•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluation of Learning and Learning

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Course Description

Conduct recitations and provide an understanding of classical test theory and item response theory which consists of: (1) understanding tests, measuring and assessing learning outcomes; (2) cognitive test construction; (3) performance test construction; (4) attitude scale construction; (5) processing test results; (6) item analysis; (7) the concepts of reliability, validity and assumptions underlying educational measurement; (8) the concept of item parameter estimation and ability from item response theory; and (9) application of item response theory to address educational measurement problems.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan konsep dan model pembelajaran inovatif dalam merancang program pengajaran yang efektif di bidang teknologi informasi (C3)
  • Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran yang digunakan dalam konteks pendidikan teknologi informasi (C4, C5)
  • Mengembangkan strategi evaluasi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan teknologi informasi terkini (C6)
  • Menerapkan ilmu pengetahuan STEM dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran teknologi informasi (C3, C5)
  • Menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dan memberikan solusi untuk peningkatan (C4, C6)
  • Menciptakan materi pembelajaran yang mengintegrasikan konsep STEM dan teknologi informasi yang dapat diadaptasi dalam berbagai situasi pembelajaran (C6)
  • Menerapkan dan mengevaluasi model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum teknologi informasi yang berlaku (C3, C5)
  • Menganalisis kebutuhan pembelajaran dan mengembangkan program pengajaran yang responsif terhadap perkembangan teknologi terkini (C4, C6)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian tes, pengukuran, penilaian hasil belajar, kerangka acuan penafsiran skor.
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Membuat tes hasil belajar kognitif
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis butir tes
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Membuat tes kinerja
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Membuat tes ranah afektif
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis data menggunakan statistik deskriptif
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    Mengolah hasil berdasarkan skor Z dan skor t.
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Penilaian Formatif
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menyusun penilaian afektif
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis teori respons butir (item response theory)
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis teori respons butir (item response theory)
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 12
    Asesmen alternative dan asesmen kinerja
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 13
    Menyusun perangkat penilaian kinerja (Jurnal, projek, asesmen laboratorium, wawancara, observasi)
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 14
    Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran berbasis Computer Adaptive Testing yang menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan peserta secara real-time
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran berbasis Computer Adaptive Testing yang menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan peserta secara real-time
    • Date  8 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  15 Desember 2025

Lecturer

EKOHARIADI
EKOHARIADI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ELVIRA WARDAH
ELVIRA WARDAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10