikan jasmani yang inklusif, serta memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara interdisipliner, kolaboratif, dan berkelanjutan, dengan fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui aktivitas jasmani, olahraga rekreasi, sport tourism, dan promosi kesehatan berbasis potensi lokal.
- Mengembangkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akun tabel guna menjamin mutu pelaksanaan tridarma perguruan tinggi secara berkelanjutan serta mendukung sistem penjaminan mutu internal universitas
- Membangun jejaring kerja sama strategis di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk memperkuat pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, pengembangan kewirausahaan olahraga, teknologi pendidikan jasmani, dan perluasan praktik pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.
Tujuan
- 1. Menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, inovatif, profesional, dan berkarakter dalam bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi, yang memiliki jiwa kewirausahaan serta kompeten dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inklusi, humanis, dan responsif terhadap keberagaman peserta didik.
- 2. Menghasilkan karya penelitian yang aplikatif, kolaboratif, dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi olahraga, dan sport science, yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di tingkat lokal, nasional, dan global.
- 3. Meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan interdisipliner yang inovatif di bidang pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, dan kesehatan masyarakat, dengan dampak nyata terhadap peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan partisipasi masyarakat aktif.
- 4. Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akun tabel, berlandaskan prinsip good governance dan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal untuk mendukung keberlanjutan dan reputasi akademik program studi.
- 5. Memperluas jejaring dan kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri, asosiasi profesi, serta komunitas olahraga di tingkat lokal, nasional, dan internasional, dalam rangka penguatan tridarma perguruan tinggi, pengembangan kewirausahaan olahraga, inovasi teknologi pembelajaran jasmani, dan perluasan praktik pendidikan inklusif.
Nilai_dasar
- 1. Integritas Akademik – menjunjung tinggi kejujuran, tanggung jawab, dan etika akademik dalam setiap aktivitas tridarma.
- 2. Adaptif dan Inovatif – tanggap terhadap perubahan zaman dan berorientasi pada kreativitas serta pembaruan di bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
- 3. Kewirausahaan Sosial – mendorong semangat kemandirian, kreativitas, dan kontribusi sosial melalui bidang olahraga, kesehatan, dan rekreasi.
- 4. Kolaboratif dan Inklusif – membangun kerja sama lintas sektor dan menjunjung tinggi keberagaman serta kesetaraan dalam pendidikan jasmani.
- 5. Profesionalisme – menunjukkan kompetensi, tanggung jawab, dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas sebagai pendidik dan akademisi.
- 6. Kebangsaan dan Kearifan Lokal – mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme dan budaya lokal Magetan dalam pengembangan pendidikan jasmani dan sport tourism.
- 7. Keberlanjutan (Sustainability) – berorientasi pada pengembangan jangka panjang yang ramah lingkungan, beretika, dan mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
| PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
| PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
| PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-5 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-6 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif (P2)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-7 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas (P3)
Dibebankan pada matakuliah: |
| PLO-8 | Mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran pendidikan jasmani (P4)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-9 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-10 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-11 | Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-12 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
Dibebankan pada matakuliah:
|
| PLO-13 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Guru PJOK
Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
- Asisten Peneliti
Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
- Praktisi
Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
- Enterpreneur
Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PSDKU Kampus Unesa 5 di Magetan)
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002005
BASICS OF EDUCATION
2.00
8520803066
FOOTBALL
3.00
8520802005
ANATOMI
2.00
8520803064
ATLETIK
3.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8520802004
PENCAK SILAT
2.00
8520802065
SWIMMING
2.00
8520802067
EXERCISE
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8520802030
SPORTS BIOMECHANICS
2.00
8520802068
BASKETBALL
3.00
8520802069
VOLLEYBALL
3.00
8520802011
BADMINTON
2.00
8520802008
EXERCISE PHYSIOLOGY
2.00
8520802012
SOFTBALL
2.00
8520802046
SOCIOLOGY OF SPORT
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002177
ENGLISH
2.00
8520802070
MOTOR LEARNING
2.00
8520802013
SPORTS NUTRITION SCIENCE
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8520802023
SCHOOL CURRICULUM
2.00
8520802026
INJURY PREVENTION AND TREATMENT OR
2.00
8520803077
2.00
8520802071
LITTLE GAMES
2.00
8520802035
TENNIS FIELD
2.00
8520802007
TABLE TENNIS
2.00
8520802015
TEORI BELAJAR
2.00
8520802061
TESTS AND MEASUREMENTS PHYSICAL EDUCATION
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520803018
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8520802078
2.00
8520802033
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8520802028
INNOVATIVE LEARNING
2.00
8520802034
MICRO LEARNING
2.00
8520802055
ATHLETIC
2.00
8520802016
LEARNING
2.00
8520802073
