•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Lesen Fuer Anfaenger

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman UNESA

 
Card image

Course Description

Pemberian kemampuan membaca wacana bahasa Jerman sehari-hari. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan kompetensi memahami wacana lisan dalam bahasa Jerman setingkat A I. Mahasiswa dilatih untuk mampu memahami wacana-wacana dengan baik dengan cara menggunakan strategi membaca yang tepat. Materi mata kuliah ini diambil dari buku Kursbuch dan Arbeitsbuch Netzwerk Deutsch als Fremdsprache A1, Studio d A1 Einheit 1-6 dan ditunjang oleh materi-materi dari berbagai buku dan video yang berada pada level setara. Perkuliahan dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan pemberian tugas dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami wacana berbahasa Jerman secara menyeluruh. Kegiatan perkuliahan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, kerja individu dan kelompok.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan strategi membaca dasar (seperti scanning dan skimming) untuk memahami teks sederhana dalam bahasa Jerman (C3)
  • Menganalisis struktur kalimat dan kosakata kunci dalam teks bahasa Jerman tingkat pemula untuk mengidentifikasi ide pokok dan informasi rinci (C4)
  • Mengevaluasi kesesuaian dan keakuratan terjemahan atau pemahaman terhadap teks bahasa Jerman sederhana berdasarkan konteks dan kaidah bahasa (C5)
  • Menciptakan rangkuman atau ringkasan dari teks bacaan bahasa Jerman sederhana dengan menggunakan kosakata dan struktur kalimat sendiri (C6)
  • Menerapkan pengetahuan tata bahasa dan kosakata untuk menjawab pertanyaan pemahaman (Leseverstehen) dari berbagai jenis teks sederhana (C3)
  • Menganalisis perbedaan budaya dan konteks sosial yang tersirat dalam teks bacaan sederhana bahasa Jerman (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas strategi membaca yang digunakan untuk memahami teks tertentu dan merefleksikan proses pembelajarannya (C5)
  • Menciptakan pertanyaan pemahaman (Fragen zum Text) berdasarkan teks bacaan bahasa Jerman sederhana untuk tujuan pembelajaran atau evaluasi (C6)
  • Menerapkan teknik inferensi (menyimpulkan makna dari konteks) untuk memahami kosakata atau frasa yang tidak dikenal dalam teks (C3)
  • Menganalisis pola-pola teks (Textsorten) sederhana seperti pengumuman, iklan, atau deskripsi singkat dalam bahasa Jerman (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Wacana tentang Guten Tag
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Wacana tentang Guten Tag
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 3
    Wacana tentang Freunde Kollegen und ich
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    Wacana tentang Freunde Kollegen und ich
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 5
    Wacana tentang in der Stadt
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 6
    Wacana tentang Guten Appetit!
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Wacana tentang Tag fuer Tag
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Wacana tentang Guten Tag, Freunde und ich, in der Stadt, Guten Appetit dan Tag fuer Tag
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Wacana tentang Zeit mit Freunden
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Wacana tentang Zeit mit Freunden
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Wacana tentang Kontakte
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 12
    Wacana tentang Kontakte
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 13
    Wacana tentang Meine Wohnung
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 14
    Wacana tentang Meine Wohnung
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 15
    Wacana tentang Alles Arbeit
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Wacana Zeit mit Freunden, Kontakte, meine Wohnung dan alles Arbeit
    • Date  18 Desember 2025

Lecturer

DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU
DIAN PERMATASARI KUSUMA DAYU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Jerman
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10