•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pnf Philosophy

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines the understanding of the meaning of PNF philosophy, philosophical thinking methods, scope, types of philosophy used to study PNF, the scientific and professional foundations of PNF, as well as the principles of insight into the future of PNF and also the educational philosophy behind the PNF program in Indonesia through explanations, discussions, presentations and assignments. Assessment in this course is obtained from actively participating in lectures and also assessing test results, both mid-semester exams and final semester exams. An indicator of the success of this course is if students are able to philosophically examine the implementation of non-formal education programs.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan nilai-nilai agama yang relevan, nasionalisme, dan etika akademik dalam implementasi pendidikan non-formal (C3)
  • Kemampuan untuk menerapkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam menganalisis filosofi pendidikan non-formal (P2)
  • Menganalisis konsep dasar pendidikan non-formal sebagai landasan untuk merancang program pendidikan non-formal yang efektif (C4)
  • Mengevaluasi prinsip-prinsip filosofis yang mendasari implementasi pendidikan non-formal dalam konteks sosial dan budaya (C5)
  • Memiliki karakter sikap kritis dan tanggung jawab profesional dalam memanfaatkan nilai-nilai filosofis untuk mendukung keberlanjutan pendidikan non-formal (A5)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar filsafat secara umum dan filsafat ilmu pengetahuan
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Cara kerja pemikiran filosofis dan karakteristik filsafat ilmu pengetahuan
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Kemampuan menjelaskan konsep-konsep ilmiah secara umum
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep dan aspek ontologi ilmiah PNF/PLS
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Makna dan pemahaman epistemologi pendidikan non-formal
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Pokok-pokok epistemologi PLS (lanjutan pertemuan ke 5)
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Penerapan epistemologi dalam program PLS
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Poin-poin utama epistemologi dan hubungannya dengan ilmu sosial lainnya
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Poin-poin utama epistemologi dan hubungannya dengan ilmu sosial lainnya
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Poin-poin utama epistemologi dan hubungannya dengan ilmu sosial lainnya
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Aksiologi sebagai bagian integral dari filsafat ilmu
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Aksiologi sebagai bagian integral dari filsafat ilmu
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Dampak pengembangan dan pemanfaatan ilmu PLS
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Dampak pengembangan dan pemanfaatan ilmu PLS
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian akhir semester
    • Date  23 Mei 2024

References

Lecturer

ROFIK JALAL ROSYANAFI
ROFIK JALAL ROSYANAFI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HERYANTO SUSILO
HERYANTO SUSILO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10