•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Educational Science

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the basic concepts of education, human nature and its development, the foundations of education, education as a system, the national education system, teachers as a profession, educational problems, educational innovation in Indonesia, and character education both at school and outside school. Lectures are carried out using blended learning. The assessment is carried out by means of question and answer and in writing.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional, dan etika akademik dalam memahami konsep dasar ilmu pendidikan sebagai proses pembentukan karakter
  • Mahasiswa mampu mengembangkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan melalui diskusi tentang peran pendidikan dalam masyarakat
  • Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dasar teori pendidikan, seperti behaviorisme dan konstruktivisme, yang relevan dengan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus
  • Mahasiswa mampu menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, dan penilaian layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus, termasuk rencana pelajaran inklusif

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Bisa menjelaskan konsep pendidikan sebagai pembentukan karakter dengan contoh nilai agama seperti kejujuran dalam belajar.
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Bisa mendiskusikan nilai kebangsaan seperti Pancasila dalam konteks pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus.
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Bisa mengintegrasikan nilai budaya nasional seperti gotong royong dalam pemahaman proses pembentukan karakter siswa.
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Bisa menerapkan etika akademik seperti menghindari plagiat saat menulis ringkasan konsep dasar ilmu pendidikan.
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Berani menghadapi masalah pada studi kasus pendidikan inklusif dan tetap menyelesaikan tugas hingga tuntas.
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Bekerja sama dengan anggota tim untuk menganalisis peran sekolah dalam masyarakat.
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menyusun gagasan baru yang inklusif dan bernilai usaha (mis. prototipe layanan edukatif) dari hasil studi kasus.
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Refleksi diri tentang pelajaran yang masih perlu dipelajari dan rencana belajar mandiri berikutnya.
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Bisa menjelaskan konsep behaviorisme seperti stimulus-respons.
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Bisa menganalisis konstruktivisme, membangun pengetahuan sendiri
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Bisa bandingkan behaviorisme dan konstruktivisme dalam pendidikan khusus untuk ABK.
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Bisa terapkan teori behaviorisme atau konstruktivisme untuk solusi masalah pada studi kasus ABK.
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 13
    Bisa merancang rencana pembelajaran inklusif, kurikulum pendidikan inklusif dan kebijakan pendidikan inklusif.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Bisa menerapkan layanan pendidikan khusus
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Bisa buat laporan analisis kasus dengan saran perbaikan layanan pendidikan.
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Bisa buat laporan analisis kasus dengan saran perbaikan layanan pendidikan.
    • Date  17 Desember 2025

Lecturer

DIAH EKASARI
DIAH EKASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SITI MASITOH
SITI MASITOH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10