•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Innovative Learning Planning in Elementary School

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memberikan Pemahaman mahasiswa tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar dalam perencanaan, model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, media pembelajaran, LKPD, evaluasi pembelajaran, analisis kurikulum serta implementasinya dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Mata kuliah ini memuat Pendidikan Karakter, NAPZA, dan anti korupsi, dan mendukung SDGs (4) Pendidikan Berkualitas dan (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur

Program Objectives (PO)

  • Memiliki kemampuan untuk menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar dengan menyesuaikan perkembangan peserta didik SD
  • Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggungjawab.
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merekontruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  • Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar pembelajaran inovatif, termasuk hakikat, prinsip, dan pentingnya inovasi dalam konteks pendidikan dasar.
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis prinsip-prinsip pembelajaran inovatif dari berbagai pendekatan dan model, serta membandingkannya dengan pembelajaran konvensional
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Dan mendesain model pembelajaran inovatif (Blended Learning dan Flipped Classroom)
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Dan mendesain model pembelajaran inovatif (Gamification dan STEM)
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Mendesain model-model pembelajaran inovatif (PJBL, PBL)
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Mendesain model-model pembelajaran inovatif (Inquiry, Discovery Learning)
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Mendesain model-model pembelajaran inovatif (Berderensiasi, Deep Learning)
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis dan memecahkan permasalahan nyata di Sekolah Dasar terkait keterbatasan inovasi dalam pembelajaran, dengan pendekatan berbasis solusi
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Software reference manager seperti Zotero untuk melacak dan mengelola sitasi dari berbagai sumber referensi yang digunakan sebagai dasar teoretis dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran inovatif di SD
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    LKPD dan media pembelajaran inovatif yang interaktif, menarik, dan mendukung pembelajaran peserta didik SD.
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 12
    Bahan ajar dan instrumen asesmen pembelajaran inovatif yang valid, reliabel, dan mendukung penilaian berbasis proses dan hasil.
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 13
    Perangkat pembelajaran inovatif dalam simulasi pembelajaran kelas (seperti mock class atau practice teaching).
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 14
    Mempresentasikan dan mempertahankan desain produk inovatif dengan jelas, percaya diri, dan responsif terhadap pertanyaan dari dosen dan teman sekelas
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 15
    Perangkat pembelajaran inovatif secara kritis dan merancang pembaruan berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  17 Desember 2025

References

Lecturer

MUH SYAUQI MALIK
MUH SYAUQI MALIK
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10