•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Sociocultural Theory

Program Studi S1 Pendidikan Sejarah UNESA

 
Card image

Course Description

Through the learning experiences developed in the Socio-Cultural Theories lectures, students are expected to have the ability: 1. Understanding and insight into the development of sociological and anthropological theory. 2. Ability to study and analyze cultural diffusion theory 3. Understanding and ability to analyze Evolutionary theory 4. Understanding and ability to analyze Multparadigm in sociological theory 5. Ability to study and analyze Auguste Comte‘s social theory 6. Analyze and develop understanding of Pitirim Sorokin‘s Cycle Theory of Cultural Change 7. Understanding and insight into material and non-material culture 8. Understanding and insight into Karl Marx‘s social theory 9. Ability to study and analyze Emile Durkheim‘s theory of social integration 10. Ability to study and analyze Max Weber‘s theory of rationality 11. Ability to study and analyze Symbolic interaction theory 12. Ability to study and analyze Social exchange theory 13. Ability to study and analyze Functional structural theory Talcott Parsons and Robert K. Merton 14. Ability to study and analyze Theory of conflict and social change

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis teori-teori sosial budaya klasik maupun kontemporer, serta mengaplikasikannya dalam kajian pendidikan dan fenomena masyarakat.
  • Mahasiswa menguasai konsep, fakta, dan peristiwa penting yang terkait dengan perkembangan teori sosial budaya, serta mampu menjelaskan pengaruh sosial, politik, ekonomi, dan budaya terhadap dinamika pemikiran dan praktik sosial di berbagai konteks historis.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis konsep dasar teori sosial budaya dalam menjelaskan fenomena masyarakat.
    • Date  30 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Menganalisis peran institusi sosial dengan perspektif Durkheim, Malinowski, Radcliffe-Brown.
    • Date  6 September 2023

  • Pertemuan 3
    Menganalisis teori konflik Karl Marx dan Ralf Dahrendorf dalam menjelaskan ketidaksetaraan sosial.
    • Date  13 September 2023

  • Pertemuan 4
    Menganalisis konsep “self” menurut Mead dan “definition of situation” menurut Blumer.
    • Date  20 September 2023

  • Pertemuan 5
    Menganalisis mekanisme pertukaran sosial menurut Homans dan Blau.
    • Date  27 September 2023

  • Pertemuan 6
    Teori Lévi-Strauss dalam membaca mitos budaya.
    • Date  4 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Menganalisis konsep kekuasaan pengetahuan Foucault.
    • Date  11 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS)
    • Date  18 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Menganalisis konsep modernisasi dalam dinamika sosial-budaya.
    • Date  25 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Menganalisis hubungan ketergantungan negara pusat–pinggiran.
    • Date  1 November 2023

  • Pertemuan 11
    Konsep inti World System Wallerstein.
    • Date  8 November 2023

  • Pertemuan 12
    Menganalisis konsep habitus dan modal budaya menurut Bourdieu.
    • Date  15 November 2023

  • Pertemuan 13
    Menganalisis konsep hegemoni menurut Gramsci.
    • Date  22 November 2023

  • Pertemuan 14
    Menganalisis teori feminis dalam kajian sosial budaya.
    • Date  29 November 2023

  • Pertemuan 15
    Menganalisis teori poskolonial dalam memahami warisan kolonial.
    • Date  6 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester (UAS)
    • Date  13 Desember 2023

Lecturer

ROJIL NUGROHO BAYU AJI
ROJIL NUGROHO BAYU AJI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ESA PUTRA BAYU GUSTI GINEUNG PATRIDINA
ESA PUTRA BAYU GUSTI GINEUNG PATRIDINA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

EKO SATRIYA HERMAWAN
EKO SATRIYA HERMAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Sejarah
  • Semester2
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10