Practice related to the skill of writing articles resulting from thesis research that are ready to be published in a Sinta 1-4 accredited journal or reputable/indexed international journal. Practice of writing articles includes skill in submitting articles and skill in carrying out procedures for revising articles that have been submitted.
Program Objectives (PO)
Mampu menguasai pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah pendidikan biologi serta proses publikasinya baik pada jurnal nasional atau internasional
Mampu menyusun ide artikel dari hasil penelitian pendidikan biologi yang siap dipublikasikan ke masyarakat akademik baik secara nasional maupun internasional.
Mampu memecahkan masalah pembelajaran biologi melalui pengembangan model atau program Pendidikan berbasis HOTS, TPACK, dan kearifan lokal yang dikemas dalam bentuk artikel
Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas tentang penyusunan artikel penelitian pendidikan biologi
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep, prinsip, prosedur menulis artikel jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi/terindeks
Date 6 Februari 2025
Pertemuan 2
Konsep, prinsip, prosedur menulis artikel jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi/terindeks
Date 13 Februari 2025
Pertemuan 3
Merumuskan pendahuluan artikel jurnal.
Date 20 Februari 2025
Pertemuan 4
Terampil menyusun metode pada artikel jurnal.
Date 27 Februari 2025
Pertemuan 5
Terampil menganalisis hasil dan pembahasan pada artikel jurnal
Date 6 Maret 2025
Pertemuan 6
Terampil dalam pembuatan Kesimpulan dan penggunaan Reference Manager (Mandeley, APA, dsb) untuk Referensi artikel jurnal
Date 13 Maret 2025
Pertemuan 7
Terampil menyusun dan finalisasi artikel jurnal
Date 20 Maret 2025
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Maret 2025
Pertemuan 9
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
Date 3 April 2025
Pertemuan 10
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
Date 10 April 2025
Pertemuan 11
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
Date 17 April 2025
Pertemuan 12
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
Date 24 April 2025
Pertemuan 13
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
Date 1 Mei 2025
Pertemuan 14
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
Date 8 Mei 2025
Pertemuan 15
Terampil mengomunikasikan artikel dalam bentuk presentasi dan pendampingan revisi artikel
This lecture teaches how to design and analyze an algorithm to solve problems that require programming. The two main issues emphasized in designing and analyzing
This course discusses 1) The scope of conservation which includes: Definition, objectives, benefits and efforts to preserve natural resources and the environment; 2) Environmental ethics
Studying the theoretical basis, stages, classroom management, and evaluation in differentiated learning, TaRL approach, CRT approach, direct teaching model, cooperative learning model, and scientific approach-oriented