•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Digital

Program Studi S3 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

Matakuliah Pembelajaran Digital pada jenjang S3 Program Studi Teknologi Pendidikan membahas pendekatan teoritis dan praktis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi lingkungan pembelajaran berbasis teknologi digital. Tujuan mata kuliah ini adalah untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pedagogi digital, tren terkini dalam teknologi pendidikan, serta kemampuan penelitian dalam konteks pembelajaran digital. Ruang lingkup mencakup analisis kritis terhadap teori pembelajaran digital, desain sistem pembelajaran adaptif, integrasi kecerdasan artifisial dalam pendidikan, etika dan keberlanjutan dalam pembelajaran digital, serta pengembangan solusi inovatif untuk tantangan pendidikan kontemporer.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran digital dalam merancang lingkungan belajar berbasis teknologi (C3)
  • Menganalisis efektivitas berbagai platform dan alat pembelajaran digital dalam konteks pendidikan tinggi (C4)
  • Mengevaluasi kualitas konten digital dan dampaknya terhadap proses belajar mengajar (C5)
  • Menciptakan solusi pembelajaran digital inovatif untuk mengatasi tantangan pendidikan kontemporer (C6)
  • Menganalisis kebijakan dan regulasi terkait implementasi teknologi pendidikan dalam pembelajaran digital (C4)
  • Mengevaluasi metodologi penelitian dalam pengembangan dan implementasi pembelajaran digital (C5)
  • Menerapkan prinsip andragogi dalam merancang program pelatihan berbasis digital (C3)
  • Menciptakan model evaluasi untuk mengukur efektivitas program pembelajaran digital (C6)
  • Menganalisis tren terkini dalam teknologi pendidikan dan implikasinya bagi pembelajaran digital (C4)
  • Mengevaluasi etika dan keberlanjutan dalam penerapan pembelajaran digital (C5)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran digital dalam konteks perancangan lingkungan belajar yang efektif dengan memanfaatkan teknologi.
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 2
    Mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi kelebihan serta kekurangan platform dan alat pembelajaran digital berdasarkan aspek pedagogis, teknis, dan kontekstual pendidikan tinggi.
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 3
    Mengidentifikasi, membandingkan, dan mengevaluasi kelebihan serta kekurangan platform pembelajaran digital seperti LMS, video conference tools, dan aplikasi kolaboratif dalam mendukung proses belajar mengajar di perguruan tinggi.
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 4
    Kelebihan dan kekurangan berbagai jenis konten digital, serta memprediksi pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 5
    Kualitas konten digital berdasarkan kriteria tertentu dan mengidentifikasi dampaknya dalam konteks pembelajaran.
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 6
    Merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi prototipe solusi pembelajaran digital yang menjawab isu-isu pendidikan modern seperti kesenjangan akses, personalisasi belajar, atau keterlibatan siswa.
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Merancang, mengembangkan, dan mempresentasikan prototipe solusi pembelajaran digital yang inovatif dan relevan dengan tantangan pendidikan masa kini.
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Metodologi penelitian dalam pengembangan dan implementasi pembelajaran digital dengan analisis kritis dan argumentasi yang didukung bukti.
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis berbagai kebijakan dan regulasi pendidikan digital, mengevaluasi efektivitasnya, serta mengusulkan rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan analisis.
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Kelebihan, kelemahan, dan kesesuaian berbagai metodologi penelitian dalam konteks pengembangan dan implementasi pembelajaran digital.
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Kualitas dan efektivitas berbagai metodologi penelitian dalam pembelajaran digital, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan evaluasi kritis.
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Merancang program pelatihan digital yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta dewasa, menerapkan prinsip andragogi, serta mengevaluasi kesesuaian desain dengan konteks pembelajaran digital.
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang program pelatihan digital yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta dewasa, menerapkan prinsip andragogi, serta mengevaluasi kesesuaian desain dengan konteks pembelajaran digital.
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menerapkan tren teknologi pendidikan terbaru dalam konteks pembelajaran digital, serta menganalisis dampaknya terhadap efektivitas dan inovasi pendidikan.
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Dan merekomendasikan solusi etis dan berkelanjutan dalam penerapan teknologi pembelajaran digital.
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Secara kritis penerapan etika dan prinsip keberlanjutan dalam berbagai konteks pembelajaran digital serta merumuskan rekomendasi perbaikan berbasis evidence.
    • Date  16 Desember 2025

Lecturer

ALIM SUMARNO
ALIM SUMARNO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ANDI MARIONO
ANDI MARIONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Teknologi Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10