GYMNASTICS LEARNING
2.00
8520802032
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8520802072
LEARNING PLANNING
2.00
8520802031
STATISTICS
2.00
Semester ke 5
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520802052
ADMINISTRATION AND SYSTEMS COMPETITIONS
2.00
1000002051
PLP ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
1000002049
PLP MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003053
PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002054
PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002050
PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
1000004056
PLP PRAKTIK MENGAJAR
4.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520802081
2.00
8520802041
JUDO
2.00
8520802040
ARCHERY
2.00
8520802085
2.00
8520802082
2.00
8520802053
FITNESS AND SPA THERAPY
2.00
8520802059
FOOTBALL
2.00
8520802039
FUTSAL
2.00
8520802038
HOCKEY
2.00
8520802048
JOURNALISM SPORTS
2.00
8520802043
KARATE
2.00
8520802083
2.00
8520802022
MASSAGE SPORTS
2.00
8520802084
2.00
8520802021
SCHOOL HEALTH EDUCATION
2.00
8520802086
2.00
8520802027
COACHING SCIENCE BASIC
2.00
8520802063
PENTAQUE
2.00
8520802042
SEPAK TAKRAW AQUATIC LEARNING
2.00
8520802080
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
THESIS
4.00
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
| 1000002005 | BASICS OF EDUCATION | 2.00 | |
| 8520803066 | FOOTBALL | 3.00 | |
| 8520802005 | ANATOMI | 2.00 | |
| 8520803064 | ATLETIK | 3.00 | |
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
| 8520802004 | PENCAK SILAT | 2.00 | |
| 8520802065 | SWIMMING | 2.00 | |
| 8520802067 | EXERCISE | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
| 1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
| 8520802030 | SPORTS BIOMECHANICS | 2.00 | |
| 8520802068 | BASKETBALL | 3.00 | |
| 8520802069 | VOLLEYBALL | 3.00 | |
| 8520802011 | BADMINTON | 2.00 | |
| 8520802008 | EXERCISE PHYSIOLOGY | 2.00 | |
| 8520802012 | SOFTBALL | 2.00 | |
| 8520802046 | SOCIOLOGY OF SPORT | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
| 8520802070 | MOTOR LEARNING | 2.00 | |
| 8520802013 | SPORTS NUTRITION SCIENCE | 2.00 | |
| 1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
| 8520802023 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
| 8520802026 | INJURY PREVENTION AND TREATMENT OR | 2.00 | |
| 8520803077 | 2.00 | ||
| 8520802071 | LITTLE GAMES | 2.00 | |
| 8520802035 | TENNIS FIELD | 2.00 | |
| 8520802007 | TABLE TENNIS | 2.00 | |
| 8520802015 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
| 8520802061 | TESTS AND MEASUREMENTS PHYSICAL EDUCATION | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8520803018 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
| 8520802078 | 2.00 | ||
| 8520802033 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
| 8520802028 | INNOVATIVE LEARNING | 2.00 | |
| 8520802034 | MICRO LEARNING | 2.00 | |
| 8520802055 | ATHLETIC | 2.00 | |
| 8520802016 | LEARNING | 2.00 | |
| 8520802073 | GYMNASTICS LEARNING | 2.00 | |
| 8520802032 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
| 8520802072 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
| 8520802031 | STATISTICS | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8520802052 | ADMINISTRATION AND SYSTEMS COMPETITIONS | 2.00 | |
| 1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
| 1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000003053 | PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
| 1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000003052 | PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
| 1000004056 | PLP PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
| 1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8520802081 | 2.00 | ||
| 8520802041 | JUDO | 2.00 | |
| 8520802040 | ARCHERY | 2.00 | |
| 8520802085 | 2.00 | ||
| 8520802082 | 2.00 | ||
| 8520802053 | FITNESS AND SPA THERAPY | 2.00 | |
| 8520802059 | FOOTBALL | 2.00 | |
| 8520802039 | FUTSAL | 2.00 | |
| 8520802038 | HOCKEY | 2.00 | |
| 8520802048 | JOURNALISM SPORTS | 2.00 | |
| 8520802043 | KARATE | 2.00 | |
| 8520802083 | 2.00 | ||
| 8520802022 | MASSAGE SPORTS | 2.00 | |
| 8520802084 | 2.00 | ||
| 8520802021 | SCHOOL HEALTH EDUCATION | 2.00 | |
| 8520802086 | 2.00 | ||
| 8520802027 | COACHING SCIENCE BASIC | 2.00 | |
| 8520802063 | PENTAQUE | 2.00 | |
| 8520802042 | SEPAK TAKRAW AQUATIC LEARNING | 2.00 | |
| 8520802080 | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 1000004105 | THESIS | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | |||
| Pencak Silat | 2 | 26.83% | 14.63% | 31.71% | 26.83% | 100 % | |||||||||
| Sports Nutrition Science | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||||
| School Curriculum | 2 | 38.46% | 11.54% | 11.54% | 38.46% | 100 % | |||||||||
| Badminton | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
| Injury Prevention and Treatment Or | 2 | 25% | 75% | 100 % | |||||||||||
| Anatomi | 2 | 27.78% | 38.89% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
| Table Tennis | 2 | 20% | 20% | 60% | 100 % | ||||||||||
| Softball | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||
| Sociology of Sport | 2 | 44.74% | 26.32% | 28.95% | 100 % | ||||||||||
| Exercise Physiology | 2 | 46.67% | 26.67% | 13.33% | 13.33% | 100 % | |||||||||
| Sports Biomechanics | 2 | 45.45% | 36.36% | 18.18% | 99.99 % | ||||||||||
| Atletik | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||||
| Football | 3 | 22.22% | 44.44% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
| Swimming | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||
| Motor Learning | 2 | 54.55% | 45.45% | 100 % | |||||||||||
| Exercise | 2 | 18.75% | 28.13% | 37.5% | 15.63% | 100 % | |||||||||
| Little Games | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
| Volleyball | 3 | 62.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||||||
| Basketball | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
