•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Philosophy of Science

Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

This course will equip students to understand broadly and deeply the nature of educational science at the early childhood level based on the scope of the education system. Students are expected to be competent in mastering: (1) insight into the philosophy of early childhood education, (2) concepts, models, principles and procedures for early childhood education, (3) philosophy and theory regarding early childhood education in aspects of ontology, epistemology and axiology of basic education in the scope of micro and macro teaching and learning in various educational philosophical views, as well as (4) being able to identify early childhood education problems in the analytical context of early childhood education praxis, and (5) being able to identify the Indonesian educational philosophy system from the thoughts of leading figures. -figures who influenced education in Indonesia such as Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, etc. Lectures are carried out using a student-centered learning approach which is carried out in the form of theoretical/concept studies, research and seminars, analysis of the latest journal articles, case studies, and problem-based learning.

Program Objectives (PO)

  • Menganalisis konsep dasar filsafat ilmu dan implikasinya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dengan pemikiran logis dan kritis.
  • Mengembangkan argumen sistematis dan kreatif dalam mengevaluasi perdebatan filosofis utama yang relevan dengan bidang keahliannya.
  • Menerapkan prinsip-prinsip filsafat ilmu dalam merancang penelitian yang memenuhi standar kompetensi kerja dan relevan dengan bidang keahliannya
  • Menyusun dan mengkomunikasikan refleksi filosofis mengenai isu-isu keilmuan secara logis dan sistematis, sesuai dengan standar akademik yang berlaku.
  • Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam kajian-kajian filsafat ilmu, baik dalam lingkungan akademik maupun profesional.
  • Mengintegrasikan pemahaman filsafat ilmu dengan praktik kolaborasi multidisipliner untuk memecahkan masalah kompleks di bidang keilmuan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakikat filsafat dan ilmu
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis kebenaran, pengetahuan, ilmu, aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 3
    Ontologi pendidik dan proses mendidik
    • Date  12 September 2025

  • Pertemuan 4
    Pandangan ontologis
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 5
    Ontologi PAUD dengan penelitian
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 6
    Epistemologi pengetahuan
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis metode ilmiah dan kebenaran
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Dan menguasai materi Filsafat Ilmu dari pertemuan 1-7
    • Date  17 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Epistemologi tokoh modern
    • Date  24 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Epistemologi dalam penelitian PAUD
    • Date  31 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis hakikat aksiologi dalam pendidikan
    • Date  7 November 2025

  • Pertemuan 12
    Pemikiran tokoh aksiologis pendidikan
    • Date  14 November 2025

  • Pertemuan 13
    Nilai aksiologis dalam rancangan penelitian PAUD
    • Date  21 November 2025

  • Pertemuan 14
    Aksiologi pada isu-isu dalam praktik PAUD
    • Date  28 November 2025

  • Pertemuan 15
    Pemahaman ontologi, epistemologi, dan aksiologi secara komprehensif
    • Date  12 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Dan menguasai seluruh materi Filsafat Ilmu
    • Date  19 Desember 2025

Lecturer

SRI SETYOWATI
SRI SETYOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AMROZI KHAMIDI
AMROZI KHAMIDI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10