Kajian tentang : statistik deskriptif; peluang dan distribusi peluang diskrit/kontinu; statistik inferensial yang berisi penaksiran parameter dan pengujian hipotesis; analisis data dengan program SPSS.
Program Objectives (PO)
Memahami hakikat statistika bagi mahasiswa Pendidikan Kimia
Memahami tentang Data Penelitian
Memahami kapan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial (parametrik & non parametrik).
Memahami berbagai teknik uji statistika parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.
Memahami berbagai teknik uji statistika non parametrik disertai pilihan menu dalam aplikasi SPSS.
6. Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
7. Memahami kasus-kasus mengenai kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika non parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
1.Menjelaskan posisi dan/atau peran statistika dalam metode ilmiah/metode penelitian (Statistics is tool of science).
Date 25 Agustus 2025
Pertemuan 2
1. Membedakan jenis-jenis skala data (nominal, ordinal, interval, dan ratio).
Date 1 September 2025
Pertemuan 3
Memanfaatkan program-program aplikasi statistika (excell atau yang lain) dalam memvisualisasi data ke dalam bentuk gambar.
Date 8 September 2025
Pertemuan 4
1. Menjelaskan perbedaan keberlakukan simpulan analisis data secara deskriptif dan secara inferensial.
Date 15 September 2025
Pertemuan 5
Syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS).
Date 22 September 2025
Pertemuan 6
Syarat keberlakuan statistika parametrik berbantuan IT (SPSS).
Date 29 September 2025
Pertemuan 7
Melakukan uji paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS.
Date 6 Oktober 2025
Pertemuan 8
Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 1 s.d. minggu ke 7.
Date 13 Oktober 2025
Pertemuan 9
Melakukan uji parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS.
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 10
Melakukan uji non paramertik komparasional satu atau lebih sampel berbantuan SPSS.
Date 27 Oktober 2025
Pertemuan 11
Melakukan uji non parametrik korelasional dengan dua peubah berbantuan SPSS.
Date 3 November 2025
Pertemuan 12
Kasus; kesalahan pemilihan/penggunaan uji statistika parametrik di dalam skripsi mahasiswa terdahulu atau artikel terbit dalam jurnal ilmiah.
Date 10 November 2025
Pertemuan 13
Memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan.
Date 17 November 2025
Pertemuan 14
Memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan.
Date 24 November 2025
Pertemuan 15
Memberikan saran perbaikan atas kesalahan penggunaan uji statistika yang ditemukan.
Date 1 Desember 2025
Pertemuan 16
Kemampuan-kemampuan representasi (sampling) dari pembelajaran minggu ke 9 s.d. minggu ke 15.
STEM education courses discuss the meaning, basic concepts, and principles of STEM education as a multidisciplinary learning model. The lecture began with a discussion about
This course discusses the study of learning approaches and models including student-teacher centered learning, inquiry learning models, discovery, cooperative, problem-based learning (PBL), project-based learning (PjBL),
Study of knowledge about structural theory, formulas, hybridization, nomenclature, isomers, properties of organic compounds in the aliphatic hydrocarbon group (alkanes, alkenes, alkynes), alicyclics, aromatics, alkyl